Jangan Bingung Kasih Hadiah, Cek 10 Rekomendasi Kado Cokelat Ini untuk Orang Tersayang (2020)

Jangan Bingung Kasih Hadiah, Cek 10 Rekomendasi Kado Cokelat Ini untuk Orang Tersayang (2020)

Cokelat jadi makanan favorit semua orang. Cokelat hadir dalam aneka bentuk mulai dari cokelat batang, minuman cokelat, kue cokelat, permen cokelat, dan lain sebagainya. Selain dikonsumsi sendiri, cokelat juga jadi pilihan hadiah tepat untuk orang tersayang. Cek juga rekomendasinya dari kami!

Cokelat dan Sekelumit Sejarahnya

Cokelat disukai oleh semua orang, dari anak kecil hingga dewasa. Olahan makanan atau minuman dari biji kakao bernama cokelat ini memiliki berbagai jenis. Ada yang dark chocolate, white chocolate, milk chocolate, fruit chocolate, dan lainnya.

Cokelat sendiri sudah dikenal sejak lama. Pohon kakao penghasil cokelat awalnya tumbuh di Amazon hingga ke Meksiko. Pada tahun 1100-1400 SM di situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras ditemukan biji kakao. Kala itu biji kakao dimanfaatkan sebagai minuman dan juga gula alami untuk minuman beralkohol. Biji kakao juga dipercaya sebagai obat kala itu.

Jauh sebelum itu, di tahun 450 - 500 SM, teknik mengolah biji kakao sudah dikenal oleh suku Maya. Mereka mengolah kakao dengan cara dipanggang hingga difermentasi supaya rasanya lebih enak. Lalu pada tahun 900 M biji kakao mulai jadi komoditas utama Meso-Amerika. Biji kakao terbilang sebagai komoditi berharga dan banyak disajikan baik pada acara keagamaan atau diserahkan sebagai hadiah.

Pada tahun 1554 M, cokelat mulai disebarkan ke Spanyol. Dan di sepanjang abad ke 17, cokelat mulai jadi bahan minuman menyegarkan yang digemari para bangsawan. Selanjutnya, cokelat juga dibawa para pedagang berkeliling dunia hingga cokelat tersebar ke berbagai wilayah.

Cokelat padat mulai dikenal pada tahun 1847. Cokelat kala itu sudah memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga banyak orang bisa menikmatinya dari bangsawan hingga rakyat biasa. Sejak saat itu, cokelat mulai dikembangkan menjadi berbagai jenis dan bentuk dengan rasa yang juga beragam.

Tips Mengonsumsi Cokelat yang Aman

Pilih Jenis Cokelat

Cokelat memang kaya akan manfaat jika dikonsumsi dengan benar. Supaya kamu tidak salah mengonsumsi cokelat, kamu wajib pilih jenis cokelatnya dulu. Cek kandungan yang ada dalam cokelat tersebut untuk tahu keamanannya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Pilih jenis cokelat murni dan bukannya kue cokelat. Dengan mengonsumsi cokelat murni, maka kamu bisa menikmati rasa cokelat yang sesungguhnya. Cokelat batangan murni juga tidak memiliki asupan kalori dan lemak yang membahayakan.

Utamakan memilih jenis cokelat hitam alias dark chocolate. Ini karena kandungan flavonoidnya lebih tinggi. Zat flavonoid sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menyehatkan jantung, menjadi antioksidan alami, dan lain sebagainya. Rasa cokelat hitam memang lebih pahit karena tidak ada campuran pemanis di dalamnya.

Cek juga label informasi nilai gizi pada cokelat yang kamu beli. Pilih dark chocolate dengan kandungan 70 persen kakao supaya kamu bisa mendapatkan zat flavanol dan polyphenol yang baik untuk kesehatan. Kamu juga bisa memilih jenis cokelat yang low calories dan diperkaya kacang-kacangan atau buah-buahan kering karena lebih menyehatkan.

Cek Porsinya

Dalam mengonsumsi cokelat, kita tetap harus membatasinya. Kamu bisa membeli cokelat dalam potongan-potongan kecil daripada membeli yang potongan besar sekaligus. Ini karena dengan membeli potongan kecil sudah cukup antioksidannya bagi tubuh dalam sekali konsumsi. Cokelat yang besar hanya akan menggoda kamu untuk terus memakannya sampai habis.

Konsumsilah sedikit saja cokelat lalu jangan lupa imbangi dengan makanan dan minuman bergizi. Hindari mengonsumsinya bersamaan dengan soda, cake, es krim, dan lain-lain. Ini untuk menjaga berat badan tetap stabil, kalori terjaga, dan bikin kamu tetap sehat meski mengonsumsi cokelat.

Makan Perlahan dan Nikmati

Meski kamu sanggup menikmati cokelat dalam potongan besar sekaligus, namun ada baiknya kamu memakannya perlahan dan menikmatinya sedikit demi sedikit. Ambil ambil satu potongan kecil dan makan dengan perlahan. Nikmati dan biarkan cokelat melumer perlahan di mulut. Rasa dan aroma cokelat akan bertahan lebih lama jika kamu mengonsumsinya sedikit demi sedikit. Hindari cepat-cepat mengunyah dan menelan karena ini hanya bikin kamu ketagihan dan ingin makan lebih banyak lagi.

