9+ Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia dan Wajib Kamu Tahu (2018)

9+ Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia dan Wajib Kamu Tahu (2018)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan keseniannya. Itu terlihat dari banyaknya kerajinan tangan Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai penjuru daerah. Bahkan, kerajinan tangan Indonesia itu sudah dikenal hingga berbagai penjuru dunia. Ingin tahu? Berikut BP-Guide akan memberikan ulasannya.

Bangga! Pamor Kerajinan Tangan Indonesia Sudah Dikenal Hingga Mancanegara

Sumber gambar www.raparapa.com

Berbanggalah pada bangsa kita, Indonesia. Negeri ini dianugerahi alam yang kaya dan melimpah ruah isinya. Air, tanaman, tambang, dan kekayaan alam Indonesia lainnya seolah tak ada habis. Lahir pula aneka kerajinan tangan Indonesia yang memperkaya kesenian bangsa. Hasil pengolahan kekayaan alam Indonesia pun jadi modal munculnya seni kreatif ini. Sumber daya alam maupun limbah mampu diolah menjadi kerajinan tangan yang tradisional sekaligus menarik dan punya daya jual. Artinya, kekayaan alam Indonesia punya banyak berkah buat semua.

Jenis - Jenis Kerajinan Tangan Indonesia

Kerajinan Tangan Ukir

Kayu dapat tumbuh dengan sempurna di daerah tropis seperti Indonesia. Itulah kenapa, hasil kayu kita berkualitas terbaik. Bahkan setelah diukir oleh pengrajin pun dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Negara kita pun makin dikenal berkat seni ukir kayu, misalnya pada ukiran kayu dari Jepara. Karya ukir dari Jepara sudah menembus pasar internasional sekelas Eropa, baik dalam bentuk patung, kaligrafi, atau relief. Kerajinan tangan ini berhasil membuat dunia terkagum-kagum, karena selain kualitasnya yang bagus hasilnya juga indah.

Kerajinan Tangan Batik

Sumber gambar ebookcraft.tumblr.com

Kerajinan tangan Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi ini sudah tak perlu diragukan, apalagi setelah diaugerahi UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Karya Agung Warisan Budaa Lisan dan Non-bendawi Manusia). Presiden Soeharto memperkenalkan batik pada dunia pertama kali saat menggunakannya di konferensi PBB.

Tokoh dunia, Nelson Mandela, juga diketahui sebagai pecinta batik. Beberapa kali beliau memakai baju bermotif asli Indonesia ini. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memopulerkan batik pada Akie Abe saat istri Perdana Menteri Jepang itu singgah ke Indonesia.

Kerajinan Tangan Pahat

Sumber gambar www.raparapa.com

Kekayaan alam Indonesia telah menginspirasi masyarakat untuk menghasilkan seni kreatif, salah satunya seni pahat. Seni ini menghasilkan karya berbentuk tiga dimensi, lewat cara dipahat, modeling (bisa menggunakan tanah liat), atau kasting (menggunakan cetakan). Dunia mengenal seni pahat patung Bali sebagai salah satu hasil kreasi Indonesia.

Kerajinan Tangan Anyaman

Sumber gambar merahputih.com

Bagaimana dengan kerajinan anyaman bambu? Ranah perdagangan ekspor sudah mengenalnya sejak dulu, karena bambu bisa dianyam menjadi wadah tisu, keranjang, perlengkapan rumah, tatakan gelas, lampu hias, dan banyak lagi. Kreasi anyaman ini jadi favorit masyarakat dari berbagai belahan dunia, misalnya di Eropa dan Amerika. Keunikan hasil karya anyaman membuatnya jadi incaran. Cari pengrajin anyaman bambu? Kamu bisa menemuinya di Garut dan Tasikmalaya. Karya mereka bahkan sudah go international.

Kerajinan Tangan Tenun

Sumber gambar www.kamuelavillas.com

Ini dia yang tak kalah indah. Kerajinan tangan Indonesia berupa tenun bisa kamu lihat dari tenun songket khas Sumatera, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Masyarakat dunia menggemarinya karena motif tenun selalu unik dan memiliki makna spesial, yaitu sebagai wujud kehidupan masyarakat dan merupakan hasil keeratan emosional masyarakat di daerah. Ketika kamu memakainya, maka kamu sedang mengenakan seni yang dibuat dari hati. Dahulu kala, kain tenun diperkenalkan oleh masyarakat Nusa Tenggara dan hadir sejak 3500 tahun lalu.

Kerajinan Tangan Topeng

Sumber gambar katadata.co.id

Kesan apa yang kamu rasakan saat melihat topeng? Unik? Misterius? Mungkin belum banyak yang mengenal kerajinan tangan satu ini. Tak sesederhana kelihatannya, seni topeng adalah hasil duet antara spiritualitas dan estetika.

