10 Rekomendasi Buku Fiksi Terbaru untuk Menemani Waktu Bersantai (2022)

10 Rekomendasi Buku Fiksi Terbaru untuk Menemani Waktu Bersantai (2022)

Apakah Anda salah satu penggemar buku fiksi yang selalu mencari buku keluaran terbaru untuk mengisi waktu luang? Berikut adalah 10 rekomendasi buku fiksi terbaru yang bisa dipilih sesuai dengan genre favorit untuk menemani waktu santai Anda.

Tetap Produktif di Waktu Luang Sambil Membaca Buku

Memanfaatkan waktu luang dengan tetap melakukan hal yang produktif tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah membaca buku. Meski kini membaca bisa dilakukan melalui e-book, nyatanya masih banyak orang yang lebih menyukai membaca buku fisik.

Ada berbagai genre buku yang bisa dibaca di waktu luang, baik fiksi atau non fiksi, atau mungkin buku self improvement yang kini tengah banyak diminati. Bagi para penggemar bacaan ringan, buku fiksi tentu bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa menyesuaikan genre dengan minat.

4 Manfaat Membaca Buku Fiksi

Meredakan Stress

Membaca buku fiksi rupanya efektif dalam mengatasi stress. Menurut laporan The New Yorker, membaca fiksi akan menempatkan otak ke dalam keadan seperti trans yang menyenangkan. Mirip dengan meditasi, hal tersebut memberikan manfaat yang sama dengan relaksasi mendalam.

Dengan demikian, pembaca akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, tingkat stress yang lebih rendah, serta harga diri yang tinggi. Tak hanya itu, para pembaca fiksi juga memiliki tingkat depresi yang lebih rendah daripada non-pembaca.

Membuat Pikiran Lebih Terbuka

Istilah buku adalah jendela dunia memang benar adanya. Tak hanya melalui buku non-fiksi, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca fiksi. Salah satunya adalah mampu membuat pikiran Anda menjadi lebih terbuka.

Menurut studi dalam Journal of Applied Social Psychology, membaca novel fiksi dapat membuka pikiran pembacanya menjadi lebih toleran. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat, apalagi dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat berikutnya dari membaca buku fiksi adalah mampu meningkatkan kreativitas. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Kreativitas. Dalam penelitian tersebut, siswa diminta membaca cerita fiksi pendek atau esai non-fiksi, kemudian dilakukan pengukuran terhadap kebutuhan emosional mereka akan kepastian dan kestabilan.

Berdasarkan penelitian tersebut, hasil menunjukkan bahwa membaca literatur fiksi dapat mengarahkan pada pemrosesan informasi yang lebih baik secara umum. Hal tersebut juga berlaku pada prosedur pemrosesan kreativitas yang lebih baik.

Meningkatkan Kemampuan Antar Personal

Tak hanya meningkatkan kemampuan dalam pemrosesan informasi, membaca buku fiksi juga membuat seseorang mampu mengeksplorasi ide-ide perubahan, emosi yang kompleks dan yang tidak diketahui. Hal tersebut diungkap oleh Keith Oatley, seorang profesor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto.

Menurut Keith, novel, cerita, dan drama sama seperti simulasi komputer yang dapat membantu penikmatnya mengatasi masalah kompleks. Hal tersebut dapat membantu orang dalam memahami kompleksitas kehidupan sosial.

10 Rekomendasi Buku Fiksi Terbaru untuk Menemani Waktu Bersantai

Heartbreak Motel

Heartbreak Motel adalah buku fiksi terbaru yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Novel yang terbit tahun 2022 ini merupakan karya dari Ika Natassa. Buku dengan cover berwarna biru ini cocok untuk para penggemar novel, terutama bagi Anda yang akan memasuki usia tiga puluhan

Buku ini mengisahkan tentang Ava, seorang aktris yang telah berkecimpung di dunia seni peran sejak usia enam belas tahun. Setiap selesai memikul peran, Ava selalu memulihkan dirinya di suatu tempat yang disebutnya dengan Heartbreak Motel. Hingga kemudian di usianya yang ketiga puluh, di mulai dari tempat tersebut, muncul banyak pertanyaan baru bersamaan dengan hadirnya tiga lelaki dalam hidupnya.

