10 Kandang Kucing Terbaik Agar Si Anabul Makin Nyaman (2022)

10 Kandang Kucing Terbaik Agar Si Anabul Makin Nyaman (2022)

Bagi kucing, kandang adalah rumah. Oleh karena itu penting bagi Anda memilih kandang kucing terbaik untuk si anabul kesayangan. Simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Kandang Adalah Rumah Untuk Kucing, Jadi Jangan Sembarangan Memilihnya

Bagi si kucing kesayangan, kandang adalah rumah tempatnya makan dan tidur. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih kandang untuk kucing. Meskipun Anda biasanya membebaskan kucing berkeliaran, ada kalanya kucing harus dimasukkan ke dalam kandang. Misalnya saat kucing sedang sakit dan harus dirawat. Tidak hanya itu, kandang juga bisa dijadikan tempat bermainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kandang Kucing

Kesesuaian Ukuran Kandang dan Kucing

Kandang kucing memiliki variasi ukuran yang bermacam-macam. Seiring bertambahnya usia kucing, ia memerlukan kandang yang lebih besar juga. Itulah mengapa Anda harus menyesuaikan ukuran kandang dengan berapa besarnya kucing yang Anda miliki. Jangan lupa juga mengecek area di rumah Anda yang akan digunakan untuk meletakkan kandang.

Keamanan Kandang

Keamanan kandang juga harus Anda perhatikan. Mulai dari bahan cat yang digunakan. Ini karena kucing suka menggigit benda-benda di sekitarnya, termasuk kandangnya sendiri. Pastikan cat kandang kucing aman untuk kucing dan tidak mudah mengelupas agar tidak tertelan oleh kucing.

Ada Tidaknya Roda

Ada atau tidaknya roda juga harus dipertimbangkan. Roda pada kandang kucing akan memudahkan Anda saat harus memindahkannya. Selain itu, jika kandang kucing memiliki roda Anda pun bisa membersihkan kandang kucing secara lebih menyeluruh.

Kualitas dan Jenis Bahan

Kebanyakan kandang kucing terbuat dari bahan besi yang sangat kuat. Namun masih ada kandang yang menggunakan material kayu dan plastik. Bahan besi yang kuat bisa menampung bobot kucing hingga puluhan kilo.

Sementara kandang berbahan plastik relatif ringan dan mudah perawatannya. Nah, kalau Anda mencari kandang yang estetik, kandang berbahan kayu biasanya punya desain yang cantik.

Fitur Tambahan

Keberadaan fitur-fitur lain pada kandang kucing juga patut dipertimbangkan. Fitur yang dimaksud adalah permainan di dalam kandang yang bisa menjadi hiburan untuk si anabul. Jika kandangnya besar dan luas, Anda bisa menambahkan toilet khusus kucing atau bak pasir.

Tips Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Ganti Pasir Secara Rutin

Pasir yang digunakan kucing buang air kecil dan besar mempengaruhi kebersihan kandang kucing. Jika pasir tidak diganti, maka baunya akan sangat menyengat dan tidak enak. Ini juga bisa menimbulkan jamur yang bisa membuat kucing gatal-gatal. Mengganti pasir setidaknya dua hari sekali.

Pastikan Lokasi Kandang Tidak Lembap

Tempat kandang kucing harus kering dan tidak lembap. Pastikan tempat kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Kondisi yang lembap ditambah dengan kotoran kucing bisa menyebabkan jamur dan bakteri.

Semprot Dengan Cairan Disinfektan

Tips berikutnya agar kandang kucing tetap bersih adalah menyemprotkan disinfektan saat Anda membersihkan kandangnya. Disinfektan dapat memberantas kuman-kuman dan bakteri membandel. Hal ini sangat penting untuk menjaga kandang agar tetap higienis.

Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik Buat Si Anabul

M-Pets Kandang Pagar Xtra Cargo Fence

M-Pets Kandang Pagar Xtra Cargo Fence dirancang untuk memberikan keamanan pada kucing Anda. Ukuran kandangnya adalah 110 x 110 x 62 cm, sehingga bisa untuk menampung kucing dewasa.

Bahan pembuat kandang ini juga cukup unik, yaitu kain oxford berkualitas tinggi yang kuat dan tidak mudah sobek. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan ventilasi udara agar kucing tidak merasa pengap saat berada di dalam kandang.

Keunggulan lainnya adalah kandang ini foldable alias mudah dilipat. Sehingga Anda pun tidak perlu bingung jika harus membawa kandang ini bepergian.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Lucky Kandang Kucing Size M

Bagi Anda yang tidak punya banyak ruang untuk menempatkan kandang kucing di rumah, Lucky Kandang Kucing Size M adalah pilihan yang tepat. Brand yang satu ini menyediakan kandang berbagai ukuran, sehingga Anda bisa menyesuaikan besar kandang sesuai kebutuhan. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran kandang kucing ini tidak terlalu besar sehingga lebih cocok untuk anak kucing atau kitten.

