Konnichiwa! Yuk, Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah Lewat 9+ Buku Bahasa Jepang Berikut Ini

Konnichiwa! Yuk, Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah Lewat 9+ Buku Bahasa Jepang Berikut Ini

Sumber gambar www.inc.com

Menghadapi era global, penguasaan terhadap bahasa asing jadi salah satu kebutuhan terlebih bagi mereka yang mengincar pekerjaan di perusahaan asing atau belajar di negara tujuan. Jepang sebagai salah satu negara maju kini dilirik banyak warga dunia. Tak hanya jadi destinasi wisata, banyak juga yang menjadikan Jepang sebagai negara untuk bekerja atau menimba ilmu. Kalau Anda tertarik untuk menguasai bahasa Jepang, ada baiknya belajar lewat buku seperti dalam referensi berikut ini.

Belajar Bahasa Jepang Perlu Kesabaran

Sumber gambar www.thebestcolleges.org

Belajar bahasa asing merupakan hal yang terkadang dianggap sulit oleh sebagian orang, terutama bahasa yang mempunyai huruf unik seperti Jepang, Mandarin, dan Arab. Meski demikian, bahasa Jepang dianggap lebih mudah dipelajari daripada bahasa Mandarin dan bahasa Arab.

Bahasa Jepang sendiri sejatinya tidak terlalu berbeda dengan bahasa Korea. Jadi, bagi Anda yang telah mengetahui dasar-dasar bahasa Korea, tidak akan menemukan kesulitan berarti ketika belajar bahasa Jepang.

Belajar ahasa Jepang mempunyai banyak manfaat karena Jepang sebagai negara maju dan salah satu penguasa ekonomi dunia akan berpengaruh pada perkembangan dunia. Oleh karena itu, orang-orang yang pandai berbahasa Jepang, akan selangkah lebih maju dalam menghadapi perkembangan dunia.

Tips Mudah Belajar Bahasa Jepang

Rajin Berlatih Menulis Huruf Jepang dan Membuat Jadwal

Sumber gambar www.youtube.com

Bahasa Jepang berbeda dengan bahasa lainnya. Keunikan bahasa ini adalah pada hurufnya. Dalam bahasa Jepang, terdapat berbagai macam huruf seperti kanji, romaji, katakana, dan hiragana. Masing-masing huruf tersebut mempunyai makna dan kegunaan berbeda-beda.

Katakana misalnya, digunakan untuk kata serapan atau kata yang berasal dari luar Jepang. Sedangkan hiragana digunakan untuk kata yang berasal dari Jepang. Hiragana sendiri adalah huruf yang paling umum digunakan di kehidupan sehari-hari.

Untuk mempermudah belajar bahasa Jepang, Anda harus paham akan huruf dan cara pelafalannya. Untuk melatihnya, latihlah dengan percakapan sehari-hari bahasa Jepang untuk pemula. Namun sebelum itu, Anda sebaiknya menghafal dan berlatih huruf hiragana dan katakana.

Setelah Anda menguasainya, mulailah dnegan menghafal kosakata mengenai cuaca, bilangan, atau nama hari. Buatlah jadwal yang teratur untuk belajar.

Perbanyak Kosakata dengan Membaca Buku

Sumber gambar jpninfo.com

Anda bisa menghafal kosa kata bahasa Jepang dengan berbagai cara. Salah satunya adalah membaca buku materi bahasa Jepang dasar untuk pemula. Anda tak perlu membeli buku yang mahal, cukup pilih yang mempunyai metode yang cocok dengan Anda.

Pada umumnya, setiap buku bahasa Jepang akan dimulai dari materi perkenalan angka, sapaan, dan identitas. Anda pun juga bisa mempelajari bahasa Jepang secara online melalui google.

Mengambil kelas kursus bisa menjadi pilihan bagi Anda agar mahir lebih cepat karena biasanya dengan mengambil kursus, Anda akan mempunyai waktu teratur dalam belajar. Namun, apabila Anda memilih untuk otodidak, juga bukan hal yang buruk.

