7 Atasan Kaftan Feminin yang Cocok untuk Dipakai di Segala Suasana

7 Atasan Kaftan Feminin yang Cocok untuk Dipakai di Segala Suasana

Kaftan seringkali menjadi pilihan wanita untuk berpenampilan dalam berbagai kesempatan. Kaftan memiliki variasi model dan gaya yang sangat beragam. Pemakaian kaftan akan memberi kesan yang feminin meskipun dipadukan dengan aksesori apa pun. Cari tahu cara memakai kaftan dan rekomendasi kaftan cantik untuk Anda dalam artikel ini.

Busana Kaftan yang Anggun untuk Berbagai Acara

Jika bulan Ramadhan tiba, Anda pasti sering melihat wanita-wanita yang berseliweran memakai kaftan. Kaftan yang merupakan busana terusan longgar berlengan panjang ini belum lama populer di Indonesia. Busana ini baru berkembang beberapa tahun terakhir saat para selebriti terlihat memakainya di bulan puasa. Orang pun banyak meniru penampilan seperti ini.

Sebelum membicarakan kaftan lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui asal-usul kaftan. Kaftan merupakan pakaian asli dari Maroko yang hanya dikenakan oleh wanita. Beberapa negara lain juga memiliki pakaian sejenis kaftan seperti di Rusia dan Afrika Barat. Kaftan di Rusia berupa jas panjang pria dengan lengan yang ketat dan biasanya berwarna biru. Pakaian ini hanya dipakai oleh pria.

Di Afrika Barat lain lagi. Kaftan di daerah ini berupa jubah model pull-over yang biasa dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Kaftan untuk wanita disebut dengan kaftan atau boubou, sementara kaftan untuk laki-laki disebut dengan senegalese kaftan.

Model kaftan juga menginspirasi perancang-perancang pakaian dunia. Anna Sui, Roberto Cavalli, Michael Kors, dan juga Louise Sanberg pernah merancang pakaian yang terinspirasi dari kaftan. Model kaftan tradisional disulap dengan sentuhan modern dan bisa dikenakan di segala situasi.

Di luar bulan Ramadhan, banyak wanita Indonesia yang juga gemar mengenakan kaftan. Modelnya yang semakin bervariasi mudah disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Biasanya dipakai saat menghadiri acara formal atau semi formal.

Tips Memilih Kaftan

Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih kaftan adalah menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Untuk Anda yang bertubuh mungil, jangan pilih model kaftan yang lurus maupun berukuran besar. Hindari juga kaftan model kelelawar karena tubuh mungil Anda makin tampak tenggelam. Kaftan untuk pemilik tubuh mungil adalah yang memiliki tali di bagian depan. Tarikan tali di bagian depan akan membuat Anda terlihat langsing, sedangkan jika ikatan tersebut semakin ke bawah semakin mengecil akan menciptakan ilusi tubuh lebih berisi.

Jika perempuan bertubuh mungil tidak dianjurkan memakai kaftan model kelelawar, wanita bertubuh gemuk malah sangat cocok memakai kaftan model kelelawar. Tarikan tali pada kaftan sebaiknya hanya satu dan terpasang di bagian dalam agar tidak menyerupai daster.

Sebaiknya Jangan Pilih Kaftan Tembus Pandang

Kiat yang satu ini sangat penting bagi muslimah berhijab. Memang banyak yang menyiasati pemakaian kaftan berbahan tembus pandang dengan mengenakan tanktop, legging, atau manset, tetapi tetap saja lekuk tubuh terlihat. Sebaiknya pilih kaftan yang terbuat dari bahan seperti satin, sutra, maupun katun. Kaftan bermotif batik atau tribal juga cantik untuk dipakai.

Jangan Memakai Aksesori Berlebihan

Pemakaian aksesori yang dipadukan dengan kaftan perlu diperhatikan dengan cermat. Kaftan biasanya sudah memiliki detail yang ramai. Jika aksesori yang dipakai berlebihan, penampilan Anda tampak ramai. Apalagi jika Anda bertubuh mungil, Anda akan tampak tenggelam di balik aksesori yang dipakai. Pilih aksesori yang simpel agar penampilan tampak elegan.

Pemakaian kalung sebaiknya juga dihindari karena kaftan biasanya memiliki detail di bagian leher. Jika ingin memakai anting, Anda bisa memakai anting model stud. Memakai turban yang dipadukan dengan kaftan juga dapat membuat penampilan semakin cantik.

