10 Ragam Kerajinan Tangan Menarik dari Stik Es Krim yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

10 Ragam Kerajinan Tangan Menarik dari Stik Es Krim yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Stik es krim bisa dengan mudah Anda temukan dan jadikan kerajinan tangan. Selain unik, kerajinan dengan bahan stik es krim juga mudah dibuat dan mudah pula diaplikasikan. Produk kerajinan tangan yang fungsional dan menarik dari bahan stik es krim bisa Anda simak dalam tulisan BP-Guide berikut ini.

Kerajinan Tangan Stik Es Krim, Mudah, dan Menyenangkan

Salah satu benda yang bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan menarik adalah stik es krim. Stik es krim bisa Anda beli dalam jumlah banyak sekaligus, lalu bisa dengan mudah dibuat menjadi sebuah kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Anda juga bisa menggunakan cat, spidol, dan lain sebagainya untuk memperindah hasil produk kerajinan Anda. Jadi, jangan biarkan stik es krim langsung terbuang begitu saja. Penasaran apa saja kerajinan yang bisa dibuat dengan mudah dengan stik es krim? Simak artikel BP Guide berikut ini.

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan

Mengisi Waktu dengan Hal Produktif

Pertama, bila Anda gemar membuat kerajinan tangan, maka Anda akan dapat mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif. Bisa dikatakan, meski tidak membutuhkan keahlian khusus, namun kreativitas Anda akan berpengaruh pada kerajinan yang Anda buat. Jadi, pastikan bahwa Anda terus menjadi lebih berkembang, setiap membuat kerajinan tangan ini.

Ada sebagian orang yang memang hobi membuat kerajinan tangan, tetapi sebagian lainnya juga menjadikan proses membuat kerajinan ini sebagai tambahan penghasilan. Jadi, dari hobi bisa menjadikan tambahan penghasilan.

Melatih Kesabaran

Selain mengisi waktu luang, Anda juga bisa melatih kesabaran dengan membuat sebuah kerajinan. Membuat kerajinan berarti mengubah sebuah benda menjadi benda lainnya. Dengan demikian, ada banyak saraf dan kemampuan lain yang terlatih saat membuat sebuah kerajinan.

Membuat kerajinan berarti melatih fokus, ketelatenan, ketekunan, dan kesabaran. Jadi, bisa dikatakan bahwa membuat kerajinan tangan bisa melatih kesabaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih kreatif setiap menggunakan produk ini.

Dapat Menghemat

Kerajinan tangan menjadikan Anda bisa lebih berhemat, lho! Percaya tidak? Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli produk seperti tempat pensil, pot bunga, keranjang belanja, kantong untuk barang-barang penting, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan bekas atau lainnya lalu dijadikan barang yang lebih produktif.

Selain Anda bisa membantu membersihkan lingkungan dari sampah atau barang bekas, Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan membuat barang-barang yang dibutuhkan dengan barang-barang bekas. Bahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual barang kerajinan tersebut. Apabila menarik dan kreatif tentu bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

Kesempatan untuk Bisnis

Seperti yang BP Guide singgung sebelumnya, bisa membuat kerajinan tangan menjadikan Anda memiliki peluang untuk membuka bisnis, lho. Misalnya, Anda bisa membuat pot dan tanaman sekalian, tentu Anda bisa memulai bisnis untuk berjualan tanaman tertentu bukan? Harganya bisa menjadi lebih tinggi, apabila pot yang Anda buat menjadikan tampilan tanaman tersebut menjadi lebih bagus.

Selanjutnya, Anda bisa menambah pundi-pundi penghasilan dengan membuat sebuah kerajinan tangan lalu menjualnya. Apalagi, sekarang Anda bisa menjual produk tersebut di berbagai situs jualan online. Jadi lebih mudah, bukan?

Memberdayakan Masyarakat

Bila Anda memiliki ide untuk sebuah produk serba guna dengan bahan barang bekas, maka bisa Anda mencoba untuk membuka usaha kecil dan menengah atau bisa juga bahkan membuat perusahaan. Dengan demikian, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat sekitar. Dengan demikian, Anda bisa memberdayakan masyarakat juga menjadikan angka pengangguran menjadi berkurang.

10 Kerajinan Tangan Stik Es krim dan Cara Membuatnya

Rumah

Sumber gambar hidupsimpel.com

Kerajinan pertama yang biasa dibuat dari stik es krim adalah rumah-rumahan. Pertama, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti stik es krim, kertas, lem tembak, penggaris, alat pemotong, dan alat tulis. Dengan alat tulis, langkah pertama yang perlu Anda buat adalah denah rumah. Ini saatnya Anda menjadi seorang arsitek dengan membangun sebuah miniatur rumah.

Setelah membuat denah, maka selanjutnya Anda akan membuat bagian bawah rumah alias fondasinya. Sambungkan beberapa stik es krim dengan lem, mengikuti denah yang sudah Anda buat. Kemudian, lanjutkan dengan membuat lantai. Bila ada stik yang terlalu panjang, maka potong saja dengan cutter atau gunting.

