Mencari Perhiasan untuk Tampil Beda? Ini Dia 10+ Anting Batu Akik untuk Penampilan Menawan Anda

Mencari Perhiasan untuk Tampil Beda? Ini Dia 10+ Anting Batu Akik untuk Penampilan Menawan Anda

Sumber gambar lacefunstore.com

Batu akik masih jadi kegemaran banyak orang. Kaum pria senang mengenakannya sebagai cincin, tapi jika wanita ingin tampil anggun saat memakai batu akik, bisa memilih anting-anting sebagai perhiasan. Anting-anting batu akik ini memiliki ciri khas yang tentu dapat membantu Anda tampil lebih feminin dan berkilau.

Di Indonesia, Batu Akik Sempat Menjadi Primadona

Sumber gambar agatelady.com

Fenomena batu akik beberapa tahun yang lalu sempat menjadi salah satu fenomena yang luar biasa, bahkan menjadi tren perhiasan di kalangan kaum pria. Warna batu yang indah dengan corak-corak unik berbeda di tiap jenisnya, menjadikan batu akik sebagai primadona perhiasan baru yang memikat.

Harganya pun beragam dan untuk jenis-jenis istimewa, bisa dibanderol dengan nilai yang cukup tinggi. Batu yang telah ditemukan sejak 315 tahun sebelum Masehi ini pertama kali diambil dari sungai Dirillo, Sisilia. Dikenal dengan nama Achates, banyak suku-suku kuno yang menjadikan batu akik sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa batu akik yang menonjol dan menggaet banyak pecinta batu untuk membelinya. Batu bacan doko misalnya yang berasal dari Pulau Kasirutam, Halmahera Selatan, serta batu kecubung dari Kalimantan.

Fakta Menarik Mengenai Batu Akik

Sumber gambar ie3media.com

Selain harganya yang tinggi, ada beberapa fakta menarik lainnya mengenai batu akik seperti dalam daftar berikut ini.

Batu Akik Pertama Kali Ditemukan di Sisilia

Sumber gambar webalice.it

Walau banyak tersebar dan ditemukan di Indonesia, ternyata batu akik pertama kali ditemukan di daerah Sisilia. Batu yang disebut “agate” dalam bahasa Inggris ini mengambil nama dari sungai yang terkenal yakni Achates dan berada di Sisilia.

Jenis batu ini berbentuk microcrystalline dengan batu-batu kristal kecil dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Kaya akan warna dan termasuk dalam kategori quartz, menjadikannya digunakan sebagai perhiasan yang cantik dan memukau.

Batu Akik Telah Digunakan Sejak Tahun 20.000 Sebelum Masehi

Sumber gambar ancient-beadart.com

Seperti sudah disinggung sebelumnya, batu akik memang ditemukan sudah sejak lama. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika orang-orang terdahulu sudah menggunakan batu akik sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Bahkan, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa batu akik sudah digunakan sejak 20.000 tahun Sebelum Masehi.

Menurut beberapa penelitian sejarah, bangsa Eropa khususnya kaum pria telah menggunakan batu akik sebagai perhiasan pada zaman batu sedangkan mereka yang ada di Yunani sudah menggunakannya sejak tahun 400 Sebelum Masehi.

Batu Akik Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Sumber gambar aliexpress.com

Batu akik tidak hanya terkenal sebagai salah satu material perhiasan tapi juga diyakini sebagian pihak dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bebatuan yang berasal dari alam ini dipercaya memiliki getaran elektromagnetik yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu terapi medis.

Beberapa batu yang kabarnya dapat membantu mengobati penyakit adalah batu Black Jade asal Gayo, Aceh dan sudah dijadikan terapi berbagai penyakit. Batu lainnya adalah batu Bacan Jahanam asal Maluku yang berwarna hitam pekat dan bernilai sangat tinggi.

Dahulu Batu Akik Dibuat Menjadi Mangkuk

Sumber gambar splendidhabitat.com

Selain digunakan perhiasan, di beberapa wilayah, batu akik ternyata lebih sering dijadikan alat makan seperti mangkuk. Terkenal di zaman Mitharades, seorang pria yang saat itu adalah Raja Pontus memiliki banyak mangkuk yang terbuat dari batu akik hingga mencapai sekitar 3.000 buah.

Kerajaan Pontus ini terletak di pesisir selatan Laut Hitam dan merupakan kerajaan bagi orang Persia dan menduduki puncak kejayaan di bawah kepemimpinan Mithridates VI yang Agung. Berhasil mengalahkan Kolkhis, Bithynia serta koloni Yunani di Khersonessos Taurika dan juga beberapa provinsi Asia milik Romawi, kerajaan ini akhinya dikalahkan dan direbut oleh Republik Romawi.

Bangsa Sumeria Menggunakan Akik Sebagai Perhiasan

Sumber gambar youtube.com

Bangsa lain yang juga mengagumi keindahan batu akik dan menyenanginya sebagai perhiasan adalah bangsa Sumeria. Agaknya, kesenangan ini juga yang dirasakan oleh para kolektor batu mulia bahkan membuat beberapa batu menjadi primadona.

