Ssst, Ini 8 Rekomendasi Makanan yang Cocok dengan Kopi. Jangan Sampai Salah Santap!

Ssst, Ini 8 Rekomendasi Makanan yang Cocok dengan Kopi. Jangan Sampai Salah Santap!

Teman minum kopi ada beragam varian. Kalau ini, sebenarnya bicara soal selera. Ada yang menyajikannya bersama dengan keripik, gorengan, nasi padang, gado-gado, ketoprak, wafer, roti tawar, kue-kue manis, kukis (cookies), bahkan kroisan (croissant). Semua itu bertujuan agar kopi yang diminum muncul sensasinya. Gak percaya? Coba nikmati 8 rekomendasi makanan pendamping kopi berikut ini.

Bicara soal minum kopi adalah bicara soal makan. Teman minum, tentu saja makanan. Makanan-makanan ini menyeimbangkan rasa pahit kopi dan asam yang bisa-bisa menggerus lambung. Tidak ada yang melarang, atau pun tidak ada pakem tertentu soal makanan yang cocok dengan kopi. Namun, perlu penyesuaian agar peminum bisa menikmati rasa kopi. Untuk itu Anda perlu mengetahui makanan tepat yang akan mendorong menculnya rasa kopi. Lalu, apa saja varian makanan yang cocok dengan kopi? Ssst, ini dia, jangan sampai salah santap ya!

1. Croissant

Roti asal Perancis ini memiliki tekstur renyah dengan isi roti beraneka ragam, baik itu keju, daging, maupun cokelat. Croissant memang mengenyangkan dan bisa menjadi pendamping minum kopi saat sarapan di pagi hari.

2. Donat

Roti dengan bulat tengah atau tanpa bulatan tengah ini ternyata juga bisa dijadikan pendamping minum kopi. Karena teksturnya padat dan mampu mengenyangkan perut, donat cocok dijadikan sarapan di pagi hari. Namun, daya tahan kenyang memang tidak sekuat croissant atau roti tawar. Selain itu, donat yang terasa ringan saat dimakan. Cocok menjadi teman minum kopi di sore hari. Agar sensasi rasa kopi keluar di lidah, pilihlah donat dengan topping gula pasir. Ini cukup menetralkan rasa di lidah Anda, dan bisa merasakan sensasi rasa kopi.

3. Sandwich

Sandwich memiliki rasa tebal, berat dan mengenangkan. Sehingga menu roti ini biasa dijadikan menu sarapan pagi. Bila dipadu dengan kopi, maka sandwich bisa menyeimbangkan konsumsi asam pada kopi. Tentunya, sandwich mencegah dan menurunkan asam lambung yang naik akibat kopi yang masuk ke perut. Disarankan konsumsi sandwich lebih besar, sedangkan kopi dihidang dalam cangkir kecil atau gelas espreso.

4. Roti Bakar

Roti bakar adalah juara bagi setiap penikmat minuman berwarna, baik itu kopi dan teh. Roti bakar dibuat dengan sederhana, ada juga yang ditambah campuran telur, daging, bahkan dilapisi topping aneka rasa. Roti bakar juga bisa disajikan sebagai teman minum kopi pada saat sarapan pagi. Bahkan, untuk cemilan siang, sore, dan malam pun juga cukup fleksibel untuk mengenyangkan perut Anda. Namun, roti bakar juga perlu diperhatikan toppingnya. Jika topping manis, cocok disajikan untuk kopi-kopi rasa berat dan pahit. Sedangkan topping gurih seperti keju, cocok disajikan untuk kopi rasa ringan dan cenderung fruity.

5. Oatmeal

Siapa bilang oatmeal hanya bisa disajikan bersama susu, pisang, roti, granola, muesli, bahkan abon dalam satu mangkuk saja? Varian oatmeal juga bisa dihidangkan bersama minuman kopi. Kopi pun perlu diolah, dicampur susu, dibubuhkan sedikit garam, hingga menghasilkan cairan kopi latte. Campuran oatmeal dan kopi latte merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan waktu sarapan berlama-lama. Misalnya oatmeal creamy latte yang penuh karbohidrat dan zat penambah stamina untuk pagi hari.

6. Kue

Kue sangat beraneka ragam jenisnya. Diantaranya ada kue basah dengan tekstur lembut, manis, cepat lumer di lidah, dan mampu menyeimbangkan rasa kopi yang pahit. Sementara kue kering bertekstur renyah, gurih, dan bisa melembutkan rasa kopi yang berat. Ragam kue tersebut bisa dinikmati bersama kopi sebagai camilan di siang, sore dan malam hari. Terlebih, kue ini cocok bagi Anda yang tidak menyukai kopi dengan cita rasa berat. Namun, perhatikan juga asupan kalori dan garam yang tergantung pada kue ini ya. Jangan sampai Anda obesitas atau gagal diet karena banyak ngemil tanpa olahraga teratur.

7. Singkong Goreng

Singkong goreng cukup sensasional di mata para penikmat kopi. Pasalnya, singkong goreng mudah ditemukan dan dibeli di pedagang kaki lima khusus gorengan. Abang-abang penjual gorengan ini sudah meracik bumbu sampai tingkat kelezatan istimewa yang dapat menghipnotis lidah para penikmat kopi. Rasa gurih sudah menyatu di lidah, minum kopi justru menjadi pengobatnya. Walaupun makanan ini terkesan berada di strata kelas bawah, namun singkong goreng mengandung karbohidrat tinggi. Makanan ini dapat menyempurnakan rasa kenyang bagi Anda yang suka mengemil bersama kopi.

8. Kacang rebus

Kacang rebus lebih nikmat ketika disajikan saat hangat. Kopi hangat pun juga tidak ketinggalan. Rasa kacang rebus yang gurih dan terasa renyah di lidah, membuat sensasi dan rasa kopi berat dan pahit semakin keluar. Tentunya, Anda akan semakin melek dan kenyang jika mengonsumsi kacang rebus dan kopi. Kacang rebus biasa dikonsumsi saat sore dan malam hari, guna menghangatkan tubuh dan mengembalikan energi yang hilang seharian.

From our editorial team

Perhatikan Porsi Makan yang Sesuai

Itulah delapan makanan yang cocok disandingkan dengan kopi. Pilih saja makanan yang paling Anda suka dan nikmati bersama kopi panas di sore hari. Varian makanan ini makin menambah pengalaman citarasa Anda saat mengonsumsi kopi. Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan yang sesuai ya. Hal ini mencegah Anda mengonsumsi makanan berlebihan yang memungkinkan berat badan semakin meningkat.