10 Pilihan Terbaik Jam Pria Automatic Terbaru

10 Pilihan Terbaik Jam Pria Automatic Terbaru

Jam tangan otomatis memang tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan kini modelnya cenderung trendi dan tidak kaku. Ada banyak pilihan jam tangan otomatis yang bisa Anda pertimbangkan. BP-Guide pun akan membantu untuk mendapatkan pilihan jam tangan pria otomatis terbaik bagi Anda.

Jam Tangan Ini Tidak Butuh Baterai, Cukup Digoyang Saja

Sudah pernah dengar istilah jam otomatis? Ini merupakan sebutan untuk jenis jam tangan yang tidak membutuhkan baterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan mesin dan jarum jam. Istilah otomatis di sini tak lain dari sebuah jam tangan yang menggunakan mesin dengan sistem mekanikal yang rumit. Untuk memunculkan energi gerak, jam tangan ini hanya butuh digoyang atau diguncang saja.

Jam tangan otomatis pertama ditemukan oleh Louis Perrelet, seorang pengrajin jam tangan asal Swiss pada medio 1770-an. Selama rentang waktu sekitar dua abad kemudian seluruh jam tangan menggunakan teknologi ini. Di mana jam bergerak dengan bantuan rotor yang dibantu oleh gerakan tangan pemakainya dan hembusan angin saat jam tangan dipakai.

Nama lain jam tangan otomatis adalah self-winding watch. Setiap gerakan tangan dari pemakai jam tangan ini akan menggerakkan rotor yang ada di dalam jam tangan. Rotor itulah yang kemudian memunculkan energi yang dikirim kepada per dari mesin jam tangan. Energi yang belum dipakai kemudian disimpan sebagai cadangan ketika jam tangan tersebut sedang tidak digunakan.

Karena itulah jam tangan otomatis bisa bertahan hingga tiga hari tanpa dipakai. Saat mesin akhirnya kehabisan energi, cukup digoyang-goyang maka jam tangan tersebut sudah bisa dipergunakan kembali.

Dengan kelebihan yang dimiliki jam tangan otomatis, tak heran jika harganya pun jauh lebih mahal dibanding jam tangan biasa yang menggunakan baterai. Bentuknya pun cenderung lebih tebal, karena harus menyimpan sejumlah mekanik yang memungkinkan jam tangan tersebut bisa terus bergerak tanpa menggunakan baterai.

Tips Perawatan Jam Tangan Pria Otomatis

Sebagai sebuah jam tangan yang tidak biasa dan berharga mahal, perawatan jam tangan otomatis tentu harus lebih dari biasanya. Berikut tips merawat jam tangan otomatis agar bisa bertahan lama.

  • Pastikan jam tangan tidak terkena air. Meski jam tangan otomatis telah menggunakan bahan stainless steel, sebaiknya tetap menghindari tempat yang basah. Kondisi jam tangan harus selalu kering untuk bisa bertahan lama.
  • Hindari memakai jam tangan saat melakukan aktivitas berat. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya benturan terhadap jam tangan. Benturan ini rentan membuat mesin di dalam jam tangan menjadi rusak atau berubah posisinya.
  • Saat jam tangan tidak dipakai selalu disimpan dalam kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan silika gel agar kondisinya tidak lembap. Kondisi suhu yang cenderung lembap bisa merusak jam tangan ini.
  • Jika jam tangan sudah berhenti akibat lama tidak dipakai, pastikan memutar crown sesuai dengan arah jam. Jangan pernah memutar crown berlawanan dengan arah jarum jam karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin.
  • Lakukan service rutin setidaknya 1 kali setahun. Dengan rutin memeriksakan kondisi jam tangan otomatis, maka peluang untuk lebih tahan lama pun bakal semakin besar.

Bersihkan dengan Kain Halus dan Sikat Kecil

Agar jam tangan otomatis Anda bisa selalu terlihat bersih dan menarik, Anda harus rutin membersihkannya. Tapi hati-hati, jam tangan ini tidak bisa dibersihkan secara sembarangan. Membersihkan jam tangan otomatis dengan baik dan benar akan membuat jam tangan ini lebih tahan lama.