Makan di Waktu yang Tepat

Konsumsilah cokelat di saat yang tepat. Hindari mengonsumsi cokelat di sela-sela aktivitasmu. Hal ini hanya akan bikin kamu kurang bisa menikmati cokelat dengan sepenuh hati. Akibatnya, kamu jadi nambah terus dan tidak bisa berhenti makan cokelat.

Makanlah cokelat saat kamu sedang rileks dan saat semua aktivitas sudah selesai. Konsumsi cokelat pada saat tenang bisa bikin kamu lebih puas meski hanya makan sedikit. Kamu bisa juga mengonsumsi cokelat sebagai hidangan penutup pada malam hari.

10 Rekomendasi Hadiah Cokelat untuk Orang Termanis di Hidupmu

Hadiah Coklat Monggo 20 x 5,5 gram Punakawan Cokelat

Hadiah Coklat Monggo 20 x 5,5 gram Punakawan Cokelat merupakan produk rekomendasi kami yang pertama. Cokelat yang satu ini unik dan pastinya rasanya enak. Produk ini bisa dibungkus kado atau bisa langsung diberikan begitu saja. Cokelat ini hadir dalam sebuah kotak berisi 20 potongan kecil cokelat terbaik dari Indonesia. Kamu bisa memakannya sendiri bersama teman dan keluarga juga. Produk ini terbuat dari bahan Dark Chocolate Couverture 58 % Cocoa. Untuk pilihan rasanya ada rasa Dark 58%, Dark 69%, dan Greentea.

Harga Rp. 97.000-150.000

Parsel Coklat Premium Hampers Kado Hadiah Suprise Ultah Parcel Exclusive Gift

Jangan lewatkan juga untuk mencoba Parsel Coklat Premium Hampers Kado Hadiah Suprise Ultah Parcel Exclusive Gift. Produk ini bisa digunakan sendiri dan bisa juga jadi hadiah yang tak terlupakan. Produk ini bisa jadi hadiah Lebaran, ulang tahun, Natal, seserahan pernikahan, dan lain sebagainya. Produk ini dilengkapi dengan kartu ucapan dan stiker juga. Kamu bisa pesan kartu ucapannya untuk berbagai momen.

Dikemas dalam kotak premium dan eksklusif, tentunya si penerima jadi sangat senang menerimanya. Ukuran kotak ini adalah 24 x 20 x 7 cm. Ada pita gold yang semakin menambah kesan cantik produk ini. Isian paketnya merupakan produk premium dan halal yang aman dikonsumsi.

Dalam satu box berisi Delfie Treasure, Delfie Chaca Peanut, L'agie Chocolate, L'agie Planet White, L'agie Mini Pink, Marshmallow Mini Corniche Singapore, Chocolate Coin Golden Roundies, dan Jelly Waisun Malaysia.

Harga Rp. 180.000-270.000

Pod Chocolate Gift Hamper Small - Cokelat

Pod Chocolate Gift Hamper Small - Cokelat First 100% Plant-Based Chocolate Factory In The World adalah produk selanjutnya yang bisa kamu lirik. Ini cocok untuk jadi kado bagi orang tersayang. Bisa jadi kado ulang tahun, kado anniversary, seserahan pernikahan, hampers, dan lain sebagainya.

Produk ini dihadirkan oleh Pod Chocolate yang merupakan merupakan pabrik coklat plant-based pertama di dunia yang berbahan nabati. Ini membuat semua produknya aman dikonsumsi untuk mereka yang vegan. Produk ini memakai biji kakao dan kakao butter yang lebih sehat dari minyak sawit. Produk cokelat ini kaya akan mineral seperti zat besi, magnesium, dan zinc yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Produk ini bebas pemanis dan bebas zat aditif atau pengawet. Selain itu, cokelat ini juga diproses tanpa menggunakan bahan kimia sehingga dijamin menyehatkan.

Dalam paket ini berisi Fruit & Nut 45gr, Saesalt & Cacao Nibs 45gr, dan Matcha 45gr. Ada juga Cookies & Cream 45gr, Creamy Honeycomb 45gr dan Rosella Flower 45gr. Ada juga Fresh Bake Cookies 80gr, Pod Rocks 150gr, dan Chocolate Hazelnut Spread 425g.

Harga Rp. 250.000-342.000

Coklat Ferrero Treasures Truffle Bucket

Ferrero Rocher sendiri adalah cokelat yang diperkenalkan pada tahun 1982 di Eropa. Ini adalah bisnis keluarga dari Ferrero Group. Cokelat ini dinamai menyerupai sebuah gua di kuil Katolik Roma di Lourdes. Produk ini diisi dengan cokelat hazelnut dan dilapisi cokelat susu dan potongan hazelnut. Bisa terbayang kelezatannya, kan?

