10 Rekomendasi Perlengkapan Safety Riding untuk Berkendara Lebih Aman (2021)

10 Rekomendasi Perlengkapan Safety Riding untuk Berkendara Lebih Aman (2021)

Mengendarai motor memang sangat nyaman dan cepat. Namun yang harus diperhatikan adalah aspek kenyamanan selama Anda di perjalanan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi perlengkapan safety riding terbaik buat Anda.

Naik Motor, Solusi Memecah Kemacetan di Kota Besar

Tinggal di kota besar memang harus selalu berkutat dengan kemacetan. Apalagi jika Anda mengendarai roda empat. Itulah mengapa, motor sering menjadi solusi untuk memecah kemacetan karena bisa lebih mudah bergerak untuk lebih cepat sampai ke tujuan.

Untuk memastikan Anda tetap aman selama di perjalanan, pastikan Anda melengkapi diri dengan perlengkapan safety riding. Mulai dari jaket, sarung, tangan, hingga helm, berbagai perlengkapan tersebut akan membuat berkendaramu lebih aman dan nyaman.

Perlengkapan Safety Riding yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor

Helm Berstandar SNI

Helm sangat wajib sifatnya bagi Anda yang setiap hari mengendarai motor untuk mobilitas. Bukan sembarang helm, jenis helm yang disarankan adalah helm yang sudah memenuhi standar SNI. Helm SNI dipastikan aman dan mampu melindungi kepala dari benturan.

Jenis-jenis helm sendiri beragam. Ada helm full face juga half face. Helm full face menutupi seluruh bagian kepala termasuk wajah, sedangkan helm half face tidak menutupi bagian wajah. Helm full face biasanya lebih banyak dipilih oleh kaum pria, sementara helm half face sifatnya lebih universal, bisa dipakai baik oleh pria maupun wanita.

Sarung Tangan

Mengendarai motor tentu ada sisi negatifnya juga, yaitu Anda akan terpapar langsung oleh cuaca. Itulah mengapa Anda membutuhkan sarung tangan agar terlindung dari debu dan terik matahari di siang hari.

Pilih bahan sarung tangan yang sesuai dengan kebutuhan. Sarung tangan yang terbuat dari bahan seperti kulit sintetis bisa membuat tangan terasa panas, licin, dan berkeringat jika dipakai terlalu lama. Sementara itu, ada juga sarung tangan yang bisa menyerap keringat dan panas dengan lebih mudah.

Jaket

Ini dia yang tidak boleh dilewatkan para pengendara motor. Manfaat jaket bukan hanya melindungi tubuh dari panas saja, lho. Tapi jaket juga berfungsi melindungi pakaian agar tidak terkena polusi dan asap kendaraan lain selama perjalanan. Jadi ketika sampai di tempat tujuan, Anda tetap bisa tampil wangi dan segar.

Bahan jaket terbaik untuk pengendara motor adalah jaket kulit perforated, yaitu jaket kulit berpori sehingga Anda akan merasa sejuk ketika ada angin berhembus. Tapi harga jaket kulit juga tidak murah, lho. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sepatu

Satu lagi perlengkapan yang akan melindungi Anda saat berkendara motor. Sepatu sangat penting untuk melindungi kaki Anda selama mengendarai roda dua. Apalagi jika Anda hobi touring keluar kota.

Jenis sepatu yang dikenakan tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika Anda hanya berkendara jarak dekat saja, cukup mengenakan sepatu sneakers atau sepatu olahraga. Sementara jika Anda touring ke luar kota, maka gunakan sepatu khusus dengan daya tahan tinggi.

Masker Wajah

Melindungi wajah dari debu dan panas tidak cukup hanya dengan helm saja. Lengkapi perlindungan dengan mengenakan masker wajah. Pastikan Anda memilih masker wajah minimal 3 lapis agar bisa menyaring debu dan polusi agar tidak sampai masuk ke organ pernapasan Anda.

