10 Rekomendasi Gantungan Ayunan Bayi yang Aman untuk Si Kecil (2020)

10 Rekomendasi Gantungan Ayunan Bayi yang Aman untuk Si Kecil (2020)

Ayunan bayi adalah produk yang sangat dibutuhkan oleh para mama baru. Salah satu fungsi utama ayunan adalah untuk menenangkan bayi yang rewel agar bisa cepat istirahat dengan nyenyak. Yuk, cek rekomendasi ayunan bayi dari BP-Guide berikut ini!

Ayunan Bayi Banyak Digunakan untuk Menenangkan Bayi yang Rewel

Kalau bayi sudah rewel, orang tua tentu akan merasa panik dan tidak tenang. Apalagi jika orang tua sedang punya banyak pekerjaan dan aktivitas. Ada satu cara jitu untuk menenangkan tangis si kecil, yaitu dengan meletakkannya di ayunan.

Gerakan yang ditimbulkan ayunan sangat disukai oleh bayi sehingga membuat tangisnya mereda. Ini merupakan solusi terbaik bagi para orang tua yang ingin tenang beraktivitas. Tidak perlu membeli ayunan khusus, kita bisa membuat ayunan sederhana dari kain yang dipasang di kusen pintu.

Tips Agar Aman Menggunakan Ayunan Bayi

Jangan Biarkan Bayi Tidur di Ayunan

Meski ayunan sangat nyaman buat bayi dan orang tua, sebaiknya bayi tidak dibiarkan tidur di ayunan. Gerakan yang ditimbulkan oleh ayunan membuat otak bayi tidak bisa beristirahat dengan total, sehingga tidur di ayunan tidak bisa dihitung sebagai waktu istirahat.

Jika ayunan hanya dipakai untuk memudahkan bayi tidur, tidak apa-apa. Namun pastikan segera setelah si kecil terlelap ia dipindahkan ke atas kasur yang lebih stabil dan nyaman. Saat tidur, otak bayi harus berada dalam kondisi restoratif sehingga ia bisa beristirahat secara total. Hal ini tidak bisa didapatkan di atas ayunan.

Periksa Keamanan Ayunan

Model ayunan yang ditawarkan ada berbagai macam. Boleh saja Anda memilih model yang terbaru, tapi jangan lupa periksa panduan keamanan produk, apakah sesuai untuk bayi atau tidak. Bayi harus dipastikan aman dan nyaman saat berada di atas ayunan.

Struktur ayunan tidak boleh mengganggu pertumbuhan bayi. Sudut ayunan juga sangat penting untuk memastikan bayi tidak akan terjatuh saat berada di atasnya. Setelah semua aspek ayunan terjamin aman, baru beli model yang diinginkan.

Jangan Berlebihan Menggunakannya

Jangan sampai keberadaan ayunan justru membuat kedua orang tua menjadi malas untuk menggendong dan menimang bayi. Intensitas bayi berada di atas ayunan atau bouncer harus dibatasi untuk mencegah kepala bayi agar tidak peyang.

Terlalu lama berada di ayunan juga bisa menimbulkan munculnya Shaken Baby Syndrome, yaitu sebuah trauma yang ditimbulkan akibat bayi diayun terlalu keras. Trauma ini menyebabkan luka pada otak bayi yang akan berpengaruh pada pertumbuhannya.

Gunakan untuk Menenangkan Bayi

Salah satu penyebab mengapa bayi bisa tenang saat berada di atas ayunan adalah efek goyangan yang ditimbulkan. Gerakan ayunan mirip dengan gerakan yang dirasakan bayi saat berada di dalam hari sehingga membuatnya merasa tenang.

Untuk meningkatkan kualitas tidur bayi saat diayun, iringi dengan irama atau musik khusus. Namun orang tua harus ingat, jangan bairkan bayi tidur lama di atas ayunan.

Jangan Tinggal Bayi Sendirian

Orang tua tidak boleh terlena dengan keberadaan ayunan. Seberapapun mahal dan aman sebuah ayunan, produk tersebut tidak dirancang untuk memberikan gerak leluasa pada si kecil. Membiarkan bayi berada di atas ayunan dapat berakibat fatal padanya.

Sebuah cerita dari Jeremy dan Emma Granger layak dijadikan pelajaran. Bayi kecil yang mereka tinggalkan di atas ayunan harus kehilangan nyawa akibat tidak diawasi. Oleh karena itu, jangan biarkan bayi Anda terlalu lama di ayunan, apalagi sampai tidak diawasi sama sekali.

Rekomendasi Gantungan Ayunan Bayi yang Aman

My Dear Tiang Ayunan Bayi

Tiang ayunan ini datang dari My Dear, brand terkenal asal Malaysia. Terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan anti karat tiang ini mudah dipasang dengan setelan 3 tingkatan. Satu set produk sudah dilengkapi dengan 4 buah roda putar. Keamanan produk juga terjamin dengan safety belt untuk mencegah bayi terjatuh.

Harga Rp. 580.000-735.000

OK Motif Plus Kasur Hellokitty Set Ayunan Bayi

Sumber gambar www.blibli.com

Setiap orang tua baru pasti sangat membutuhkan ayunan untuk bayi mereka. Ayunan dapat menenangkan bayi yang sedang rewel, apalagi yang usianya masih di bawah 6 bulan. Dengan adanya ayunan, ibu bisa melakukan aktivitas lain tanpa rasa khawatir.

OK Motif Plus Kasur Hellokitty Set Ayunan Bayi hadir dalam desain chic khusus untuk si kecil. Ayunan ini menggunakan bahan kain yang aman dan berkualitas, memberikan tidur yang lebih nyaman untuk anak. Bahannya halus dan mudah dicuci. Produk ini bisa dibeli di Blibli seharga Rp 150.000.

