20 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Timur 2022 yang Wajib Dikunjungi

20 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Timur 2022 yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur adalah surganya pecinta traveling. Selalu saja ada destinasi menarik yang layak untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi destinasi wisata Jawa Timur tahun 2022 buat Anda!

Yuk, Eksplorasi Kawasan Wisata Jawa Timur!

Jawa Timur memang dikenal memiliki banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi. Bahkan dari tahun ke tahun, banyak sekali destinasi wisata baru yang bermunculan. Hal ini tentunya menarik banyak perhatian pengunjung dan sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak apa saja.

Destinasi Wisata Jawa Timur 2022

Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya

Sumber gambar www.ayosurabaya.com

Jika biasanya alun-alun berada di ruangan terbuka dengan pemandangan taman, berbeda dengan alun-alun bawah tanah di Surabaya yang tempatnya berada di bawah atau di basement kompleks Balai Pemuda.

Anda bisa mengunjunginya setiap hari pada pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam, dengan biaya 0 rupiah alias gratis. Ada eskalator yang akan mengantar Anda ke bawah. Di sini, ada ruang pameran hasil karya seni dan area skateboard.

Hutan Kota Pakal Surabaya

Sumber gambar surabaya.liputan6.com

Di Taman Hutan Kota Pakal atau Taman Cahaya ini, Anda bisa menikmati beberapa fasilitas olahraga seperti jogging track, lintasan batu refleksi, lapangan basket, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain ke sini, karena selain bisa lari-larian bareng, ada beberapa fasilitas permainan anak seperti perosotan. Anak-anak jadi bebas bergerak aktif.

Pantai Klayar Pacitan

Sumber gambar www.syakirurohman.net

Di daerah Pacitan, ada pantai Klayar yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata alam. Pantai Klayar memiliki pasir putih dengan laut biru yang jernih. Ombaknya pun terbilang aman untuk berenang di sana.

Pantai ini memiliki seruling laut berupa karang besar yang terdapat di ujung pantai. Ketika ombak menghempas di karang ini, maka akan terdengar bunyi unik yang menjadi hiburan tersendiri saat ke pantai Klayar Pacitan ini.

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Sumber gambar travel.kompas.com

Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Taman Nasional ini diresmikan pada tahun 1992 dan memiliki luas hingga 44.037,30 Ha.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan hutan yang mempunyai berbagai macam tipe ekosistem yang tergolong utuh di Pulau Jawa. Ekosistem yang dimiliki mulai dari pantai (hutan pantai), hutan hujan dataran rendah, hutan bambu, hingga savana buatan.

Pulau Bawean Gresik

Sumber gambar travel.kompas.com

Sekitar 120 kilometer ke arah utara Gresik, terdapat sebuah pulau yang bisa Anda jadikan destinasi wisata bahari. Waktu tempuhnya kira-kira 3 jam jika Anda menggunakan kapal cepat, dan 8 jam dengan kapal biasa.

Di tengah-tengah pulau, terdapat Danau Kastoba, tempat Anda bisa berenang sembari melihat keindahan alam. Jika ingin suasana pantai, di pulau Bawean ada pantai Labuhan, pantai Nyimas, pantai Kubur Panjang, dan sebagainya. Tak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa destinasi wisata sejarah, religi, dan budaya yang bisa Anda sambangi.

Blue Bay Banyuwangi

Sumber gambar www.traveloka.com

Barangkali nama Blue Bay (Teluk Biru) memang belum seterkenal saudaranya yaitu Green Bay (Teluk Hijau). Jika Anda bertanya kepada warga lokal dimana Blue Bay ini berada, mungkin mereka juga tidak bisa menjawabnya. Sebab, warga sekitar biasanya menyebutnya Selanggrong atau Senggrong.

Secara administratif, pantai ini berada di Kecamatan Muncar dan masih termasuk di dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Hanya saja, keberadaannya masih cukup sulit diakses. Untuk ke sini, Anda bisa menggunakan jalur trekking 1 jam atau menyewa kapal dan menghadapi ombak besar selama 15 menit. Namun, suasana alam yang disuguhkannya akan membayar perjuangan Anda. Benar-benar hidden gem di Jawa Timur!

