Tampil Makin Gaya Dengan 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Lokal Pria Berkualitas (2022)

Tampil Makin Gaya Dengan 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Lokal Pria Berkualitas (2022)

Sepatu kulit bisa menunjang penampilan Anda. Kini banyak brand lokal yang memproduksi sepatu kulit berkualitas. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi sepatu kulit lokal pria terbaik buat Anda!

Sepatu Kulit Bikin Penampilan Terlihat Mewah

Sepatu kulit biasanya dibuat menjadi sepatu pantofel, dan sepatu ini menjadi salah satu jenis sepatu yang wajib dimiliki oleh kaum pria, khususnya pria dewasa. Kebanyakan pria dewasa mulai mencari sepatu kulit untuk menunjang penampilannya yang lebih maskulin.

Sepatu kulit biasanya didesain dengan tampilan yang elegan dan memberikan kesan mewah kepada para penggunanya. Sepatu inilah yang mendukung para pria untuk tampil dalam dresscode formal, seperti urusan kantor ataupun acara pernikahan. Namun di samping itu, kini sudah banyak sepatu kulit yang bisa digunakan untuk tampilan kasual.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih sepatu kulit, entah dari model desainnya, bahannya, maupun harganya. Jika Anda masih bingung dalam menentukan sepatu kulit mana yang tepat untuk digunakan, Anda dapat menyimak ulasan dan rekomendasi berikut.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Jangan Simpan di Tempat Lembab

Tempat yang lembab akan membuat sepatu kulit menjadi tidak awet. Udara yang lembab dapat membuat tekstur sepatu menjadi pecah. Udara yang lembab juga membuat jamur dengan mudah tumbuh di sepatu kulit.

Oleh karena itu, simpanlah sepatu kulit pada tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Jika jarang dipakai, keluarkanlah dan angin-anginkan sepatu kulit Anda setidaknya sekali 2 minggu.

Hindari Membungkus Dengan Plastik

Plastik dapat membuat warna dari kulit menjadi pudar dan kusam. Plastik juga dapat mempercepat tumbuhnya jamur pada permukaan sepatu karena udara lembab yang terperangkap di dalamnya.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan dust bag untuk membungkus sepatu kulit sebelum nantinya diletakkan di dalam kotak sepatu. Ini akan menjaga sepatu lebih awet dan tidak mudah kusam maupun jamuran.

Masukkan Silica Gel ke Dalam Sepatu

Anda tentu tidak mau sepatu kulit kesayangan memiliki bau yang tidak sedap kan? Nah, penggunaan silica gel dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan sepatu tetap dalam aroma yang enak dibaui.

Selain untuk mencegah bau yang tidak sedap, silica gel juga berfungsi untuk menyerap kelembaban yang ada di dalam sepatu, sehingga Anda bisa menempatkan silica gel ini di dalam sepatu supaya sepatu tidak mudah jamuran.

Bersihkan Dengan Lotion

Bukan hanya kulit tubuh, sepatu kulit juga bisa memakai lotion. Anda bisa menggunakan handbody atau lotion khusus sepatu untuk membersihkan sepatu kulit dari kotoran atau noda yang menempel.

Anda cukup mengaplikasikannya secara perlahan dengan menggunakan spons yang aman untuk sepatu kulit. Setelahnya, sepatu kulit Anda pun menjadi lebih bersih, lebih cerah, dan mengkilap. Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Semir Secara Rutin

Sepatu kulit yang disemir dengan bahan yang aman dapat membuat sepatu jadi mengkilap dan lebih cerah. Sepatu kulit pun jadi terlihat lebih baru jika Anda rutin menyemir nya. Jadi luangkanlah waktu untuk merawat sepatu.

Cara menyemir sepatu kulit yang benar adalah dengan menggosoknya menggunakan gerakan satu arah. Jangan lupa menggunakan warna semir yang sesuai dengan sepatu. Jangan sampai menggunakan semir hitam untuk sepatu coklat.

Jenis Kulit yang Dijadikan Bahan Pembuat Sepatu

Finish Leather

Jenis kulit finish leather ini terbilang merupakan jenis kulit yang umum digunakan pada sepatu kulit yang beredar di pasaran. Anda dapat mengidentifikasinya dengan ciri-ciri tertentu, atau mendapatkan informasi dari penjualnya.

Bahan kulit ini diproses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaannya. Alhasil, motif permukaan pori-pori kulit (grain) masih terlihat alami sehingga tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas.

Pull-Up Leather

Bahan pull-up leather telah melalui proses pengolahan lanjutan dari jenis kulit finish leather. Kulit yang telah selesai menjadi finish leather, kemudian ditarik melar sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis dan lebih mudah dibentuk.

Proses penarikan bahan tersebut membuat warnanya jadi sedikit memudar, sehingga memberikan kesan vintage pada sepatu yang dihasilkan, dibandingkan dengan sepatu dengan bahan kulit finish leather.

Suede Leather

Jenis kulit Suede adalah jenis bahan kulit yang diproses secara terbalik, yaitu disamak dari bagian dalam kulit binatang. Bahan ini memiliki tekstur yang lebih lembut, dan terkesan lebih santai dan tidak begitu formal.

Namun sayang, sebagai kelemahannya, sepatu dengan bahan jenis kulit suede ini akan lebih mudah kotor. Bahan ini akan berubah warna jika terkena air, dan jahitannya pun akan lebih mudah tertarik.

