10 Rekomendasi Buku Non Fiksi Terbaru Untuk Mengisi Waktu Luang (2022)

10 Rekomendasi Buku Non Fiksi Terbaru Untuk Mengisi Waktu Luang (2022)

Membaca buku adalah salah satu hobi yang menyenangkan. Untuk mengisi waktu luang, ada baiknya membaca buku non fiksi untuk menambah pengetahuan dan menenangkan diri. Yuk, simak rekomendasi buku non fiksi terbaru dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Buku Non Fiksi Berisi Informasi Akurat

Berbeda dengan buku fiksi yang ditulis berdasarkan imajinasi, buku non fiksi adalah buku yang menyajikan informasi dengan berdasarkan oleh fakta atau pengalaman yang benar-benar terjadi, atau berdasarkan pemikiran yang berdasarkan riset si penulis buku.

Semua informasi pada buku non fiksi dilengkapi oleh data, tanpa dilebih-lebihkan ataupun dikurang-kurangi. Oleh karena itu, buku nonfiksi dapat dijadikan sebagai sumber yang akurat untuk menambah ilmu pengetahuan maupun sebagai bahan rujukan atau referensi.

Genre Buku Non Fiksi yang Populer

Biografi atau Otobiografi

Sumber gambar www.nytimes.com

Buku ini mengupas kisah hidup seseorang dan pemikirannya. Orang-orang yang ditulis biografinya biasanya adalah sosok yang penting atau inspiratif, seperti penemu pengusaha, politisi, musisi, selebriti, dan sebagainya.

Di dalam buku ini akan diceritakan perjalanan hidup tokoh dari lahir hingga menjadi sosok yang sukses. Pembaca akan diajak untuk mengetahui suka duka kehidupannya serta bagaimana dia berjuang, agar pembaca pun merasa termotivasi.

Beda biografi dan otobiografi terletak pada siapa penulisnya. Biografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh orang lain, sementara otobiografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh pribadi yang bersangkutan.

Parenting

Sumber gambar lazada.co.id

Mendidik anak adalah tugas mulia yang harus dilakukan sepanjang hidup, dan belum ada sekolah formal yang mengajarkan menjadi orang tua yang baik. Orang tua perlu belajar dan terus belajar untuk menjadi orang tua yang baik.

Buku parenting menjadi jawaban atas pertanyaan bagaimana menjadi orang tua yang sebaiknya. Buku-buku parenting berisi cara mendidik anak, mengenali emosi anak, berkomunikasi dengan anak, dan lain-lain.

Lewat buku ini Anda bisa belajar bagaimana bertindak menjadi orang tua yang menyenangkan bagi anak serta tidak toksik. Dengan demikian, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat, baik, dan bertanggung jawab.

Self Improvement

Sumber gambar icrrd.com

Buku-buku dalam kategori self-improvement atau pengembangan diri, berisi ajakan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Buku ini akan membantu pembaca untuk meningkatkan kualitas diri dan berkembang.

Di dalam buku self-improvement ini juga biasanya akan terselip kata-kata motivasi yang bisa Anda kutip atau jadikan sebagai semangat dalam menjalani hidup yang lebih baik daripada yang sebelumnya.

Buku self-improvement bisa berisi kumpulan cerita pengalaman hidup penulisnya, atau berisi pemikiran dan teori-teori tertentu yang dijelaskan dengan bahasa populer sehingga akan memudahkan untuk dipahami.

Guide atau How-to

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Sesuai dengan namanya, how to, buku jenis ini berisikan panduan atau tutorial untuk melakukan sesuatu. Tema buku ini pun sangat luas, bisa pertanian, memasak, menjahit, merajut, membuat aksesoris, dan lain sebagainya.

Anda akan menemukan pembahasan yang detail dan mudah diikuti. Tak jarang juga akan berisi gambar-gambar, sehingga pembaca dapat mengikuti langkah-langkah yang disampaikan dalam buku dengan jelas.

Salah satu tema favorit adalah traveling. Buku ini menjelaskan cara bepergian ke suatu tempat dengan detail. Buku ini biasanya dilengkapi data penting seperti rute, rekomendasi penginapan, hingga biaya yang diperlukan untuk traveling.

