10 Rekomendasi Novel Anak yang Bisa Membuatnya Senang Membaca dan Belajar Tentang Kehidupan (2022)

10 Rekomendasi Novel Anak yang Bisa Membuatnya Senang Membaca dan Belajar Tentang Kehidupan (2022)

Semakin bertambah usia, anak sudah bisa belajar membaca buku dengan banyak halaman. Hal ini juga bisa melatih anak untuk senang membaca dan belajar akan kehidupan sehari-hari. Anda sudah bisa memperkenalkan anak dengan novel yang masih bercerita petualangan untuk anak. Berikut beberapa rekomendasi novel anak terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk anak di rumah.

Mengenal Novel Anak Bagi Pembaca Pemula

Sumber gambar www.oxfordlearning.com

Selama ini tak banyak yang mengenal novel yang dikhususkan untuk anak-anak, karena di Indonesia sendiri novel rata-rata dikhususkan untuk pembaca remaja atau dewasa. Nyatanya ada novel anak yang masih mengacu pada dunia anak-anak, baik dari segi kehidupannya, alur ceritanya, maupun bahasanya.

Bila board book, picture book masih didominasi oleh ilustrasi, untuk novel anak beberapa sudah tidak menggunakan ilustrasi lagi. Pembaca novel anak tentunya dikhususkan untuk anak yang lancar membaca dengan usia di atas 9 tahun.

Novel anak masih menggunakan bahasa yang sederhana yang masih dapat dicerna oleh anak, berbeda dengan novel remaja atau dewasa yang menggunakan bahasa yang kompleks. Selain itu, adegan yang ditampilkan dalam cerita tentunya juga disesuaikan dengan usia anak.

Perbedaan dari segi alur cerita, novel anak lebih sederhana dengan memunculkan konflik kecil dan sederhana. Selain itu, novel anak juga masih memperhatikan tingkat pola pemikiran anak sehingga cerita mudah dipahami oleh anak-anak.

Tips Memilih Buku Sesuai dengan Usia Anak

Bayi (Usia di Bawah 2 Tahun)

Sumber gambar www.walmart.ca

Usia anak dibawah 2 tahun masih dikategorikan sebagai bayi. Pada masa ini Anda sebagai orang tua bisa memperkenalkan buku dengan gambar yang berwarna cerah yang akan menarik perhatian si kecil. Bisa juga diiringi dengan cerita sederhana seperti pengenalan objek dengan ilustrasi yang menarik.

Pada masa bayi tentunya si kecil belum bisa membaca. Namun, pendengarannya sangat aktif sehingga Anda bisa membacakan atau memperkenalkan buku dengan teks sederhana. Bisa juga buku yang merangsang indra peraba atau buku yang mengeluarkan irama sehingga anak bisa merespon dengan baik.

Bila si kecil sangat aktif Anda bisa membelikan buku dengan bahan karton tebal (board book) atau buku bantal agar tidak mudah rusak. Buku bergambar saja juga bisa merangsang kecerdasan anak secara visual dan mental.

Usia 3-5 Tahun

Sumber gambar learningtech.com.sg

Pada masa ini tak sedikit anak-anak yang sudah bisa merespon cerita yang dibacakan orang tua. Anda bisa memberikan buku tentang kehidupan binatang dengan ilustrasi menarik, agar anak semakin senang membaca. Buku untuk anak di masa 3-5 tahun masih didominasi oleh ilustrasi dengan 2-4 kalimat dalam satu halaman.

Teks bacaan tentunya masih relatif sedikit dengan alur cerita yang mengandung nilai moral. Buku dengan visualisasi tiga dimensi juga bisa menjadi pilihan untuk merangsang kecerdasan konstruktif anak.

Boleh juga diperkenalkan dengan buku yang membuat anak merasa senang atau menemukan pengalaman baru, seperti pop up book, flip flap, atau buku yang dilengkapi dengan aktivitas seru.