Situs Purbakala Trowulan Mojokerto

Sumber gambar surabaya.liputan6.com

Konon, kawasan ini dulunya merupakan ibu kota dari Kerajaan Majapahit sebelum hancur. Di sini Anda akan menemukan beberapa candi, makam, dan petirtaan (pemandian), kolam Segaran, sampai gapura yang dipercaya menunjukkan rumah Gajah Mada.

Jika Anda senang dengan wisata sejarah, maka tempat wisata Jawa Timur yang satu ini wajib Anda kunjungi. Anda juga bisa mengajak anak-anak agar mereka bisa belajar sejarah kerajaan Majapahit dengan cara yang menyenangkan.

Gua Maria Puhsarang Kediri

Sumber gambar www.superradio.id

Gua Maria Puhsarang merupakan tempat peribadatan umat Katolik. Tidak ada tarif wisata yang dikenakan untuk memasuki gua ini, alias gratis. Tempat ini juga dibuka selama 24 jam.

Gua yang terletak di lereng Wilis ini memiliki suhu yang sejuk dan taman yang luas. Berkat keunikan tempatnya juga, gua ini pun menarik wisatawan untuk berkunjung.

Gili Labak Madura

Sumber gambar www.manusialembah.com

Salah satu pulau indah yang bisa Anda kunjungi di Madura adalah Gili Labak. Pulau kecil ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dan air laut yang biru jernih. Ombaknya juga tergolong bersahabat, sehingga cukup aman untuk berenang di sana.

Lokasi Gili Labak berada di sebelah tenggara Pulau Madura, tepatnya berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Untuk bisa ke sini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan perahu motor dari pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Tanjung Gaang Gresik

Sumber gambar eastjavatrip.id

Jika Anda berada di Gresik, berkunjung juga lah ke Tanjung Gaang. Tanjung Gaang merupakan hamparan batu karang yang sangat luas di atas laut jernih berwarna biru. Saking jernihnya, Anda bisa melihat karang dan berbagai jenis ikan di dalam laut.

Anda bisa mendaki batu karang untuk melihat pemandangan dari ketinggian, canoeing dengan perahu nelayan, atau sekadar bermain pasir di pantainya. Suasana alam yang sangat indah dan asri ini cocok untuk Anda yang ingin menentramkan hati dari hiruk-pikuk kota.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Probolinggo

Sumber gambar travel.kompas.com

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terletak di 4 wilayah administratif, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Karena begitu luas, taman nasional ini pun menyuguhkan bentangan pemandangan alam dengan segudang aktivitas seru yang bisa Anda lakukan.

Salah satu spot yang paling eksotis adalah area padang pasir yang bernama Pasir Berbisik. Dinamakan Pasir Berbisik karena suara hembusan angin yang menghantam hamparan-hamparan pasir tersebut seolah-olah seperti manusia yang berbisik.

Bahkan sampai ada film-nya yang dibintangi Dian Sastro. Di taman nasional ini jugalah danau Ranu Kumbolo berada, tepatnya di gunung Semeru. Anda yang menonton 5 cm mestinya juga tahu hal ini.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Sumber gambar 1001indonesia.net

Air terjun setinggi 200 meter ini dapat Anda nikmati setelah melewati trek sepanjang 2 kilometer. Konon katanya, air terjun ini merupakan tempat Patih Gajah Mada bermeditasi, sehingga air terjun ini pun memiliki nilai historis.

JIka Anda menyukai petualangan menyusuri alam, datanglah ke surga tersembunyi ini. Siapkan outfit yang pas, gunakan alas kaki yang anti selip karena trek yang dilalui cukup licin. Pergilah bersama-sama dengan yang lain, usahakan tidak melakukannya sendirian demi keamanan Anda.

Bukit Jaddih Madura

Sumber gambar travel.tribunnews.com

Bukit Jaddih yang terletak di daerah Bangkalan ini merupakan area bekas galian kapur. Selain konturnya yang unik, di sini terdapat beberapa gua kapur yang sangat menawan yang bisa Anda kunjungi.

Di tempat ini terdapat telaga kecil dengan airnya yang berwarna biru terang. Kawasan Bukit Jaddih juga dikelilingi oleh pepohonan, yang memberi kesan sejuk pada kawasan wisata ini.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Sumber gambar kumparan.com

Anda pernah melihat video klip Raisa berjudul “Jatuh Hati”? Nah, lokasinya berada di Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini memiliki savana yang menjadi daya tarik utamanya. Taman Nasional Baluran bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari Banyuwangi dengan menggunakan mobil.

