10 Rekomendasi Cokelat Valentine untuk Bikin Dia Makin Cinta (2021)

10 Rekomendasi Cokelat Valentine untuk Bikin Dia Makin Cinta (2021)

Cokelat memang sudah jadi tradisi untuk hadiah Valentine. Nah, untuk Valentine tahun ini, kamu sudah siapkan cokelat belum? Valentine tinggal menghitung hari, buruan persiapkan cokelat hadiahmu. Simak tips memilih cokelat untuk Valentine. Cek juga rekomendasi cokelatnya dari kami!

Cokelat Tak Hanya Lezat tapi juga Kaya Manfaat

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai orang. Dari anak kecil hingga dewasa banyak yang menggemarinya. Bentuk cokelat pun beragam, ada yang dibuat minuman, cokelat batangan, selai cokelat, permen cokelat, kue cokelat, dan lain sebagainya. Memakan cokelat membuat orang menjadi bahagia dan memiliki mood yang lebih baik.

Cokelat terbuat dari kakao alias biji cokelat. Tanaman cokelat banyak tumbuh di Amerika pada awalnya, namun kini sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Bahkan, setiap negara memiliki cokelat khasnya sendiri.

Mengonsumsi cokelat bikin kita jadi mendapatkan banyak nutrisi. Tentu saja, diutamakan cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat hitam. Cokelat jenis ini belum banyak dicampur dengan gula atau bahan pemanis lainnya. Dalam 100 gram cokelat hitam terkandung 11 gram serat dan mineral, mulai dari magnesium, mangan, zat besi, kalium, dan lain sebagainya.

Cokelat dikenal kaya akan flavonoid. Ini merupakan zat antoksidan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Fungsi antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas. Cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Cokelat bisa juga melindungi kulit dari sinar matahari, menjaga kulit tetap lembap, dan melancarkan aliran darah ke kulit berkat adanya zat flavonoid.

Begitu banyak manfaat cokelat untuk kesehatan sehingga tidak heran jika banyak orang mulai rutin mengonsumsi cokelat. Selain rasanya enak, khasiatnya yang besar untuk tubuh juga jadi pertimbangan untuk mulai mengonsumsi cokelat sebagai makanan yang menyehatkan.

Cokelat Jadi Salah Satu Simbol Valentine

Hari Valentine tinggal menghitung hari. Kamu yang sedang bingung memikirkan hadiah apa yang paling pas untuk Valentine, bisa jatuhkan pilihan pada cokelat. Ini karena cokelat menjadi salah satu simbol Valentine sejak dulu.

Di awal kepopulerannya, cokelat menjadi makanan persembahan untuk para dewa dan dewi. Suku Maya dan Aztec percaya bahwa cokelat adalah persembahan yang pas untuk dewa-dewi atau untuk para raja dan tetua.

Lalu, di era Victoria, cokelat juga sangat populer. Banyak pria mulai mengandalkan cokelat sebagai simbol untuk melamar. Bahkan ada iklan cokelat yang menunjukkan bahwa pertukaran cokelat antara pria dan wanita adalah deklarasi cinta.

Cokelat pun mulai dinilai sebagai simbol untuk menunjukkan perhatian, kasih sayang, dan cinta. Di era tersebut, bahkan cokelat diasosiasikan dengan pacaran dan seks. Maka dari itu, tidak heran jika buku etiket kala itu memperingatkan para wanita agar tidak menerima cokelat dari pria tak dikenal.

Nah, hingga kini cokelat pun jadi lekat sebagai simbol cinta kasih dan penghormatan. Perkembangan zaman yang makin maju membuat produsen cokelat berlomba untuk memproduksi cokelat dengan beragam bentuk, warna, dan rasa. Bahkan, di hari istimewa seperti Valentine, beberapa produsen biasanya akan memproduksi cokelat dengan bentuk, warna, dan rasa khusus. Ini untuk menarik konsumen yang ingin menghadiahkan cokelat untuk orang tersayangnya.

Tips Memilih Cokelat untuk Valentine

Cek Kandungan Kakao dan Gulanya

Ketika hendak memutuskan membeli cokelat sebagai hadiah, tentu kamu tidak bisa asal memilih cokelatnya. Kamu wajib mengecek kandungan kakao dan juga gulanya. Jika ingin memberikan cokelat yang menyehatkan, tentunya kamu akan memilih cokelat yang rendah gula. Namun, jika ingin memberikan kado dengan rasa manis, tentu kamu bisa memilih cokelat apa saja dengan kandungan gula yang lebih tinggi.

Cokelat yang bagus dan menyehatkan sebaiknya memiliki kandungan kakao di atas 50%. Cokelat dengan kandungan kakao di bawah itu bisa merangsang asam lambung. Jika memungkinkan pilihlah yang kandungan kakaonya 70% ke atas.