Usia 5-8 Tahun

Sumber gambar www.natgeokids.com

Di masa usia ini anak sudah mulai belajar membaca untuk mempersiapkan mereka masuk sekolah baik di Taman Kanak-kanak ataupun Sekolah Dasar. Untuk anak yang belum bisa membaca bisa diperkenalkan dahulu dengan konsep huruf, angka, dan membaca sederhana.

Sedangkan untuk anak yang sudah bisa membaca bisa memilih buku cerita dengan kosakata sederhana yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Membaca buku juga bisa menambah kosakata anak.

Bila anak sudah lancar membaca bisa mencari buku cerita yang minim ilustrasi dan memiliki banyak kalimat, memiliki alur cerita dengan kombinasi beberapa kata yang sedikit kompleks.

Buku yang bisa menjadi pilihan seperti story book, science book, novel anak, hingga komik anak.

Usia Diatas 9 Tahun

Di usia 9 tahun ke atas anak sudah mahir memilih buku yang mereka sukai. Anda bisa memberikan buku berupa pengetahuan populer atau novel yang sesuai dengan ketertarikan pola pikir anak.

Pada masa ini Anda juga bisa memberikan buku non fiksi untuk anak yang sudah banyak tersedia di toko buku. Anda tak perlu ragu lagi untuk memilih buku dengan mempertimbangkan usia dan minat anak.

Perlu diketahui bahwa buku yang bagus bukan berarti yang harganya mahal, tapi bisa memberikan dampak positif bagi pembacanya.

Genre Novel yang Populer di Indonesia

Romance

Sumber gambar twitter.com

Romance atau percintaan salah satu genre yang banyak diminati, selain itu novel dengan genre romance juga banyak ditemukan dengan berbagai judul. Genre ini biasanya bercerita tentang kisah hubungan pria dan wanita yang saling jatuh cinta, patah hati, atau pertemuan kisah cinta dua sejoli dari awal hingga pernikahan atau bahkan hingga akhir hayat.

Masyarakat Indonesia juga masih senang dengan cerita yang berbau cinta, kasih sayang, dan romansa di masa kini. Setting novel biasanya bervariasi, setting tempat-tempat romantis juga tak luput menjadi cerita menarik.

Beberapa novel dengan genre romance ada Summer In Seoul, Spring In London karya Ilana Tan. Untuk yang novel romance Indonesia ada Antologi Rasa, Twivortiare karya Ika Natassa.

Science Fiction

Sumber gambar mizanstore.com

Sesuai dengan namanya yaitu science fiction merupakan genre novel yang mengangkat sebuah cerita terkait ilmu pengetahuan dan teknologi sains. Teknologi yang diangkat biasanya teknologi baru atau bahkan teknologi masa depan yang belum ada saat ini.

Umumnya pengetahuan yang diangkat berupa ilmu pengetahuan seperti biomolekuler, alam semesta lain, planet lain yang akan membuat pembaca masuk ke dalam imajinasi cerita tersebut. Bahkan rasanya terdengar masuk akal.

Untuk latar tempat dan waktu adalah di masa mendatang yang menghadirkan makhluk lain dengan intelektual tinggi yang melebihi manusia atau makhluk lain dari luar angkasa. Contoh novel genre ini ada Ready Player One karya Ernest Cline. Untuk novel science fiction Indonesia ada Supernova: Ksatria Puteri, dan Bintang Jatuh yang ditulis oleh Dee Lestari.

Fantasi

Sumber gambar gramedia.com

Sebuah cerita yang mengangkat kisah penuh imajinasi yang bahkan terasa berada di dunia lain. Karena penuh imajinasi jadi cerita terkadang bertolak belakang dengan cerita masa kini. Genre ini juga bisa menyampaikan pesan moral kepada pembaca.

Genre fantasi sebenarnya hampir mirip dengan genre science fiction namun perbedaannya pada setting tempat dan waktu di masa lalu. Tema yang diangkat berupa mitos yang penuh dengan dunia gaib, kekuatan supranatural, dan kehidupan para tokoh yang hanya ada pada khayalan.

