9 Rekomendasi Masker Wajah Lokal yang Terjangkau, namun Hasilnya Membuat Wajah Tampak Kece

9 Rekomendasi Masker Wajah Lokal yang Terjangkau, namun Hasilnya Membuat Wajah Tampak Kece

Perawatan wajah bagi wanita tidak ada habisnya, khususnya wajah. Berbagai macam skin care mungkin perlu dicoba untuk menemukan hasil yang cocok. Salah satu perawatan wajah yang penting ialah masker. Masker membantu mengatasi segala macam keluhan di wajah. Saat ini, berbagai macam jenis masker juga sudah banyak di jual di pasaran, dari mulai produk luar negeri hingga lokal.

Masker Menjadi Salah Satu Perawatan Wajah Paling Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah

Supaya kesehatan kuit wajah terjaga, hampir setiap wanita punya kegiatan wajib, yaitu merawat kulit. Salah satu perawatan kulit atau skincare yang paling sederhana adalah masker. Mengingat banyaknya jenis masker sekarang ini, selain bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan langganan, masker juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berbagai jenis masker merek internasional hingga lokal bisa kamu temukan di pasaran, mulai dari peel off mask, sheet mask, hingga sleep mask. Biasanya masker merek lokal bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain masker pabrikan, kamu juga bisa membuat masker alami. Parutan bengkoang dapat mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah, serta menjadikannya rileks dan kembali terawat.

Penggunaan masker tak harus dilakukan setiap hari. Cukup sekali atau dua kali seminggu, kamu bisa membersihkan wajahmu terlebih dahulu supaya kotoran tak menempel di masker wajah yang kamu pakai. Gunakanlah masker wajah yang sesuai dengan keadaan kulitmu dan tunggu hingga waktu yang sudah ditentukan. Setelah itu perlahan lepaskan masker dan bersihkan dengan tonik wajah.

Manfaat Menggunakan Masker

Membuat Wajah Lebih Cerah

Apabila digunakan secara rutin, masker dipercaya bisa membuat kulit wajah makin cerah. Keberadaan masker dalam tahapan skincare adalah memperkuat kinerja toner dalam membantu mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi bintik-bintik hitam, dan membuat kulit lebih bersinar. Masalah kulit kusam dan make up yang tak menempel dengan sempurna bisa diatasi dengan penggunaan masker berbahan alami, seperti kentang, yoghurt, tepung beras dan susu.

Melembapkan Kulit Wajah

Masalah kulit kering bisa diatasi dengan masker wajah yang memiliki manfaat menghidrasi kulit wajah. Kulit kering sendiri ditandai dengan kemunculan dry patches. Selain disebabkan oleh hormon, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penggunaan facial wash yang mengandung SLS, kurang konsumsi air mineral, dan malas menggunakan pelembap.

Umumnya, masker mengandung unsur pembersih dan pelembap kulit, sehingga memungkinkan untuk menyingkirkan lemak dan minyak yang mengendap di wajah. Apabila kamu memiliki jenis kulit yang kering, sebaiknya pilihlah masker berbahan dasar, seperti kunyit, pisang, gandum, kopi, dan pepaya. Setelah mengaplikasikannya secara lembut, masker akan menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Kulit yang keriput, bergaris halus, pori membesar, dan mencul flek hitam, merupakan indikasi penuaan dini pada kulit wajah. Ternyata penuaan dini bisa dicegah dan dirawat dengan perawatan wajah yang tepat. Penggunaan krim wajah dari dokter kulit selain mengandung bahan kimia, harganya juga sangat mahal sehingga kamu perlu perawatan yang mudah, murah, dan ampuh.

Masker dari bahan alami bisa mencegah dan merawat penuaan dini pada kulit. Kerutan wajah bisa kamu hilangkan dengan campuran 1/4 cangkir susu dan 1.5 sendok teh madu murni. Untuk menyamarkan bintik-bintik hitam, masker lemon dan lidah buaya bisa jadi solusi terbaik.

