Mulai Belajar Bahasa Arab dengan 10 Rekomendasi Buku Bahasa Arab Berikut (2021)

Mulai Belajar Bahasa Arab dengan 10 Rekomendasi Buku Bahasa Arab Berikut (2021)

Belajar bahasa asing selain bahasa Inggris sangat penting. Umat Muslim, khususnya, banyak yang berminat mempelajari bahasa Arab untuk memperdalam pengetahuan mereka terhadap Alquran dan hadits. Jika Anda juga tertarik untuk mempelajarinya, berikut ini rekomendasi buku bahasa Arab yang bisa Anda gunakan untuk belajar.

Bahasa Arab Sangat Penting, Terutama Bagi Kaum Muslim

Semua umat Islam pasti tahu bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sangat istimewa. Bagaimana tidak, kitab suci Al Quran diturunkan dengan bahasa Arab di negeri Arab yang terpilih menjadi negeri para Nabi dan Rasul. Di masa modern ini, pada cendekiawan Muslim mulai memperdalam ilmu interpretasi Al Quran.

Tidak hanya mengerti artinya saja, namun melafalkan pengucapan dengan benar dan melantunkannya sesuai syariat. Tentu saja ini tidak bisa dicapai tanpa mempelajari bahasa Arab. Meskipun tidak fasih, seorang Muslim setidaknya harus bisa membaca huruf Arab yang mengetahui artinya sebanyak satu atau dua kalimat saja. Pemahaman yang baik terhadap bahasa Arab dengan sendirinya akan meningkatkan pemahaman terhadap Al Quran juga.

Banyak orang mempelajari bahasa Arab dengan alasan ingin bisa membaca Al Quran dengan lebih baik dan sesuai dengan tajwid.

Alasan Anda Harus Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab Adalah Bahasa yang Berpengaruh di Dunia

Bahasa Inggris boleh menjadi bahasa internasional. Namun siapa sangka bahwa bahasa Arab adalah bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Total ada 420 juta penutur bahasa arab, 290 juta di antaranya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pertama mereka. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan karena bahasa Arab menjadi bahasa resmi di 26 negara Arab yang semuanya terdaftar dalam Liga Arab.

Memudahkan Pemahaman Terhadap Al Quran dan Hadits

Seperti yang diketahui, Al Quran diturunkan di Arab dengan bahasa Arab. Bahkan para Nabi dan Rasul pun juga berasal dari negara Arab. Ini menjadi alasan yang kuat untuk belajar bahasa Arab. Dengan menguasai bahasa Arab, umat Islam akan lebih mudah dalam memahami, menghafalkan, mengajarkan, serta mengamalkan isi Al Quran dan Hadits. Banyak cendekiawan Islam yang belajar bahasa Arab untuk memperdalam penguasaan mereka terhadap kaidah-kaidah dalam Islam.

Bahasa Arab Dapat Menyejukkan Hati

Belajar bahasa Arab dapat membuat jiwa menjadi lebih tentram dan hati lebih sejuk. Hal ini bahkan juga disebutkan di dalam Al Quran. Ibnu Katsir menyebutkan bahwa ayat kedua surat Yusuf menjelaskan tentang hal ini.

Menurut Ibnu Katsir, bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fesah, bahasa yang paling jelas, serta bahasa yang paling luas kosakatanya. Bahasa Arab juga mengandung banyak makna yang mampu membuat jiwa lebih tentram.

Bahasa Arab Adalah Bahasa yang Mulia

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat mulia. Ibnu Katsir menyebutkan bahwa dikarenakan Al Quran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada rasul yang paling mulia, serta diturunkan pada bulan yang paling mulia. Dengan semua kemuliaan tersebut, maka Al Quran dan semua hal yang berhubungan dengannya menjadi sesuatu yang sangat mulia.

Bahasa Arab Menjadi Hukum Bagi Umat Muslim

Dalam beberapa surat di Al Quran disebutkan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang lurus, mudah dipahami, serta dapat digunakan sebagai hukum bagi manusia terutama umat Muslim. Ini karena syariat dan hukum yang ditujukan bagi seluruh umat Islam dicantumkan di dalam Al Quran yang di dalamnya berisi bahasa Arab. Di dalam Zaad Al Masir disebutkan bahwa bahasa Arab dapat digunakan untuk menerangkan hukum-hukum Islam yang sifatnya wajib.

Tips Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Niatkan yang Tulus di Dalam Diri

Segala sesuatu tentu harus dimulai dengan niat yang tulus dari dalam hati, termasuk saat ingin memulai belajar bahasa Arab. Semakin kuat dan tulus niat seseorang untuk belajar bahasa Arab, maka akan semakin dimudahkan pula jalannya dalam menguasai bahasa Arab. Dengan menguasai bahasa Arab, maka akan semakin baik pula pemahamannya terhadap isi Al Quran dan Hadist.

