Buat Anak Senang dan Berkembang dengan 8 Rekomendasi Mainan Lucu dan Bermanfaat Ini (2018)

Buat Anak Senang dan Berkembang dengan 8 Rekomendasi Mainan Lucu dan Bermanfaat Ini (2018)

Anak tentunya sangat lekat dengan yang namanya mainan. Tak hanya sekadar untuk menyenangkan hati si kecil, mainan ternyata dapat meningkatkan berbagai aspek tumbuh kembangnya. Kenali yuk berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan si kecil mainan dan dapatkan juga rekomendasi mainan dari BP Guide berikut.

Manfaat Mainan untuk Anak

Kalau melihat mainan, kita pasti langsung teringat si buah hati yang erat kaitannya dengan benda tersebut. Selain sebagai medium untuk menyenangkan si kecil, mainan juga bisa menjadi sarana untuk membantu perkembangan fisik dan kognitifnya.

Sisi motorik anak akan berkembang saat dirinya sibuk mengeksplorasi mainannya. Karenanya, Anda tak perlu sungkan untuk membelikannya mainan. Apalagi bila Anda memberinya koleksi mainan lucu yang bisa meningkatkan keterampilannya.

Buat si kecil melatih fisiknya melalui permainan kereta, mobil, dan sepeda. Anda juga bisa mengajaknya bermain air, alat musik, hingga istana pasir untuk melatih perkembangan sensoriknya. Sementara itu, mainan seperti boneka, board game, ataupun buku mampu mengasah imajinasi dan kemampuan sosialnya.

Trik Menghadapi Anak yang Merengek Minta Dibelikan Mainan

Tentunya kita akan pusing kala anak merengek sambil menunjuk mainan di etalase toko. Terlebih bila dirinya mulai mengamuk karena permintaannya tidak dituruti. Memang Anda tidak dilarang untuk memanjakan si buah hati, tapi hal itu tentu ada batasnya. Sebagai orang tua, tentu kita harus lebih selektif dengan apa yang anak minta. Jika keinginannya terus dituruti, kedua pihaklah yang nantinya akan dirugikan.


Seringlah Mengajak Anak Main ke Luar Rumah

Supaya anak tidak mudah merengek, Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk membawanya jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah. Selain dapat mengeksplorasi dunia luar, Anda juga akan membuatnya bertemu dengan orang baru. Hal ini dapat mendorongnya aktif dan berani bersosialisasi ditambah mudah mendapat teman baru.

Memberikannya Cukup Pemahaman

Ada baiknya Anda mulai memberikan sedikit pemahaman bahkan solusi atas persoalan keinginan si kecil. Misalnya, Anda mengatakan harga mainan idamannya terlalu mahal sehingga ia tahu berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika mau membelinya. Anda pun bisa sekalian mengajarkannya berhemat dan menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung lalu dibelikan mainan incarannya saat jumlahnya tercukupi nanti.

Hindari Membawanya ke Pusat Perbelanjaan

Rengekan anak akan mainan umumnya terjadi saat kita mengajak mereka ke tempat barang tersebut sering dijual. Apalagi tampilan aneka mainan dibuat sedemikian rupa sehingga membuat anak cepat tergoda. Maka dari itu, Anda harus waspada setiap kali mengajaknya ke pusat perbelanjaan. Jika terlalu sering, hal ini dapat memicu timbulnya jiwa konsumtif dalam dirinya. Daripada ke mal, lebih baik membawa si kecil pergi ke objek wisata, kolam renang, atau taman bermain.

8 Rekomendasi Mainan Lucu Buat Si Kecil

Happy Toon Musical Animal Home

Sumber gambar happy-toon.com

Musik bisa menstimulasi otak anak sehingga ia bisa lebih tenang dan terhindar dari rasa gelisah. Selain itu, Musik juga bisa mengembangkan kemampuan bahasa dan literasinya. Oleh karena itu, penggabungan musik dan mainan sangatlah cocok untuk anak.

Happy Toon Musical Animal Home merupakan salah satunya. Bahan mainan ini berkualitas dan dirancang dalam tampilan yang menyenangkan anak. Mainan ini berbentuk kandang hewan ternak lengkap dengan huruf dan hewan menggemaskan. Lagu dan suara unik yang dikeluarkannya pun dapat menarik perhatian si kecil. Anda bisa mendapatkannya di Happy Toon dengan harga Rp 135.000.

Tumblin Monkey Drop the Monkey

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tumblin Monkey Toy merupakan mainan yang cocok untuk segala usia karena mudah dimainkan. Anda dan buah hati hanya tinggal menarik pin sesuai warna yang ditunjukkan papan putar. Pemenangnya adalah pemain yang tidak menjatuhkan monyet paling banyak dari batang pohon. Mainan ini dibuat dari plastik bermutu tinggi sehingga tak mudah rusak kala dimainkan. Produk ini dijual di Tokopedia seharga Rp 85.000.