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang secara otodidak, Anda hanya perlu pergi ke toko buku dan membeli buku-buku Jepang untuk Anda pelajari secara maksimal. Setidaknya buku yang Anda beli harus memuat materi tentang tata bahasa, kamus, hingga soal latihan agar Anda mudah mengerti.

Tonton Anime atau Dorama

Sumber gambar www.amazon.com

Menonton film merupakan cara efektif bagi sebagian orang untuk mempelajari suatu bahasa, tak terkecuali bahasa Jepang. Menonton film Jepang atau anime dapat menjadi cara Anda untuk memahami bahasa Jepang secara komprehensif. Dengan menonton film, Anda akan tahun bagaimana cara mengucapkan suatu kata dengan benar. Untuk memulainya, pilihlah film yang menghibur dan tidak berat ceritanya.

Ketika kosa kata Jepang telah familiar di kepala, Anda bisa mempraktikkan cara pengucapannya dengan meniru cara pengucapan tokoh film. Di dunia maya, banyak sekali yang menyediakan film atau video berbahasa Jepang. Anda bisa berlangganan channel Youtube “Yuka Kinoshita” untuk melatih kemampuan bahasa Jepang Anda.

Dengarkan Lagu Bahasa Jepang

Sumber gambar dealmalawi.com

Siapa yang tidak suka mendengarkan lagu? Hampir semua orang pasti akan menjawab “tidak ada”. Mendengarkan lagu mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah meredakan tingkat stress. Namun, ternyata tak hanya itu.

Dengan mendengarkan lagu, kita juga bisa mempelajari sebuah bahasa, tak tekecuali bahasa Jepang. Lagu-lagu Bahasa Jepang sangat enak untuk didengar. Ada beberapa contoh yakni lagu Naruto, Chibi Maruko-Chan, Slamdunk, dan Digimon.

Bagaimana bisa mempelajari bahasa Jepang lewat lagu? Jawabannya adalah ketika kita mulai mendengarkan lagu bahasa Jepang, kita secara otomatis akan menghafal atau menyimak lirik lagu. Melalui lirik lagu itulah kita bisa mempelajari struktur bahasa hingga kosa kata.

Untuk melatih pendengaran, coba dengarkan lagu tanpa teks, lalu tulis lirik yang terdengar. Kemudian, cek dengan lirik asli yang ada di internet. Mengasyikkan, bukan?

Praktikkan dengan Teman-teman Wibu-mu

Sumber gambar www.thoughtco.com

Mempunyai teman yang memiliki kesukaan yang sama sungguh menyenangkan. Terlebih bila teman kita juga mempelajari bahasa yang sama dengan yang sedang kita pelajari, yakni bahasa Jepang. Tentu belajar bersama teman lebih mengasyikkan ketimbang belajar bahasa sendiri.

Dengan adanya teman, kita akan lebih termotivasi dalam belajar dan kita mempunyai partner dalam mempraktikkan bahasa tersebut. Hasilnya, kita akan lebih cepat dalam memahami dan mempraktikkan bahasa Jepang yang sedang kita pelajari.

Cobalah ajak teman untuk melakukan percakapan sehari-hari dengan bahasa Jepang. Mulai saja dulu dengan hal-hal yang umum dan mudah seperti menyapa.

9 Rekomendasi Buku Pelajaran Bahasa Jepang untuk Kamu

Fokus Pola Bahasa Jepang Tingkat Pemula-Gakushudo

Sumber gambar www.gramedia.com

Terdapat Sekolah Bahasa Jepang di bawah Yayasan nirlaba Bina Citra Jaya yang telah berdiri sejak 1987, tepatnya tanggal 15 Mei. Sekolah ini bernama Gakushudo.

