10 Rekomendasi Baju Atasan Anak Kuliah dan Tips Memilih Baju untuk ke Kampus bagi Kamu yang Baru Menikmati Jenjang Kuliah

10 Rekomendasi Baju Atasan Anak Kuliah dan Tips Memilih Baju untuk ke Kampus bagi Kamu yang Baru Menikmati Jenjang Kuliah

Selepas lulus dari SMA, pastinya kebanyakan akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, bukan? Salah satunya adalah kuliah di perguruan tinggi idaman. Nah, rata-rata perguruan tinggi sih tidak menentukan seragam bagi mahasiswa-ya alias boleh berpakaian bebas namun sopan. Berikut ini BP-Guide akan menyajikan tips memilih baju untuk ke kampus beserta rekomendasi fashion anak kuliah yang bisa kamu kenakan.

Mahasiswa Pasti Butuh Menyiapkan Baju Khusus untuk ke Kampus

Sumber gambar trivia.id

Masuk ke dunia perkuliahan dan kampus membuatmu harus sedikit memperhatikan penampilan dan gaya. Urusan fashion dan gaya berpakaian bisa jadi menjadi urusan yang memusingkan karena kamu tak ingin terlihat lusuh dan tak pernah berganti pakaian, bukan?

Meski terkesan sederhana, kamu perlu tahu bagaimana paraturan kampusmu tentang cara berpakaian mahasisiwanya. Sebisa mungkin siapkan outfit yang nyaman, sopan, dan bisa dipakai dalam waktu yang lama. Di kesempatan-kesempatan tertentu seperti presentasi, membuatmu harus mengenakan pakaian resmi.

Jangan sampai penampilanmu saat ke kampus terlihat berantakan dan terkesan tak terurus ya! Pilih pakaian yang pas dengan ukuran tubuhmu dan alas kaki yang pantas supaya, tak perlu mahal tapi sesuai.

Tips Memilih Baju untuk ke Kampus

Bahan yang Nyaman

Sumber gambar beautynesia.id

Untuk menunjang aktivitas harianmu, kamu perlu memilih baju kuliah yang nyaman sekaligus sopan dan membuatmu lebih percaya diri. Pastikan pakaian yang dipilih tidak norak dan sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan selama seharian. Jangan sampai salah kostum, karena kamu bisa merasa tak nyaman dan tak percaya diri saat menggunakannya.

Usahakan pakaian yang dipilih berbahan tak panas dan membuatmu bisa bergerak dengan aktif. Beberapa pilihan bahan pakaian dengan karakteristik tersebut antara lain adalah spandek korea, linen, viscose, jersey, katun, dan sifon.

Untuk kesan yang lebih sopan, kamu bisa memilih bahan atasan dari katun. Selain sopan, kelebihan lain dari pakaian berbahan ini adalah kemampuannya yang bisa menyerap keringat dengan cukup baik, terasa dingin saat cuaca panas, dan sebaliknya.

Jika kamu memakai hijab dan lebih suka mengenakan gamis, pilih saja yang bermaterial kain-kain tersebut. Hindari gamis berbahan satin karena tampilanmu akan terkesan mencolok.

Model Baju yang Memudahkan Aktivitas Kamu

Sumber gambar idemodelbusana.com

Kampus merupakan tempat di mana kamu menampilkan sosok pribadi di tengah-tengah khalayak, jadi kamu perlu memperhatikan tampilan dan gaya berbusananmu saat berada disana. Pilihlah model pakaian yang sesuai digunakan saat ke kampus. Di tempat ini kamu bisa memilih model baju yang sederhana dan tak berlebihan.

Selain model yang sopan, kamu perlu memperhatikan kenyamananmu saat menggunakan pakaian kampus. Biasanya saat tugas sedang banyak, kamu akan berada di kampus lebih lama dan model pakaian yang tak nyaman akan sangat mengganggu aktivitasmu maupun orang-orang yang ada di sekitar.

Sopan

Sumber gambar fashion.popbela.com

Selama berada di area kampus, pastikan pakaian yang kamu pakai sopan dan pantas. Hindarilah pakaian yang bermodel terlalu terbuka karena hal ini bisa memicu timbulnya citra yang buruk dari rekan dan dosen. Mengingat kampus yang tak mewajibkanmu untuk berseragam layaknya anak SMA, pilihlah pakaian yang formal, seperti kemeja atau blus.

