Bingung Mencari Barang Seserahan untuk Calon Pengantin Pria? Yuk, Intip 10 Rekomendasinya di Sini!

Bingung Mencari Barang Seserahan untuk Calon Pengantin Pria? Yuk, Intip 10 Rekomendasinya di Sini!

Seserahan adalah sebuah hadiah penting yang perlu dibawa oleh calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita, namun beberapa adat malahan mengharuskan pemberian seserahan dari calon pengantin wanita ke calon pengantin pria. Biasanya barang yang diserahkan kala seserahan adalah barang-barang yang bermanfaat dan berkesan. Apa saja barang seserahan yang bisa dijadikan inspirasi? Yuk, simak artikel berikut!

Pemberian Seserahan Menjadi Salah Satu Prosesi Penting dalam Proses Pernikahan

Sumber gambar www.pinterest.com

Dari sisi adat budaya, seserahan merupakan ritual yang sama pentingnya dengan ritual lain dalam upacara pernikahan. Tak berarti wajib, seserahan sifatnya seperti kesepakatan antara pasangan dan masing-masing keluarga.

Seserahan sendiri punya makna sebagai tanda pertanggungjawaban pihak pria terhadap wanita dan keluarga mempelai. Sang pria dipandang sudah mampu memenuhi kebutuhan calon istrinya. Berkaitan dengan makna tersebut, barang-barang yang umumnya dipilih untuk seserahan tak jauh dari kebutuhan rumah tangga.

Sekarang ini barang-barang seserahan tidak hanya dipilih dan dibeli dari pihak mempelai pria saja. Pihak wanita seringkali membantu memilihkan barang seserahan supaya sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian pesan lain yang dibawa dari acara seserahan adalah kedua mempelai harus selalu mengutamakan kebutuhan, bukan hanya hati namun juga materi.

Tidak Hanya untuk Wanita, Ada juga Beberapa Adat yang Mengharuskan Pemberian Seserahan kepada Pria

Pemberian seserahan di masa lalu dilakukan pada saat lamaran dan midodareni pada adat Jawa atau ngeuyeuk seuruh dalam adat Sunda. Di daerah Yogyakarta, prosesi penyerahan seserahan dari pihak pria ke wanita diberi nama 'srah-srahan'.

Kini pemberian seserahan tidak terikat pakem budaya lagi, cukup sekali pada saat lamaran, supaya makin efisien. Keputusan tersebut sebenarnya diambil berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak keluarga.

Sebagai ucapan terima kasih pihak wanita atas kesungguhan sang pria, ada seserahan lainya juga. Balasan dari 'srah-srahan' diberi nama 'angsul-angsul' dan dilakukan saat acara midodareni. Biasanya seserahan ini berisi makanan dan 'kancing gelung' berupa seperangkat pakaian resmi untuk dikenakan mempelai pria di hari pernikahan.

Prosesi Seserahan Dalam Beberapa Adat

Intip beberapa prosesi seserahan dalam beberapa adat lainnya, yuk!

Jawa

Sumber gambar wedding-mu.blogspot.com

Pernah dengar istilah midodareni? Prosesi upacara menjelang pernikahan yang satu ini sangat umum dilakukan di tanah Jawa. Dilaksanakan pada sore hari menjelang hari pernikahan antara pukul 6 sore hingga 12 tengah malam, upacara ini punya filosofi tersendiri. Konon pada malam sebelum pernikahan, bidadari dan putri dari kahyangan akan turun dan menyempurnakan kecantikan sang mempelai perempuan.

Sebelum midodareni dilaksanakan, calon mempelai pria sudah memberikan bingkisan atau seserahan untuk calonnya. Ada yang unik, sebagai balasan dari pihak perempuan diberikan pula aneka kue dan makanan dalam bentuk seserahan juga yang bernama 'angsul-angsul'.

Minang

Sumber gambar shalyhasny.wordpress.com

Dikenal sebagai daerah penganut sistem matrilineal, Minangkabau punya acara dan prosesi prapernikahan serta pernikahan yang sangat unik. Karena menganut sistem tersebut, sudah merupakan kewajiban bagi ninik atau mamak dari pengantin wanita untuk menjadi penyelenggara utama perkawinan namun turut membantu juga kerabat dari pihak ayah.