Beberapa tips untuk membersihkan jam tangan otomatis:

  • Saat tubuh Anda berkeringat, segera lepas jam tangan dan keringkan agar tidak cepat merusak bagian gelang atau rantai jam.
  • Bagian rantai yang kotor bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat kecil atau kain halus.
  • Untuk gelang jam dari bahan stainless steel, bisa dicuci dengan menggunakan alkohol dan sikat halus. Bersihkan secara perlahan dan menyeluruh agar semua kotoran yang menempel tidak bersisa.
  • Untuk gelang dari bahan kanvas, gunakan sikat yang sudah diberi sabun. Setelah itu bisa dikeringkan dengan menggunakan kertas koran.
  • Untuk body dan gelang jam yang menggunakan karet, bisa menggunakan kain halus yang sudah diberi air sabun. Kain tidak perlu basah, cukup lembap saja. Lalu gosokkan kain halus ke permukaan jam tangan yang kotor. Keringkan dengan menggunakan kain halus yang tidak basah atau menggunakan kertas koran. Jangan sekali-kali menjemur jam di bahwa terik matahari, karena akan merusak kondisi karetnya.
  • Bagian kaca jam umumnya sudah memiliki pelindung antigores. Namun lapisan pelindung ini bisa tergerus jika sering bertemu dengan bahan yang kasar. Karena itu selalu bersihkan kaca dengan kain halus agar kualitas lapisan kaca jam bisa bertahan lama.

Perhatikan Zat-zat yang Bisa Menyebabkan Korosi

Tips berikut ini adalah upaya preventif yang bisa dilakukan untuk membuat jam tangan otomatis bisa bertahan lama. Di antaranya adalah selalu menghindari zat-zat atau bahan yang menimbulkan korosi alias karat.

Korosi bisa dialami sebuah material ketika bertemu dengan elemen yang ada di lingkungan sekitarnya. Untuk material logam akan mengalami korosi saat elektron yang ada di dalamnya terkena air dan oksigen. Kondisi ini akan membuat struktur logam menurun dan akhirnya rusak.

Berikut beberapa jenis zat yang harus dihindari agar jam tangan Anda tidak mengalami korosi:

  • Air
  • Keringat
  • Air hujan
  • Minyak
  • Air laut
  • Lumpur
  • Parfum

Pastikan Jam Tangan Selalu Dalam Keadaan Kering

Simpan jam tangan otomatis Anda di dalam tempat yang kering. Pastikan jam tangan Anda selalu berada dalam suhu kamar ketika tidak digunakan. Jangan meletakkan jam tangan di atas meja yang terkena paparan sinar matahari. Karena jam tangan yang berada di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan cepat mengalami kerusakan.

Sebaiknya Anda menyimpan jam tangan ini dalam kotak khusus yang memang didesain untuk menyimpan jam tangan. Pastikan sebelum disimpan, jam tangan berada dalam kondisi bersih. Minimal Anda mengeringkannya dengan kain halus agar kotoran yang menempel tidak terbawa masuk dan berakibat akan sulit dibersihkan.

Model Jam Tangan Pria Otomatis yang Bisa Dijadikan Pilihan

Supaya Anda tidak semakin bingung, kami paparkan beberapa rekomendasi jam tangan otomatis yang patut menemani aktivitas Anda.

Alexandre Christie 1430592

Sumber gambar www.blibli.com

Jam tangan Alexandre Christie 1430592 merupakan salah satu seri jam tangan otomatis yang kami rekomendasikan. Jam tangan berwarna hitam ini punya desain menarik berkat modelnya yang kotak. Terdapat 2 chrono eyes di bagian tengah jam. Kombinasi case dari stainless steel dengan strap berbahan kulit membuat jam tangan ini semakin menarik.

Anda bisa mendapatkan jam tangan yang dirakit di Indonesia ini dengan harga sekitar Rp 2.080.000. Bisa diperoleh melalui Lazada atau Blibli. Pastikan Anda mendapatkan kartu garansi resmi untuk menjamin keaslian produk jam tangan ini.

Alexandre Christie 3031 MALIPBA

Sumber gambar shopsmart.co.id

Jam tangan otomatis berikutnya dari Alexandre Christie adalah seri 3031 Malipba. Memiliki diameter 47 mm dan ketebalan 14 mm. Merupakan bagian dari seri sport steel dari Alexandre Christie. Masih menggunakan kombinasi case stainless steel dan strap dari kulit.

Jam tangan berbentuk bulat ini bisa didapatkan melalui Lazada atau Bukalapak. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 1.397.465. Untuk produk orisinal selalu dilengkapi dengan boks, buku panduan, dan tentu saja garansi pabrik selama 1 tahun.

Fossil ME3027

Sumber gambar www.ebay.com

Bagi Anda yang mencari jam tangan otomatis dengan desain vintage, Fossil ME3027 bisa dijadikan pilihan utama. Pilihan warna cokelat dengan angka Romawi memperkuat kesan vintage dan klasik. Rotor pada jam tangan ini akan bekerja melalui pergerakan tangan saat Anda memakainya.

Jam berdiameter 44 mm dengan ketebalan 15 mm ini memilik fungsi penunjuk waktu dan tanggal yang lengkap. Dijual dengan harga Rp. 2.800.000 di Lazada.

Fossil ME3098

Sumber gambar www.lazada.com.my

Fossil cukup sadar bahwa jam tangan saat ini tak lagi sekadar alat penunjuk waktu. Karena itu desain Fossil ME3098 Townsman cukup stylish. Dengan diameter 44 mm dan ketebalan 12 mm, jam tangan ini semakin menarik berkat kehadiran lensa kristal amber.