Selama berada di dalam kelas maupun bertemu dengan dosen, sebaiknya hindari pemakaian kaos oblong maupun pakaian bermodel terbuka. Busana yang ketat dan model terbuka sangat tak direkomendasikan saat kamu berada di dalam lingkungan kampus. Kamu harus senantiasa menghormati orang lain dan yang berumur jauh lebih tua darimu melalui pilihan pakaian yang kamu kenakan.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh

Sumber gambar decode.uai.ac.id

Pakaian berukuran pas dan sesuai dengan tubuhmu pasti akan membuat penampilan lebih enak dilihat. Untuk kesan yang lebih lega, kamu bisa memilih baju yang lebih longgar namun tak kebesaran. Baju yang ketat tak direkomendasikan karena akan membuatmu gerah, sesak, dan terkesan seperti orang sakit.

Terjangkau

Sumber gambar www.idntimes.com

Ingin tampil stylish tak harus beli baju mahal! Status mahasiswa membuatmu tak boleh berbelanja dan menghamburkan uang secara berlebihan hanya untuk item-item fashion branded dan bergengsi. Pilih saja baju yang dibanderol dengan harga yang terjangkau namun terkesan trendi dan nyaman digunakan saat ke kampus.

Untuk menghemat anggaran, kamu bisa memilih pakaian bekas yang kerap dijual di toko-toko tertentu. Malah biasanya kamu akan mendapat baju-baju unik dengan harga yang murah dan keren saat dikenakan.

10 Rekomendasi Atasan yang Bisa Kamu Kenakan ke Kampus

Sophistix - Demi Tunic

Sumber gambar www.zalora.co.id

Perlu pakaian longgar yang bisa menutupi area dada bahu, dan punggung? Kamu bisa memilih atasan bernama tunik. Jenis pakaian ini berbentuk seperti blus longgar yang memiliki panjang hingga pinggul, kadang hingga atas lutut.

Sejarah pakaian ini berasal dari Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Kekaisaran Romawi. Awalnya pakaian ini tak berlengan dan disebut dengan nama Colobium, serta dipakai bersama dengan hiasan di sekitar pinggang.

Sebagai rekomendasi pakaian ke kampus yang nyaman dan sopan, Sophistix punya koleksi tunik bernama Demi Tunic. Atasan ini tersedia dalam pilihan warna abu-abu degan aksen lipat. Menggunakan model basic tunik, Demi Tunic menggunakan material poliester dengan model cutting regular fit. Bermodel kerah round split, tunik tersebut tersedia dalam pilihan ukuran S hingga XXL.

Sophistix Demi Tunic dapat kamu jumpai di Zalora dengan harga Rp 343.200.

C2 Hanoii Square Kemeja Wanita - Biru

Sumber gambar mds.mataharimall.com

Kemeja merupakan pilihan atasan yang selalu dipilih para mahasiswa untuk datang ke kampus. Untuk tampilan yang lebih kasual namun tetap trendi dan terkesan gaul, kenakanlah meja bermotif kotak-kotak.

Selain simpel, kemeja kotak-kotak dapat kamu padukan dengan celana jeans dan sepatu tanpa heels sebagai pelengkap. Rekomendasi kemeja kasual kotak-kotak untuk wanita datang dari C2.

Bertajuk Hanoii Square, kemeja wanita warna biru ini memiliki desain basic dengan kancing di bagian luar. Dibuat menggunakan material katun berkualitas, kemeja ini sangat awet dan tahan lama. Menggunakan model cutting regular fit dan berdetail kerah, kemeja ini tersedia dalam ukuran S hingga XL.

Hanoii Square Kemeja Wanita bisa kamu beli secara online melalui Matahari Mall dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu Rp 159.900.

Zalia - Smocked Peplum Top

Sumber gambar www.zalora.com.my

Model peplum adalah atasan yang sangat cocok untuk para wanita yang memiliki bahu lebar. Peplum biasanya tak bermotif dan memiliki model khas di bagian pinggangnya. Atasan degan model seperti ini sangat cocok dipakai saat aktivitas formal maupun semi formal, seperti ke kantor maupun kampus.