Selanjutnya, setelah pondasi dan lantai selesai, maka Anda bisa mulai untuk membuat dinding. Tempelkan stik es krim sebagai tiang dan kerangka. Kemudian, pasang dinding dengan ukuran yang presisi. Untuk membuat dinding yang lebar, Anda bisa menyatukan dua stik es krim yang panjang.

Terakhir, buatlah atap lagi. Di awal dari kerangka atap terlebih dulu. Anda bisa menggunakan kayu kecil, atau gunakan juga es krim sebagai bahannya. Nah, Anda sudah mulai bisa menggabungkan pondasi, dinding dan atap. Agar lebih indah, hias dengan jendela dan taman rumah. Siapkan juga tiang depan dan teras, agar semakin riil.

Lampu Meja Hias

Sumber gambar sarungpreneur.com

Lampu hias dari bahan stik es krim bisa juga menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda buat. Pertama, siapkan stik es krim, cutter, lem fox, kardus, lampu, kabel, dan dudukan lampu. Tempelkan stik es krim jadi bentuk persegi dengan lem yang kuat. Buatlah bentuk persegi stik es krim tersebut dalam jumlah banyak.

Kemudian, giliran Anda memasang sebuah kardus yang dibuat berbentuk persegi sama besar dengan ukuran persegi di tengah bentuk persegi stik es krim tersebut. Lalu, ambil dudukan lampu dan pasangkan di tengah kardus tersebut. Pastikan bahwa tinggi dudukan lampu sudah pas, lalu taruh potongan kardus tersebut di dalam susunan kotak es krim.

Ambil dudukan lampu, pasang kabel ke dudukan lampu, sedangkan susunan kotak es krim di atasnya di susun menjadi melintang, rekatkan sampai tinggi. Sekarang, Anda sudah bisa mencolokkan kabel ke lampu hias yang sudah Anda buat.

Kotak Tisu

Sumber gambar blogspot.com

Selanjutnya, yang bisa Anda buat adalah kotak tisu. Stik es krim bisa Anda susun dengan baik, menjadi sebuah kotak tisu yang bagus dan memukau. Pertama, Anda bisa siapkan stik es krim, lem fox, gunting, penggaris, cutter, dan pensil.

Cara membuatnya adalah beli tisu kotak biasa di pasaran. Kemudian, rekatkan satu persatu es krim tersebut dengan lem yang kuat pada kotak tisu. Lalu, Anda bisa memulai mewarnai menggunakan cat atau spidol. Nah, sekarang, kotak tisu yang indah bisa Anda gunakan.

Hiasan Dinding Heksagonal

Sumber gambar youtube.com

Kerajinan yang bisa Anda buat adalah hiasan dinding. Salah satunya adalah rak mini heksagonal. Kerajinan satu ini sangat fungsional, selain bisa menjadikan dinding Anda semakin manis bentuknya, juga bisa digunakan untuk menyimpan barang hiasan atau benda kecil lainnya.

Pertama, Anda perlu menyiapkan bahan stik es krim dalam jumlah banyak. Siapkan pula lem kayu, kertas, pensil, cat, dan kuas. Setelah itu, buatlah dulu pola rak heksagonal tersebut. Mulailah bentuk stik eskrim mengikuti pola yang sudah dibuat.

Setiap stik es krim diberi lem di setiap ujungnya, sampai Anda mendapatkan ukuran tinggi dan kedalaman rak yang diinginkan. Sekarang, Anda bisa memberi warna pada rak tersebut sehingga tampak semakin indah dan artistik.

Vas Bunga

Membuat vas bunga juga bisa menggunakan stik es krim, lho. Hanya saja, dibutuhkan ketelitian dan tentunya kreativitas Anda. Anda bisa membuat dengan bahan stik es krim bekas, dua lembar papan kayu, staples kayu, bor, cat putih, dan lem kayu. Pertama, potong papan kayu tersebut menjadi dua dalam bentuk segi empat. Lalu, buat dua lubang dengan menggunakan bor yang ditujukan untuk menjadi gagang.

Lakukan hal yang sama dua kali pada papan yang satu lagi. Lalu, rekatkan dengan stik es krim menggunakan staples dan lem. Lalu, warnai dengan cat putih dan biarkan hingga kering. Kemudian, masukkan bunga dan letakkan di meja atau di ruang santai Anda.

Tempat Pensil

Sumber gambar https://rajinlah.id/

Ingin membuat tempat pensil unik dari bahan stik es krim? Bisa, kok. Anda dapat membuat tempat pensil unik dengan menyiapkan bahan seperti 1 pak stik es krim, lem, pena, kertas putih, dan cat dengan warna yang Anda sukai.

Pertama, letakkan stik es krim di atas kertas putih, dan pastikan bahwa panjang semua stik tersebut sama. Lalu, gambar segitiga sama sisi, dengan panjang sesuai stik es krim. Lalu, letakkan dua stik es krim di atas kedua garis lainnya. Setelah itu, akan menjadi pola segitiga sebagai pondasi dari membuat tempat pensil.