Keunggulan genre fantasi penulis bisa membawa pembaca masuk ke dunia fantasi yang diciptakan oleh si penulis. Banyak contoh novel genre yang sudah tersebar di Indonesia namun, rata-rata adalah novel terjemahan seperti Harry Potter karya J.K. Rowling, The Lord of the Rings, dan Percy Jackson.

Horor

Sumber gambar shopee.com

Genre horor seringkali memanfaatkan mitos-mitos supranatural atau kepercayaan yang tersebar di masyarakat. Tokohnya seringkali menggunakan tokoh manusia dan makhluk gaib.

Alur cerita yang menegangkan, seram, dan tentunya bisa membuat pembacanya tegang, berdebar-debar hingga membuat bulu kuduk pembacanya naik. Biasanya adegan berupa pelarian antara sosok protagonis dan makhluk gaib.

Genre ini menjadi pilihan yang tepat untuk pembaca yang suka dengan cerita yang menantang adrenalin, kutukan, kejahatan sadis, dan peristiwa spiritual lainnya.

Contoh novel dengan genre horor di Indonesia ada Wingit karya Sara Wijayanto dan Danur karya Risa Saraswati. Untuk novel dengan genre horor dari luar ada The Chalk Man karya C.J. Tudor, Novel Dracula karya Bram Stoker, dan novel lain sejenisnya.

Misteri

Sumber gambar amazone.com

Genre ini merupakan karya fiksi yang banyak mengandung teka teki seperti pembunuhan, penculikan, atau tindakan kriminal lain yang bisa membahayakan seseorang. Pembaca akan diajak untuk memecahkan sebuah kasus kriminal dari awal hingga akhir cerita.

Tak heran genre misteri juga banyak menjadi incaran pembaca karena membuat penasaran, apalagi bila ada cerita misteri yang berseri. Menariknya genre misteri menggunakan adegan dengan penuh tipu muslihat dan berakhir dengan plot twist kejutan buat pembacanya.

Alur cerita juga seringkali dibuat maju mundur, oleh karena itu pembaca harus mengikuti alur cerita dengan baik agar tak terkecoh saat mencapai klimaks cerita. Penulis kemudian akan menciptakan plot dengan menghadirkan bagian-bagian yang hilang secara terperinci. Bahkan endingnya juga bisa tak terduga dan membuat pembaca merasa gemas dengan ceritanya.

Beberapa contoh novel dengan genre misteri ada A Caribbean Mystery, dan The Mirror Crack’d from Side to Side karya Agatha Christie, ada pula Sherlock Holmes : The Hound of the Baskervilles dari penulis Sir Arthur Conan Doyle.

Ini 10 Novel Anak yang Bisa Jadi Pilihan

Mata di Tanah Melus (Okky Madasari)

Berawal dari kegelisahan penulis dimana novel anak lokal tidak semenarik novel anak terjemahan dari luar. Oleh karena itu, Okky Madasari membuat cerita Mata di Tanah Melus yang merupakan karya perdana untuk pembaca anak-anak.

Bercerita tentang seorang gadis bernama Matara berusia 12 tahun yang melakukan perjalanan ke wilayah terluar Indonesia. Matara menemukan sesuatu yang sangat menakjubkan selama perjalanan yang tidak pernah disangka sebelumnya.

Kisah ini tak hanya berhenti di novel tersebut saja tapi juga berlanjut ke novel berikutnya yaitu Mata dan Rahasia Pulau Gapi dan Mata dan Manusia Laut.

Harga Rp. 42.500-56.050

Dru dan Kisah Lima Kerajaan (Clara Ng)

Bercerita tentang Dru seorang gadis cilik yang sedang mencari selendangnya yang hilang. Selama perjalanan tersebut, Dru bertemu dengan lima Raja yang kesepian.

Tentunya perjalanan Dru sangat menarik. Seekor Keong Emas bertutur asal usul Keong Kalpataru, membuka perjalanan menembus jagat, untuk menebus satu kesalahan.

Novel ini merupakan karya lokal dari Clara Ng, menariknya novel tak hanya berupa tulisan tapi juga terdapat ilustrasi menarik karya Renata Owen. Selama ini jarang sekali terdapat ilustrasi di novel anak lainnya.