Menggunakan strap berbahan kulit berukuran 22 mm, Fossil ME3098 terlihat semakin menarik. Apalagi jam tangan ini mampu bertahan hingga kedalaman 50 meter. Anda bisa mendapatkan jam tangan seharga Rp. 3.525.000 ini melalui Lazada.

Fossil Ansel Automatic ME3021

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masih dari Fossil. Kali ini seri yang kami rekomendasikan adalah Ansel Automatic ME3021. Sebuah jam otomatis analog dengan paduan case stainless steel dan white skeleton dial. Dihiasi dengan single see-through chrono eyes dan numeral berwarna biru.

Tak hanya itu, jam tangan yang bisa dipakai hingga kedalaman 50 meter ini menggunakan mesin Japan automatic movement yang akurat. Bahan yang digunakan juga dipastikan tahan karat. Anda bisa mendapatkan jam tangan ini melalui Blibli dan Tokopedia. Harganya? Berkisar Rp 2,4 jutaan.

Seiko Superior Automatic SSA093

Sumber gambar www.blibli.com

Seiko juga memiliki pilihan jam otomatis yang andal. Salah satunya adalah Seiko Superior Automatic SSA093. Menggunakan bahan stainless steel tahan karat. Diameternya 45 mm dengan ketebalan 14 mm.

Jam tangan ini menggunakan mesin Japanese automatic movement Cal. 4R37 24 Jewels yang mampu menghasilkan 21.600 getaran per jam. Selain itu, jam ini juga mampu menyimpan energi hingga 41 jam. Dilengkapi dengan hardlex crystal glass yang tahan gores dan water resistant hingga 100 mm.

Tertarik dengan jam tangan seharga Rp. 3.181.500 ini? Anda tinggal kunjungi saja Blibli dan Tokopedia.

Seiko 5 Sports Automatic SRP631K1

Sumber gambar www.tokopedia.com

Berbeda dengan seri Seiko sebelumnya, Seiko 5 Sports Automatic SRP631K1 menggunakan mesin Japan Automatic 24 Jewels Cal 4R36. Dilengkapi dengan case dan gelang dari stainless steel, hardlex crystal glass, dan water resistant 100 m.

Diameternya termasuk sedang, 44 mm. Sementara ketebalan malah terbilang cukup tipis, hanya 11 mm saja. Penggunaan see through case back membuat jam tangan ini semakin menarik. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dan Tokopedia dengan harga Rp. 2.554.200.

Charles Jourdan CJ1009-1332LEB

Sumber gambar www.blibli.com

Charles Jourdan merupakan salah satu merek jam tangan yang dikenal punya kualitas tinggi dalam setiap produknya. Tampilan dan desain yang dibuat Charles Jourdan pun selalu menarik. Seperti halnya jam tangan Charles Jourdan Automatic CJ1009-1332LEB.

Paduan case dari stainless steel dengan strap berbahan kulit dari jam tangan ini cukup pas. Apalagi ditambah dengan penggunaan dial bertekstur warna hitam yang elegan. Menggunakan mesin Automatic 21 jewels dan tahan air hingga 5 meter.

Jam tangan seharga Rp. 3.145.000 ini bisa Anda peroleh di Blibli.

Charles Jourdan CJ1009-1232LE

Sumber gambar www.blibli.com

Paduan warna emas dari case berbahan stainless steel dengan strap kulit berwarna hitam membuat jam tangan ini terlihat sangat elegan. Ditambah dengan gold skeleton with swaroski crystal dial yang menarik. Jam tangan berdiameter 40 mm dan ketebalan 8 mm ini juga dilengkapi dengan antireflection sapphire glass.

Anda bisa mendapatkan jam tangan seharga Rp. 3.240.000 ini di Zalora dan Blibli.

Expedition Automatic 140764

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi jam tangan otomatis terakhir datang dari brand Expedition. Seri jam tangan otomatis ini memiliki case stainless steel dan strap kulit. Di bagian dial berwarna hitam. Ditambah ada 2 chrono eyes di tengah jam.

Dapatkan seri Expedition Automatic 140764 ini melalui Blibli. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 1.650.000.

From our editorial team

Jangan Kaget Kalau Jam Tangan Berhenti Berputar

Harap diingat, jam tangan otomatis tidak menggunakan baterai. Saat cadangan energi sudah habis karena jarang digunakan, jangan buru-buru panik. Jangan pula cepat membawanya ke toko jam untuk diperbaiki. Cukup digoyang, maka jam tangan otomatis pun bisa kembali aktif. Bahkan sebaiknya Anda selalu menggoyang jam tangan ini setiap pagi saat akan mulai digunakan. Sehingga Anda tak akan kaget saat jam tangan tiba-tiba berhenti berputar.