Sesuaikan Jilbab dengan Kaftan

Saat menyesuaikan jilbab dengan kaftan, jangan sekonyong-konyong memakai jilbab yang warnanya sama dengan kaftan yang hanya memiliki satu warna dari atas sampai bawah. Lebih baik kenakan jilbab yang warnanya sama dengan hiasan manik-manik, bordir, atau payet yang melekat pada kaftan.

Pemilihan bahan jilbab untuk dipadukan dengan kaftan harus dipertimbangkan. Jika kaftan yang dikenakan tidak memiliki banyak variasi atau detail, Anda bisa memadukannya dengan jilbab berbahan sutra. Penampilan seperti ini akan terkesan anggun dan mewah. Namun jika kaftan sudah dipenuhi detail payet berkilauan, kenakan jilbab berbahan sifon atau katun untuk mengimbanginya.

Rekomendasi Atasan Kaftan Trendi

Kaftan Batik

Sumber gambar bajugrosirjogja.com

Kaftan Sarimbit Kaftan SKR Cokelat merupakan kaftan yang terbuat dari bahan semi sutra dan sifon. Detail batik terlihat pada bagian leher dan lengannya. Kesan etnik dan modis menyatu dalam busana ini. Ukuran yang tersedia adalah all size (M-XL) dan bisa didapatkan di bajugrosirjogja.com dengan harga Rp 225.000.

Selain itu ada atasan kaftan lain bermotif batik seharga Rp 450.000. Kaftan batik berukuran all size ini berbahan sifon yang terasa lembut di kulit. Dapatkan atasan ini di Bukalapak.

Kaftan Bordir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Atasan kaftan dengan detail bordir bisa dibilang adalah jenis yang populer di masyarakat. Detail bordir yang indah banyak diminati karena membuat penampilan tampak anggun nan elegan. Bagi Anda yang ingin memiliki atasan kaftan bordir, Anda bisa mendapatkannya di toko online Tokopedia.

Salah satunya adalah atasan kaftan cantik dengan bahan hycon ceruti. Ukurannya all size dan tersedia dalam 6 warna yang bisa digunakan untuk berbagai acara. Dapatkan atasan kaftan ini yang dijual dengan harga Rp 160.000.

Atasan Kaftan Mishka Super

Sumber gambar www.tokopedia.com

Atasan kaftan Mishka memiliki bentuk leher bulat dan terdapat detail payet di bagian leher tersebut. Desain ini cukup simpel dan tidak berlebihan. Salah satu contohnya adalah atasan kaftan yang berbahan ceruti yang satu ini.

Dengan hiasan payet di leher, Anda tidak perlu lagi memakai kalung karena penampilan atasan ini sudah cukup cantik dan anggun. Atasan ini berukuran all size dan bisa didapatkan di Tokopedia seharga Rp 170.000.


Atasan Kaftan Atimma Hitam

Sumber gambar www.tokopedia.com

Warna hitam adalah warna klasik yang berkesan mewah dan elegan. Begitu pun juga dengan atasan kaftan Atimma warna hitam ini. Baju ini bertambah cantik karena dihiasi dengan payet bunga-bunga warna cerah. Bahan yang digunakan adalah hycon ceruti dua lapis yang jatuh di badan. Dapatkan atasan kaftan Atimma hitam ini di Tokopedia dengan harga Rp 170.000.

Atasan Kaftan Payet

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi yang lebih menyukai kaftan beraksen payet, kami pun memiliki rekomendasi atasan kaftan payet yang mungkin cocok untuk Anda. Atasan kaftan merah muda ini memiliki detail payet yang mewah di bagian depan dan lengan baju sehingga cocok digunakan untuk ke pesta.

Atasan berukuran all size ini ini dijual seharga Rp 200.000 di Tokopedia.

Atasan Kaftan Bordir Semi Kebaya

Sumber gambar www.tokopedia.com

Atasan kaftan semi kebaya memiliki potongan yang menarik dan cantik. Anda bisa mendapatkan salah satu atasan kaftan bordir semi kebaya di Tokopedia. Atasan kaftan bordir semi kebaya warna hijau ini muat untuk segala ukuran. Bahannya menggunakan bahan ceruti dan dihiasi pula dengan detail bordir di bagian depan dan belakang. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 190.000 saja.

From our editorial team

Perhatikan Saat Memilih Sepatu yang Cocok untuk Dipadukan dengan Atasan Kaftan

Atasan kaftan cocok untuk dikenakan dalam berbagai suasana. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih paduan sepatu yang sesuai untuk dipakai dengan kaftan. Untuk acara formal, sepatu wedges serasi jika dipadukan bersama kaftan. Untuk acara santai, Anda bisa memadukannya dengan sepatu sandal berhak rendah atau sepatu boot.