Disebut maminang, inilah prosesi lamaran dalam tradisi Minang. Dilakukan oleh pihak keluarga wanita kepada keluarga pria, di sana terjadi beberapa prosesi di dalamnya.

Batuka tando atau batimbang tando merupakan prosesi menukar tanda seperti keris, kain adat, atau benda pusaka lain yang bersejarah bagi masing-masing keluarga. Prosesi ini wajib dilasanakan karena merupakan simbol keterikatan dan pengesahan antara mempelai sekaligus keluarganya sehingga tak ada pemutusan sepihak di kemudian hari.

Selain batuka tando, ada juga babako yang mencerminkan kehidupan gotong-royong di sana. Kerabat ayah calon mempelai wanita akan memberikan barang antaran berupa seperangkat kebutuhan wanita yang tersusun dalam baki-baki. Tak boleh terlewatkan, sirih pinang lengkap dalam carano atau kampia juga harus dibawa karena punya makna tersirat di dalamnya.

Tionghoa

Sumber gambar www.popbela.com

Dalam tradisi Tionghoa, sebelum acara pernikahan setidaknya ada satu tahapan yang harus dilalui, namanya sangjit. Istilah lain dari sangjit adalah antaran, antar harta, lamaran, atau pertunangan. Dilaksanakan seminggu hingga enam bulan sebelum hari pernikahan, prosesi ini digunakan oleh masyarakat Tionghoa untuk bertemu keluarga besar calon mantu untuk saling berkenalan.

Prosesi sangjit ini sangat menarik. Dilakukan pada siang hari sekitar pukul 09.00-13.00, sangjit akan dilakukan di tempat tinggal calon mempelai wanita yang sudah didekor serba merah. Calon mempelai pria akan datang membawa baki seserahan yang didominasi oleh warna merah juga, ditemani orang tua dan beberapa wakil pengantar seserahan yang belum menikah.

10 Rekomendasi Isi Barang Seserahan yang Bisa Diberikan kepada Mempelai Pria

Tertarik untuk memberi bingkisan atau barang seserahan kembali dan masih bingung barang apa saja yang pantas diberikan saat seserahan kepada mempelai pria? Berikut ini adalah rekomendasi isi barang seserahan yang cocok diberikan untuk pria.

Sarung Mangga Fiesta Sarung - Tosca FST0505

Sumber gambar Blibli

Rekomendasi yang pertama adalah sarung. Tidak sebatas untuk beribadah saja, sarung juga bisa digunakan untuk berbagai acara hingga selimut ketika tugas ronda. Jangan salah, sarung yang ada di pasaran itu berbeda-beda.

Sebelum membeli sarung yang pas, mungkin kamu bisa mencocokkan dengan selera dan kebutuhan calon pasangan hidupmu. Pilihlah juga sarung dengan bahan yang tidak kaku dan melendung seperti spandeks.

Sarung Mangga Jacquard Sarung FST0505 sangat cocok untuk seserahan bagi calon mempelai pria. Dengan perpaduan gradasi warna yang menarik, sarung ini menggunakan bahan tetoron rayon kombinasi tenun yang lembut, dingin, dan nyaman digunakan. Kamu bisa membeli sarung varian warna tosca ini di Blibli dengan harga Rp 109.000.

Jaya Hebat Premium Sultan Sajadah Turke

Sumber gambar Blibli

Supaya calon imammu makin khusyuk saat beribadah, sajadah adalah benda yang tepat untuk dijadikan seserahan. Agar tidak mengganggu ibadahnya, pilihlah sajadah dengan warna dan motif yang cenderung gelap dan sederhana. Tak hanya itu saja, sajadah berwarna gelap juga tak mudah kotor.

Jaya Hebat Premium Sultan Sajadah Turkey merupakan sajadah dengan motif eksklusif dan nyaman dipakai. Terbuat dari benang poliester dan benang mas dengan kualitas terbaik, sajadah tersebut memiliki ukuran 70 cm x 110 cm. Blibli menjual sajadah ini dengan harga Rp 25.250 dan Lazada seharga Rp 25.000.

