10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi (2022)

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi (2022)

Susu formula merupakan alternatif jika bayi tidak dapat menerima ASI. Namun jangan sembarangan memberikan susu formula ya! Simak artikel BP-Guide berikut untuk menemukan tips memilih susu formula terbaik berdasarkan usia bayi dan rekomendasi produknya!

Susu Formula Jadi Alternatif Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Semua ibu tentu ingin memberikan ASI unuk bayinya. Namun berbagai penyebab dan kondisi medis bisa menghalangi hal tersebut. Sementara itu, bayi tetap membutuhkan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Susu formula bisa menjadi alternatif terbaik untuk memastikan kebutuhan gizi dan nutrisi bayi tetap terpenuhi. Kandungan nutrisinya pun sangat beragam, sehingga Anda tetap bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Cara Mengenalkan Susu Formula Pada Bayi

Posisikan Botol Dengan Benar

Untuk bayi yang masih kecil, pastikan Anda memposisikan dot dengan benar agar bayi tidak tersedak. Ketika bayi mulai minum, pastikan dot penuh dengan susu. Jika ujung dot tidak penuh dengan susu, maka bayi Anda bisa menelan udara dan berisiko menyebabkan perut kembung.

Pilih Dot Botol yang Mirip Dengan Puting Payudara

Kini sudah banyak lho botol susu dengan dot yang didesain mirip dengan puting payudara ibu. Tujuannya agar bayi tidak kaget dan merasakan perbedaan saat ia harus beralih dari ASI ke susu formula.

Berikan Susu Formula Dalam Porsi Kecil

Apabila bayi Anda belum terbiasa dengan susu formula, maka jangan paksa bayi untuk menghabiskannya. Berikan susu formula dalam porsi yang kecil saja. Baru setelah bayi mulai terbiasa, Anda bisa menambah porsinya.

Campur ASI Dengan Susu Formula

Jika Anda ingin menyapih bayi dan menggantinya dengan susu formula, maka sebagai langkah awal Anda bisa mencampurkan ASI dengan susu formula secara bertahap. Seiring berjalannya waktu, perbanyak persentase susu formula dibandingkan ASI.

Teteskan ASI Pada Dot Botol

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meneteskan sedikit ASI pada dot botol yang Anda berikan kepada si kecil. Ini akan memberikan kesan bahwa rasa susu formula mirip dengan rasa ASI sehingga bayi akan mulai terbiasa dengan susu formula.

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Berdasarkan Usia

Bayi 0-6 Bulan

Pada usia ini, bayi masih belum diperbolehkan makan makanan pendamping. Oleh karena itu, pemilihan susu formula sebagai pengganti ASI harus sesuai dengan petunjuk dan saran dokter.

Bagi bayi berusia kurang dari 6 bulan, kandungan di dalam susu formula harus setara dengan kandungan yang ada dalam ASI. Misalnya seperti karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin dan mineral yang lengkap.

Bayi 6-12 Bulan

Mulai usia 6 bulan, bayi sudah bisa makan makanan pendamping. Susu formula terbaik untuk bayi di usia ini adalah yang mengandung nutrisi lengkap, baik itu makronutrien maupun mikronutrien. Pastikan susu formula yang diberikan kepada bayi sesuai dengan rekomendasi WHO dan FAO.

Bayi >12 Bulan

Untuk bayi yang usianya sudah lebih dari 12 bulan, fungsi susu formula hanyalah pendamping saja. Kebutuhan gizi bayi dapat dilengkapi oleh makanan lain yang ia konsumsi.

Meskipun demikian, pastikan kandungan nutrisi dalam susu formula tetap lengkap dan bisa menunjang tumbuh kembang bayi ya! Selain itu, pastikan kandungan gula dalam susu formula juga tidak terlalu tinggi.

Rekomendasi Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Nestle Lactogen 1

Masa-masa awal kehidupan bayi sangat penting untuk tumbuh kembangnya di masa depan. Nestle Lactogen 1 bisa menjadi pilihan tepat untuk memastikan semua kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi. Kandungan nutrisi dalam susu ini terbilang lengkap, mulai dari ALA, LA, zat besi, 12 vitamin, dan 11 mineral.

Susu ini diformulasikan untuk bayi usia 0-6 bulan, tidak menyebabkan mual dan sembelit, serta aman untuk saluran cernanya.

Harga Rp. 30.000-180.000

Enfamil A+ Gentle Care 1

Memberikan susu pada bayi baru lahir tidak boleh sembarangan. Ini karena saluran cerna bayi masih sangat sensitif terhadap susu. Untungnya, Enfamil A+ Gentle Care 1 bersahabat dengan pencernaan bayi, tidak menyebabkan perut kembung dan kolik.

Susu ini sangat mudah dicerna oleh bayi karena memiliki kandungan 50% protein yang lebih halus. Kandungan lainnya termasuk omega 3, omega 6, zat besi, asam folat, kalsium, serta vitamin B1, B6, dan B12. Enfamil A+ Gentle Care 1 diperkaya dengan DHA, ARA, GOS, dan polydextrose yang mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal.