Harga Rp. 74.250-89.100

Home Sweet Loan

Para penggemar novel lokal pasti sudah tidak asing dengan nama Almira Bastari. Penulis novel populer Resign dan Ganjil Genap tersebut, kini kembali dengan karya terbarunya yang bertajuk Home Sweet Loan. Novel metropop ini merupakan terbitan Gramedia Pustaka Utama tahun 2022. Home Sweet Loan akan sangat relate dengan para pejuang rumah idaman.

Home Sweet Loan menceritakan tentang empat orang yang berteman sejak SMA, yang bekerja di perusahaan yang sama meski berbeda nasib. Baik Kaluna, Tanisha, Kamamita, dan Danan, sama-sama memiliki keinginan untuk mendapatkan rumah idaman di sekitar Jakarta. Novel ini akan mengisahkan kehidupan pribadi mereka berempat dan perjuangan untuk mendapatkan rumah idaman.

Harga Rp. 71.250-95.000

Pachinko

Pachinko telah menjadi salah satu topik hangat di awal tahun 2022. Novel karya Min Jin Lee asal Korea Selatan ini diangkat menjadi serial drama yang dibintangi oleh aktor populer Lee Min-ho. Bagi Anda yang lebih suka membaca novel daripada menonton serial, Pachinko telah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan dapat dinikmati dalam Bahasa Indonesia. Buku fiksi terbaru ini cocok untuk Anda yang menyukai kisah dengan latar masa lampau.

Novel ini menggambarkan potret perjuangan perempuan dalam melewati empat generasi yang diwarnai perang dan penderitaan. Cerita ini mengambil latar masa kolonisasi Jepang atas Korea. Mengisahkan tentang Kim Sunja, putri harapan keluarga yang hamil di luar nikah. Ia bermigrasi ke Jepang dan memulai kehidupan baru yang keras. Pachinko memuat kisah luar biasa tentang cinta dan pencarian identitas sebagai manusia.

Harga Rp. 108.800-136.000

Katarsis

Katarsis adalah buku fiksi terbaru dengan genre thriller. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini merupakan karya terbaru dari Anastasia Aemilia. Novel ini memiliki alur cerita yang mencekam dan mampu membuat pembacanya menahan napas. Sangat cocok untuk para penggemar fiksi thriller yang menegangkan.

Novel ini menceritakan tentang kasus pembantaian keluarga Johandi, di mana hanya ada satu orang yang selamat, yaitu Tara. Tara ditemukan polisi bertahan hidup di kotak perkakas. Kasus tersebut menarik perhatian banyak orang, mulai dari siapa pelakunya dan apa motifnya. Menjadi kunci dari semua pertanyaan, sayangnya Tara memilih bungkam karena trauma. Kengerian terus menghantui Tara, segigih apa pun Alfons, psikiater Tara, berusaha melindunginya.

Harga Rp. 56.250-60.000

Petualangan Jack dan Piggy Natal

Buku fiksi terbaru berikutnya adalah Petualangan Jack dan Piggy Natal. Buku ini merupakan karya penulis novel legendaris Harry Potter, J.K. Rowling. Seperti caranya menuliskan karya-kaya sebelumnya, novel terbaru ini juga ditulis dengan hangat. Petualangan Jack yang dikisahkan dalam novel tidak hanya bisa dirasakan oleh anak-anak, namun juga remaja dan para orang dewasa yang pernah merasakan keterikatan dan kehilangan.

Novel ini menceritakan tentang Jack yang sayang sekali pada mainan favoritnya, Si Piggy. Ia menganggap bahwa Si Piggy selalu ada untuknya di saat senang maupun sedih. Suatu hari Si Piggy hilang dan membuat Jack bersedih. Hingga pada suatu malam Jack dibangunkan oleh mainan barunya yang menjadi hidup, dan mengajaknya menjalankan misi penemuan Si Piggy ke Tanah yang Terhilang.

Harga Rp. 91.000-107.000

Hilmy Milan

Hilmy Milan adalah buku fiksi terbaru berikutnya yang patut dilirik. Novel karya Nadia Ristiviani ini diangkat dari thread alternate universe yang populer di Twitter. Buku dengan cover berwarna hijau ini merupakan terbitan dari Bukune.