Tak hanya itu saja, masih ada bahan alami yang dapat merawat dan mencegah penuaan dini. Masalah kulit kusam dapat hilang dengan masker putih telur. Selanjutnya, vitamin E dan minyak zaitun dapat dipakai sebagai pelembap wajah sebelum tidur untuk membuat kulitmu kembali kenyal dan lembut. Supaya garis halus pada wajah hilang, kunyit bisa jadi masker yang ampuh tanpa efek samping.

Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur

Pertambahan usia bisa membuat kulitmu menjadi kendur. Hal ini bisa kamu cegah dengan membuat masker dari bahan alami. Yoghurt dan putih telur dapat membuat wajahmu kembali kencang karena kandungan proteinnya. Lidah buaya dan kandungan asam malat di dalamya dapat menyembuhkan luka bakar di kulit dan mengencangkan kulit yang kendur.

Masih ada beberapa bahan alami lain yang dapat kamu gunakan sebagai masker antikulit kendur. Campuran mentimun dan yoghurt tawar bisa diaplikasikan setelah mencuci wajah. Sedangkan madu bisa melembapkan dan mencegah penuaan dan kembali mengencangkan kulit. Lemon bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit secara alami. Buah pisang halus dan yoghurt bisa dijadikan masker untuk melembapkan dan menghaluskan kulit yang kering.

Mendetoksifikasi Racun Dalam Kulit

Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun yang ada di dalam tubuh lewat organ lain, seperti usus, hati, darah, paru-paru, kulit, dan lain sebagainya. Proses detoksifikasi kulit terjadi saat menghasilkan keringat dan minyak di wajah.

Kulit wajah yang selalu terpapar debu, kotoran, asap kendaraan, dan hal negatif lainnya perlu didetoksifikasi. Masker adalah salah satu cara detoksifikasi yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan keremajaan kulit serta membersihkan kulit dari racun dan radikal bebas.

Penggunaan masker tak harus dilakukan setiap hari. Cukup sekali atau dua kali seminggu, kamu bisa membersihkan wajahmu terlebih dahulu supaya kotoran tak menempel di masker wajah yang kamu pakai. Gunakanlah masker wajah yang sesuai dengan keadaan kulitmu dan tunggu hingga waktu yang sudah ditentukan. Setelah itu perlahan lepaskan masker dan bersihkan dengan tonic wajah.

9 Rekomendasi Masker Wajah Buatan Lokal yang Berkualitas namun Murah

Klei and Clay

Sumber gambar tokopedia.com

Klei and Clay Bye Acne! Green Clay Mask adalah masker lokal dari industri rumahan yang menggunakan 100% bahan alami. Mengandung lumpur hijau dan lumpur kaolin, masker ini kaya manfaat dan ampuh mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu saja, masker ini bisa menyerap kadar minyak berlebihan di wajah dan mendetoks kulit wajah.

Di dalam Klei and Clay Bye Acne! Green Clay Mask juga terkandung tea tree yang berguna sebagai antiseptik dan bisa merawat bekas luka serta membunuh bakteri, virus, dan jamur. Cocok untuk kulit berjerawat, masker ini juga punya kandungan lain, seperti shea butter, vitamin E, dan jojoba oil yang dapat melembapkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Klei and Clay Bye Acne! Green Clay Mask berbentuk jar atau pot dengan berat bersih 70 gram. Masker ini berguna untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, mengurangi komedo membandel, mendetoks kulit wajah, serta melembapkan dan mencerahkan kulit wajah. Kamu dapat membelinya di Tokopedia dan Qlapa seharga Rp 115.000.

Mustika Ratu Krem Masker Bengkoang

Sumber gambar tokopedia.com

Masker bengkoang dari Mustika Ratu tersedia dalam dua versi, yaitu bubuk dan krim. Bisa membuat kulit wajahmu cerah dan menyamarkan noda hitam, masker bengkoang versi bubuk akan memberi tarikan yang lebih kuat pada kulit saat diaplikasikan ketimbang yang krim. Versi bubuk sangat cocok untuk kulit berminyak sedangkan yang krim bisa dipakai oleh kulit kering.