Gakushudo didirikan untuk bergerak di bidang pendidikan dan penerbitan buku mengenai Bahasa Jepang dan Manga. Gakushudo mempunyai program yang efektif, cermat, dan menarik di mana warga yang belajar dengan mudah dan cepat dapat mencerna pelajaran dengan praktis.

Buku yang diterbitkan Gakushudo ini dirancang khusus untuk peminat bahasa Jepang. Buku ini menyajikan tata bahasa, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut. Dalam setiap bab pelajarannya, terdapat pola-pola kalimat dan contoh-contoh percakapan sehari-hari yang mudah untuk dipraktikkan.

Untuk Anda yang pemula, jangan khawatir. Buku ini menyajikan huruf latin/romawi untuk tingkat paling dasar agar Anda mudah untuk memahaminya. Buku ini juga dilengkapi dengan CD yang diisi suara dari penutur aslinya. Anda bisa mendapatkan buku terbitan Gakushudo di Bukalapak.com atau Toko Gramedia terdekat dengan harga sekitar Rp 49.500.

Mudah Praktis Mencapai N2, N3, N4, N5-Gakushudo

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tak hanya bahasa Inggris yang mempunyai tes kompetensi penguasaan bahasa, dalam bahasa Jepang juga terdapat tes yang dinamakan JLPT.

Tes JLPT ini merupakan tes TOEFL/IELTS-nya bahasa Jepang. JLPT (Japanese Language Profiency Test) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi orang yang bukan penutur asli bahasa Jepang. JLPT sendiri dalam bahasa Indonesia disebut dengan UKBJ (Uji Kompetensi Bahasa Jepang) dan dalam bahasa Jepang disebut “Nihongo Nouryoku Shiken”. JLPT sendiri mempunyai beberapa tingkat level.

Agar Anda lancar dalam menempuh ujian JLPT, sebaiknya Anda mempunyai buku persiapan JLPT yang berjudul "Mudah Praktis Mencapai N2, N3, N4, N5". Buku ini merupakan buku yang diterbitkan khusus untuk membantu persiapan ujian JLPT pada tingkat N5.

Buku ini berisi pola kalimat, kosa kata, contoh kalimat, dan latihan soal yang disertai dengan penjelasan yang memudahkan Anda untuk belajar dan memahami. Ujian JLPT N5 sendiri merupakan ujian bagi pelajar yang paling tidak telah memahami struktur tata bahasa dasar, menguasai 800 kosakata, 100 kanji, mampu melakukan percakapan umum, dan telah belajar bahasa Jepang lebih dari 150 jam.


Untuk mendapatkan buku ini, Anda cukup mengunjungi bukalapak.com seharga Rp 50.000 dan tokopedia.com seharga Rp 60.000.

Bahasa Jepang Itu Gampang-Hanina Zakiyyah

Sumber gambar www.bukalapak.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa bahasa Jepang itu rumit. Sekilas memang benar. Hal ini dikarenakan bahasa Jepang mempunyai bermacam-macam huruf yang harus dipelajari. Namun, Anda tidak akan lagi merasa kesulitan setelah menemukan buku ini.

Buku ini membuat Anda merasa mudah dalam menulis berbagai macam huruf Jepang seperti katakana, hiragana, bahkan kanji. Buku ini akan membantu Anda yang masih pemula untuk belajar bahasa Jepang hingga menjadi mahir. Pengenalan masing-masing huruf disajikan secara step by step sehingga Anda tidak merasa berat dalam belajar.

Tak hanya itu, buku ini menyajikan beberapa percakapan dari berbagai situasi serta terdapat bab mengenai budaya dan fakta menarik di Jepang yang membuat Anda merasa belajar bahasa Jepang langsung dari negeri sakura.

Anda tak perlu susah payah mencari buku ini. Buku ini dapat Anda temukan di bukupedia.com dengan harga Rp 59.000 atau di bukalapak.com seharga Rp 52.000.

