Inilah 9 Jenis Kopi Indonesia dengan Beragam Rasa Nikmat yang Wajib Kamu Coba

Inilah 9 Jenis Kopi Indonesia dengan Beragam Rasa Nikmat yang Wajib Kamu Coba

Bagi pencinta kopi, menikmati beragam jenis kopi adalah suatu kenikmatan dan sensasi tersendiri. Hal ini semakin mudah jika Anda tinggal di Indonesia, karena negeri ini memiliki beragam jenis kopi dari berbagai daerah. Anda perlu mengetahui dan mencicipinya untuk memperkaya wawasan Anda tentang kopi Indonesia.

Kopi Indonesia Sudah Terkenal di Kalangan Pencinta Kopi di Seluruh Dunia

Minuman berwarna hitam dan pahit rasanya bernama kopi memang banyak dipilih orang sebagai minuman pagi hari yang pas. Kopi sejak lama dikenal sebagai minuman favorit untuk mengembalikan semangat dan merangsang kerja otak agar lebih baik.

Indonesia rupanya menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, lo. Ada beraneka ragam jenis kopi yang nikmat sehingga menempatkan Indonesia sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia. Tak heran ya jika kopi Indonesia ini sudah banyak dikenal di seluruh penjuru dunia.

Ketahui Elemen-elemen Penting yang Menentukan Cita Rasa Kopi

Keasaman

Salah satu elemen penting dalam kopi adalah keasaman (acidity). Keasaman ini mempengaruhi cita rasa kopi. Anda bisa merasakan keasaman suatu kopi ketika kopi tersebut dicecap lidah. Tingkat keasaman kopi ditentukan dari proses penyangraian kopi.

Aroma

Elemen selanjutnya adalah aroma. Jika biji kopi belum disangrai, aromanya belum begitu keluar karena tekstur biji kopi pun masih lunak. Selain itu kandungan kafein, protein, serta asamnya pun masih tinggi. Ketika biji kopi sudah disangrai, barulah aroma kopi keluar. Bijinya menjadi renyah dan cita rasa kopi menjadi lebih bisa keluar.

Body Kopi

Body kopi menggambarkan tekstur kekentalan kopi. Ada beragam tekstur pada kopi mulai dari yang sangat kental hingga yang ringan. Body kopi juga dipengaruhi oleh proses pemanggangan. Kopi yang terasa ringan dan halus lebih mudah ditelan. Sedangkan kopi yang berat dan kuat akan terasa menempel di mulut.


9 Kopi Asal Indonesia ini Sudah Terkenal Hingga Mancanegara

Kopi Toraja

Sumber gambar www.blibli.com

Kopi toraja yang merupakan kopi arabika memiliki aroma herbal yang khas. Cita rasanya pun sedap sehingga tidak mengherankan jika dijuluki "queen of coffee". Cobalah kopi toraja yaitu Coffindo Coffee Toraja Single Origin Premium Powder Bubuk Kopi (1 kg). Kopi ini memiliki tingkat keasaman tinggi dengan rasa dan aroma yang khas. Jika diminum, bekas rasa kopi tidak tertinggal pada lidah. Harga 1 kilogram kopi ini dijual dengan harga Rp 250.000 dan bisa dibeli di Blibli.

Kopi Lanang

Sumber gambar www.tokopedia.com

Salah satu kopi terbaik dan dikenal di mancanegara dihasilkan dari sebuah perkebunan Malangsari, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. Nama produknya adalah kopi Lanang. Kopi jenis robusta ini bentuknya tunggal dan bulat. Jumlahnya terbatas dan didapatkan dengan cara penyortiran yang sangat teliti.

Kadar kafein dalam kopi ini cukup tinggi membuat peminumnya memiliki tenaga ekstra dan tidak mudah mengantuk. Rasa kopi begitu halus. Konon berkhasiat pula menambah vitalitas kaum pria. Kamu yang berminat bisa ke Tokopedia untuk membeli kopi Lanang dengan harga Rp 28.000 per 100 gram.