Harga Rp. 250.000-500.000

Similac Advance 1

Similac Advance 1 adalah susu formula dengan bahan dasar minyak nabati yang aman dikonsumsi bayi di bawah 6 bulan. Produk ini sangat aman, tidak menyebabkan sembelit dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan di dalamnya antara lain adalah 100% laktosa dan GOS untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan bayi dan mencegah bayi merasa mual. Ditambah dengan kandungan AHA dan AA untuk menunjang perkembangan visual dan kognitif si kecil.

Uniknya lagi, rasa susu ini dibuat sangat mirip dengan ASI lho! Similac Advance 1 juga sudah mengantongi sertifikat halal MUI dan telah terdaftar di BPOM.

Harga Rp. 300.000-600.000

Nutricia Bebelove Gold 2

Memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi lebih. Nutricia Bebelove Gold 2 hadir sebagai pendamping ASI dengan formula lanjutan untuk bayi usia 6-12 tahun. Susu ini dapat mencegah konstipasi atau sembelit pada si kecil.

Kandungan yang ada di dalam Nutricia Bebelove Gold 2 adalah FOS, GOS, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat meningkatkan daya tahan serta mendukung tumbuh kembang si kecil. Meskipun demikian, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan susu formula ini pada bayi ya!

Harga Rp. 75.000-300.000

Nutricia Neocate LCP

Bayi baru lahir juga rawan alergi susu sapi. Namun bukan berarti si kecil tidak bisa mendapatkan nutrisi terbaik dari susu formula. Nutricia Neocate LCP hadir untuk bayi yang intoleran terhadap susu sapi, dengan bahan utama 100% asam amino nonalergik.

Meski tidak mengandung susu sapi, nutrisi di dalamnya sangat lengkap. Antara lain protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal. Nutricia Neocate LCP dapat menjadi pilihan terbaik bagi bayi yang alergi protein makanan dan berusia di bawah 1 tahun.

Harga Rp. 300.000-400.000

S-26 Promil Gold Tahap 2

Untuk bayi usia 6-12 bulan, S-26 Promil Gold Tahap 2 hadir sebagai salah satu pilihan susu formula terbaik dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Di dalamnya terdapat formula khusus Multiexcel ⍺lipids System untuk mendukung tumbuh kembang otak bayi secara maksimal.

Susu ini juga memiliki kandungan mikronutrien dan mikronutrien yang secara bersama-sama mampu memastikan tumbuh kembang si kecil yang kuat, aktif, dan penuh energi.

Harga Rp. 150.000-400.000

Nutrilon Royal Pronutra 3

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, asupan nutrisi sangat penting untuk menunjang perkembangannya. Kombinasi FOS, GOS, serta vitamin C dan E di dalam Nutrilon Royal Pronutra 3 diformulasikan untuk memperkuat imunitas di kecil dan merangsang kemampuan berpikirnya.

Susu ini juga memiliki kandungan khusus bernama ACTIDuobio+ untuk meningkatkan kecerdasan anak sekaligus membentuk daya tahan tubuhnya agar tidak rentan infeksi. Dengan rasa madu yang lezat, susu ini tidak mengandung gula tambahan!

Harga Rp. 100.000-200.000

Nan PHPro 1

Berikutnya ada Nan PHPro 1, susu formula untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan. Produk ini diperkaya dengan berbagai nutrisi bergizi seperti DHA dan ARA untuk membantu perkembangan otak dan mata si kecil. Protein di dalamnya adalah protein hipoalergik yang aman untuk bayi, serta terdapat probiotik untuk melawan bakteri jahat di dalam pencernaan bayi.

Harga Rp. 200.000-400.000

Enfagrow A+ 3

Dapatkan formula lanjutan untuk anak usia 1-3 tahun dengan Enfagrow A+ 3. Susu ini memiliki beberapa kandungan andalan seperti omega 3 dan 6 untuk perkembangan otaknya, kalsium yang dapat mendukung pembentukan tulang dan gigi, serta protein yang baik untuk perkembangan jaringan tubuhnya.

Enfagrow A+ 3 membantu memenuhi kebutuhan DHA harian si kecil. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan beta-glucan yang baik untuk imunitas anak dan membuatnya tidak gampang sakit.

Harga Rp. 150.000-950.000

Morinaga BMT PHP

Morinaga BMT PHP juga bisa menjadi pilihan tepat untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu ini mengandung protein yang diolah secara enzimatik agar mudah dicerna bayi dan tidak menyebabkan hipersensitivitas. Bagi bayi yang alergi, susu ini sangat aman. Kandungan lain di dalam Morinaga BMT PHP adalah AA, DHA, protein, dan kalsium, yang sangat penting di tahap awal kehidupan si kecil.

Harga Rp. 150.000-350.000
From our editorial team

Konsultasikan Pemberian Susu Formula Dengan Dokter

Jangan sembarangan memberikan susu formula untuk bayi, terlebih jika usianya masih di bawah 6 bulan. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan rekomendasi porsi susu yang pas untuk bayi. Pilih produk susu formula terbaik untuk bayi dari rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag