Bingung Mencari Power Bank Terbaik 2020? Simak Rekomendasinya di Sini!

Bingung Mencari Power Bank Terbaik 2020? Simak Rekomendasinya di Sini!

Power bank menjadi salah satu barang penting yang perlu dibawa karena dapat menjadi penyelamat selama di perjalanan jika tiba-tiba gawai kita low batt atau bahkan mati total. Power bank apa saja yang bagus untuk digunakan? BP-Guide punya beberapa rekomendasinya, stay tune!

Kehadiran Power Bank Masih Tetap Diperlukan untuk Kegiatan Sehari-hari

Sumber gambar www.powerbankexpert.com

Kehadiran smartphone dengan baterai berkapasitas besar tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap power bank. Fungsi utama power bank adalah menyimpan energi listrik yang kemudian bisa kamu salurkan ke gadget kamu ketika dibutuhkan. Namun, kini banyak produsen power bank yang menambahkan fitur-fitur menarik lainnya.

Power bank dapat diandalkan terutama jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama dan kesulitan mencari stop kontak. Selain itu, power bank juga bisa menjadi penyelamat ketika listrik padam dan smartphone kamu sedang kehabisan baterai. Karena tegangannya lebih stabil, mengisi daya menggunakan power bank jauh lebih aman daripada mengisi daya menggunakan aki mobil. Baterai smartphone-pun akan lebih awet.

Cara Merawat Power Bank agar Awet

Jangan Charge Berlebihan

Sumber gambar ramadanict.blogspot.com

Kita seringkali mengisi daya power bank semalaman. Setelah bangun di keesokan paginya, kita baru menghentikan pengisian daya tersebut. Padahal, power bank menggunakan jenis baterai yang sama dengan smartphone dan tidak semua jenis baterai tersebut memiliki lisensi over charging protection. Itu artinya, jika overcharging secara terus-menerus, baterai bisa menjadi cepat rusak dan memperpendek siklus pemakaiannya.

Itulah sebabnya, sebaiknya segera hentikan pengisian daya ketika lampu indikator menunjukkan bahwa baterai power bank sudah penuh. Selain itu, hindari mengisi lampu daya ketika lampu indikator belum menunjukkan 1 lampu LED. Isi daya power bank ketika lampu indikator menunjukkan 1 lampu LED yang artinya daya di dalam baterai power bank tersebut memang sudah akan habis.

Hindari Tempat Panas

Sumber gambar www.gihosoft.com

Salah satu cara menjaga keawetan power bank adalah dengan menghindarkannya dari tempat yang panas, terutama ketika power bank sedang digunakan dan ketika sedang diisi ulang. Sebab, permukaan power bank yang sedang digunakan dan sedang diisi ulang sudah mengeluarkan suhu yang panas. Jika kamu letakkan di tempat yang panas lagi, panasnya akan berlebih. Hal ini tidak baik untuk keawetan baterai power bank. Selain itu, panas berlebih juga membuat permukaan power bank menjadi lebih cepat kusam.

Selain menghindarkan dari tempat panas, kamu juga harus memastikan adanya sirkulasi udara ketika power bank sedang digunakan. Jangan letakkan power bank di dalam mobil dalam keadaan terjemur. Jangan juga gunakan power bank sambil disimpan di dalam tas karena sirkulasi udara di dalam tas kurang baik. Sirkulasi udara yang buruk tidak hanya membuat baterai power bank cepat rusak, namun juga baterai smartphone-nya.

Jangan Menggunakan Smartphone yang sedang Diisi dengan Power Bank

Sumber gambar sea.banggood.com

Karena tidak bisa lepas dari smartphone, kita sering menggunakan smartphone yang sedang diisi dayanya, baik itu ketika menggunakan power bank, atau pun ketika menggunakan charger yang terhubung ke stop kontak. Padahal, hal ini sangat buruk untuk menjaga keawetan baterai.

Menggunakan smartphone ketika sedang diisi dayanya membuat arus listrik tidak stabil. Akibatnya, baterai smartphone akan menjadi sangat boros. Belum lagi jika kita mengangkat telepon saat smartphone sedang diisi daya. Selain membuat gadget cepat rusak, hal ini juga tidak baik untuk kesehatan karena radiasi dari smartphone yang sedang diisi dayanya tinggi sekali.

Hindari Benturan

Sumber gambar www.aliexpress.com

Power bank memiliki ukuran yang lumayan kecil. Itu sebabnya, jika kita ceroboh atau tidak menjaganya dengan baik, power bank akan mudah sekali jatuh. Perlu diingat bahwa meski power bank memiliki body yang terlihat kuat karena terbuat dari metal, power bank tidak didesain sebagai perangkat yang tahan benturan. Jadi selain jatuh, power bank juga tidak bisa terlalu sering berbenturan dengan benda keras lainnya.