Kopi Luwak

Sumber gambar www.blibli.com

Kopi arabika Indonesia yang paling digemari adalah kopi luwak. Anda bisa mencoba Fullcaff Kopi Luwak Arabika Premium Coffee dalam kemasan 250 gram. Dengan kualitas terbaik kopi ini memiliki sertifikat resmi dari beragam institusi dengan tingkat kredibilitas tinggi. Kopi ini berasal dari biji kopi asli Gayo, Aceh. Daerah tersebut merupakan produsen kopi luwak terbaik di dunia. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 450 ribu per kilogramnya.

Kopi Mandailing

Sumber gambar www.sumatra.id

Dikenal di seluruh dunia sejak tahun 1878, kopi mandailing merupakan varietas kopi arabika yang ditanam di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Biji kopi mandailing ini didatangkan Belanda di tahun 1699 silam. Kopi mandailing memiliki tingkat keasaman sedang dengan cita rasa floral. Terasa kental usai mengonsumsinya. Kopi nikmat ini bisa dipesan melalui situs web sumatra.id. Harganya Rp 220.000 per kilogram.

Kopi Sidikalang

Sumber gambar www.blibli.com

Dijual di Blibli dengan harga Rp. 170.000 per 250 gram. Kopi sidikalang ini tak kalah nikmat dari kopi lain di Indonesia. Kopi asal Sidikalang, Sumatera Utara ini merupakan campuran dari biji kopi robusta dan arabika yang diolah dengan pas sehingga menghasilkan kopi bermutu tinggi. Karakter utama kopi ini adalah memiliki body kopi yang tebal dengan keasaman rendah. Selain itu, kopi sidikalang juga tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Kopi Gayo

Sumber gambar www.kopiaceh.com

Daerah Gayo di Aceh memiliki kopi yang terkenal kelezatannya. Rasa kopi gayo terkenal gurih dan nikmat dengan aroma yang harum. Kebanyakan jenis kopinya adalah arabika. Coba salah satu kopi gayo merek Gayo Origin Arabica Specialty. Silakan langsung ke situs web kopiaceh.com untuk membeli produk ini seharga Rp 75.000.


Kopi Kintamani

Sumber gambar www.blibli.com

Pulau dewata Bali juga dikenal sebagai penghasil kopi Indonesia terbaik, lo. Utamanya kopi yang ditanam di daerah Kintamani karena kualitas biji kopinya memang top. Rasa kopinya cenderung lembut dan manis dengan aroma buah-buahan dan rempah-rempah. Salah satu contoh kopi kintamani adalah Coffindo Coffee Bali Kintamani Single Origin Premium Powder Kopi Bubuk 1 kg. Anda bisa membeli kopi ini di Blibli dengan harga Rp 240.000 per kilogram.

Kopi Wamena

Sumber gambar www.blibli.com

Kualitas kopi yang oke bisa didapatkan dari kopi yang tepat. Sebagai minuman kaya manfaat utamanya penghilang kantuk kala kerjaan menumpuk, kopi ini hadir dalam aneka ragam. Yuk, coba salah satu kopi terbaik Indonesia, kopi wamena. Sesuai namanya kopi ini ditanam di ketinggian 2000 mdpl di daerah ujung timur dataran tinggi Wamena, Papua.

Biji kopi arabika ini kadar airnya 13 persen. Dengan aroma spicy dan flowery, kopi ini memiliki tingkat keasaman sedang. Jika berminat, coba saja JPW Coffee Specialty Coffee Arabica Papua Wamena Bubuk 250 g. Kopi wamena ini dijual di Blibli dengan harga Rp 95 ribu per 250 gram.

Kopi Preanger

Sumber gambar www.blibli.com

Daerah Jawa Barat juga punya kopi andalan yaitu kopi java preanger. Kopi ini berasal dari pegunungan Malabar. Kopi java preanger juga biasa disebut sebagai kopi malabar atau kopi bandung. Produk Frinsa Roastbean Arabica Coffee Java Preanger ini merupakan kopi java preanger premium. Kopinya berjenis kopi arabika. Dijual dalam kemasan 200 gram dengan harga Rp 70 ribu di Blibli.

From our editorial team

Segera Nikmati Kopi Setelah Diseduh agar Citarasanya Melekat Kuat

Cara penyeduhan yang tepat akan menghasilkan kopi yang nikmat. Namun setelah diseduh, Anda harus segera menikmati kopi tersebut. Kopi yang segera dinikmati akan terasa nikmatnya. Anda pun bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kopi yang diminum.