Harga Rp. 100.000-150.000

Krypton Kandang Kucing Tingkat 3

Kandang yang besar sangat menyenangkan untuk kucing karena ia punya banyak area bermain. Krypton Kandang Kucing Tingkat 3 bisa dibongkar pasang dan dirakit dengan mudah. Jika membeli kandang ini, Anda akan mendapatkan bonus hammock yang juga bisa digunakan kucing untuk bermain.

Harga Rp. 300.000-400.000

Kandang Kucing Octagon Tingkat 4

Rekomendasi berikutnya adalah Kandang Kucing Octagon Tingkat 4. Kandang ini punya peralatan yang sangat lengkap, termasuk litter box, tempat makan dan tempat minum untuk kucing.

Kandang ini ukurannya sangat besar karena terdiri dari 4 tingkat, bisa ditempati 2 kucing sekaligus. Ukuran kandang ini sendiri adalah 79 x 52 x 141 cm. Buat Anda yang ingin memberikan kucing kebebasan untuk bermain dan melompat di dalam kandang, produk ini adalah pilihan tepat.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Kandang Kucing dengan Hammock C-222

Satu lagi rekomendasi kandang kucing besar, yaitu Kandang Kucing dengan Hammock C-222. Kandang ini sudah dilengkapi dengan hammock yang bisa digunakan kucing untuk tidur atau bermain. Bukan hanya kucing, kandang ini juga bisa untuk hamster dan sugar glider. Meskipun ukurannya besar, kandang ini bisa dibongkar dan dilipat dengan mudah jika sedang tidak dipakai.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

Global Kandang Besi Lipat + Roda

Global Kandang Besi Lipat + Roda adalah kandang jumbo dengan ukuran 92 x 56 x 66 cm. Karena luas dan lega, kandang ini akan nyaman untuk si anabul. Kandang yang terbuat dari besi ini sudah dilapisi dengan cat berkualitas yang tahan panas dan hujan.

Kandang ini juga memiliki roda di bagian bawahnya sehingga mudah dipindahkan. Meskipun Anda memasukkan litter box dan wadah pakan, kucing masih bisa bebas bergerak.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Panda Kandang Kucing Size L

Nama produk ini memang Panda Kandang Kucing Size L, namun kandang ini lebih cocok untuk kitten atau anak kucing yang masih kecil. Kandang ini memiliki batang jeruji yang kokoh dan tebal. Jarak antar jeruji juga rapat, hanya 1 cm sehingga relatif aman untuk anak kucing.

Jika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan tatakan bagian bawah, 2 buah tempat makan, dan 2 buah tangkringan untuk burung jika akan digunakan sebagai kandang burung.

Harga Rp. 200.000-300.000

SUNXIN-Rumah Kucing / Kandang Kucing

SUNXIN-Rumah Kucing / Kandang Kucing memiliki desain yang estetik. Tidak hanya itu, produk yang satu ini juga sangat serbaguna lho! Selain bisa digunakan sebagai kandang kucing, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk rak lemari.

Perpaduan warna hitam dan putih menghadirkan kesan klasik dan berkelas. Anda juga bisa membongkar pasang dan mengubah modelnya sesuai selera. Cocok banget nih untuk Anda yang punya jiwa seni dan kreativitas tinggi!

Harga Rp. 300.000-600.000

Sweet Kandang Beroda 3 Tingkat

Sweet Kandang Beroda 3 Tingkat adalah kandang dengan ukuran jumbo yang terbuat dari bahan berkualitas. Materialnya adalah besi dengan ketebalan 4 sampai 5 milimeter, jadi sangat kokoh untuk menopang kucing dewasa. Kandang ini memiliki 3 tingkat dan 4 pintu sehingga bisa dipakai oleh 2 kucing.

Harga Rp. 250.000-300.000

Opo Cat Kandang Kucing Lipat Tingkat 3 Ukuran L

Terakhir ada Opo Cat Kandang Kucing Lipat Tingkat 3 Ukuran L , kandang bertingkat untuk anabul kesayangan Anda. Kandang berukuran 76 x 47 x 93 cm ini terbuat dari bahan kawat galvanis yang kuat, dilapisi dengan cat khusus anti karat. Perawatan kandang juga sangat mudah dan cocok untuk semua jenis kucing.

Harga Rp. 500.000-700.000
From our editorial team

Budget Juga Tidak Kalah Penting!

Saat Anda mempertimbangkan untuk membeli kandang kucing seperti rekomendasi BP-Guide di atas, hitung juga budget-nya. Kandang kucing tidak bisa dibilang murah, apalagi jika ukurannya besar. Pastikan Anda sudah memperhitungkan dengan baik sebelum membeli, terutama dari segi kualitas dan keawetan produk.

Tag