Rekomendasi Sepatu Kulit Lokal Berkualitas

Buccheri Bedrich Slip On

Buccheri Bedrich Slip On ini didesain khusus agar dapat memberikan kenyamanan maksimum bagi penggunanya. Dengan metode handmade-nya yang khas, Buccheri menonjolkan bentuk yang stylish dan elegan pada sepatu ini. Bahan sepatu yang memiliki tinggi 1,5 cm terbuat dari cow leather dan thermoplastic rubber sole.

Harga Rp. 700.000-1.000.000

Brodo - Signore ECO Full Black

Brodo hadir dengan produk sepatu yang dibuat dari ECO leather. ECO leather adalah jenis bahan faux leather yang superior, dimana dalam pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, sehingga penggunaannya pun akan lebih ramah lingkungan. Bahanya pun kuat dan terasa lebih ringan saat dipakai.

Harga Rp. 400.000-550.000

AMBLE Carter Lite Vegan Black

Sepatu ini menggunakan bahan vegan leather dengan kualitas dan grade yang terbaik untuk bagian upper. Kemudian kulit sintetik untuk menunjukkan kenyamanan kaki pada bagian lining. Insole-nya dibuat menggunakan teknologi terbaru (acolite insole), berbahan pylon sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Terdapat juga solid rubber dan anti slip dengan pattern khas amble pada bagian outsole.

Harga Rp. 350.000-500.000

Yongki Komaladi US2-08

Sebagai brand sepatu yang terkenal, Yongki Komaladi juga memproduksi sepatu kulit pria yang tak hanya stylish, tapi juga nyaman dipakai. Tak heran bila merek sepatu kulit pria lokal yang satu ini sering menjadi andalan para pria di Indonesia. Produknya pun mudah ditemukan di toko resmi di berbagai mal besar ataupun ecommerce.

Harga Rp. 200.000-750.000

Heyjude - Sepatu Black Plain Pria

Jika Anda menyukai oxford style dengan clean look, Black Plain ini mestinya bisa menjadi salah satu sepatu favorit Anda. Sepatu ini memiliki silhoutte slim dan sleek dengan jahitan kasat mata yang minimal untuk kesan modern. Black Plain cocok untuk dikombinasikan dengan celana cutting slim fit, tapered atau straight.

Harga Rp. 200.000-500.000

Lederweren Leder Loafer 2 Profesional Edition

Sepatu Lederweren ini punya keunikan tersendiri pada bagian desain yang mengangkat pantofel era zaman dulu, namun dengan sedikit perubahan agar tetap layak dipakai pada saat sekarang ini. Sepatu ini juga didesain dengan model yang sangat simpel, elegan, dan terkesan klasik. Bagian outsole-nya yang tebal pun akan membuat sepatu ini nyaman ketika dipakai.

Harga Rp. 250.000-300.000

Jackwell Allen Black 1603

Jackwell Store juga merupakan salah satu merek yang menyediakan sepatu kulit yang berkualitas. Jika Anda sedang mencari sepatu pantofel pria, cobalah untuk melihat koleksi sepatu dari Jackwell Store ini. Allen Series dari Jackwell Store ini memiliki backing kulit asli dengan finishing polyurethane yang tampak elegan dan nyaman saat dipakai di kaki Anda.

Harga Rp. 350.000-500.000

KYTHSHOES Ranger Boots Custom BRWN NB

Selanjutnya brand sepatu kulit terbaik pria datang dari brand Kythshoes. Kythshoes menggunakan tipe full grain sehingga membuat produknya sangat fleksibel dan awet digunakan dalam waktu yang cukup lama. Bagian sol dalamnya dibuat senyaman mungkin dengan bahan dasar kulit nabati dan dilapisi oleh foam. Menariknya, setiap pelanggan juga bisa custom request lho!

Harga Rp. 750.000-1.000.000

Nappa Milano BLAKE PENNY LOAFERS BLACK

Sepatu kulit pria dari Nappa Milano dibuat dari bahan kulit berkualitas premium yang terkenal dengan teksturnya yang lembut. Brand lokal ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dan sudah mempelajari mengenai pembuatan sepatu di Italia. Gaya formal dan klasik dikombinasikan dengan sentuhan trendi mengikuti selera pria modern.

Harga Rp. 850.000-1.000.000

Portee Goods Oxford Captoe Hitam

Oxford Captoe Brogues Black merancang sepatunya senyaman mungkin dengan upper kulit asli black nappa. Dijahit dengan metode black stitch yang rapi dan awet. Midsole leather pada bagian sol-nya juga membuat Anda nyaman saat berjalan menggunakan sepatu ini. Terdapat garansi dan bisa tukar size jika tidak sesuai dengan ukuran kaki.

Harga Rp. 850.000-1.000.000
From our editorial team

Perhatikan Perawatannya, Jangan Sampai Sepatu Kulit Cepat Rusak!

Sepatu kuli seperti yang direkomendasikan BP-Guide di atas memang terlihat sangat mewah dan bisa bikin penampilan Anda makin oke. Tapi sepatu kulit juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat bagus dan mengkilap. Jadi, setelah membeli, ingat untuk selalu merawat sepatu kulit dengan baik ya!