Mulai dari Ilmu Nahwu dan Sharaf

Ilmu Nahwu dan ilmu Sharaf termasuk ke dalam wasilah terbesar yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi Anfa untuk memahami kalimat-kalimat bahasa Arab, baik yang tertulis di dalam Al Quran, Hadist, maupun karya-karya ulama. Jadi jika Anda ingin mempelajari bahasa Arab untuk memperdalam pemahaman mengenai isi Al Quran dan Hadist bisa memfokuskan pada kedua bidang ilmu ini.

Mencari Kursus Bahasa Arab atau Membaca Buku

Hal yang terpenting tentu saja mengikuti kursus bahasa Arab dari pengajar berpengalaman yang agar Anda bisa semakin menguasainya. Kini banyak kursus online yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Anda juga bisa mulai belajar bahasa Arab dengan membeli buku-buku bahasa Arab yang banyak dijual di pasaran. Buku-buku bahasa Arab ini biasanya disusun dengan materi yang mudah dimengerti oleh pemula.

Rekomendasi Buku Bahasa Arab yang Bisa Membantu Anda Belajar

Buku Jago Kuasai Bahasa Arab PB Press

Belajar bahasa Arab akan lebih menyenangkan dengan seri rangkaian buku Jago Bahasa ini. Buku Jago Kuasai Bahasa Arab PB Press adalah buku yang disusun dengan model berbeda dari buku bahasa Arab pada umumnya. Kata-kata yang terdapat di dalam buku ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai latar belakang tempat.

Anda bisa mempelajari ragam kosakata yang digunakan di rumah, sekolah, hingga jalan. Buku setebal 196 halaman ini sangat menyenangkan dibaca. Materi yang ada di dalamnya mencakup tata bahasa dengan percakapan lengkap sehari-hari disertai dengan banyak kosakata yang bisa dihafalkan.

Harga Rp. 30.000-65.000

La Taskut Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab

Jika Anda ingin mulai mempelajari bahasa Arab, ada baiknya membeli buku panduan dasar yang memudahkan Anda untuk mengenal beberapa kosakata penting. La Taskut Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengawali petualangan Anda dalam belajar berbahasa Arab.

Buku ini disusun dengan dasar kaidah tata bahasa baku atau fusha, menggunakan bahasa parasan ataua Amiyah dan bahasa budaya atau dialek. Buku ini sangat praktis dan cocok bagi pemula yang masih awam dengan bahasa Arab. Bobotnya juga ringan dan tidak terlalu tebal, mudah dibawa kemana saja. Jadi Anda bisa belajar bahasa Arab kapan saja dan di mana saja!

Harga Rp. 20.000-50.000

Buku Ta'shil Al-Lughah Al-Arabiyyah Bahasa Arab Dasar Untuk Pemula

Para ahli kitab yang beragama Islam menekankan pentingnya belajar bahasa Arab. Anda bisa memulainya dengan Buku Ta'shil Al-Lughah Al-Arabiyyah Bahasa Arab Dasar Untuk Pemula. Buku soft cover setebal 109 halaman ini diterbitkan oleh Pustaka Al Furqon. Di dalamnya berisi panduan bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa Arab.

Tidak hanya isinya saja yang lengkap, susunan buku ini juga sangat mudah untuk dipahami. Jadi meskipun Anda belum pernah belajar bahasa Arab sebenarnya, Anda akan merasa sangat mudah dengan menggunakan buku ini sebagai panduan.

Harga Rp. 25.000-100.000

Buku Belajar Bahasa Arab - Ilmu Sharaf Untuk Pemula

Belajar bahasa Arab menjadi semakin mudah dengan Buku Belajar Bahasa Arab - Ilmu Sharaf Untuk Pemula. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan dasar tentang ilmu Sharaf. Ini merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk dikuasai bagi siapa saja yang mempelajari bahasa Arab. Ilmu Sharaf mengajarkan tentang aturan perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan rumus sakti agar bisa memahami ilmu Sharaf dalam waktu singkat. Keahlian Anda semakin terasah dengan soal altihan yang diambil dari Al Quran. Buku ini juga dilengkapi DVD berisi animasi menarik yang memudahkan Anda belajar ilmu Sharaf.

Harga Rp. 20.000-100.000

Buku Bahasa Arab - Ilmu Nahwu untuk Pemula

Rekomendasi buku selanjutnya yang akan membantu Anda dalam menguasai bahasa Arab adalah Buku Bahasa Arab - Ilmu Nahwu untuk Pemula. Ilmu Nahwu sendiri membahas struktur kalimat bahasa Arab. Ilmu ini sangat berguna untuk menyusun kalimat berbahasa Arab.