Sebagai hasil karya kesenian tangan Indonesia, topeng dipakai untuk melengkapi hiasan atau pertunjukan tari. Benda ini berbahan kayu, biasanya dibuat di Cirebon, Bali, Bandung, Yogyakarta, atau Surakarta. Tiap topeng punya motif dan kekhasan yang beda-beda. Kayu yang digunakan pun tak semuanya sama, tapi yang paling sering dipakai adalah kayu pule atau kayu sengon. Ini karena keduanya lebih mudah dicari dan lebih mudah diukir dan dilukis.

Ini Dia Kerajinan Tangan yang Khas Indonesia Banget

Batik

Sumber gambar www.batikdistro.com

Kreativitas membanggakan yang sudah ada sejak berabad-abad lalu ini lahir di Indonesia dan jadi incaran seluruh dunia. Batik merupakan kesenian melukis di atas kain melalui medium lilin dan pewarna. Kamu bisa membelinya dalam bentuk kain yang belum terjahit. Misalnya, kain batik premium bermotif Babon Angrem yang klasik ini, membuatmu nampak elegan dan tepat dipakai ke acara resmi. Bahannya dari katun batik tulis Soga, berukuran 240 x 110 cm. Kamu bisa mendapatkannya di situs Batik S128 seharga Rp. 650.000.

Atau, jika kamu butuh batik yang sudah jadi pakaian, kunjungi situs Batik Distro. Di sini ada kemeja batik lengan pendek bermotif bunga cokelat asal Solo. Batik berbahan katun ini hadir dalam ukuran M, L, dan XL. Harganya hanya Rp. 49.000.

Ada lagi sarimbit batik model yang terdiri dari atasan berupa kemeja lengan panjang model kerah berbahan katun, dilengkapi kancing baju di bagian dalam dan tertutup. Motifnya daun, dengan bahan kombinasi kain embos yang timbul. Pakailah bersama rok panjang yang memiliki karet berkerut di bagian pinggang. Hadir dalam ukuran all size, M, L, dan XL, kamu bisa dapatkan seharga Rp. 135.000.

Tenun

Sumber gambar sanabilastore.com

Dibuat dari alat tenun bukan mesin (ATBM), membuat kain tenun khas Indonesia ini kian menawan dalam balutan corak tradisional. Sebagai rekomendasi, kamu bisa pilih kain tenun bermotif khas Toraja bernuansa warna merah dan hitam. Kain berukuran 238 x 118 cm ini dibuat 100 persen dari kain tenun nan lembut dan adem di kulit dan bisa kamu cari di Toko Tenun seharga Rp. 200.000.

Kerajinan tangan Indonesia ini juga dibuat dalam bentuk sarung. Sehingga lebih praktis dipakai untuk pelengkap busanamu. Dapatkan sarung tenun asli, eksklusif dengan bahan rayon yang warnanya lebih awet. Dengan ukuran 121 x110 cm, sarung ini berbahan ringan, tidak mudah mengkerut, nyaman, dan adem di kulit. Sanabila Store menjual sarung ini seharga Rp. 195.000.

Kain tenun songket bermotif asli Palembang yang dibuat pengerajin berkualitas pun hadir untukmu, lengkap dengan 1 set kain songket seukuran 200 cm x 100 cm dan selendang panjang 200 x 58 cm. Berminat? Cek barangnya di Tokopedia seharga Rp 1.490.000.

Ukiran Kayu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dunia sudah kagum dengan ukiran kayu tradisional asal Indonesia, masa kamu belum? Kerajinan tangan Indonesia ini layak kamu koleksi karena pola ukirannya bukan sekadar buatan tanpa makna, tapi mengandung arti. Lewat baru, kayu, dan media ukiran lainnya, pengerajin merealisasikan pikirannya dalam bentuk 3 dimensi.

Salah satu seni ukir kayu jati bisa kamu dapatkan di OLX, asli dari Jawa Timur. Dengan ukuran panjang 235 cm, tinggi 95 cm, da tebal 30 cm, kamu bisa dapatkan kreasi ini seharga Rp. 40.000.000. Ada lagi kerajinan tangan Indonesia berdesain kapal dijual seharga Rp. 135.000 di Tokopedia. Ukiran berbahan jati ini berukuran 25 x 7,5 x 27cm.

Butuh kotak perhiasan? Ukiran kayu jati ini cocok buatmu, dengan warna salak brown semi glossy yang siap memberi kesan menawan pada kotak perhiasanmu. Panjang kotaknya 25 cm, lebar 13 cm, tinggi 11,5 cm. Mau? Dapatkan di Bukalapak seharga Rp. 170.000.