Mustika Ratu Krem Masker Bengkoang mengandung aneka bahan alami, seperti pati umbi bengkoang, ekstrak akar manis, dan derivate vitamin C. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu dapat menggunakannya secara rutin 2 kali seminggu. Di Tokopedia kamu dapat membelinya seharga Rp 13.500 sedangkan di Lazada Rp 18.500.

La Tulipe Peeling Cream

Sumber gambar tokopedia.com


Peeling berguna untuk mengangkat lapisan kulit yang mati dan menebal. Dimaksudkan untuk jenis atau kondisi kulit yang menebal, kusam, dan berkomedo, peeling mengandung bahan keratolitik dan membantu membuka pori-pori sebelum pemencetan komedo. Peeling sebenarnya tidak disarankan untuk kulit sensitif, alergi, kulit kering, kulit tipis, kulit berjerawat, dan kulit sekitar area mata dan leher.

La Tulipe Peeling Cream merupakan krim dengan butiran halus dan sulfur yang bisa membersihkan kulit hingga ke pori-pori, mengangkat sel kulit mati serta mengangkat kelebihan minyak dan penumpukan polutan pada kulit. Dapat dipakai di wajah dan seluruh tubuh, kamu dapat menggunakan La Tulipe Sunblock Cream, setelah menggunakan produk ini.

Setelah menggunakan Peeling Cream dan Peeling Lotion, sangat disarankan untuk memberikan Soothing Lotion atau Cucumber Lotion untuk mencegah terjadinya gejala radang pada kulit dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Kamu dapat membeli La Tulipe Peeling Lotion di Lazada seharga Rp 55.674 dan La Tulipe Peeling Cream di Tokopedia seharga Rp 24.500.

Ovale Facial Mask

Sumber gambar tokopedia.com

Sangat praktis dibawa ke mana saja, Ovale Facial Mask merupakan salah satu masker lokal dengan harga bersahabat. Ovale Facial Mask tersedia dalam berbagai varian dengan manfaat yang berbeda. Untuk kulit berjerawat ada varian lemon, bengkoang untuk mencerahkan kulit kusam, avokad untuk mengatasi kulit kering, tomat untuk membuat kulit cerah dan segar, serta mentimun untuk menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak berlebih.

Ovale Facial Mask For Acne Care tersedia dalam dua varian kemasan, yaitu sachet dan tube. Diperkaya dengan vitamin A, C, E, serta ekstrak ganggang untuk membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Masker ini sangat mudah digunakan dan membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit terasa halus, kencang, dan segar. Varian ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 8.200.

Ovale Facial Mask Lemon Tube merupakan varian Ovale Facial Mask selain sachet. Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, masker ini punya manfaat yang sama persis dengan varian sachet. Kamu dapat membelinya di jd.id seharga Rp 29.000.

Shylas Factory

Sumber gambar shopee.com

Shylas Factory Maika’i Face Mask adalah masker lokal dengan kandungan green tea yang bermanfaat untuk semua jenis kulit. Bersifat mengeksfoliasi, masker ini tak akan memberi rasa kering dan membantu menutrisi kulitmu tanpa membuat pori-pori tersumbat. Masker Shylas Factory Maika’i mengandung bahan-bahan, seperti clay, oat, green tea, dan orange oil yang berguna untuk mencerahkan dan membersihkan pori-pori wajah.

Memiliki tekstur bubuk, makser Shylas Factory Maika’i Face Mask dikemas dalam wadah plastik sederhana berstiker label warna hijau di bagian depan dan belakang. Ada juga cara pakai dalam bahasa Indonesia dan Inggris, daftar komposisi, serta tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label kemasan.

Shylas Factory Maika’i Face Mask punya bubuk yang lembut dengan wangi green tea yang bisa membuatmu lebih rileks dan tenang. Masker ini terdiri dari beberapa varian, yaitu I Need You berbahan pure white clay and bamboo activated charcoal, Maika’i face mask dari bahan clay, oat meal, dan almond oil, serta Kanaya Jelly Peel Off Mask dari bahan pink clay. Shylas Factory Maika’i Face Mask bisa dibeli di Shopee seharga Rp 50.000.