Selain menikmati savana di Baluran, Anda juga bisa bertemu dengan satwa liar seperti rusa-rusa yang lucu, hingga mampir ke pantai Bama yang berlokasi tidak jauh dari sana.

Taman Nasional Meru Betiri Jember

Sumber gambar surabaya.liputan6.com

Jawa Timur memiliki banyak Taman Nasional, dan Taman Nasional Meru Betiri pun masuk mengisi daftar itu. Taman Nasional ini menjadi rumah bagi binatang-binatang eksotis seperti kera ekor panjang, penyu, ajak, lancak, hingga berbagai serangga.

Selain binatang, di sini juga terdapat beberapa tanaman eksotis yang dilindungi seperti Rafflesia Zollingeriana dan Balanophora Fungosa. Taman ini memiliki topografi yang menarik untuk dijelajahi, dan juga memiliki pantai-pantai yang sangat amat tersembunyi. Tinggal langkah kaki Anda, apakah sudah siap berpetualang di Taman Nasional Meru Betiri?

Teluk Kletekan Malang

Sumber gambar jejakpejalankaki.com

Teluk Kletekan memiliki air yang sangatlah tenang serta dangkal. Jadi, cukup aman bagi Anda untuk berenang di sana. Anda juga bisa snorkeling di sini, menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Akses kendaraan beroda empat terbilang cukup sulit untuk bisa sampai ke sini, jadi Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua jika ingin mengunjungi wisata alam Teluk Kletekan Malang.

Seruni View Point Probolinggo

Sumber gambar www.photomalang.com

Salah satu obyek wisata baru yang hits di Jawa Timur adalah Seruni View Point yang terletak di Probolinggo. Di sini, Anda dapat menikmati sajian pemandangan alam dari ketinggian. Udara khas pegunungan juga akan menyegarkan pikiran.

Datanglah ke sini pada saat cuaca cerah, maka Anda akan mendapatkan pemandangan yang lebih mempesona. Jangan lupa kenakan baju hangat karena suhu di sini cenderung dingin. Bawa juga kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda di sini.

Bukit Tinggi Daramista Madura

Sumber gambar www.dowes29.com

Bukit Daramista di Madura ini akan menyuguhkan panorama alam yang ciamik. Tempat wisata ini lumayan hits. Terdapat banyak rumah pohon yang dibuat dari kayu, yang bisa Anda jadikan spot foto instagramable. Pemandangan pada malam hari juga tak kalah indah dengan lampu-lampunya.

Selain menikmati pemandangan dan berswafoto, di sini juga terdapat beberapa wahana seperti flying fox dan ATV yang bisa Anda coba untuk membuat liburan Anda semakin seru.

Dialoog Banyuwangi

Sumber gambar www.dialooghotels.com

Sebenarnya Dialoog Banyuwangi bukan merupakan tempat wisata, melainkan sebuah hotel di pinggir pantai. Namun, berkat keindahan lokasinya, Dialoog pun memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi populer di kalangan para wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi.

Hotel dengan gaya minimalis modern berkelas internasional ini patut untuk Anda coba sebagai tempat beristirahat atau bahan staycation di Banyuwangi.

Utama Raya Beach Hotel Probolinggo

Sumber gambar www.kompasiana.com

Penginapan di tepi pantai ini memiliki spot instagenic dengan sajian destinasi wisata modern kekinian. Di sini Anda dapat berfoto ria sambil menikmati udara pantai yang segar serta keindahan sunset yang menakjubkan.

Terdapat juga cafe dan resto sebagai tempat nongkrong dengan menu terbaik yang akan memanjakan lidah Anda, dan mengisi energi untuk mengeksplor wisata bahari disini. Salah satu destinasi honeymoon yang layak Anda sambangi!

From our editorial team

Ajak Teman Atau Keluarga Agar Liburan Makin Asyik!

Daftar destinasi wisata Jawa Timur dari BP-Guide di atas pasti bikin Anda tidak sabar ingin traveling bukan? Agar liburan makin asyik, ajak serta teman atau keluarga Anda ya! Jangan lupa juga untuk menyusun rencana perjalanan supaya Anda tidak bingung mau berkunjung kemana.

Tag