Cottonology - Troyner

Sumber gambar Zalora

Memberikan kemeja saat acara seserahan adalah ide yang tepat. Supaya makin oke saat dikenakan calon mempelai, pilihlah warna yang sesuai kulitnya. Jika berkulit cerah, maka bisa pilih warna apa saja. Namun jika cenderung berkulit gelap, maka pilihlah yang berwarna cerah.

Troyner dari Cottonolgy merupakan kemeja kasual lengan panjang dengan nuansa monokrom. Tersedia dalam varian warna hitam, Troyner menggunakan material denim non-stretch yang ringan dan tidak transparan. Dengan detail tambahan berupa kancing depan dan satu kantong depan, kemeja kasual dari Cottonology tersebut dijual seharga Rp 325.000 di Zalora.

ETHAN WHITE - Blazer Linen 896

Sumber gambar Zalora

Blazer adalah fashion item yang kerap dipilih pria untuk menghadiri berbagai acara formal. Jenis busana ini dapat menambah penampilan makin elegan dan berwibawa. Blazer menjadi rekomendasi yang dapat dipilih sebagai seserahan untuk pria. Pilihlah blazer dengan bahan yang nyaman dan sesuai kebutuhan, seperti wol, suede, katun, dan beberapa pilihan bahan lainnya.

Blazer Linen 895 dari Ethan White adalah blazer pria lengan panjang dengan warna yang menarik hati. Dengan kerah panel, blazer tipe slim fit yang satu ini menggunakan bahan linen sebagai materialnya. Punya kancing pembuka dan kantong di bagian depan, blazer tersebut tersedia dalam varian warna cokelat. Kamu dapat membelinya di Zalora seharga Rp 2.441.600.

Hush Puppies Casual Men's Watch HP 7149M.9522

Sumber gambar Zalora

Seserahan lain yang bisa kamu berikan kepada si dia adalah jam tangan sesuai dengan karakter dan gayanya. Untuk kesan yang mewah dan elegan, jenis jam tangan stainless steel sangatlah pas. Kalau tak ingin berlebihan, jam tangan dengan tali kulit akan membuatnya makin maskulin.

Hush Puppies Casual Men's Watch HP 7149M.9522 adalah jam tangan analog untuk pria yang sangat elegan. Terbuat dari stainless steel pada bagian case dan mesh di bagian talinya, jam tangan ini menggunakan kaca kristal mineral pada bagian dial. Ada pula fitur water resistant 5 atm pada produk ini. Jam tangan pria ini dapat dibeli di Zalora seharga Rp 2.791.800.

ALDO Uloreri Flight Bag

Sumber gambar Zalora

Untuk bepergian dengan sedikit barang bawaan, penting buat pria untuk memiliki tas selempang. Kamu bisa memilih tas selempang dengan bahan kulit atau kanvas untuk seserahan. Supaya terlihat makin maskulin, pilihlah warna-warna netral, seperti cokelat atau hitam dapat menjadi rekomendasi.

Ulorer Flight Bag sepertinya pas sekali untuk seserahan. Terbuat dari bahan faux leather dan polyurethane, sling bag tersebut menggunakan retsleting sebagai pembuka. Beberapa detail pada tas ini adalah satu kantong luar, satu slot luar, satu kantong dalam, dan dua slot dalam. Tali tas yang bisa diatur membuat Uloreri Flight Bag dari Aldo ini sangat nyaman digunakan. Tas dengan dimensi 27 cm x 30 cm x 12 cm ini dijual oleh Zalora seharga Rp 1.099.000.

Bodypack - Prodiger Pride Wallet

Sumber gambar Tokopedia

Beberapa pria cenderung bingung saat menentukan dompet seperti apa yang ingin dipilihnya. Momen seserahan memberikan kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pasangan yang mengerti kebutuhannya, termasuk memilihkan dompet untuknya.

Sebagai tips, kamu dapat memilihkan dompet yang tipis, ringkas, dan kecil sehingga bisa disimpan di dalam saku celana dengan mudah.