Momo Funny Loco 688

Sumber gambar www.blibli.com

Anak usia 2 hingga 3 tahun umumnya menyukai mainan yang bisa berbicara atau mengeluarkan bunyi. Mainan jenis ini cukup bagus untuk anak karena dapat menstimulasi otak dan menguji ketangkasan serta membuat mereka bergerak aktif.

Momo Funny Loco 688 merupakan kereta merah unik bermuka manusia yang dilengkapi musik dan lampu menarik. Produk berdesain menyenangkan ini cocok bagi anak Anda karena berbahan plastik berkualitas dan aman untuk dimainkan. Mainan yang digerakkan tiga baterai AA ini bisa Anda peroleh seharga Rp 45.600 di Blibli.

Pie Face! Prank Game

Sumber gambar www.tokopedia.com

Permainan yang disuguhkan produk Pie Face! Prank Game bisa membuat Anda dan anak tertawa. Pasalnya, muka pemain yang kalah akan dilempari krim yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk memainkannya, Anda harus memutar roullete untuk menentukan siapa pemain pertama. Selanjutnya, pemain tersebut harus meletakkan wajahnya ke dalam papan lalu memutar tongkat. Putaran itulah yang menentukan terlempar atau tidaknya krim yang berada di atas tangan pelontar.

Pertebal keberanian Anda sekeluarga lewat serunya sensasi menegangkan dari mainan berdesain menarik ini dengan membayar Rp 100.000 di Tokopedia.

Superior Toys Humpty Dumpty Wall Game

Sumber gambar www.blibli.com

Superior Toys Humpty Dumpty Wall Game merupakan mainan yang sesuai untuk edukasi buah hati Anda. Apalagi materialnya berasal dari plastik yang terjamin sehingga Anda tak perlu khawatir ketika anak kesayangan memainkannya.

Permainan ini mengharuskan Anda dan si kecil membangun dinding bata yang kemudian diletakkan tokoh Humpty Dumpty di bagian atasnya. Kemudian, Anda dan anak secara bergilir menyingkirkan batu satu per satu tanpa menjatuhkan karakter berbentuk telur tersebut.

Lewat konsep permainan yang lucu dan menyenangkan, keterampilan fisik dan mental anak Anda akan semakin terasah. Selain itu, gaya bermain yang memerlukan konsentrasi tinggi juga dapat meningkatkan koordinasi tangan serta pola pikir anak. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 85.000.

Winfun Music Fun Activity Cube

Sumber gambar shopee.co.id

Winfun Music Fun Activity Cube adalah mainan musikal yang dirancang semenarik mungkin bagi si kecil dengan bentuk kubus interaktif yang dilengkapi lima tuts dengan lampu berkedip. Selain itu, ada juga tombol instrumen dan cermin reflektif serta jam yang mencatat lamanya hiburan dan pembelajaran si kecil. Berbagai suara binatang dan melodi ceria serta slider semakin membuat anak betah memainkan item yang satu ini.

Perlu dicatat bahwa mainan ini hanya diperuntukkan bagi anak usia 8 bulan ke atas. Barang ini bisa diperoleh di Shopee dengan banderol Rp 329.900.

Toys Empire Talking Tom

Sumber gambar www.blibli.com

Setelah sempat terkenal sebagai aplikasi smartphone, kini Toys Empire meluncurkan "Talking Tom" dalam bentuk mainan anak. Masih dengan fitur yang sama, karakter kucing ini dapat menirukan suara siapa pun dengan nada yang lucu. Ia juga bisa menyanyikan total 14 lagu kalau bagian tubuhnya ditekan.

Tak sampai di situ saja, mainan ini juga bisa mendongeng lima cerita berbeda sehingga anak bisa bermain sekaligus meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Mainan ini tersedia di Lazada seharga Rp 135.000.

Intex Princess Play House

Sumber gambar www.blibli.com

Princess Play House akan membuat anak Anda betah berlama-lama bermain di dalamnya. Mainan berbentuk rumah ini juga sudah dilengkapi kursi berlengan dan meja. Anak pun akan lebih suka lingkungan luar berkat produk ini.

Mainan keluaran merek Intex ini berbahan vinyl bermutu tinggi serta dapat dibuka dan bisa dipakai untuk pesta minum teh bersama anak. Produk anak usia 2 tahun ke atas ini bisa dibeli di Blibli dengan kisaran Rp 918.385.

From our editorial team

Mainan Tak Sekadar Permainan

Meski kebanyakan mainan hanya berbentuk sederhana, nyatanya ada banyak manfaat yang tersimpan di dalam barang kegemaran si kecil ini. Melihat itu, mainan bisa dikatakan sebagai hal yang diperlukan sebagai pendukung tumbuh kembang anak. Namun, mainan baru tidak melulu harus diberikan karena akan berdampak buruk bagi anak Anda. Penting juga untuk meluangkan waktu Anda. Terlebih memperkenalkannya dengan lingkungan sekitar serta hal yang baik.

Tag