Lumuik Suliki, salah satu batu akik dengan setidaknya 19 variasi dan berasal dari Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. Sejarah mencatat bahwa batu kenis ini sudah dikenal sejak zaman pergolakan dan ditemukan di jalur pelarian di daerah Hulu Binda, Padang Loweh, Suliki. Beberapa variasinya adalah Suto, Logam, Lumut Kuning, Lumut Pandan dan lainnya.

Jenis lain yang tak kalah diburu adalah Lumuik Sugai Dareh yang ternyata pernah digunakan dan dikoleksi oleh Barrack Obama, mantan presiden Amerika Serikat juga oleh Susilo Bambang Yudhoyono, mantan presiden Indonesia. Ketenaran batu ini juga dikenal dengan nama Giok Sumatera dan memiliki variasi yang berkualitas serta corak beragam. Harganya pun fantastis, mulai dari ratusan ribu hingga sekitar dua milyar rupiah.

Batu akik lain yang tak kalah memesona dengan warnanya adalah Cimpago Limau Manih dan tergolong dalam jenis batu akik Chalcedony. Termasuk bebatun keras dengan tingkat mencapai 6,5-7 skala mohs, batu yang memiliki warna cempaka, merah, kuning keemasan ini juga disebut dengan beberapa nama seperti baron red, siwalan dan sebagainya.

10 Rekomendasi Anting-anting yang Menggunakan Batu Akik

Sumber gambar social-hire.com

Meski kerap digunakan oleh kaum pria sebagai cincin bermata besar, Anda yang ingin terlihat anggun dengan batu akik bisa memilih anting-anting seperti dalam rekomendasi berikut ini.

Elli Germany 925 Sterling Silver Anting Drop Gemstone Hijau

Sumber gambar zalora.co.id

Untuk acara makan malam yang romantis, Anda bisa memaksimalkan penampilan dengan Elli Germany 925 Sterling Silver Anting Drop Gemstone Hijau ini. Cantik dengan batu kehijauan yang memikat, anting-anting ini dilapisi antitranish dan dipoles halus sehingga terlihat berkilau dan halus.

Bermodel tear drop yang menawan, anting ini cocok bagi Anda yang berwajah oval. Bisa dipesan melalui Zalora seharga Rp 669.000.

ARTFASHION - Silver Earring

Sumber gambar mapemall.com

Jika Anda ingin perhiasan yang tidak mencolok tapi tetap memancarkan keindahan secara maksimal, Anda bisa menggunakan perhiasan dengan bebatuan yang berukuran kecil.

Anda bisa memilih ARTFASHION-Silver Earring yang terbuat dari sterling silver dan mutiara imitasi dari Tjeco Crystal. Sterling silver memiliki kelebihan yakni komponen perak murninya mencapai 92,5 persen dan umumnya ditulis dengan angka 925. Harganya lebih terjangkau tapi tetap menampilkan kesan yang elegan dan tak murahan. Dapatkan melalui mapemall.com seharga Rp 120.000.

Anting Batu Blue Saphire Gold OA 791

Sumber gambar bukalapak.com

Jika Anda terpesona dengan gaya busana Kate Middleton yang cenderung anggun dan sederhana, tentu Anda tahu bahwa istri dari Pangeran William ini dilamar dengan cincin safir yang indah. Cincin berlian dengan batu safir biru ini terlihat sangat serasi disandingkan bersama gaun lengan panjang berwarna senada.

Jika Anda ingin mencontek gayanya, Anda bisa mengenakan Anting Batu Blue Saphire Gold OA 791 satu ini. Dipadukan dengan berlian Eropa ukuran gugur 170 yang membuat anting terlihat glamor, giwang ini dihias dengan batu safir biru Tanzania berukuran 7 milimeter. Bisa dipesan melalui Bukalapak seharga Rp 5.700.000.

PANDORA - Cultured Elegance

Sumber gambar shop.nordstrom.com

Brand Pandora didirikan pada tahun 1982 dengan kantor pusat terletak di Kopenhagen, Denmark. Perusahaan ini membuka toko dengan konsep waralaba yang kemudian tersebar di banyak negara dan menjadi perusahaan terbesar ketiga setelah Cartier dan Tiffany & Co.

Bagi Anda yang ingin mengenakan salah satu koleksi perhiasan Pandora bersama busana bergaya kasual, Anda bisa memilih PANDORA - Cultured Elegance. Bentuknya mungil dengan detail mutiara dibingkai sterling silver berwarna putih, anting-anting ini dibanderol dengan harga Rp 910.000 di pandora.net.

Anting Batu Rubby Gold OA 787

Sumber gambar tokopedia.com

Bagi Anda yang suka tampil bold, memilih perhiasan dengan bebatuan berwarna merah bisa jadi pilihan. Warna merah sering dikaitkan dengan gairah, gelora, semangat serta keberanian sehingga dapat menampilkan kesan kuat saat dipakai wanita.

