10 Rekomendasi Minyak Esensial dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan (2022)

10 Rekomendasi Minyak Esensial dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan (2022)

Sejumlah manfaat dari minyak esensial pastinya akan membuat kamu sulit untuk menolak mencobanya, terlebih bahan di dalamnya merupakan ekstraksi dari tumbuhan alami.

Minyak Esential untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan?

Jika sering mengalami berbagai masalah pada kesehatan, mungkin kamu sudah harus menggunakan minyak esensial (essential oil). Yaitu minyak yang didapatkan dari proses ekstraksi tumbuhan yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Tidak heran jika saat ini ada banyak produk minyak esensial dengan berbagai pilihan varian seperti lemongrass, peppermint, lavender, dan lainnya. Aromanya yang wangi dan menenangkan akan semakin menambah alasan kuat untuk menggunakan essential oil, bukan?

Segudang Manfaat Minyak Esensial

Mengatasi Permasalahan Kulit

Punya permasalahan kulit yang selalu membuat tidak nyaman? Mungkin kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial untuk mendapatkan manfaatnya. Jenis tea tree bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi infeksi kulit berupa iritasi dan jerawat.

Minyak esensial jenis satu ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, serta antiseptik. Jadi, tidak salah jika banyak orang yang menggunakan minyak esensial dari tea tree untuk bisa terbebas dari permasalahan kulit. Bukankah, tea tree oil dikenal sebagai bahan dalam merawat jerawat?

Mengatasi Stres dan Menjadi Pilihan Relaksasi di Rumah

Padatnya aktivitas yang harus dijalankan tidak jarang membuat manusia mudah stres terlebih dengan kondisi yang semakin tidak menentu. Apabila kamu ingin mengatasi stres dan cemas serta ingin meluangkan waktu untuk relaksasi di rumah, gunakan minyak esensial untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Essential oil memberikan efek relaksasi sehingga kamu bisa lebih tenang. Dengan begitu, stres bisa dikelola sembari menghilangkan kecemasan. Ternyata, menghirup minyak esensial dapat memberikan efek psikologis. Itulah kenapa minyak tersebut bermanfaat dalam mengatasi stres.

Coba gunakan minyak esensial lavender atau peppermint. Kedua jenis tersebut membantu menurunkan hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres.

Meningkatkan Mood

Perubahan mood akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi alasan kamu akan malas-malasan sepanjang hari tanpa melakukan apapun. Mengontrol mood memang bergantung pada cara masing-masing individu, namun kamu bisa memanfaatkan minyak esensial.

Essential oil dikenal dengan segudang manfaatnya termasuk membantu meningkatkan mood. Dengan begitu, kamu akan tetap segara dan ceria sepanjang hari. Minyak tersebut bisa kamu campurkan dengan facial spray yang nantinya bisa disemprotkan ke wajah.

Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

Tidak sedikit wanita yang merasakan sakit tak tertahankan saat menstruasi. Apabila kamu sering mengalaminya, coba untuk menghirup minyak esensial dan oleskan di bagian perut. Hal tersebut dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

Rekomendasi Minyak Esensial Terbaik

Natuna Essential Oil

Salah satu produk minyak esensial yang pastinya tidak asing dan mudah ditemukan adalah Natuna essential oil. Tentunya, minyak satu ini menjadi pilihan populer karena sederet manfaat yang bisa pengguna dapatkan.

Mudah merasa mual dan sakit kepala? Mungkin kamu perlu minyak esensial yang juga dapat meredakan batuk dan pilek. Juga akan meringankan asma dan sinusitis sehingga tidak salah jika minyak esensial dikenal dengan manfaat yang melimpah.

Nyeri dan otot tegang juga bisa kamu atasi dengan penggunaan essential oil. Bisa dicampurkan dengan diffuser dengan 2 hingga 10 tetes, dioleskan langsung pada bagian tubuh yang sakit, atau diteteskan secara acak di sudut-sudut tempat tinggal.

Harga Rp. 21.500-67.000

Sensatia Botanicals Essential Oil

Sensatia botanicals essential oil adalah salah satu pilihan minyak esensial dari brand lokal yang berlokasi di Bali. Produk satu ini memiliki wangi unik yang menyegarkan sehingga bisa meningkatkan energi dan positivitas.