Coklat Ferrero Treasures Truffle Bucket O 2-3 Hari bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Berikan pada mereka yang merupakan penggemar berat cokelat, tentunya mereka senang menerima hadiah ini. Cokelat ini berbentuk bulat dengan dibungkus kertas emas.

Hal yang paling menarik adalah kemasannya yang mewah. Ini membuat siapa saja yang menerimanya jadi sangat tersanjung. Kamu bisa juga memesan warna kertas bucket-nya.

Harga Rp. 100.000-555.000

Chocolate gift S28B

Chocolate gift S28B menjadi produk rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini tampak cantik dan unik. Cokelat ini pantas jadi hadiah untuk berbagai momen spesial. Kamu bisa memberikannya untuk orang tersayang di hari Valentine. Selain itu, cokelat juga cocok untuk diberikan pada momen hari ibu, ulang tahun, anniversary, dan lain sebagainya.

Kamu bisa memesan warna cokelat dan juga karakternya. Kata-kata dalam cokelatnya juga bisa diganti sesuai pesanan. Rasa cokelatnya enak dan tidak eneg. Cokelat juga tidak akan menempel pada langit-langit mulut. Dikemas dalam kotak karton, produk ini terbuat dari paduan cokelat fruity dan cokelat putih. Masa kedaluwarsa cokelat adalah 3 sampai 6 bulan dari pemesanan.

Harga Rp. 100.000-170.000

Kado coklat boxs24

Kado coklat boxs 24 ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini cocok jadi hadiah untuk berbagai acara. Cokelat hanya akan dibuat setelah pesanan masuk sehingga dijamin segar sampai ke tangan customer. Produk ini dibuat dari bahan cokelat premium merek Colatta dan Elmer. Dikemas dalam softbox polkadot dengan aneka warna dan tutup bahan mika di bagian atas.

Isiannya adalah cokelat full karakter 24 buah lengkap dengan karakter dan choco card 12 buah. Kamu bisa memesan tulisan dan karakternya. Cokelat akan dikemas dalam bubble wrap dan dus sehingga aman sampai di tempat.

Harga Rp. 90.000-196.000

Paket Coklat Valentine Love Hati Isi 18 Dan Bunga

Paket Coklat Valentine Love Hati Isi 18 Dan Bunga merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini adalah paket lengkap berupa cokelat dan bunga artifisial. Dalam paket ini berisi 18 buah cokelat dan sebuah bunga mawar cantik. Untuk pilihan rasanya ada banyak mulai dari stroberi, greentea, lemon, blueberry, jeruk, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 189.000-323.000

Candy Tray Coklat Karakter Ucapan Hadiah

Kamu juga bisa lirik Candy Tray Coklat Karakter Ucapan Hadiah sebagai pilihan. Produk yang satu ini adalah cokelat aneka karakter dengan ucapan. Kamu bisa request karakter dan kata-katanya. Kado cokelat ini cocok untuk camilan saat santai, suguhan tamu, hadiah hantaran, hadiah valentine, hari ibu, dan lain sebagainya.

Cokelatnya tidak eneg dan pastinya premium. Ada banyak pilihan karakternya, mulai dari Frozen, Disney Princess, Doraemon, Superhero, dan lain sebagainya. Dalam 1 toples berisi 70 hingga 80 buah cokelat. Bahan cokelat dari cokelat berkualitas aneka warna.

Harga Rp. 160.000-240.000

Hadiah Ulang Tahun Coklat Trulychoco

Hadiah Ulang Tahun Coklat Trulychoco adalah rekomendasi kami yang sayang untuk kamu lewatkan. Produk ini terbuat dari cokelat compound premium. Ada dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate yang diolah komposisinya dengan ketelitian tinggi. Produk ini tidak memakai bahan tambahan seperti rhum, pemanis buatan, dan lainnya. Cokelatnya halal dan aman dikonsumsi.

Harga Rp. 170.000-235.000

Cokelat Kekinian / Coklat Chocodot's Mini

Cokelat Kekinian / Coklat Chocodot's Mini Coklat Karakter / Cokelat Kekinian / Chocodot's Update menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini unik dari segi nama dan juga rasanya. Jangan khawatir karena cokelat ini sudah mendapatkan sertifikat Halal MUI dan terdaftar di Depkes PIRT. Cokelat ini dikemas dalam ukuran 50 gram. Keunikan cokelat terletak pada namanya dan kemasannya. Ada cokelat Rasa Sayang, Enteng Jodoh, Tolak Miskin, Obat Stres, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 19.000-33.000
From our editorial team

Jangan Lewatkan Olahraga Usai Makan Cokelat

Hobi makan cokelat tapi tidak ingin gemuk? Bisa banget kok! Hal yang paling penting lagi adalah, jangan lupakan olahraga. Kamu wajib membakar kalori dan lemak dari cokelat yang kamu makan. Pilih jenis olahraga yang kamu sukai, mulai dari renang, jogging, lari, lompat tali, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu tidak khawatir kalori tubuh menumpuk tak terpakai dan jadi lemak.