Harga Rp. 59.900-65.000

Aku, Meps, dan Beps (Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo)

Buku ini ditulis oleh Reda Gaudiamo dan anaknya Soca Sobhita yang merupakan pasangan ibu dan anak. Kisahnya sangat menarik yang mengambil sudut pandang "Aku" sebagai anak, Meps merupakan panggilan Mama dan Beps panggilan Papa.

Bercerita seputar kisah anak dan orang tuanya dalam kehidupan sehari-hari. Ceritanya lucu, menarik, dan sangat mengasyikkan untuk dibaca untuk anak. Bagi pembaca dewasa akan teringat kembali tentang masa kecilnya yang menyenangkan.

Seperti mandi hujan saat Sekolah Dasar, bahkan suka duka saat sekolah dahulu, dan banyak juga kisah dunia anak lainnya yang wajib dibaca.

Harga Rp. 55.000

Lea Di Dunia Bawah Irlandia (Tyas Widjati)

Buku ini merupakan novel residensi yang ditulis oleh Tyas Widjati saat berada di Irlandia. Bercerita tentang seorang anak bernama Lea yang terpaksa ikut mamanya untuk melanjutkan studi ke Irlandia. Lea sebenarnya merindukan Indonesia, rindu Kakung yang sedang sakit, rindu pada Papa yang telah berpisah dan diam-diam dia temui, Lea juga rindu Mama yang ada di dekatnya tapi selalu sibuk.

Lagi-lagi novel anak yang seru ini juga menawarkan kisah petualangan Lea di dunia bawah Irlandia yang sangat berbeda. Padahal Lea hanya berniat mengejar kucing ajaib bernama Ophelia. Tak disangka tiba-tiba ada pohon yang menelannya. Lea kemudian bertemu dengan Siobhan dan Fionn yang akan menjadi temannya selama perjalanan.

Mereka harus menghadapi berbagai aneh dan seru yang akan membawa pembaca hanyut di dalamnya.

Harga Rp. 58.000

Charlie and the Chocolate Factory (Roald Dahl)

Charlie and The Chocolate Factory merupakan salah satu cerita anak yang sangat terkenal karya Roald Dahl. Karya lainnya juga banyak disukai oleh anak-anak. Cerita yang menarik dan menghibur dan sudah dibaca ratusan juta anak di seluruh dunia.

Menceritakan tentang seorang anak laki-laki miskin bernama Charlie yang memenangkan undian untuk mengikuti tur ke dalam pabrik cokelat milik Willy Wonka. Beberapa anak juga memenangkan hadiah untuk mengikuti tur di pabrik cokelat.

Anak-anak sangat antusias untuk masuk ke pabrik cokelat. Namun, anak-anak yang tidak patuh tentu akan mendapatkan hukuman.

Harga Rp. 58.650

Harry Potter and The Sorcerer’s Stones (J.K. Rowling)

Cerita fantasi karya J.K. Rowling ini tentunya sudah terkenal di seluruh dunia. Pembaca akan diajak untuk menyelami dunia sihir di sekolah Hogwarts. Harry Potter and The Sorcerer’s Stones bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Harry Potter yang baru saja menyadari bahwa dirinya sangat terkenal di dunia sihir.

Berbeda dengan di dunia manusia, dia hanya anak laki-laki biasa yang tinggal bersama Paman dan Bibinya. Harry bertemu dengan Ron dan Hermione, mereka bertiga masuk di tahun pertama sekolah Hogwarts.

Siapa sangka dia akan bertemu dengan Voldemort, sosok yang sangat ditakuti di dunia sihir sekaligus sebagai pembunuh kedua orang tuanya. Ceritanya sangat bagus dan menarik untuk anak-anak, tak heran buku ini menjadi salah satu buku terlaris di dunia. Cerita ini mengajarkan anak keberanian dan membela kebenaran.

Harga Rp. 65.000-97.000

The Remarkable Journey of Coyote Sunrise

Salah satu novel terjemahan yang juga banyak dicari pembaca. Novel ini bercerita tentang Coyote dan Rodeo, ayah Coyote yang berkenalan menggunakan bekas bus sekolah. Mereka mengubah bus menjadi tempat tinggal yang nyaman layaknya rumah.