Hadir sebagai minyak premium, brand ini akan menghidrasi sekaligus melembutkan kulit agar terlihat muda. Apabila kamu merasa lelah, kurang sehat, atau jet lag, minyak ini bisa menjadi pilihan menyegarkan.

Cocok untuk kamu yang memutuskan menjadi vegan dan vegetarian dan produk tidak melalui uji coba terhadap hewan. Bahkan, produk ini tidak mengandung bahan yang dapat membahayakan eksistensi terumbu karang. Karena tersertifikasi halal, jadi kamu tidak perlu khawatir akan bahan yang non-halal.

Harga Rp. 75.000-205.000

Nares Essential Oil

Bagi kamu yang ingin mendapatkan segudang manfaat dari minyak esensial, sudah pernah mencoba Nares essential oil? Produk satu ini menawarkan berbagai pilihan varian, seperti lemon, lavender, dan lain sebagainya.

Minyak ini terbuat dari bahan alami yaitu lemon dengan kekuatan lemon 100 persen. Sehingga sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, antioksidan, polifenol, potassium, dan senyawa lain yang akan bermanfaat bagi tubuh. Minyak lemon bisa menjadi imun booster sehingga kamu bisa memperkuat sistem imun pada tubuh.

Juga bisa menjadi antioksidan serta pemurni tubuh dari berbagai zat berbahaya melalui proses detoks. Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari produk satu ini adalah untuk diet, pelega batuk, mencerahkan wajah, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 112.000-250.000

Organic Supply Co Essential Oil

Rekomendasi minyak esensial selanjutnya adalah Organic supply Co essential oil yang tersedia dengan tiga varian yaitu lemongrass, l vender, dan peppermint. Tentunya akan bisa memenuhi kebutuhan individu yang berbeda untuk bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan essential oil pada umumnya.

Masing-masing varian memberikan manfaat yang berbeda sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Peppermint merupakan minyak esensial yang paling berguna, dimana aromanya dapat membantu menjaga kesehatan. Yang juga baik untuk mengatasi flu, masalah pencernaan, dan sakit kepala.

Sementara varian lavender adalah varian yang harus kamu miliki di rumah karena mampu memberikan efek relaksasi, mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu mengatasi stres.

Varian lemongrass juga tidak kalah menarik dan kaya akan manfaat yang bisa membantu menaikkan mood. Selain itu, minyak esensial varian satu ini juga akan membantu memperlancar sirkulasi darah yang juga baik untuk sistem pencernaan.

Harga Rp. 100.000-250.000

Young Living Cedarwood Essential Oil

Young living cedarwood essential oil memiliki aroma yang cerah dan ceria dan kaya manfaat untuk rambut dan kulit. Bahkan bisa membantu memperbaiki suasana hati. Merupakan produk yang laris dan bisa digunakan dengan berbagai cara seperti dicampurkan ke dalam produk pembersih.

Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial satu ini untuk melengkapi rangkaian dalam merawat kulit di malam hari. Bisa juga kamu tambahkan ke dalam kondisioner. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan minyak lemon pada kulit sebelum terpapar sinar matahari agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Harga Rp. 100.000-300.000

Renescent Premium Vetiver Essential Oil

Pilihan minyak esensial lain bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan dengan cara alami yaitu melalui manfaat dari essential oil adalah Renescent premium vetiver essential oil. Seperti namanya, produk satu ini berbahan dasar minyak murni dengan therapeutic grade.

Ada sejumlah manfaat yang bisa pengguna dapatkan karena produk ini mempunyai sifat antioksidan. Berguna untuk menghilangkan bekas luka pada kulit, meredakan kecemasan, mengurangi masalah tidur seperti insomnia, mengurangi rasa lelah dan depresi, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang memiliki masalah seperti rayap yang sulit diusir dari rumah, produk minyak esensial ini juga sangat bermanfaat.