Untuk kandungan gula, sebaiknya pilih yang sedikit saja. Usahakan kandungan gula tidak lebih dari 6 gram. Makin sedikit kandungan gula, maka makin baik cokelat untuk dikonsumsi.

Pilih dari Segi Rasa

Kamu bisa juga memilih rasa cokelat yang hendak diberikan. Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis rasa cokelat yang tersedia di pasaran. Ada yang rasa asli cokelat, ada pula rasa buah seperti stroberi, bluberi, dan lainnya. Kamu bebas memilih rasa apa yang kamu inginkan. Bisa juga disesuaikan dengan rasa favorit penerima kado cokelat.

Pilih Warna Cokelat

Hal lain yang wajib diteliti saat membeli cokelat untuk hadiah adalah memilih warnanya. Makin gelap warna cokelat, maka menunjukkan makin tinggi kandungan kakaonya. Makin muda warnanya, maka makin banyak tambahan susu dan gulanya. Jika ingin memberikan cokelat yang bergizi, kamu bisa memberikan cokelat dengan kandungan kakao yang tinggi meski rasanya pahit dan warnanya cokelat kehitaman.

Pilih dari Merek

Kamu juga boleh memilih cokelat dari segi merek. Ada banyak merek cokelat yang sudah ternama. Membeli merek dari cokelat ternama membuat kamu tidak perlu was-was lagi akan kualitas cokelat tersebut. Selain itu, cokelat dari merek kenamaan umumnya dikemas menarik sehingga kita tidak perlu repot menghiasnya saat akan memberikannya sebagai hadiah. Cokelat bermerek memang lebih mahal, namun kita bisa menjamin keamanannya karena pastinya sudah memiliki izin edar dari BPOM atau lembaga terkait.

Ini Dia Deretan Cokelat yang Cocok Jadi Hadiah Valentine

SilverQueen Chunky bar edisi valentine

SilverQueen merupakan salah satu merek yang sangat terkenal di Indonesia. Merek yang satu ini dikenal banyak memproduksi aneka jenis cokelat yang unik dan enak. Varian cokelatnya juga banyak sehingga sangat memanjakan pencinta cokelat. Untuk hadiah Valentine, kamu bisa lirik SilverQueen Chunky bar edisi valentine. Produk yang satu ini merupakan cokelat batangan lezat yang dipadukan kacang mede gurih khas dari SilverQueen.

Produk ini terlihat unik dan menarik dari desain bunga mawar di kemasannya. Ini cocok untuk diberikan sebagai hadiah. Kamu tidak perlu lagi menghiasnya. Produk ini rasanya enak dan tentunya bikin nagih.

Harga Rp. 43.000-107.000

Cadbury Chocolate Gift Box Paket Valentine Hadiah Boneka

Cadbury juga dikenal sebagai salah satu merek cokelat yang ternama di negara kita. Cokelat dari Cadbury dikenal akan rasanya yang begitu kaya dan memanjakan lidah. Untuk hadiah, kamu bisa coba membeli Cadbury Chocolate Gift Box Paket Valentine Hadiah Boneka.

Produk yang satu ini unik dan menarik. Kamu bisa langsung memberikannya karena isiannya lengkap dan sudah ada bonus boneka yang menggemaskan. Di dalamnya terdapat Cadbury Dairy Milk Cokelat sebanyak 2 buah, Cadbury Fruit & Nut Cokelat sebanyak 1 buah, dan Cadbury Cashew Nut Cokelat sebanyak 1 buah

Harga Rp. 124.900

Ferrero Rocher T-16

Ferrero Rocher T-16 ini juga sangat pas untuk jadi cokelat hadiah Valentine. Produk yang satu ini dikemas menarik. Dalam satu pak berisi 16 buah cokelat berbentuk bulat. Produk ini terbuat dari wafer yang diberi kacang hazelnut dan juga diisi krim hazelnut. Bagian luarnya dilapis cokelat susu dengan kenari dan hazelnut yang sudah dicincang. Rasanya lezat dan begitu menggoda lidah. Produk yang satu ini menarik untuk diberikan sebagai hadiah karena kemasannya mewah.

Harga Rp. 113.000-258.000

Cokelat Majapahit Greentea Milk Chocolate

Cokelat Majapahit Greentea Milk Chocolate ini bukan asal cokelat saja. Produk ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kemasannya simpel dan unik. Ini merupakan cokelat buatan Indonesia. Dengan kemasan warna hijau dan dekorasi khas Indonesia, cokelat yang satu ini dibuat dari biji kakao pilihan. Cokelat dibuat tanpa pengawet dan bahan kimia sehingga membuat kamu tidak perlu khawatir mengonsumsinya. Uniknya, produk ini juga dikombinasikan dengan greentea, sehingga rasa cokelatnya unik. Jika kamu hendak memberikannya kepada penggemar greentea, dia pasti suka.