Buku ini dirancang bagi pemula yang sebelumnya tidak pernah mempelajari bahasa Arab. Di dalamnya berisi rumus-rumus sakti untuk memudahkan pembaca menghafalkan kaidah-kaidah penting dari ilmu Nahwu. Bab-bab dalam buku ini disusun secara bertingkat. Dimulai dari kalimat sederhana dan dilanjutkan dengan kalimat yang diberi keterangan tambahan.

Latihan soal yang ada di dalam buku ini semakin memudahkan Anda dalam menguasai bahasa Arab dasar. Dengan contoh aplikatif dari Al Quran dan Hadits, diharapkan kemampuan bahasa Arab Anda juga semakin meningkat.

Harga Rp. 90.000-150.000

Buku Bahasa Arab Untuk Bisnis Seri 1

Buku Bahasa Arab Untuk Bisnis Seri 1 bukanlah buku biasa. Buku ini dirancang untuk pembelajaran bahasa Arab pada jurusan Ekonomi Islam yang ada di berbagai universitas di Indonesia. Materi yang dimunculkan dalam buku ini memang cenderung terfokus pada bidang bisnis saja.

Pembahasan yang ada di dalamnya meliputi jual beli di pasar, harga-harga di pasar, sewa menyewa di pasar, hingga musyarakah di pasar. Materi yang ada disusun secara bertingkat dari yang paling sederhana hingga yang sulit. Buku ini terdiri dari 2 seri.

Harga Rp. 42.000-75.000

Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab - Azhar Arsyad

Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab - Azhar Arsyad adalah buku yang akan membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Buku setebal 168 halaman ini diterbitkan oleh Pustaka Pelajar. Baik untuk keperluan pendidikan maupun umum, buku ini wajib masuk ke dalam daftar jika Anda ingin belajar bahasa Arab.

Materi utama yang disajikan dalam buku ini adalah dasar-dasar penguasaan bahasa Arab. Jadi meski Anda belum pernah belajar bahasa Arab sama sekali, tidak perlu khawatir karena isi di dalam buku ini sangat mudah untuk dipahami.

Harga Rp. 23.000-98.000

Buku Belajar Bahasa Arab - Terjemah Syarah Durusul Lughah Adz Dzahabi

Berikutnya ada rekomendasi Buku Belajar Bahasa Arab - Terjemah Syarah Durusul Lughah Adz Dzahabi. Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Abdurrahim dengan tebal 76 halaman. Di kalangan orang-orang yang belajar bahasa Arab, buku ini sangat terkenal bahkan disebut-sebut sebagai buku yang wajib untuk dibaca.

Ini karena metode pembelajaran di dalam buku yang sangat bagus. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah belajar bahasa Arab dan mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Melalui buku ini, Anda akan mulai bisa menerjemahkan bahasa Arab dengan baik dan benar.

Harga Rp. 20.000-30.000

Buku Khutbah Jumat Lengkap Bahasa Arab

Bagi Anda yang aktif menjadi khotib dalam jamaah salat Jumat, tentunya Anda harus memperkaya pengetahuan dan mempersiapkan materi khotbah yang bervariasi. Buku Khutbah Jumat Lengkap Bahasa Arab bisa jadi rekomendasi buku yang tepat untuk Anda.

Buku ini merupakan buku khutbah khas pesantren Jawa. Bisa digunakan saat khutbah di hari raya Islam atau khutbah di hari Jumat biasa. Sayangnya, buku ini tidak dirancang bagi pemula. Setidaknya Anda harus sudah memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa Arab. Dengan demikian, buku ini bisa bermanfaat secara penuh untuk Anda.

Harga Rp. 30.000-35.000

DURUSUL LUGHOH AL ARABIYAH [ Bahasa Arab GONTOR ]

DURUSUL LUGHOH AL ARABIYAH Bahasa Arab GONTOR menjadi buku terakhir yang direkomendasikan dalam daftar ini. Ini merupakan buku panduan Bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Gontor. Anda bisa membelinya dan mempelajarinya juga.

Buku ini menggunakan metode pengajaran langsung yang mudah dipahami oleh pemula. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda berbahasa Arab, maka buku ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Harga Rp. 23.000-90.000
From our editorial team

Jadi Sudah Siap Belajar Bahasa Arab?

Setelah membaca sederet rekomendasi buku bahasa Arab dari BP-Guide di atas, kini tidak ada lagi alasan untuk Anda menunda mempelajarinya. Pilih buku yang paling cocok buat Anda dan mulailah belajar sekarang. Tetap semangat dan jangan menyerah ya!