Harga Rp. 98.000-200.000

Bathaholic Peppermint Essential Oil

Bathaholic peppermint essential oil bisa menjadi pilihan lain bagi kamu. Mengapa? Produk minyak esensial ini 100 persen alami dan terdaftar BPOM. Jadi, kamu tidak perlu takut akan bahaya atau efek samping penggunaan produk satu ini.

Terbuat dari ekstrak daun peppermint yang diolah dengan baik sehingga memberikan aroma yang begitu menyegarkan. Sudah tidak diragukan lagi kalau minyak esensial bermanfaat untuk merawat rambut, melegakan pernafasan, meredakan masalah pada sistem pencernaan, serta meringankan gejala mual. Jadi, cocok untuk menjadi teman sejati bagi kamu yang sering mabuk perjalanan.

Gatal karena gigitan serangga juga bisa kamu redakan menggunakan produk satu ini. Tersedia dalam ukuran 50 ml sehingga nyaman untuk dibawa kemana saja dan kapan saja. Terlebih, harganya jauh lebih terjangkau.

Harga Rp. 95.000-330.000

Bali Ratih Essential Oil Cinnamon

Mencari minyak esensial yang alami 100 persen? Itu artinya kamu bisa membeli Bali ratih essential oil cinnamon yang tersedia di berbagai e-commerce. Sehingga kamu bisa lebih mudah mendapatkannya tanpa harus pergi ke luar rumah.

Minyak Cinnamon mengandung antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk membantu masalah pencernaan. Tidak hanya itu, minyak ini dapat menstabilkan gula darah serta memperlancar peredaran darah. Beberapa kandungan baik di dalam minyak esensial ini diantaranya adalah senyawa eugenol, cinnamaldehyde, phellandrene dan methyleugenol.

Minyak ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan karena bersifat anti parasit yang kuat, antivirus, antiplatelet, dan anti-inflamasi. Cocok juga sebagai pilihan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta memerangi penyakit kardiovaskular.

Kapanpun ingin melakukan relaksasi atau pemijatan, tentunya kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan produk satu ini.

Harga Rp. 110.000-250.000

Nu Aroma Essential Aromatic Oil Lavender

Minyak esensial juga banyak yang tersedia dalam harga yang sangat ramah kantong. Bahkan kamu bisa mendapatkan segudang manfaat dari Nu aroma essential aromatic oil lavender dengan uang kurang dari Rp 50 ribu.

Minyak aromaterapi satu ini sudah banyak digunakan. Salah satu kandungan utamanya adalah linalool yang efektif sebagai anti cemas sehingga baik untuk relaksasi. Lavender tentunya memiliki aroma yang segar sehingga dapat membantu mengatasi kecemasan serta stres.

Jika mood sedang tidak baik, kamu juga bisa memanfaatkan minyak esensial satu ini. Terlebih produk sudah memiliki nomor registrasi BPOM sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Harga Rp. 32.500-75.000

Pureca Lemongrass Essential

Untuk menambah daftar pilihan minyak esensial yang ramah kantong, jangan lupa untuk mempertimbangkan Pureca lemongrass essential. Yang juga biasa disebut dengan minyak sereh dimana aromanya begitu segar mirip aroma jeruk. Tentunya, akan memberikan efek dan sensasi menenangkan, meremajakan, merangsang, serta menyeimbangkan.

Sudah menjadi rahasia umum kalau essential oil memberikan begitu banyak manfaat bahkan hanya dalam beberapa tetes saja. Dengan menggunakan produk satu ini, kamu bisa membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan perlindungan emosional.

Rasa lelah juga bisa kamu atasi sehingga bisa segera mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas di hari esok. Siapa sangka jika minyak dalam kemasan mungil juga bisa membantu mencegah kanker dan mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

Untuk anak yang sudah makan, para bunda bisa memilih produk minyak esensial ini untuk meningkatkan nafsu makan sang buah hati pastinya.

Harga Rp. 55.000-97.000
From our editorial team

Masih Ragu untuk Memilih Minyak Esensial

Selain terbuat dari ekstraksi bahan alami berupa tumbuhan seperti lavender, sereh, dan lain sebagainya, minyak esensial juga menawarkan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, kamu bisa mengatasi stres dan kecemasan serta meningkatkan mood.

Tag