Zalia Smocked Peplum Top merupakan atasan bermodel peplum dengan warna of white. Menggunakan cutting model regular fit slip on style, atasan ini bermaterial poliester dan berkerah bulat. Tersedia dalam pilihan ukuran mulai dari XS hingga XL, pakaian ini dijual secara online di Zalora. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 239.000.

Details Blus Wanita Layer V - Abu-abu

Sumber gambar mds.mataharimall.com

Blus wanita memang banyak jenisnya sehingga kamu perlu mengenali bentuk tubuhmu untuk mendapatkan pilihan model blus yang sesuai untuk tubuhmu. Tubuh berbentuk pir seharusnya menghindari cropped top blouse karena akan memberi kesan lebar pada pinggul.

Untuk tubuh berbentuk apel, kenakanlah blus model A dengan motif yang simpel. Jika kamu punya bentuk tubuh kurus, pilihlah model blus berserut warna cerah dan memiliki kesan draperi. Apabila tubuhmu agak besar, hindarilah motif mencolok dan bentuk leher memanjang.

Rekomendasi blus yang cocok untuk look ke kampus adalah Layer V dari Details. Berwarna abu-abu, blus ini memiliki desain yang chic dan feminin dengan material katun berkualitas. Memiliki model kerah bulat dan lengan panjang, blus ini tersedia dalam pilihan ukuran L. Kamu bisa membelinya secara online melalui Matahari Mall dengan harga Rp 99.900.

Hush Puppies - Fire

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tak ada salahnya tampil kasual saat di kampus dengan busana polo shirt. Atasan ini bisa kamu padukan dengan jeans untuk kesan yang santai namun tetap rapi. Polo shirt bertajuk Fire dari Hush Puppies bisa menjadi salah satu alternatif untukmu.

Bermaterial katun, Fire polo shirt dari Hush Puppies hadir dalam pilihan warna navy blue. Berkancing depan, atasan tersebut menggunakan cutting regular fit tanpa garis. Punya detail bordir logo, atasan ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, mulai dari S hingga XXL. Harga normal polo shirt ini adalah Rp 259.000, saat diskon kamu bisa membelinya degan harga yang lebih murah, yaitu Rp 189.070.

Connexion 3 Per 4 Sleeve V-Neck Blouse Tangan Pita - Putih

Sumber gambar mds.mataharimall.com

Item fashion netral seperti blus putih tampaknya menjadi salah satu must-have-item buat para mahasiswa. Saat ke kampus, kamu bisa menggunakan blus putih yang dikombinasikan dengan rok jeans maupun floral skirt. Selain terkesan formal, look seperti ini akan membuat penampilanmu sangat menarik dan feminin.

Rekomendasi blus putih yang pertama datang dari Connexion. Blus berlengan 3/4 ini memiliki detail pita yang akan membuatmu terlihat kasual dan feminin sekaligus. Memiliki model round neck dengan detail kancing belakang, blus berbahan katun ini tersedia dalam ukuran XL. Kamu bisa membelinya secara online di Matahari Mall dengan harga Rp 119.940.

Hassenda - Long Sleve

Sumber gambar www.zalora.co.id

Para hijaber tak perlu bingung dan khawatir tentang pakaian apa yang harus dipakai saat pergi ke kampus. Alternatif menarik nan simpel untukmu adalah long sleeve shirt. Umumnya pakaian ini dibuat menggunakan material katun yang menyerap keringat degan baik.

Sebagai kombinasinya, kamu bisa memakainya bersama dengan bawahan warna gelap dan alas kaki berupa sneakers atau ankle boots supaya makin kece. Sebagai pelengkap kamu bisa menambahkan buttoned-vest.

Hassenda Long Sleve adalah blus motif garis dengan balloon sleeve ini yang hadir dalam pilihan warna kombinasi biru dan putih. Dengan model kerah V, blouse tersebut menggunakan cutting regular fit tanpa garis. Bergaya slip on style, material blus ini adalah katun. Tersedia dalam pilihan ukuran S hingga XL, kamu bisa membelinya secara online di Zalora dengan harga Rp 174.950.

