Ajak Anak Bermain dengan Buku, Ini 10 Rekomendasi Buku Cerita Anak Balita untuk Melatih Literasi si Kecil (2022)

Ajak Anak Bermain dengan Buku, Ini 10 Rekomendasi Buku Cerita Anak Balita untuk Melatih Literasi si Kecil (2022)

Mendongengkan anak dengan buku cerita anak balita memberikan manfaat yang banyak. Mampu meningkatkan kemampuan berbahasa, mengambangkan imajinasi anak, melatih daya ingat, memperkenalkan hal-hal baru, meningkatkan minat baca, hingga mempererat hubungan anak dengan ibu. Jangan bingung memilih buku cerita anak mana yang tepat. BP-Guide punya rekomendasinya.

Buku Cerita Anak Balita Masih Sangat Perlu Dikenalkan

Meskipun teknologi berkembang begitu cepat dan Anda bisa mengakses semua informasi dan hiburan melalui ponsel. Meskipun begitu, tidak semua bisa Anda lakukan dengan akses internet atau teknologi.

Anak-anak atau balita tentu akan sangat berbahaya jika terlalu lama menghadap ponsel. Tidak dipungkiri bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel cukup berbahaya untuk anak.

Hiburan atau memberikan mainan untuk balita bisa Anda lakukan dengan banyak hal-hal lain. Anda bisa memberinya buku cerita anak yang pastinya akan memberikan dampak positif yang lebih besar.

Mengajak balita membaca buku cerita menjadi saran yang tepat untuk melatih cara berbicara dan membaca pada anak sejak kecil. Justru cara ini sangat efektif pula melatih kecerdasan anak daripada harus menggunakan ponsel.

Manfaat Membacakan Buku Cerita Anak Balita

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Mengajak anak mendongeng akan membangkitkan kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut juga telah disampaikan oleh penulis buku Baby Read Aloud Basics, Caroline Blakemore.

Anak akan mempelajari kosakata baru dari sebuah cerita lalu menyampaikannya dengan bahasa yang tepat. Perkembangannya akan tampak ketika si kecil sudah mulai sekolah, kemungkinan ia akan pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia atau cepat mempelajari pelajaran lainnya.

Biasanya balita perempuan yang akan lebih cepat menangkap kosakata daripada balita laki-laki. Hal ini karena balita perempuan lebih fokus daripada balita laki-laki.

Mengembangkan Daya Imaji Anak

Dunia anak-anak atau balita merupakan dunia bermain dan penuh dengan imajinasi. Kreativitas anak bisa terlatih dari cara imajinasinya sejak balita.

Ketika Anda membacakan buku cerita untuk balita tentu mengajak si kecil untuk ikut berimajinasi. Anda bisa mendongengkan cerita anak secara rutin dengan buku-buku yang berbeda.

Gunakan intonasi yang berbeda dan lakukan gerakan-gerakan tangan agar anak lebih memahaminya.

Melatih Daya Ingat

Buku cerita yang berbentuk fisik dan cara bercerita yang lambat akan merangsang daya ingat si kecil. Balita bisa melihat-lihat kembali cerita atau gambar pada halaman sebelumnya.

Anda bisa melatihnya pula dengan menanyakan kembali salah satu tokoh di dalam cerita. Mengulang kembali cerita atau mereview untuk membantu si kecil mengingat cerita tersebut.

Memperkenalkan Hal-hal Baru

Buku cerita balita memiliki cerita dan gambar yang beragam. Selain ilustrasi, buku cerita balita juga memiliki gambar seperti huruf, angka, atau gambar-gambar lain.

Selain bercerita, Anda bisa mengenalkan hal-hal baru tersebut kepada si kecil. Berbagai warna, ilustrasi, dan bentuk-bentuk di dalamnya akan membuat si kecil selalu menemukan hal baru.

Membangkitkan Minat Baca Anak

Ketika Anda rajin membacakan buku cerita anak secara rutin, lambat laun akan membuatnya ingin ikut membaca. Tidak disadari akan membangkitkan minat baca anak dengan sendirinya.