Chocodot Coklat Makin Cinta

Chocodot Coklat Makin Cinta ini tidak kalah unik untuk diberikan sebagai hadiah. Chocodot adalah merek cokelat asli Indonesia yang berasal dari Garut. Produk Chocodot dikenal dengan kemasan yang unik dan lucu. Varian rasanya juga sangat beragam, dari rasa buah hingga rasa greentea.

Kamu bisa coba edisi produk Makin Cinta ini. Kemasannya sangat simpel. Kamu bisa menjadikannya sebagai hadiah. Rasanya juga enak. Harapannya, setelah makan cokelat ini, kamu jadi mendapatkan cinta yang lebih pasti. Produk ini sudah mendapat izin BPOM sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 13.800-19.000

Monggo Chocolate - Dark 86% Tablet 80gr

Monggo Chocolate - Dark 86% Tablet 80gr tentu tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Ini adalah jenis cokelat sehat yang wajib kamu jadikan sebagai hadiah cokelat Valentine. Di dalamnya terkandung 86 persen cokelat premium dan pemanis alami. Produk ini dibuat tanpa pewarna dan minyak nabati. Cokelat yang diproduksi di Yogyakarta ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh atau supermarket ternama hingga di toko online. Produk ini sudah mendapat izin BPOM sehingga aman dikonsumsi. Kemasan cokelatnya dari kertas daur ulang sehingga ramah lingkungan.

Harga Rp. 38.000-85.000

Pod Chocolate Bali - Signature The Purist 99% Pure Dark Chocolate

Pod Chocolate Bali - Signature The Purist 99% Pure Dark Chocolate adalah produk cokelat lain yang bisa kamu pilih jadi cokelat Valentine. Cokelat yang satu ini terbuat dari cocoa mass dan cocoa butter sebanyak 99%. Bahan biji cokelatnya berasal dari para petani lokal. Pengolahannya juga higienis dan modern. Produk ini sudah memiliki PIRT dan juga sudah bersertifikat MUI sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 44.000-164.000

Krakakoa Flavoured Dark Milk Chocolate, Ginger

Krakakoa Flavoured Dark Milk Chocolate, Ginger ini juga cocok jadi rekomendasi. Krakakoa sendiri merupakan merek cokelat berkualitas tinggi yang berasal dari daerah Lampung. Ini adalah produk cokelat organik. Bahannya diperoleh dari para petani Indonesia yang sudah dilatih secara khusus. Proses pengolahan cokelatnya juga modern sehingga menghasilkan cokelat yang bermutu tinggi. Produk ini unik karena memiliki rasa dan aroma jahe yang menghangatkan dan bikin segar.

Harga Rp. 36.000-95.000

WoCA Cokelat Manggis Premium Chocolate Bar 40 gram

WoCA Cokelat Manggis Premium Chocolate Bar adalah cokelat Valentine yang bisa jadi hadiah. Produk ini dikemas dalam kemasan yang menarik berwarna ungu dengan gambar bunga kamboja putih khas Bali. Ya, cokelat ini adalah produk dari Bali. Rasanya begitu enak dan tentunya bikin nagih. Cokelat ini sudah memiliki izin PIRT.

Cokelat ini hanya memakai buah asli sebagai komposisinya dan mengandung bahan pengawet. Cokelat rasa manggis ini tentunya unik dan menarik untuk dicoba.

Harga Rp. 15.000-179.000

Lindt Lindor Swarovski Heart Chocolate Coklat Box Love Valentine

Lindt Lindor Swarovski Heart Chocolate Coklat Box Love Valentine adalah rekomendasi yang terakhir dari kami. Cokelat dikemas dalam boks berbentuk hati warna merah. Ini membuat kamu tidak perlu repot lagi untuk memberikannya sebagai hadiah. Cokelatnya lezat dan lembut dengan isian yang luar biasa enak. Dengan ukuran yang besar, pasti memuaskan para pencinta cokelat.

Harga Rp. 159.000
From our editorial team

Hindari Terlalu Banyak Makan Cokelat

Cokelat memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini jangan sampai jadi pembenaran kamu untuk mengonsumsi cokelat sebanyak mungkin. Jika tidak ingin menderita diabetes, alergi, dan lain sebagainya, tentu konsumsi cokelat harus sewajarnya saja. Lagipula, jenis cokelat yang dikonsumsi juga wajib dipilih dengan cermat dan bukan asal cokelat. Berhati-hatilah dengan jenis cokelat yang banyak kandungan gulanya. Supaya tetap sehat, jangan lupa olahraga usai mengonsumsi cokelat, ya.