Masih dengan brand Hasenda, kamu dapat memilih alternatif lainnya berupa blus kotak-kotak dengan aksen bordir bunga. Blus ini tersedia dalam pilihan warna biru dengan model kerah bulat dan memiliki detail ruffle hem dengan kancing di bagian belakang. Bermaterial katun, blus ber-cutting regular fit ini tersedia dalam pilihan ukuran S-XL. Untuk membelinya, kamu bisa mengunjungi situs maupun aplikasi belanja baju online Zalora seharga Rp 199.950.

Flamoush Elvida Casual Fit - Ecrus

Sumber gambar mds.mataharimall.com

Tampil kasual dengan kemeja dan paduan kaos memang bisa dipilih sebagai gaya berpakaian ala kampus. Unutk terlihat sedikit berbeda, kamu dapat mengombinasikannya dengan scarf. Jika tak ingin menggunakan kemeja, kamu bisa menggantinya dengan jaket denim. Kaos polos akhirnya memang bisa jadi pilihan kasual untuk outfit kampusmu.

Evilda Casual Fit dari Flamoush merupakan atasan dengan desain kasual berbahan katun. Hadir dalam pilihan warna krem, pakaian ini memiliki basic collar dengan detail berupa motif print dan kancing depan. Tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, mulai dari S hingga L, atasan ini dapat kamu beli secara online melalui Matahari Mall dengan harga Rp 139.900.

3H - Stripe Lace Blouse

Sumber gambar www.zalora.co.id

Bosan dengan kemeja atau baju polos? Saatnya bereksperimen dengan baju bermotif. Salah satu motif baju yang tak lekang oleh waktu adalah garis-garis atau stripe. Bagi yang bertubuh gemuk, kamu bisa pakai baju motif garis vertikal tipis. Berbeda dengan yang bertubuh kurus, seharusnya kamu mengenakan baju bermotif garis horizontal tebal supaya terkesan lebih berisi.

Sebagai paduannya, kamu dapat memilih bawahan warna cerah untuk tampilan yang lebih ceria dan kardigan polos supaya terkesan rapi dan feminin.

Stripe Lace Blouse dari 3H adalah rekomendasi pakaian kampus yang bisa kamu pilih. Bermotif stripe dengan detail crochet hem, atasan ini memiliki kerah bulat dan menggunakan cutting regular fit tak bergaris. Bermaterial poliester, blus ini tersebut tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, mulai dari S hingga XL. Kamu bisa membelinya secara online melalui Zalora degan harga Rp 294.000.

Berrybenka Label - Grey Pockets Detail Top

Sumber gambar www.zalora.co.id

Cuaca yang dingin sebaiknya tak mengganggu aktivitas perkuliahanmu karena layering outfit bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Sekarang ini sedang ngetren gaya berbusana layering. Kamu dapat menumpuk item fashion seperti kemeja warna monokrom dan blazer, overall dress, leather jacket, maupun vest. Padu padan baju seperti ini tentu sangat sopan dan pantas untuk dipakai ke kampus.

Jika ingin mencoba gaya berbusana seperti ini, kamu dapat membeli Grey Pocket Detail Top dari brand Berrybenka. Berwarna abu-abu, atasan ini menggunakan material katun yang lembut dan nyaman digunakan. Atasan tersebut memiliki detail berupa kancing dan kantong.

Tersedia dalam ukuran S dan M, Grey Pocket Detail Top dapat kamu beli secara online melalui Zalora dengan harga Rp 229.000.

From our editorial team

Sebelum Memasuki Dunia Kampus, Lebih Baik Kamu Jeli dengan Fashion Anak Kuliah di Kampusmu

Aturan berpakaian di dalam kampus memang tidak ditentukan, dalam hal ini kamu bebas berpakaian asal sopan dan rapi. Akan tetapi kamu harus bisa jeli dengan lingkungan sekitarmu. Perhatikanlah, pakaian apa yang sesuai dan ngetren untuk dipakai ke kampus. Jangan sampai kamu jadi terlihat manusia paling aneh sekampus, lebih-lebih kamu masih jadi anak baru.