Sub Genre Lain yang Populer

Sumber gambar www.panmacmillan.com

Buku non fiksi sangatlah luas. Selain yang sudah disebutkan di atas, terdapat banyak sub genre lain seperti ensiklopedia, kumpulan esai, psikologi, kesehatan, pertanian, kelautan, ilmu lingkungan, dan masih banyak sub genre lainnya.

Subgenre ini biasanya berpengaruh pada gaya penulisan. Anda juga bisa memilih sub genre populer. Sub genre populer memiliki gaya bahasa yang cenderung cair dan ringan dibaca, berbeda dengan buku teks yang bahasanya lebih njelimet.

Anda dapat membaca buku non fiksi sesuai dengan minat atau hal baru yang ingin dipelajari. Jika Anda sudah menyukai suatu tema buku non fiksi, maka membaca tak lagi menjadi hal yang membosankan.

Manfaat Membaca Buku Non Fiksi

Menambah Wawasan Faktual

Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan baru dan menambah wawasan, karena buku adalah gudang ilmu. Semakin sering membaca, maka wawasan Anda pun akan semakin bertambah, terlebih membaca buku non fiksi yang berisi data berdasar fakta.

Media Self Healing

Membaca bisa menjadi self healing juga, lho. Terlebih bagi yang suka menghabiskan waktu santai sendirian sambil membaca buku, dan tenggelam di dalam bacaan. Beberapa buku motivasi seperti biografi atau self-improvement juga mungkin dapat membangkitkan semangat.

Mengubah Sudut Pandang

Membaca buku non fiksi akan memperluas pengetahuan, yang membuat Anda dapat melihat dari perspektif atau sudut pandang yang baru terhadap sesuatu. Sehingga, Anda tak akan lagi terpaku pada cara pandang yang itu-itu saja. Cara Anda dalam memaknai suatu hal akan lebih luas.

Rekomendasi Buku Non Fiksi Terbaru Tahun 2022

Jung's Map of The Soul - Murray Stein

Apakah Anda seorang ARMY alias penggemar BTS dan tertarik dengan teori kepribadian manusia? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk membaca buku ini. Konon, album BTS “Map of The Soul: Persona” itu terinspirasi dari buku yang ditulis oleh Murray Stein ini.

Buku ini berisikan pemikiran Carl Gustav Jung, seorang psikiater sekaligus perintis psikologi analitik. Di dalam buku ini dijelaskan tentang kepribadian manusia yang terbagi menjadi empat lapis. Membaca buku ini dapat membuat Anda lebih mengenal diri sendiri.

Harga Rp. 75.000-100.000

Bringing Up Bebe - Pamela Druckerman

Masa-masa mengasuh anak yang masih kecil benar-benar penuh tantangan. Belum lagi paparan dari media sosial yang banyak membuat para orang tua merasa insecure. Jika Anda ingin lebih menikmati masa-masa mengasuh anak kecil, cobalah membaca Bringing up Bebe.

Buku parenting ini termasuk Buku Terlaris versi New York Times. Buku ini ditulis oleh seorang jurnalis Amerika yang lama tinggal di Prancis. Dia mengamati betapa orang tua Prancis tidak pernah stres dalam mengasuh anak, meski anak-anak Prancis tetap tumbuh dengan tertib dan bahagia.

Harga Rp. 70.000-90.000

I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki - Baek Se Hee

Jika Anda sedang berjuang untuk menerima keadaan diri sendiri, mungkin buku yang satu ini bisa memberikan pencerahan. Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya yang menderita distimia dan harus melakukan banyak sesi konsultasi dengan psikiater.

Oleh karena buku non fiksi yang satu ini bertemakan kesehatan mental, maka tak heran jika buku ini banyak diminati, Buku ini pun telah menduduki peringkat #1 Best Seller di negara asalnya, Korea Selatan, dan bahkan juga populer hingga mancanegara.

Harga Rp. 80.000-100.000

Becoming - Michelle Obama

Perjalanan hidup Michelle Obama sebagai ibu negara Amerika Serikat pertama berdarah Afrika-Amerika tentunya akan sangat menarik untuk diikuti. Kini, Anda bisa membaca kisah tersebut lewat buku yang ditulis Michelle Obama sendiri.

Pembaca diajak mengikuti kisah hidup Michelle Obama dari kecil hingga dewasa serta melihat pemikiran-pemikirannya. Tulisannya yang jujur dan hangat akan membuat para pembaca hanyut dalam kisahnya. Tak heran jika buku ini menjadi salah satu buku terlaris di Amerika.