Novel ini menceritakan kisah Hilmy, mahasiswa double degree manajemen bisnis dan perngelesan yang naksir pada Milan. Milan adalah mahasiswi berprestasi namun dicap tak punya perasaan. Terlebih lagi karena latar belakangnya sebagai satu-satunya anak perempuan di keluarga mafia. Namun, bukan Hilmy namanya jika tidak bisa menaklukkan hati Milan.

Harga Rp. 89.100-94.050

Alster Lake

Buku fiksi terbaru berikutnya adalah Alster Lake karya Auryn Vientania. Novel yang diterbitkan oleh Bukune ini juga diangkat dari thread alternate universe yang populer di Twitter. Buku ini memuat kisah menarik antara seorang penulis dengan pembacanya.

Kisah mereka berawal dari Alea yang meninggalkan buku berjudul Alster Lake karya Dean Bjorn di perpustakaan. Singkat cerita, Dean yang merupakan penulis buku tersebut menemukan buku Alea dan mengembalikan pada pemiliknya. Kisah mereka pun berlanjut menjadi jalinan asmara yang membuat Dean terinspirasi untuk kembali menulis buku lagi.

Harga Rp. 89.100-99.000

Azzamine

Para pembaca alternate universe pasti sudah tidak asing dengan Azzamine. Cerita yang populer lewat thread Twitter tersebut telah diterbitkan oleh penerbit Bukune. Novel karya Sophie Aulia ini sangat cocok untuk para pembaca yang gemar membaca novel romantis.

Azzamine mengisahkan tentang Azzam yang datang ke kehidupan Jasmine melalui perjodohan. Jasmine yang tidak siap dengan perjodohan tersebut mencoba memberi kesempatan kepada Azzam. Meski Azzam berhasil merebut perhatian Jasmine, namun gadis itu masih gelisah karena ia harus mengorbankan hari Deka, pria yang sudah lama menjadi pacarnya.

Harga Rp. 94.050-99.000

The Privileged Ones

The Privileged Ones adalah buku fiksi terbaru berikutnya yang patut masuk ke dalam wishlist. Novel young adult karya Mutiarini ini terbit pada tahun 2022. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini memuat kisah tentang arti privilese yang sebenarnya.

Novel ini mengisahkan tentang Rara, mahasiswi miskin penerima beasiswa yang harus berkompetisi dengan Diva, yang terlahir dari keluarga kaya, untuk tugas akhir mata kuliah Publisitas. Mereka harus bersaing menciptakan kanal Youtube berkualitas. Tanpa disangka, kompetisi sengit tersebut justru membuat mata Rara terbuka akan berbagai kenyataan hidup yang belum ia pahami sebelumnya.

Harga Rp. 58.400-73.000

Anak Bajang Mengayun Bulan

Buku fiksi terbaru yang terakhir masuk dalam daftar adalah Anak Bajang Mengayun Bulan. Novel karya Sindhunata ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2022. Diperuntukkan bagi pembaca usia 17 tahun ke atas, novel ini memiliki isi full color dengan ilustrasi lukisan.

Anak Bajang Mengayun Bulan menceritakan kisah sukacita dan tragedi yang terjadi pada kehidupan sebuah keluarga. Para pembaca akan diajak kembali memaknai cinta, nafsu, kesempurnaan, kegagalan, serta baik dan buruk. Melalui para tokohnya, novel ini akan menampilkan perjuangan sejati dan keikhlasan untuk mencintai.

Harga Rp. 183.000-219.600
From our editorial team

Memilih Buku Fiksi dengan Genre Favorit atau Mencoba Genre Baru

Membaca buku fiksi di waktu luang adalah salah satu kebahagiaan tersendiri bagi para penggemar buku. Memiliki kecenderungan pada suatu genre mungkin akan membuat Anda ingin mencoba membaca genre baru. Meski terdengar menarik, ada kemungkinan pula Anda tidak akan menyukainya dan hanya akan menyimpannya di rak buku tanpa melanjutkan membacanya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membaca sinopsis cerita terlebih dahulu atau membaca review para pembaca sebelumnya.