Tips Aman Berkendara Motor

Cek Kondisi Motor

Sebelum mengendarai motor, pastikan Anda sudah mengecek kondisinya dan memastikan bahwa motor Anda layak pakai. Jika ada suku cadang yang sudah rusak atau Anda merasa ada bagian yang tidak nyaman, jangan menunda penggantian. Kerusakan pada sepeda motor bisa membahayakan diri Anda dan orang lain.

Taati Peraturan Lalu Lintas

Hal penting yang satu ini kadang dilanggar pengendara sepeda motor, apalagi dalam keadaan sedang terburu-buru ke tempat tujuan. Berhentilah ketika rambu-rambu menunjukkan lampu merah dan jangan lupa nyalakan lampu sein ketika akan berbelok. Nah, karena Anda adalah pengendara motor, pastikan Anda tetap berada di jalur kiri.

Selalu Fokus dan Waspada

Selama mengendarai sepeda motor, pastikan Anda selalu fokus dan waspada. Perhatikan rambu-rambu dan penunjuk jalan yang ada untuk sama-sama menjaga keselamatan Anda dan pengguna jalan lain. Jangan pernah berkendara dalam keadaan mengantuk, karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Rekomendasi Perlengkapan Safety Riding Terbaik Buat Anda

Cargloss CF Retro Black Doff

Cargloss CF Retro Black Doff menjadi rekomendasi produk pertama untuk perlengkapan safety riding Anda. Helm ini punya model yang stylish, cocok untuk Anda yang suka berkendara keliling kota. Model vintage-nya pas banget nih dipasangkan dengan motor vespa jadul yang Anda kendarai.

Finishing doff warna hitam tidak membuat helm ini cepat kotor meski terkena debu dan panas di jalanan. Anda bisa memilih untuk memasang kaca helm atau tidak.

Harga Rp. 200.000-350.000

MDS Pro Rider Solid

Helm full face jelas bisa memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengendara motor. Ini dia keunggulan yang diberikan oleh MDS Pro Rider Solid. Uniknya lagi, helm ini juga biisa dijadikan helm half face lho.

Pada bagian sisi helm dilengkapi dengan tuas khusus untuk mengganti model helm, ingin full face atau half face. Dengan demikian, helm ini bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Harga Rp. 430.000-550.000

Inventzo Defender

Inventzo Defender adalah produk lokal berkualitas untuk menemani Anda berkendara motor. Sarung tangan ini terbuat dari kombinasi bahan lycra dan spandex yang terasa nyaman saat dikenakan. Produk ini cocok dipakai berkendara jarak pendek, misalnya pulang pergi ke kantor.

Keunggulan dari sarung tangan ini adalah ventilasi udara yang bisa mencegah tangan berkeringat berlebihan sehingga aliran udara ke luar dan ke dalam menjadi lebih lancar. Pada bagian ujung ibu jari dan telunjuk dilengkapi dengan touch tip, memudahkan Anda mengecek GPS pada smartphone tanpa melepaskan sarung tangan yang dipakai.

Harga Rp. 120.000-150.000

Good Condition Balazs

Good Condition Balazs menjadi produk kedua yang direkomendasikan buat Anda. Sarung tangan ini terbuat dari bahan kulit asli dengan desain klasik yang membuatnya terlihat sangat unik. Meski harganya sedikit mahal, sarung tangan ini punya ketahanan yang sangat baik lho.

Namun yang harus diperhatikan adalah masalah perawatannya. Bahan kulit tidak boleh dicuci sembarangan lho. Cukup celupkan sarung tangan ke dalam air, jangan gunakan sabun atau deterjen apapun. Cara mengeringkannya adalah dengan diangin-anginkan saja, jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Harga Rp. 250.000-400.000

Respiro Oregon R1

Produk lokal kini semakin menunjukkan taringnya. Tidak terkecuali Respiro Oregon R1, jaket buatan Bandung untuk menemani Anda saat mengendarai sepeda motor. Bahan pembuat jaket adalah poliester berkualitas yang nyaman dipakai.