Harga Rp. 100.000-250.000

Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? - Kim Sang Hyun

Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? Ini adalah judul dari salah satu buku non fiksi terbaik yang populer di Korea. Buku ini ditulis oleh Kim Sang Hyun, dan seluruh isi buku ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Gaya penulisan dari buku ini sangatlah tenang dan jujur, sehingga buku ini dapat mudah dimengerti oleh semua orang. Buku ini telah membantu banyak orang untuk memikirkan kembali cara hidup mereka, dan menjalani hari-hari yang lebih baik.

Harga Rp. 70.000-100.000

Segala-Galanya Ambyar - Mark Manson

Sama dengan buku sebelumnya, pada buku Everything id F*ck atau yang ditranslasikan ke bahasa Indonesia menjadi Segala-Galanya Ambyar ini, Mark Manson pun memberikan perspektif lain dalam memandang persoalan dalam kehidupan.

Fokus utama dari buku ini adalah bagaimana caranya agar bisa tetap tenang saat semua hal di sekitar kita terlihat ambyar atau kacau. Dalam buku ini, Manson menggunakan penelitian psikologis dengan berbagai referensi dari filsuf seperti plato dan Tom Waits untuk membahas berbagai aspek kehidupan.

Harga Rp. 75.000-150.000

Tuhan Ada di Hatimu: Tak di Ka’bah, di Vatikan atau di Tembok Ratapan - Husein Ja’far Al-Hadar

Tuhan Ada di Hatimu adalah sebuah buku religi yang ditulis oleh Husein Ja’far Al-Hadar, atau yang biasa dikenal dengan nama Habib Jafar. Walaupun ditulis oleh seorang Habib, buku ini juga cocok dibaca oleh orang-orang dari semua agama, dan bahkan dipuji oleh Pendeta Yerry

Buku ini akan membawa Anda ke dalam sebuah petualangan rohani untuk menemukan Sang Pencipta yang ada di dalam diri Anda. Tujuan dari petualangan tersebut adalah membawa Anda supaya menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Harga Rp. 50.000-75.000

Filosofi Teras - Henry Manampiring

Dalam buku ini, Henry Manampiring merangkum filosofi-filosofi romawi kuno yang dicetuskan oleh filsafat Yunani. Walaupun terdengar rumit, buku ini telah diadaptasikan secara khusus untuk pengaplikasian dalam kehidupan modern dan ditulis agar mudah dimengerti.

Filosofi dan ilmu yang dituturkan di dalam buku ini diharapkan dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah sehari-hari, serta dapat mengelola pikiran dan emosi. Buku ini pun juga dapat membantu Anda mengurangi kebiasaan overthinking.

Harga Rp. 75.000-100.000

You Do You - Fellexandro Ruby

Melihat banyaknya teman atau influencer dengan kesuksesan mereka mungkin sering membuat Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mereka melakukannya? Jawabannya dapat Anda temukan dalam buku berjudul You Do You oleh Fellexandro Ruby ini.

Dalam buku ini, Anda akan diajak mengeksplorasi diri Anda lebih mendalam, dan menemukan bahwa kunci kesuksesan dari setiap orang adalah menemukan diri mereka yang sebenarnya. Jadi, bukan dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Harga Rp. 90.000-125.000

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa - James Clear

Apakah Anda setuju bahwa mengubah kebiasaan itu tidaklah mudah? Namun, mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik itu akan berdampak besar terhadap perbaikan hidup Anda. Sayangnya, ada banyak orang yang merasa bingung saat ingin berubah.

Atomic Habits yang ditulis oleh James Clear ini akan memberikan petunjuk bagaimana cara merubah diri sendiri mulai dari hal kecil, dimana hal-hal kecil tersebut bisa membawa perubahan yang lebih besar. Tips-tips yang ada pada buku ini pun sangat mudah diaplikasikan dalam hidup sehari-hari.

Harga Rp. 85.000-106.000
From our editorial team

Di Era Digital, Buku Cetak Tidak Kehilangan Pesona

Di zaman yang canggih seperti sekarang, buku banyak dijual dalam bentuk digital. Namun bukan berarti buku cetak sudah tidak diminati. Justru buku cetak memberikan pesona tersendiri bagi para penikmatnya. Tunggu apa lagi? Yuk, segera tambah koleksi Anda dengan rekomendasi buku non fiksi dari BP-Guide di atas!