Anyaman

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anyaman bambu menjadi salah satu kerajinan tangan Indonesia yang layak dikoleksi karena desainnya yang unik, serta ketahanan bahan dasar yang baik. Ini karena Indonesia beriklim tropis, sehingga tanahnya menghasilkan tanaman berkualitas. Buktikan dengan memakai kreasi anyaman bambu berupa handbag clutch dari Prelo. Tas model clutch terbuat dari anyaman dan kulit sintesis croco bermotif bunga dengan warna pink dan putih. Ukurannya 27 x 16 cm, dijual seharga Rp. 150.000 saja.

Tak hanya bambu. Ada juga tas anyaman berbahan pandan. Tetap berkualitas nomor satu dengan warna-warna yang cantik. Isi tasnya cukup besar dan gampang dibersihkan. Dibuat handmade lewat teknik decoupage, tas ini bakal menyempurnakan kecantikanmu saat jalan santai bareng orang terkasih. Ukuranya 28 x 22 x 12 cm, bisa kamu dapatkan di Lazada seharga Rp. 150.000.

Keramik

Sumber gambar www.lazada.co.id

Mungkin belum banyak yang mengenal keramik sebagai produk kerajinan tangan Indonesia. Hasil olahan keramik melahirkan beragam produk. Memang sih, keramik tidak datang asli dari Indonesia. Namun, pengrajin keramik di Indonesia telah mengubah keramik menjadi kreasi unik yang berhasil masuk pasar perdagangan dunia.

Gentong hias ini misalnya. Terbuat dari keramik dengan hiasan menawan, dijual dalam bentuk 1 gentong beserta isinya yaitu replika tumbuhan. Kerajinan tangan warna cokelat ini bakal mempercantik rumah Anda. Koleksi produk yang bisa kamu dapatkan di OLX seharga Rp. 700.000 ini. Pajangan keramik Richiwa tercipta untukmu yang suka seni. Hadir dalam bentuk 3D nan modern, hiasan ini berukuran 26 x 13 x 32 cm dan berat 2 kg. Dapatkan hanya di Lazada seharga Rp. 627.000.

Kerajinan Perak

Sumber gambar www.patrickmavros.com

Perak menjadi kerajinan tangan yang disoroti di Indonesia. Pusat kerajinan perak ada di Kotagede (Yogyakarya), Celuk (Bali), Bangil (Jawa Timur), Padang (Sumatera), atau Kendari (Sulawesi). Pengrajin perak ini hidup dan terus berkembang bersama kreasi perak yang indah dan berkualitas.

Rasakan kemewahan hasil kerajinan perak lewat kalung Casandra berbahan perak berlapis emas putih ini yang memiliki liontin huruf sebagai pemanis. Kalung ini berbahan perak 925, trendi dan cantik. Kamu bisa menjadikannya sebagai hadiah atau memakainya sendiri. Beratnya 5 gram, dengan liontin huruf seberat 2 gram dan panjang kalung hingga 45 cm. Produk ini bisa kamu dapatkan di Lazada seharga Rp. 599.000. Gratis untuk kotak kalungnya.

Selain kalung, perak juga diubah menjadi pajangan cantik berbentuk gajah satu ini. Dengan berat 80 gram, suvenir miniatur dari Silver 925 ini berukuran 10 x 5 x 7 cm. Penasaran dengan harganya? Hubungi segera Kota Gede Silver dan dukung kreasi kerajinan tangan Indonesia.

Patung Khas Daerah

Sumber gambar www.blibli.com

Seni pahat patung pun belum pudar. Pemahat patung masih hidup lewat karya patung khas daerah. Pelancong dari luar negeri menjadikannya suvenir oleh-oleh sebelum pulang ke negara mereka. Selain tanah, batu, dan kayu, pengrajin menggunakan perunggu, emas, dan perak sebagai bahan kreasinya.

Bara Biru Craft misalnya, membuat kerajinan patung ayam asli dari pengrajin Solo. Hiasan cantik ini bakal memperindah rumahmu, dengan warna merah dan hitam serta bahan kayu dan bulu ayam yang menambah nilai seninya. Patung berukuran 10 x 10 cm dan berat 0,1 kg ini bisa kamu dapatkan di UKM Market seharga Rp. 40.000 saja.

Atau, ingin patung berbentuk kucing? Dijual oleh Smesco Trade, patung dari kayu jati ini dibuat lewat proses raut dan ukir. Keeksotisannya pas sekali menjadi pemanis berkesan etnis pada ruanganmu. Cukup dengan Rp. 305.000, kamu sudah mendukung hasil karya kekayaan alam negeri sendiri. Dapatkan di Blibli sekarang juga!