Benturan yang terlalu sering atau terlalu keras bisa membuat komponen di dalam power bank menjadi longgar. Salah satu dampaknya adalah bisa membuat lampu indikator power bank mati. Selain itu, power bank yang terlalu sering terbentur biasanya menjadikan output-nya kendor sehingga power bank tidak lagi bisa digunakan. Itulah sebabnya kamu harus menjaga power bank dengan baik agar tidak sering jatuh dan terbentur.

Rekomendasi 10 Power Bank Terbaik

Eternity - Bustar Powerbank 12000 mAh

Jika kamu suka power bank yang terlihat unik, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Permukaannya dibuat memiliki tekstur yang serupa dengan kulit, membuatnya tidak mudah jatuh dan nyaman digenggam. Desainnya ramping dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana pun kamu pergi. Kapasitasnya 12.000 mAh, bisa kamu gunakan untuk mengisi daya hingga 4-5 kali. Power bank yang memiliki pilihan warna hitam dan putih ini didukung dengan dual USB port dan fast charging 2.0, sehingga ia akan mengisi daya lebih cepat dibandingkan power bank pada umumnya. Dilengkapi dengan over-heat protection dan over-charge protection, kamu tidak perlu khawatir membuat baterainya cepat rusak jika diisi daya terlalu lama. Selain itu, ia juga aman dibawa ke dalam kabin pesawat.

Harga Rp. 127.960-457.000

Inone Powerbank Z14 Cute Portable Charger 10000 mAh

Power bank berkapasitas 10000 mAh ini memiliki dual USB Port yang memungkinkan penggunaan secara bersamaan, baik bersama teman maupun keluarga kamu. Untuk model inputnya, terdapat dua jenis yaitu port micro USB atau tipe C. Kamu bisa menyesuaikan dengan jenis mana yang kamu miliki. Keunggulannya lagi, ia memiliki sistem multi proteksi yang dapat melindungi power bank dari kecelakaan saat pengisian daya.

Jika dilihat dari desainnya, power bank yang satu ini cocok digunakan untuk anak-anak dan perempuan. Sebab, power bank ini memiliki desain gambar flamingo dan kelinci yang menggemaskan. Kamu bisa pilih salah satu desain yang menurutmu paling lucu. Tak heran jika banyak perempuan yang memilih model power bank yang satu ini.

Harga Rp. 94.900-150.000

Bazel 18000 mAh Powerbank

Power bank yang satu ini begitu simple dan mudah digunakan. Setelah power bank tersambung dengan smartphone, pengisian daya akan dilakukan secara otomatis tanpa perlu menekan tombol apapun. Power bank ini juga bisa melindungi gadget kamu dari over-charging. Sebab, ia dilengkapi dengan sistem Power Management Scheme dan Intelligence Circuit Control yang secara otomatis menghentikan pengisian daya jika baterai gadget sudah penuh.

Menggunakan baterai lithium-ion berkualitas dengan kapasitas baterai 18000 mAh. Perangkat ini bisa kamu gunakan untuk mengisi daya lebih dari satu kali, tergantung dengan tipe smartphone dan besar kapasitas baterai yang smartphone kamu perlukan. Slot USB-nya terbuat dari housing dengan material berkualitas tinggi. Hal ini dapat menjaga power bank tetap awet dan tahan terhadap suhu tinggi ketika digunakan.

Harga Rp. 58.000-115.000

VEGER Powerbank X103

Perangkat ini cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian cheerful karena pilihan warnanya yang cerah dan berwarna-warni. Desainnya yang slim dan ringan membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.
Kamu bisa memasukkannya ke dalam tas tanpa memakan banyak ruang. Kapasitas daya power bank ini adalah 10000 mAh yang didukung dengan fast-charging. Sehingga, dapat mengisi daya smartphone kamu dengan lebih cepat.

Harga Rp. 99.999-112.000

UNEED QuickBox C20 Powerbank

Produk yang satu ini sangat mengedepankan teknologi quick charging-nya. Tidak hanya ketika mengisi daya, ketika power bank ini diisi daya pun membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada power bank pada umumnya. Dengan teknologi quick re-charge-nya, untuk mengisi power bank berkapasitas baterai 20.000 mAh ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Sedangkan untuk mengisi daya gadget Anda, power bank ini memiliki kemampuan 2x lebih cepat daripada power bank biasa. Kurang dari 30 menit, gadget kamu sudah terisi hingga 50% asal menggunakan kabel yang juga memiliki fitur power delivery 3.0.