Keunggulan utama jaket ini adalah windproof, alias bisa melindungi tubuh dari embusan angin yang berlebihan. Ini sangat penting bagi pengendara motor, apalagi saat menempuh jarak jauh. Reflektor pada jaket dapat memberi tanda pada pengguna jalan lain dalam kondisi hujan atau minim cahaya.

Jaket juga dilengkapi dengan ventilasi udara yang membuat Anda tetap merasa sejuk meski udara sedang panas.

Harga Rp. 400.000-550.000

Redfox Tyrano

Redfox Tyrano bukan hanya jaket yang wajib Anda pakai untuk safety riding saja, tetapi juga bisa dipakai sehari-hari. Kualitas jaket ini tidak perlu diragukan, karena mengusung berbagai keunggulan seperti windproof hingga water repellent.

Dilengkapi juga dengan penutup kepala atau hoodie, reflektor, dan ventilasi di bagian belakang. Pada pergelangan tangan dan pinggang juga dilengkapi karet.

Harga Rp. 300.000-350.000

RS Taichi OutDry BOA

Sepatu RS Taichi OutDry BOA tidak hanya keren dipakai saat touring atau naik motor saja, tetapi juga bisa membuat gaya Anda semakin kece sehari-hari. Warnanya yang cerah membuatnya terlihat unik dan berbeda dibandingkan dengan sepatu touring kebanyakan.

Outsole sepatu terbuat dari bahan Vibrann yang memberikan cengkeraman kuat pada kaki, termasuk ketika Anda melewati medan yang kurang mulus. Sementara bagian upper terbuat dari OutDry Construction sehingga membuat sirkulasi udara ke luar dan ke dalam sepatu bisa berjalan lebih lancar.

Harga Rp. 3.000.000-3.600.000

Dainese Dinamica D-WP Shoes

Rekomendasi sepatu safety riding berikutnya adalah Dainese Dinamica D-WP Shoes. Sepatu ini juga keren Anda gunakan sehari-hari lho. Soal kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Merek sepatu ini sudah sangat terkenal di kalangan pencinta motor Indonesia.

Untuk bahannya sendiri, bagian upper sepatu terbuat dari serat polyamide sehingga terlihat lembut dari luar. Model sepatu memberikan kesan sporty dan agresif. Tidak lupa sepatu ini juga dilengkapi dengan fitur anti air, semakin menambah kenyamanan Anda saat berkendara.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

Respiro SF R1

Respiro SF R1 adalah masker motor yang terbuat dari bahan PES SOft Shell Bonding yang lembut, sehingga terasa nyaman dipakai. Dilengkapi dengan Velcro Adjuster yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Sedangkan pengunci masker adalah karet elastis yang tidak terasa sakit di kepala. Masker ini bisa dicuci dan dipakai kembali, jadi Anda bisa menghemat hanya dengan satu kali beli saja.

Harga Rp. 50.000-70.000

Xiaomi Mijia Masker Motor Anti Polusi

Xiaomi Mijia Masker Motor Anti Polusi memberikan perlindungan luar biasa pada organ pernapasan Anda agar tidak terpapar polusi. Masker ini sudah memenuhi standar nasional dan breathability untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

Masker ini memberikan perlindungan anti kabut yang lebih baik dibandingkan dengan masker konvensional biasa. Dilengkapi dengan filter yang dapat menyaring partikel polusi minyak dan non minyak, sehingga bisa mempertahankan permeabilitas udara yang baik.

Harga Rp. 60.000-100.000
From our editorial team

Jaga Kesehatan Selama Berkendara dengan Sepeda Motor

Bukan hanya perlengkapan safety riding saja lho yang harus Anda miliki. Anda juga harus menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Berkendara dengan motor membuat Anda terpapar angin setiap hari, jadi Anda harus memastikan tubuh selalu sehat. Jangan lupa pilih perlengkapan terbaik hanya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!