Wayang

Sumber gambar www.wayang-store.com

Wayang belum usang. Tiruan manusia berupa boneka dari kulit atau kayu yang dipahat ini digunakan oleh dalang sebagai wujud karakter atau tokoh dalam pertunjukan kisah tradisional, baik di Jawa, Bali, Sunda, dan daerah lain. “Wayang” bermakna bayangan” dalam bahasa Jawa. Menurut kaidah dilsafat, kata “wayang” dapat berarti “bayangan” atau cermin karakter manusia, misalnya murka, baik, serakah, dan sebagainya.

Di luar itu, wayang menjadi aksesori yang bisa kamu pilih untuk penghias ruangan, properti pemotretan, atau lain-lain. Salah satunya wayang golek Batara Kresna yang dikenal gagah dan pandai. Dibuat dari ukiran kayu berkualitas terbaik, wayang 65 cm ini dapat kamu beli di Tokopedia seharga Rp. 325.000.

Ada lagi wayang kulit yang terkenal, yaitu Rama dan Shinta berukuran 7x5,5x3 cm. Dijual lengkap dengan tatakan, wayang ini dibuat dari kulit kerbau nan halus. Tangkainya pun didesain menggunakan tanduk kerbau putih. Dibuat secara homemade dengan teknik tatah sungging tradisional, wayang bermotif batik ini dilengkapi cerita wayang juga. Dapatkan di Wayang Store seharga Rp. 239.000 hingga Rp. 478.000 rupiah.

Topeng

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kerajinan tangan Indonesia berbahan kayu, kertas, kain, logam, atau plastik ini menjadi wujud karya seni bagi masyarakat kekinian. Tak hanya mewakili nilai simbolis, topeng juga menjadi hiasan favorit karena kesan artistiknya. Tertarik mengoleksi topeng?

Topeng Cirebon Patih ini bisa kamu pilih. Berbahan kayu “jaran”, seluruh jenis topeng yang dikenal sebagai Panca Wanda (Lima Rupa) ini digunakan untuk pelengkap Tarian Topeng Cirebon, yang mewakili simbol manusia berkarakter, tegas, dan bertanggung jawab. Kamu bisa mendapatkannya di situs Topeng Cirebon seharga Rp. 75.000.

Pernah dengar Topeng Lawak? Hasil kerajinan tangan berbahan kayu ini dibuat oleh para pengrajin terbaik, bisa dipakai sebagai hiasan dinding atau perlengkapan upacara adat. Ada 3 macam topeng lawak, yaitu topeng lawak batik, polos, dan cat. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia seharga Rp. 110.000.

Gerabah

Sumber gambar rumahkerajinan.com

Pasti kamu tahu dong, apa itu gerabah? Walau dianggap termasuk dalam goongan keramik, namun gerabah lebih cocok diartikan sebagai peralatan berbahan tanah liat, yang bisa kita lihat dalam bentuk periuk, wadah air, belanga, dan sejenisnya. Produk dari hasil kerajinan tangan gerabah bisa kamu pakai untuk perlengkapan memasak. Misalnya, panci gerabah berdiameter 23 cm dan tinggi 11 cm ini. Harganya pun super murah. Berbahan gerabah kualitas tinggi, hadirlah panci cantik yang bisa kamu dapatkan di Rumah Kerajinan seharga Rp. 50.000 saja.

Ada juga wajan dan anglo berbahan gerbah berukuran besar yang cocok dijadikan alat penghidang buffet atau perlengkapan memasak tradisional. Satu setnya dijual seberat sekitar 7 kilogram, namun kamu bisa membeli per set atau terpisah. Tertarik? Cek dulu produk yang dijual hingga Rp. 272.000 ini di Bukalapak.

Poci set berbahan gerabah ini juga bakal mempercantik perabotmu, baik untuk di rumah, kafe, ataupun kantor. Dibuat dari tanah liat terbaik, kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp. 80.000. Jangan lupa, membeli produk kerajinan tangan Indonesia berarti mendukung hidupnya kesenian dari pengrajin asli negeri sendiri.

From our editorial team

Kayanya Indonesia bisa jadi kebanggaan di depan bangsa lain

Kerajinan tangan Indonesia bukti bahwa Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam dan kebudayaan. Berbagai kerajinan tangan dibuat dari bahan-bahan alam yang ada. Dengan kreativitas seni yang tinggi, dan tidak didapat di bangku perguruan tinggi di luar negeri. Semuanya adalah hasil kebudayaan dan dikenal di penjuru dunia. Inilah alasan kamu harus bangga dengan Indonesia!