Belajar Bahasa Jepang Praktis Jepang Dalam 1 Minggu-Kesaint Blanc

Sumber gambar www.bukalapak.com

Buku "Praktis Bahasa Jepang dalam 1 Minggu" adalah buku yang menyajikan kursus singkat bahasa Jepang. Buku ini berisi berbagai situasi sehari-hari ketika Anda berkunjung ke Jepang, misalnya saat berbelanja, ke restoran, menukarkan uang, hingga menanyakan arah.

Sesuai judulnya, buku ini membagi bab menjadi 7 bagian yakni berdasarkan hari (Senin-Minggu) di mana masing-masing hari merupakan pengalaman sehari-hari David, karyawan yang bekerja di perusahaan Jepang di Inggris yang berkunjung ke Jepang selama 7 hari.

Setiap bab buku ini dimulai dengan memperkenalkan beberapa teknis bahasa. Untuk kosa kata dan dialog yang penting akan dicetak tebal sehingga pembaca akan mudah dalam memahaminya.

Setiap unit harinya juga akan membahas hal-hal yang berbeda yang dijamin akan membuat Anda merasa sedang berada di Jepang. Buku ini tersedia di website resmi Kesaint Blanc dan di bukalapak.com dengan harga Rp 70.000.

Cara Mudah & Praktis Belajar Bahasa Jepang-Muryani J Semita

Sumber gambar www.bukukita.com

Buku "Cara Mudah & Praktis Belajar Bahasa Jepang" karangan Muryani J Semita merupakan buku terbitan Pusat Kajian Bahasa ini berisi mengenai tips dan cara mudah mempelajari bahasa Jepang.

Seperti buku Jepang lainnya, buku setebal 212 halaman ini memuat berbagai percakapan sehari-hari, kosa kata, dan bilangan dalam Bahasa Jepang. Buku ini juga dilengkapi tabel hiragana dan katakana untuk mempermudah proses belajar.

Tak susah menemukan buku ini. Anda cukup mengunjungi website tokopedia.com dan Anda akan mendapatkan buku ini dengan harga Rp 32.900. Selain itu, Anda bisa mendapatkan buku ini di bukukita.com seharga Rp 31.025.

Galangpress Hirakata Mudah Belajar Huruf Jepang Hiragana dan Katakana- Lussy Novarida Ridwan dan Yamazaki Yukiko

Sumber gambar www.blibli.com

Belajar bahasa Jepang tidak akan terasa puas bila kita belum bisa menulis hiragana dan katakana serta kanji. Banyak yang merasa kesulitan dalam menulis huruf-huruf Jepang sehingga kebanyakan dari para pelajar akan berhenti di tengah jalan.

Lussy Novarida menyadari fenomena ini. Berangkat dari pengalamannya, Lussy mencoba membantu para pelajar bahasa Jepang dengan menulis buku "Hirakata Mudah Belajar Huruf Jepang Hiragana dan Katakana".

Buku ini akan membimbing Anda menulis dengan benar, mudah, dan sederhana. Jika Anda rutin belajar, buku ini bisa membuat Anda mahir dalam 30 hari. Buku ini dilengkapi dengan gambar dan kosakata dalam bahasa Jepang dan Indonesia untuk mempermudah para pelajar memahaminya. Anda dapat membeli buku ini di blibli.com dengan harga Rp 62.000.

Super Easy Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang-Devita dan Galih

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi Anda yang mempelajari bahasa Jepang secara otodidak, hal yang paling utama adalah banyak berlatih mendengarkan orang Jepang berbicara. Jika Anda hanya belajar membaca dan menulis saja, tidak akan mendukung kemampuan Anda. Untuk mempermudah mempelajari bahasa Jepang secara otodidak,

Anda sebaiknya perlu memiliki buku "Super Easy Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang" oleh Devita dan Galih ini. Buku ini membimbing Anda dalam melatih pendengaran Anda. Mula-mula simak percakapan orang Jepang lalu latihan untuk berbicara dalam bahasa Jepang, menirukan apa yang Anda dengarkan.