Anak akan memiliki kebiasaan membaca dan gemar membaca. Tentu memberikan kebiasaan yang baik dan bisa juga terbawa hingga dewasa.

Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Ketika Anda membacakan buku cerita, sebaiknya sambil memeluk si kecil atau ikut bermanja dengannya. Perhatian yang diberikan anak kepada Anda juga akan lebih tinggi.

Proses tersebut akan mempererat hubungan ibu dan anak. Tentu akan memberikan hubungan yang positif sampai ia dewasa.

10 Rekomendasi Buku Cerita Anak dengan Cerita yang Tepat untuk Si Kecil

Buku Dongeng Cerita Anak Balita Allah Adalah Tuhanku

Bagi umat Muslim, ada buku cerita balita dengan tema Islam. Ceritanya ringan dan mudah dipahami.

Menceritakan tentang Allah sebagai Tuhan kita semua dan menciptakan kita. Memiliki full ilustrasi yang menyenangkan.

Tidak terlalu banyak teks dan lebih dominan gambar. Cocok untuk anak hingga usia Paud atau TK.

Menggunakan kertas soft cover dan tidak mudah basah. Aman jika balita membacanya sendiri.

Buku ini diterbitkan oleh Mizan dengan tahun terbit 2021.

Harga Rp. 60.000-90.000

Buku Dongeng Cerita Anak "Dongeng Sebelum Tidur"

Memiliki ilustrasi cover yang menyenangkan dengan berbagai binatang. Cerita di dalamnya juga sangat ringan dan anak akan sangat mudah memahaminya.

Ada delapan cerita bergambar yang bisa jadi koleksi dongeng sebelum tidur. Ceritanya mengajak anak-anak untuk peduli dengan lingkungan dan sesama.

Meskipun cerita anak, tetapi pada setiap ceritanya menyajikan problem solving yang sederhana. Bisa melatih anak untuk mengatasi masalah pada lingkungannya.

Buku ini terbitan Mizan yang terbit pada tahun 2011. Masih bisa Anda gunakan untuk mendongeng kepada anak Anda.

Harga Rp. 50.000-80.000

Buku Aktivitas Belajar Anak Balita Seri Goyi dan Pipi

Buku yang bisa melatih balita mengenal warna. Memberikan cerita yang ringan dengan warna ilustrasi yang beda pada setiap halamannya.

Pengenalan warna tersebut lewat buah dan sayur-sayuran. Dengan begitu, anak akan lebih familiar dengan yang ada di sekitarnya.

Buku ini juga memberikan pernyataan-pernyataan dan permainan yang bisa meningkatkan bonding anak. Si Kecil akan terlatih dari balita dan akan memberikan dampak positif pula ketika sudah besar.

Harga Rp. 64.000-86.000

Buku Balita Mengenal Huruf & Angka Hijaiyah Pertamaku

Bagi umat Muslim, buku ini mampu melatih membaca huruf arab pada usia emas. Menggunakan tulisan yang jelas dengan kombinasi warna-warni.

Buku ini akan memberikan contoh kosakata, ilustrasi foto, khat arab, cara baca, dan desain yang menarik. Mengenal huruf hijaiyah dengan contoh yang relevan pasti akan lebih mudah anak memahaminya.

Menggunakan kertas Ivory 250 gr dengan full laminasi glossy. Aman dan tidak mudah robek apabila anak membacanya sendiri.

Buku ini diterbitkan oleh Checklist pada tahun 2021. Jadi, masih sangat baru untuk anak Anda.

Harga Rp. 40.000-45.000

Buku Seri Dongeng Piyo Ucil

Menceritakan perkembangbiakan binatang yang cocok dikenalkan kepada balita. Satu seri memiliki dua judul, yaitu "Ucil Ingin Punya Sayap" dan "Adik Baru Piyo".

Anak akan mengenal metamorfosis kupu-kupu. Menggunakan cerita yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami anak-anak.

Bisa Anda gunakan sebagai penunjang pembelajaran tema binatang. Anda bisa menggunakannya untuk anak TK ataupun Paud.

Diterbitkan oleh penerbit Bestari dengan tahun terbit 2019. Masih fresh untuk Anda berikan kepada balita Anda.