Harga Rp. 439.200-450.000

VIDVIE Powerbank PB716

Power bank dengan bentuk minimalis dan elegan ini memiliki kapasitas baterai 12.000 mAh. Dengan dual output-nya, kamu bisa menggunakan produk ini untuk mengisi daya dua gadget sekaligus. Sangat cocok untuk kamu yang terbiasa membawa lebih dari satu gadget untuk beraktivitas. Meski mengisi dua gadget sekaligus, kecepatan pengisian dayanya tidak perlu diragukan. Ia sudah dilengkapi dengan teknologi fast-charging yang memungkinkan pengisian daya dengan cepat meski ketika digunakan untuk mengisi daya dua gadget secara bersamaan.

Harga Rp. 350.000-480.000

Hippo Power Bank ILO F2

Jika kamu adalah orang yang memiliki intensitas tinggi penggunaan smartphone akibat tuntutan pekerjaan atau karena hal lain, power bank yang satu ini cocok untuk kamu. Pertama, karena bentuknya yang ringkas sehingga mudah dibawa ke mana pun kamu pergi. Kedua, ia memiliki kapasitas 11000 mAh yang memungkinkan kamu mengisi daya smartphone lebih dari satu kali. Sedangkan untuk pengisian dayanya sendiri, kamu memerlukan sekitar 8-9 jam untuk mengisi daya power bank tersebut sampai penuh.

Produk ini memiliki dua pilihan warna, yaitu abu-abu dan putih. Keamanannya dapat dijamin karena ia memiliki lima macam proteksi, yakni over heat, over voltage, short circuit, over-charge, dan over discharge. Selain itu, lapisan ABS + PC di bagian permukaan power bank membuatnya tidak terasa panas di tangan ketika sedang digunakan. Jika kamu membeli power bank ini, kamu akan mendapatkan extra USB LED lamp, stylus, dan stand holder.

Harga Rp. 145.000-279.000

Andino PowerAIR 10

Produk ini sudah mengikuti standar keamanan Singapura, di mana standar keamanan Singapura mengikuti standar keamanan internasional. Selain itu, ia juga dapat digunakan di dalam pesawat karena telah mengikuti standar keamanan UN 38.3 tentang penggunaan baterai lithium di dalam pesawat. Keunggulannya lagi, power bank ini dilengkapi dengan teknologi Wireless Charging Pad dengan pengisian daya super cepat. Meski banyak power bank dengan kapasitas yang lebih besar, power bank dengan kapasitas 10000 mAh ini banyak dijadikan pilihan pada sejumlah bandara di Asia Tenggara, termasuk di Changi Singapura, KLIA Malaysia, dan Hongkong dikarenakan standar keamanannya.

Harga Rp. 510.300-1.028.100

PowerBank Anker PowerCore

Dengan teknologi canggih yang disematkan di dalamnya, produk ini mampu melakukan pengisian daya dengan lebih cepat. Ukurannya sangat kecil dan terasa ringan, bahkan lebih kecil daripada setumpuk kartu. Namun demikian, power bank ini memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 10000 mAh. Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi daya smartphone kamu sebanyak tiga kali. Chip dan material produk dibuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga masa pakai power bank ini bisa lebih panjang. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti surge protection dan short circuit prevention untuk melindungi smartphone.

Harga Rp. 175.000-379.000

SONY Portable Charger 10000mAh CP-V10A

Power bank berkapasitas 10000 mAh ini cocok untuk menemani kamu dalam perjalanan jauh, seperti berkemah atau melakukan penerbangan. Selain itu, kamu juga menggunakannya untuk sekadar menunjang aktivitasmu di luar ruangan seharian. Dengan teknologi fast charging-nya, power bank ini dapat mengisi daya smartphone kamu hingga tiga kali lebih cepat! Dari segi keamanannya, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, produk ini sudah di-built-in dengan fitur keamanan canggih di dalamnya.

Harga Rp. 240.500-450.000
From our editorial team

Power Bank Dibutuhkan untuk Memperlancar Pekerjaan

Menggunakan smartphone untuk keperluan pekerjaan sudah tidak bisa dihindari lagi. Oleh karenanya, diperlukan power bank agar smartphone kita tidak mati di tengah jalan, terutama ketika kita sangat membutuhkannya. Namun, perlu dipilih power bank yang baik, aman, dan memiliki fasilitas fast charging agar aktivitas kita tidak terganggu.

Tag