Tumpuk stik es krim di atas segitiga yang sudah dibuat. Tumpuk berikutnya di atas ujung yang sudah di lem, sehingga segitiga tersebut bisa terjadi. Kemudian, setelah cukup tinggi, Anda akan mulai bisa meletakkan pena dan pensil di dalamnya dan bisa digunakan.

Lampion

Sumber gambar blogspot.com

Kerajinan yang paling sering dibuat dari bahan stik es krim adalah lampu hias. Siapkan stik es krim, gunting, amplas, lem kayu, cat, lampu, fitting lampu, dan kabel.

Pertama, Anda bisa membuat badan lampu hias dari bahan 4 batang stik es krim. Bentuk stik tersebut menjadi segi empat. Anda bisa juga membuatnya dari 6 sampai 8 stik, jadi bentuknya segi enam atau segi delapan. Lalu, tumpuk dengan lem agar rapi.

Anda bisa mengkreasikan tumpukan ini menjadi spiral dan lurus, sesuai dengan kreativitas Anda. Lalu, buat atapnya dengan bentuk limas. Agar bisa lebih mengecil ke atas, beberapa stik di bagian atas harus di potong.

Buat agak tinggi dindingnya agar bisa di lem di bagian bawah. Lalu, masukkan fitting lampu, pasang dengan baut, dan rekatkan lagi dengan lem agar kuat. Sekarang, lampu lampion ini sudah bisa dipasang menjadi hiasan.

Bingkai Foto

Sumber gambar blogspot.com

Satu hasil kriya yang paling sering dibuat adalah bingkai foto. Anda bisa membuat dalam bentuk sederhana atau juga menjadi lebih menarik dengan bentuk yang artistik. Siapkan bahan seperti stik es krim, kuas, kayu adhesive, gunting, dan sebagainya.

Pertama, buatlah denah atau pola yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Lalu, susunlah stik es krim sesuai dengan pola. Kemudian, warnai dengan cat warna yang Anda sukai. Anda bisa menambahkan pita, stiker, dan sebagainya agar terlihat lebih indah.

Terakhir, pasangkan kayu atau kardus di bagian belakang bingkai. Anda bisa mulai memasang foto terbaik Anda di tempat yang terbaik untuk menghias rumah.

Laci Mini

Anda juga bisa membuat laci mini dari bahan stik es krim. Laci mini ini bisa berguna untuk menyimpan barang-barang kecil yang membuat Anda sering lupa menaruhnya seperti kunci motor, kunci rumah, dan sebagainya. Untuk membuatnya, siapkan stik es krim, tang, pisau, pensil, penggaris, cat air, kotak bekas sereal, gunting dan kuas.

Cara membuatnya, pertama beri tanda di bagian atas dan bawah stik es krim dengan pensil. Lalu, potong semua bagian yang sudah diberi tanda tadi dengan pemotong, tang, atau pisau. Lalu, siapkan sekitar 12 stik yang sudah dipotong, lalu buat menjadi pola bujur sangkar. Ambil dua batang stik, lalu tempelkan di bagian atas dan bawah stik yang sudah disusun tadi.

Lalu, tiga stik es krim lagi, sejajarkan. Letakkan dua bekas potongan stik lain di atas tiga stik tersebut. Buat pola yang sama seperti sebelumnya hingga 2 kali, jadi Anda mendapatkan dua pola segi empat dari 12 stik, dan dua pola dari tiga stik es krim.

Ambil satu bekas kotak sereal, lalu pasangkan berdiri di atas pola utama segi empat. Gabungkan semua pola tersebut menjadi satu dan buat pola segi empat lagi menjadi bagian laci. Kemudian, langkah terakhir adalah cat dengan warna favorit lalu beri hiasan kecil.

Miniatur Burung

Sumber gambar youtube.com

Salah satu yang bisa Anda buat dari stik es krim antara lain miniatur burung. Anda bisa meletakkannya di sudut ruangan dengan tambahan lampu agar semakin menarik. Cara membuatnya bisa dikatakan mudah, dengan mewarnai setiap stik es krim seperti bulu burung. Salah satu jenis burung yang bisa Anda pilih adalah merak, dengan bulu yang indah dan manis warnanya.

Lalu, rangkailah setiap kepingan stik es krim tersebut untuk dijadikan burung. Bentuk depannya bisa dibuat juga dengan bahan yang sama, atau bahan lainnya. Semakin indah warna yang Anda berikan pada stik es krim tersebut, maka akan semakin menarik miniatur burung tersebut.

From our editorial team

Kreativitas yang Tinggi Menjadikan Karya yang Dibuat Semakin Bernilai

Anda bisa memulai untuk mengasah kemampuan dan kreativitas Anda dengan membuat berbagai karya menarik dari stik es krim. Bahan ini mudah ditemukan juga mudah dibuat karya seni yang cocok untuk Anda. Jadi, mari semakin kreatif dengan membuat karya seni yang memukau dari bahan yang mudah ditemukan.