Harga Rp. 19.000-20.000

Kumpulan Kisah Nabi & Rasul Pilihan

Cerita nabi dan rasul bisa menjadi buku edukasi Islami untuk balita Anda. Memperkenalkannya melalui cerita ringan dengan ilustrasi yang menarik.

Menekankan pada cerita akhlak yang tentunya perlu dipakai sehari-hari. Lengkap pula dengan dialog para tokoh, sehingga akan menarik apabila dibacakan.

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Elmadina.

Harga Rp. 34.000-38.000

Buku Kancil dan Raja Hutan

Buku dengan cerita fabel yang menyenangkan. Anak akan berimajinasi mengenai kehidupan hutan.

Sebuah kumpulan cerita hewan yang berbeda. Banyak pilihan cerita, sehingga anak tidak bosan.

Covernya memiliki gambar hewan yang lucu dan pasti anak menyukainya. Anda bisa membacakannya sambil membuat suara-suara yang berbeda untuk setiap hewan.

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dengan tahun terbit 2021. Masih menjadi buku baru dan fresh untuk anak Anda.

Harga Rp. 57.000-91.000

Buku Cerita Anak Islami Seri Cerita Balita Aku Bisa

Buku seri cerita anak "Aku Bisa" akan menjadi edukasi yang menyenangkan. Mengajarkan anak-anak untuk mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki enam seri dengan cerita berbeda. Enam seri tersebut, antara lain: Aku Bisa Bilang Bismillah, Aku Bisa Bilang Alhamdulillah, Aku Bisa Bilang Terima Kasih, Aku Bisa Bilang Mandi Sendiri, Aku Bisa Bilang Maaf, dan Aku Bisa Bilang Tolong.

Semua seri tersebut menggunakan hard cover dan full color. Anak akan belajar dari cerita-cerita di buku seri tersebut.

Buku ini diterbitkan oleh Mizan Media Utama.

Harga Rp. 55.000-60.000

Buku Cerita Seri Ups!

Buku cerita seri Ups! ini mengajarkan anak untuk mandiri. Melalui cerita sederhana yang disampaikan, anak bisa ikut mandiri.

Satu seri memiliki tiga judul, yaitu "Ups! Aku Mau Pup Sendiri", "Ups! Aku Mau Mandi Sendiri", dan "Ups! Aku Mau Menggosok Gigi". Kegiatan sehari-hari ini akan dikemas dengan cerita yang menarik.

Cerita juga memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan sang tokoh. Dengan begitu, anak bisa mengikutinya.

Buku ini memiliki gambar ilustrasi yang menarik dengan full color. Menggunakan kertas yang tebal dan laminasi glossy.

Harga Rp. 23.000-26.000

Buku Cerita Seri Mengolah Emosi "Aku Tidak"

Buku cerita untuk melatih balita mengatur emosi. Terdiri dari lima seri cerita yang menarik.

Judul untuk kelima seri tersebut, yaitu Aku Tidak Menggigit, Aku Tidak Merajuk, Aku Tidak Memukul, Aku Tidak Berteriak, dan Aku Tidak Cengeng.

Cerita-cerita yang disampaikan mengajarkan anak untuk mengikuti peraturan yang berlaku. Mengajarkan bahwa orang lain tidak suka dengan anak-anak yang suka merajuk, menangis, suka memukul, dan berteriak.

Anda bisa memberikan cerita-cerita ini untuk melatih emosi anak. Dengan begitu, anak dapat beradaptasi di lingkungannya dengan baik.

Buku ini menggunakan kertas tebal dengan full laminasi glossy. Aman apabila anak ingin membacanya sendiri. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Zikrul Hakim.

Harga Rp. 20.000-23.000
From our editorial team

Buku Cerita Anak Balita Jadi Alternatif Edukasi Anak

Mengajarkan anak melalui buku cerita untuk balita akan meningkatkan minat baca dari kecil. Kecerdasan memahami, membaca, dan menyampaikan pendapat akan terlatih melalui cerita anak. Menggunakan buku cerita anak sebagai edukasi sangat disarankan karena tidak menimbulkan radiasi seperti ponsel atau smartphone.

Tag