Mereka tak pernah pulang ke rumah yang pernah mereka tempat karena meninggalkan banyak kenangan tentang ibu dan kakak perempuannya. Suatu hari Ia menyadari bahwa pemukiman tersebut akan dihancurkan. Coyote meminta kepada ayahnya untuk pulang dan mengambil kenang-kenangan yang ditinggalkan.

Ternyata perjalanan kembali ke rumah tak semudah itu dan meninggalkan kenangan yang dalam untuk sang ayah.

Harga Rp. 49.500-99.000

Lima Sekawan Memperjuangkan Harta Finniston (Enid Blyton)

Cerita Lima Sekawan dari Enid Blyton sangat seru untuk diikuti untuk bacaan anak-anak. Novel ini juga bercerita tentang petualangan yang menarik untuk anak-anak tentang detektif cilik. Sesuai dengan judulnya Lima Sekawan juga terdiri dari Julian, Dick, Anne, George, dan anjingnya yang bernama Timmy.

Dalam cerita mereka akan terlibat dalam kasus menarik dan juga misterius yang harus dipecahkan beserta petualangan yang seru. Pembaca akan dibuat penasaran dengan hal-hal misterius dan pemecahan masalah yang menarik untuk diikuti.

Membaca cerita ini akan membuat anak mengasah ketelitian dan kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Harga Rp. 43.000

A Little Princess (Frances Hodgson Burnett)

Salah satu kisah klasik menarik yang masih banyak diminati anak-anak yaitu Little Prince yang sangat terkenal karya Frances Hodgson Burnett. Bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Sara Crew yang bersekolah di asrama bergengsi.

Sara memiliki segalanya mulai dari pakaian yang indah, boneka yang cantik, hingga ayah yang selalu memenuhi keinginannya. Namun, suatu hari ayahnya meninggal tepat di hari ulang tahunnya yang ke sebelas. Sara tidak mendapatkan harta apapun.

Gurunya yang bernama Miss Minchin tidak menyukainya dan memperlakukannya dengan kejam karena telah jatuh miskin. Meskipun Sara menghadapi kesulitan namun, tetap bisa membuktikan bahwa dirinya adalah seorang putri yang bisa bertahan dalam keadaan sulit. Cerita ini akan membuat anak belajar banyak hal terutama tentang kehidupan.

Harga Rp. 63.000-65.000

The Bridge Home (Padma Venkatraman)

The Bride Home juga menjadi salah satu novel terjemahan yang bagus untuk anak-anak. Bercerita tentang Viji dan Ruku saudaranya yang memutuskan untuk kabur dari rumah. Bersama mereka saling menjaga apalagi mengingat Ruku yang memiliki disabilitas, tentunya melakukan perjalanan yang tidak mudah.

Sampai akhirnya mereka menemukan sebuah tempat yang aman di bawah jembatan yang sudah terbengkalai. Di sana mereka menemukan teman yang Muthi dan Arul, dua orang anak laki-laki yang seusia dengan mereka.

Cerita ini tentunya sangat menarik dimana mereka akhirnya berusaha membuat rumah sendiri dengan barang yang ada dengan sangat sederhana.

Mereka bisa bertahan hidup dengan menjual barang rongsokan. Kisah hidup mereka tak mudah, seperti ketika Arul dan Muthi sakit di musim hujan dan mereka tak tahu harus berbuat apa.

Harga Rp. 198.000
From our editorial team

Pilih Buku Sesuai dengan Usia Anak

Orang tua memiliki andil besar untuk membuat anak senang membaca. Selain itu, pemilihan buku sebaiknya disesuaikan dengan usianya. Anda juga tetap harus memantau buku yang mereka baca agar membantu perkembangan otak anak. Biasanya di bagian sampul belakang sudah tertera buku diperuntukkan untuk usia berapa. Untuk novel anak Anda bisa memilih rekomendasi cerita menarik di atas, ya.

Tag