Untuk perhiasan, batu rubi adalah salah satu batu favorit selain safir karena memiliki warna memikat yang mencolok. Warna batu rubi yang merah ini juga mencirikan kekuatan karena faktanya, bebatuan alami ini yang memiliki kepadatan dan tingkat kekerasan tinggi selain berlian, mencapai nilai 9,0 skala Mohs.

Jika Anda terpukau dengan kesan berani dan kuat dari batu rubi yang menawan, Anda bisa mengenakan Anting Batu Rubby Gold OA 787 ini bersama gaun malam berbahan sutra. Dapat dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 8.750.000, anting-anting ini sudah dilengkapi dengan sertifikat South Kalimantan Gem Laboratory (SKGL).

SWAROVSKI - Bella V Pierced Earrings, Large

Sumber gambar swarovski.com

Ketenaran Swarovski di seluruh dunia mungkin sudah tidak dipertanyakan lagi. Brand yang didirikan oleh Daniel Swarovski pada sekitar tahun 1862-1956 ini memproduksi kaca kristal berkualitas yang dibuat seperti pelangi dan ditambah dengan oksida timah. Hasilnya, kristal Swarovski memiliki indeks warna yang diinginkan serta kilau yang lebih baik.

Anda pun bisa memiliki kilaunya yang menawan dengan mengenakan SWAROVSKI - Bella V Pierced Earrings, Large ini. Menawan dengan warna keemasan bertabur kristal Swarovski sebagai detail cantik, anting ini dibanderol seharga Rp 1.157.000 di swarovski.com.

Perhiasan Anting Love Permata Zircon Gold Lapis Emas A 1368

Sumber gambar lazada.co.id

Apa itu zircon? Mungkin banyak dari Anda yang kerap menemui kata ini dalam deskripsi perhiasan dan sering tertukar dengan berlian karena tampilannya yang mirip. Zircon adalah bahan yang umumnya dipakai sebagai pengganti berlian di toko perhiasan. Zircon pun punya daya tahan yang baik selama kurang lebih 4-6 bulan jika disimpan dan dirawat dengan baik.

Bagi Anda yang ingin mengenakan perhiasan anting dengan aksen zircon, Anda bisa memilih Anting Love Permata Zircon Gold. Manis dengan ukuran mungil yang bisa memaksimalkan gaya feminin Anda, anting ini dapat diperoleh melalui Lazada seharga Rp 31.500.

Dparis Earing Skewers Green Eyes

Sumber gambar zalora.co.id

Jika Anda tidak percaya diri mengenakan gaun atau busana berwarna hijau, cobalah untuk menggantinya dengan perhiasan yang dilengkapi bebatuan berwarna hijau. Anting-anting berwarna hijau dapat membantu Anda terlihat cerah dan memberi kesan anggun pada penampilan.

Untuk padu padan yang serasi, Anda bisa menggunakan busana berwarna netral seperti putih. Pilihlah anting berukuran tidak terlalu besar yang memberi kesan elegan seperti Dparis Earing Skewers Green Eyes ini. Berlapis emas putih 18 karat dan dipercantik dengan zircon, anting model tusuk ini bisa diperoleh melalui Zalora dengan harga Rp 198.000.

Gina Adornments Earrings Stud Silver with Amazonite Anting

Sumber gambar blibli.com

Ada beberapa hal yang harus Anda cermati saat membeli perhiasan dengan material berlian. Umumnya, berlian diukur dengan huruf seperti E dan F yang menunjukkan grade. Selain itu, Anda juga harus mencermati tingkat kejernihan karena semakin jernih sebuah berlian, maka semakin tinggi pula harganya.

Jika Anda mendambakan perhiasan yang memiliki kesan bersih dan minimalis, Anda bisa memilih Gina Adornments Earrings Stud Silver with Amazonite Anting ini. Bermaterial batu amazonite yang cocok digunakan sehari,-hari, anting ini bisa diperoleh melalui Blibli seharga Rp 742.000.

Alami Merah Batu Akik Anting

Sumber gambar lazada.co.id

Untuk kesan playful dalam busana kasual, Anda bisa memadukan anting-anting bermodel dangle dengan perhiasan berbentuk bulat seperti anting-anting dengan batu akik merah ini.

Warna merahnya cocok diserasikan bersama busana berwarna cerah seperti biru terang atau kuning. Padankan dengan atasan longgar dan rok panjang untuk kesan lebih feminin dalam penampilan Anda. Bisa dipesan melalui Lazada seharga Rp Rp 132.300.

From our editorial team

Cermat Memilih dan Pastikan Keaslian Batu Akik

Sebagai salah satu batu mulia, akik atau agate memang memiliki harga yang tinggi. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya cermat saat berbelanja. Jika memungkinkan, belilah di tempat yang sudah menjamin keaslian batu akik dengan menyediakan sertifikat keaslian. Melansir gemstonebuzz.com, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli batu akik yakni berat, transparansi atau kejernihan batu, warna, level, tekstur serta temperatur. Mengerti jenis batu akik dapat membantu Anda terhindar dari barang palsu.

Tag