Seperti Prodiger Pride Wallet dari Bodypack yang sangat praktis ini. Dompet pria dari Bodypack tersebut terdiri dari dua slot utama untuk menyimpan uang. Selain itu juga terdapat enam slot kartu, dua slot samping, dan satu saku tersembunyi untuk menyimpan koin. Tersedia dalam dua varian warna, dompet ini dapat dibeli melalui Zalora dan Tokopedia seharga Rp 249.000.

OVS - Leather Look Belt

Sumber gambar Zalora

Sebagai penunjang penampilan, ikat pinggang adalah fashion item pria yang wajib dimiliki. Supaya ikat pinggang dalam seserahanmu bisa selalu dikenakannya, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pilihlah ikat pinggang dengan satu hingga dua ukuran di atas celananya, sehinga panjangnya akan pas dan hanya akan menyisakan beberapa cm di sebelah kiri gesper atau satu slot ikat pinggang setelah gesper.

Agar bisa digunakan dalam waktu yang lama, kamu bisa memilih ikat pinggang dari kulit sapi dengan tekstur lembut, sehingga lebih nyaman digunakan. Apabila si dia suka berpenampilan kasual, pilihlah ikat pinggang dengan motif reptil atau kulit ular.

OVS mengeluarkan ikat pinggang bernama Leather Look Belt. Ikat pinggang ini dibuat dari bahan faux leather dan polyurethane. Ikat pinggang yang menggunakan pengencang berupa pin buckle ini dapat dibeli di Zalora seharga Rp 229.000.

PROFUMO POLYESTER MICROFIBER SOLID TIE - 7,5 CM – PR-75SO-01-BN

Sumber gambar Blibli

Tidak ada salahnya untuk memberikan dasi saat acara seserahan untuk calon mempelai pria. Untuk acara formal, dasi akan memberikan kesan yang rapi.

Dengan memilih dasi berbahan sutra, berbagai kemeja dan jas akan sangat cocok dipadukan. Selain terkesan mewah, dasi berbahan sutra juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan kokoh saat dikalungkan sebagai dasi kemejanya.

Buat urusan pekerjaan, dasi panjang sangatlah direkomendasikan namun untuk acara pesta, dasi kupu-kupu dapat dipilih sebagai alternatif.

Perfumo Polyester Microfiber Solid adalah dasi pria yang cocok melengkapi kemeja untuk gaya semi formal maupun formal. Dengan ukuran lebar 7,5 cm dan panjang 130 cm, dasi berbahan poliester microfiber ini punya tekstur bergaris. Zalora dan Blibli menyediakan dasi berwarna hitam ini seharga Rp 215.000.

Gianni Visentin - Celana Panjang Reguler Fit

Sumber gambar Zalora

Gunakanlah kesempatan pemberian seserahan sebagai cara untuk mendandani calon suamimu dengan memberikannya berbagai kebutuhan sandang yang cocok buatnya, termasuk celana.

Ada tips tersendiri sebelum kamu menentukan celana yang pas untuk diberikan saat seserahan. Buat pria yang punya kaki terlalu kurus, pilih celana sedikit longgar dengan pilihan warna yang cenderung cerah sehingga akan memberi volume pada kaki.

Apabila pasanganmu memiliki betis dan paha yang besar, kamu dapat memberikannya celana berwarna netral, seperti biru tua dan hitam dengan potongan longgar untuk menyembunyikan siluetnya.

Gianni Visentin mengeluarkan koleksi celana panjang yang dapat kamu pilih sebagai salah satu barang seserahan. Celana panjang berwarna hitam ini dilengkapi dengan kancing dan retsleting depan. Materialnya adalah katun yang nyaman dikenakan. Yuk, segera beli melalui Zalora dengan harga Rp 197.560.

From our editorial team

Berikan Barang Seserahan yang Bermanfaat dan Berkesan

Memberikan barah seserahan tidaklah melulu harus mewah, cukup ketahui apa yang kira-kira dibutuhkan oleh calon pasangan kita dan berikan yang terbaik untuk hal itu, maka dia akan senantiasa menggunakan barang seserahan yang kita berikan. Try it, Gals! :)