Wardah Lightening Face Mask

Sumber gambar blibli.com

Dikemas dalam tube berisi 60 ml, Wardah Lightening Face Mask menjadi masker yang sangat praktis dibawa ke mana saja. Mengandung licorice, masker dari wardah ini berfungsi untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah.

Bisa langsung dipakai, Wardah Lightening Face Mask baik digunakan seminggu sekali agar wajah tampak lebih kencang, bersih, dan lembap. Setelah menggunakan masker ini, sebaiknya kamu melanjutkannya dengan memakai pelembap.

Wardah Lightening Face Mask dapat dibeli secara online. Di Lazada kamu bisa menemukannya seharga Rp 16.500 atau di Blibli seharga Rp 52.500 untuk 2 tube.

Viva Masker Bengkuang

Sumber gambar tokopedia.com

Viva memang terkenal akan produk kecantikan dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah masker Viva Masker Bengkuang. Hadir dalam tekstur bubuk, masker ini bisa membuat kulitmu terlihat lebih cerah. Untuk mengaplikasikannya, kamu dapat mencampur masker bubuknya dengan campuran air mawar.

Viva Masker Bengkuang cocok dipakai untuk semua jenis kulit. Kegunaan masker ini antara lain membersihkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan merawat kekencangan kulit. Masker ini mengandung pati bengkoang yang sudah terkenal bisa mencerahkan kulit wajah. Setelah memakai masker ini, sebaiknya lanjutkan menggunakan Viva Face Tonic sesuai dengan jenis kulitmu.

Viva Masker Bengkuang kemasan 30 gram dan 500 gram kamu temukan secara online. Untuk kemasan 500 gram, Tokopedia menjualnya seharga Rp 56.500.

Emina Green Tea Latte Face Mask

Sumber gambar blibli.com

Emina sudah dikenal sebagai brand kecantikan lokal dengan kualitas yang bisa diadu dengan merek lainnya. Kini Emina juga mengeluarkan skin care berupa masker yang diberi nama Emina Face Mask.

Emina Face Mask hadir dalam dua varian, yaitu Green Tea Latte dan Grape Seed Olive. Varian Green Tea Latte terbuat dari ekstrak susu dan teh hijau yang dapat memberi sensasi halus, elastis, dan segar untuk menjadikan mood lebih baik. Sedangkan Grape Seed Olive dibuat dari ekstrak biji anggur dan minyak zaitun yang bermanfaat untuk melembapkan dan melindungi sel-sel kulit.

Emina Green Tea Latte Face Mask dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 25.900 atau di Blibli seharga Rp 31.000 untuk kemasan 60 ml.

Utama Spice

Sumber gambar sociolla.com

Utama Spice adalah merek perawatan kecantikan alami yang berasal dari Bali. Punya dua jenis masker, yaitu Dace and Body Clay Mask dan Temu Temu Mask. Utama Spice Mask ini sangat baik untuk menghilangkan radiasi dan mengandung antiaging.

Utama Spice Temu Temu Mask menggunakan bahan alami temulawak untuk perawatan kulit yang bersih dan berkilau. Terbuat dari temulawak yang terkenal bisa melawan penuaan dini dan berfungsi sebagai antiseptik. Masker ini juga mengandung clay yang akan menjaga kelembapan kulit. Temulawak juga berguna untuk mengatasi jerawat dan ampuh menyembuhkan iritasi kulit akibat sinar matahari.

Masker Utama Spice Temu Temu Mask dibuat dari bahan alami, seperti ekstrak akar Curcuma xathorriza atau temulawak. Kamu dapat membelinya secara online di Lazada dan Sociolla seharga Rp 65.000.

From our editorial team

Perhatikan Keamanan Perawatan Kulit Wajah

Segala macam rangkaian skin care saat ini bisa menghipnotis para wanita. Berbagai penawaran dari sebuah produk perawatan kulit bisa ditemukan di mana saja. Meskipun produk luar negeri memiliki formula yang bagus, tetapi produk yang sesuai dengan jenis kulit akan jauh lebih aman.