Tak perlu khawatir, buku ini menyediakan teks bacaan untuk Anda latihan berbicara sehingga secara tidak langsung juga melatih kemampuan membaca. Buku ini tersedia di bukalapak.com seharga Rp 55.000 dan tokopedia.com seharga Rp 41.200.

Panduan Mudah Belajar Bahasa Jepang-Titha Ethan dan Anne Rin

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anda mempunyai impian untuk menjejakkan kaki Anda di Jepang? Tenang saja, harapan tersebut bukan mustahil Anda peroleh. Sebagai langkah awal menuju Jepang, Anda harus mempelajari bahasa Jepang. Menguasai bahasa Jepang akan mempermudah Anda selama berada di Jepang.

Tak perlu khawatir memulainya, buku ini akan menuntun Anda mahir bahasa Jepang. Dasar-dasar Bahasa Jepang diuraikan secara ringkas, praktis, dan sederhana melalui metode percakapan umum. Dengan metode ini, Anda akan merasa sedang belajar dengan teman karib. Anda pun tak lagi merasa kesulitan berlajar bahasa Jepang.

Kunjungi tokopedia.com untuk mendapatkan buku ini dengan harga Rp 36.000. Buku ini juga tersedia di bukalapak.com seharga Rp 30.000.

Kosakata Percakapan Sehari Hari Bahasa Jepang-Parastuti

Sumber gambar www.blibli.com

Buku ini sangat praktis digunakan belajar bahasa Jepang. Buku karangan Parastuti ini memuat berbagai percakapan dalam Bahasa Jepang yang umum digunakan sehari-hari.

Buku ini memudahkan para wisatawan di Jepang dalam memahami bahasa Jepang karena telah memuat percakapan sehari-hari sehingga mereka tidak selalu harus bersama tour guide jika berada di lokasi wisata. Jadi, buku ini juga sekilas menjadi tour guide Anda ketika berada di Jepang kelak. Buku ini dijual di blibli.com seharga Rp 45.000 dan bukukita.com dengan harga Rp 40.000.

Uji dan Praktikkan Kemampuan Bahasa Jepang Anda

Sumber gambar steemit.com

Jika Anda sedang belajar bahasa asing, selayaknya Anda menguji kemampuan Anda dengan melakukan tes. Untuk menguji kemampuan Bahasa Jepang Anda, Anda bisa melakukan tes JLPT.

Nah, untuk latihan, Anda bisa menggunakan lagu Jepang sebagai media belajar Anda. Ujian JLPT paling mudah adalah tingkat N5 dan tertinggi adalah N1. Melalui serangkaian ujian, Anda akan termotivasi dalam belajar.

Beberapa universitas Jepang juga mensyaratkan kelulusan NI pada calon mahasiswa dari luar Jepang. Begitu juga dengan perusahaan Jepang, mereka akan menyukai pekerja yang memiliki sertifikat N2 dan N1 di organisasi mereka.

Untuk melatih kepercayaan diri Anda, jangan pernah takut bila bertemu orang Jepang. Gunakanlah kesempatan itu untuk mempraktikkan kemampuan Bahasa Jepang yang Anda miliki.

From our editorial team

Cari Cara Belajar yang Paling Cocok

Belajar bisa jadi kegiatan mengasyikkan atau memusingkan tergantung pada cara yang digunakan. Beberapa orang butuh ketenangan ekstra saat belajar atau tempat tertentu lain seperti kafe dan taman agar pikiran terasa lebih rileks. Bagaimanapun caranya, sebaiknya Anda menyesuaikan yang paling cocok dan bisa membantu dalam belajar. Agar terasa lebih fun, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting dalam berkomunikasi dengan orang-orang Jepang. Ingat, niatkan obrolan untuk belajar dan menambah teman baru, bukan untuk melakukan hal-hal negatif. Selamat belajar.