Baby Paket Ayunan Bayi dan Ayunan Listrik Otomatis

Fungsi utama ayunan bayi memang untuk membantu si kecil tertidur dengan nyaman. Namun orang tua harus ingat, jangan biarkan bayi terlalu lama di atas ayunan, apalagi sampai tertidur. Segera pindahkan bayi ke atas kasur segera setelah ia tertidur.

Baby Paket Ayunan Bayi dan Ayunan Listrik Otomatis adalah produk yang praktis, khusus diciptakan bagi orang tua tua baru. Ayunan canggih ini dilengkapi timer digital, musik, dan pengatur kecepatan yang bisa disesuaikan. Dilengkapi dengan sarung ayunan yang punya banyak pilihan warna: biru, pink, dan hijau.

Harga Rp. 250.000-225.000

Dialogue Ayunan Bayi + Kelambu Whales Series Aplikasi DLK0040

Ayunan bayi yang dilengkapi dengan kelambu dapat memberikan perlindungan ekstra pada si kecil. Kelambu dapat mencegah masuknya nyamuk dan serangga lainnya. Jika bayi bisa tenang di atas ayunan, maka ibu bisa beraktivitas dengan leluasa juga.

Dialogue Ayunan Bayi + Kelambu Whales Series Aplikasi DLK0040 adalah ayunan bayi, lengkap dengan kelambu motif whales yang lucu. Kelambu terbuat dari 100% benang poliester yang dapat memberikan sirkulasi udara cukup. Tersedia dalam 2 pilihan warna, merah dan navy.

Harga Rp. 327.900

Baby Musik Timer Paket Ayunan Listrik

Hadirnya lagu dan irama dapat meningkatkan kualitas istirahat bayi dan membuatnya terlelap lebih cepat. Baby Musik Timer Paket Ayunan Listrik adalah satu paket ayunan listrik dengan kain dan besi gantungan model terbaru. Hadir dalam desain menarik yang modern dan minimalis, serta tombol khusus untuk mengatur kecepatan ayunan. Layar digital memudah kendali atas ayunan ini.

Harga Rp. 1.856.000

Ayunan Bayi Per Dialogue Baby + Kelambu Jala Besar DLK 0037

Bayi memang suka diayun-ayun karena gerakannya mirip dengan gerakan yang dirasakan saat berada di dalam rahim. Ayunan Bayi Per Dialogue Baby + Kelambu Jala Besar DLK 0037 hadir dengan kombinasi kelambu jala besar.

Lapisan ayunan terbuat dari bahan lembut yang nyaman bagi kulit bayi. Kombinasi kain tulle dengan katun polka dapat membuat bayi lebih tenang. Ayunan ini bisa digunakan hingga berat maksimal bayi 15 kg.

Harga Rp. 217.000-318.250

Paket Ayunan Polar Love (Mesin Ayun+Hanger+Kain Ayun)

Sumber gambar www.blibli.com

Paket Ayunan Polar Love (Mesin Ayun+Hanger+Kain Ayun) bisa digunakan oleh bayi mulai usia 1-4 tahun. Satu set ayunan sudah termasuk ayunan elektrik dan kain ayunan dengan pilihan warna biru, ungu, dan hijau.

Ayunan terbuat dari bahan plastik yang nyaman dan berkualitas. Kelambu pada ayunan dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga. Bayi akan semakin nyaman dan tidak kegerahan, membuatnya tenang dan tidak rewel. Produk ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 785.000.

Ayunan Bayi ONA

Ayunan dari brand ONA dirancang khusus untuk memanjakan bayi agar lebih tenang dan nyaman. Kain ayunan dibuat berlubang-lubang untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Dilengkapi kelambu yang dapat menjaga bayi dari gigitan nyamuk. Satu set produk terdiri dari kain ayunan, kerangka besi, dan kelambu. Ada pilihan warna biru, hijau, pink, dan kuning.

Harga Rp. 49.999-75.000

Polar Paket Perlengkapan Bayi (Baby Cradle + Hanger + Musik)

Sumber gambar www.blibli.com

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun jika tempat atau posisi tidurnya kurang nyaman, ia akan jadi mudah rewel. Tidak hanya istirahat bayi yang akan terganggu, tetapi istirahat orang tua juga.

Polar Paket Perlengkapan Bayi (Baby Cradle + Hanger + Musik) terdiri atas satu paket cradle dan hanger, dilengkapi alunan musik untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak. Terbuat dari bahan stainless steel dan besi yang kuat untuk menggantung ayunan. Ayunan ini juga dilengkapi timer hingga 150 menit. Produknya bisa dibeli di Blibli seharga Rp 660.000.

Omiland Ayunan Kelambu Bayi Jala

Ayunan yang satu ini dilengkapi kain kelambu yang lembut dan nyaman, melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Kasur ayunan empuk dengan gantungan besi segitiga yang kuat. Permukaan ayunan yang lembut dapat memberikan kenyamanan pada si kecil.

Tersedia dalam warna toska, pink, dan biru yang lucu dan menggemaskan. Ayunan ini bisa digunakan bagi hingga berat maksimal 15 kg.

Harga Rp. 315.000-425.000
From our editorial team

Gunakan Seperlunya, Jangan Berlebihan

Ayunan bayi rekomendasi BP-Guide di atas memang sangat menggemaskan bukan? Tapi seperti yang sudah dibahas juga dalam artikel ini, penggunaan ayunan bayi tidak perlu berlebihan apalagi tanpa pengawasan. Gunakan ayunan bayi sebagai sarana yang membantu orang tua untuk membuat bayi jauh lebih tenang dan tidak mudah rewel.

Tag