Tampil Keren dengan 10 Rekomendasi Dompet Handmade yang Unik (2020)

Tampil Keren dengan 10 Rekomendasi Dompet Handmade yang Unik (2020)

Menggunakan dompet handmade bisa membuat tampilan Anda semakin lengkap. Apalagi bila dompet itu hanya dibuat untuk Anda. Kesan eksklusifnya pun semakin kuat. Simak rekomendasi 11 dompet handmade yang bisa dipilih.

Produk Handmade Bersifat Eksklusif dan Punya Nilai yang Tinggi

Sumber gambar Shutterstock

Produk kerajinan tangan atau handmade bisa dibilang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dalam perkembangannya, produk kerajinan tangan di Indonesia meliputi barang-barang seperti tas, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya.

Selain produknya yang unik dan tidak pasaran, produk handmade juga bersifat eksklusif, karena biasanya tidak diproduksi dalam jumlah besar.

Harga produk handmade biasanya juga lebih mahal dibandingkan produk buatan pabrik. Hal ini dikarenakan setiap produknya dibuat langsung oleh tangan pengrajin secara teliti. Selain itu bahan baku yang digunakan adalah bahan-bahan terbaik dengan desain yang sudah dipertimbangkan dengan hati-hati.

Mudah Mendapatkan Produk Handmade dengan Bantuan Internet

Sumber gambar Shutterstock

Teknologi yang semakin canggih di zaman sekarang, membuat semua aktivitas menjadi lebih mudah dilakukan, termasuk berbelanja. Dulu Anda harus berkeliling ke toko-toko untuk mendapatkan produk handmade. Sekarang cukup duduk manis dan berbekal gadget serta jaringan internet, Anda sudah bisa menjelajahi marketplace yang menawarkan berbagai produk handmade.

Ingin Membuat Dompet Handmade Sendiri? Ini 2 Tutorialnya

Berkembangnya barang-barang kerajinan tangan, membuat banyak orang ingin mencoba sendiri membuat kreasi pribadinya. Selain bisa menghemat uang, hasil kreasi Anda tentu memberikan kepuasan batin tersendiri. Nah, pastinya membuat dompet sesuai dengan selera pribadi tentu akan sangat menyenangkan.

Dompet Lipat Handmade

Sumber gambar Kreasi Ceria

Salah satu jenis dompet handmade yang mudah dibuat adalah dompet lipat. Selain proses pembuatannya yang cukup gampang bagi pemula, bahan-bahannya pun murah. Apalagi jika Anda menggunakan sisa kain batik yang sudah tak terpakai.

Nah, kalau Anda tertarik untuk membuatnya, siapkan dulu bahan-bahannya, seperti gunting, jarum, benang, kain batik, viselin, kain sponbond untuk lapisan, kain perca beludru dan kancing hias.

    Cara membuat:

  • Untuk bagian luar dompet, potong kain katun, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama yaitu 26 x 20 cm.
  • Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain sponbond dengan ukuran 26 x 20 cm. Lalu potong 2 kain katun dan viselin masing-masing ukuran 26 x 7 cm dan 26 x 8 cm.
  • Untuk bagian saku, potong kain katun, viselin, kain sponbond dengan ukuran 20 x 8 cm.
  • Untuk tempat kartu, potong kain katun dan viselin sebanyak 3 dengan ukuran 10 x 9 cm. Potong kain sponbond berukuran 20 x 9 cm. Kain sponbond ini berfungsi sebagai alas untuk menjahit tempat kartu.
  • Setelah proses memotong bahan selesai, proses selanjutnya adalah merekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain katun, kemudian disetrika. Perhatikan agar suhu setrika jangan sampai terlalu panas, supaya kain yang sudah ditempeli viselin tidak melengkung.
  • Selanjutnya lipat kain katun bagian atas dan bawah, lalu jahit pada kain sponbond. Lakukan pula untuk bagian satunya.
  • Untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula untuk 3 tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya.
  • Setelah proses menjahit kelim selesai, jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis, kemudian jahit kelim.
  • Tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond.
  • Gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk.
  • Jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar.
  • Selanjutnya, jahit kelim pada sisi dompet sampai pada bagian yang dijahit tindas tadi.
  • Pasang kancing magnet pada bagian luar dan dalam dompet.
  • Jahit bisban pada semua sisi dompet. Untuk mempercantik dompet, Anda bisa memberi hiasan bunga dari kain perca. Dompet pun selesai dibuat
  • Jika ingin detail yang lebih jelas, klik tautan pada gambar di atas.

Dompet Pouch Handmade

Sumber gambar Tatiana Vidi

Jenis dompet handmade lainnya yang bisa Anda buat sendiri adalah dompet pouch. Tipe kerajinan tangan ini cukup mudah dibuat, dan tidak membutuhkan modal besar.

    Bahan-bahan:

  • Bahan jeans untuk bagian luar dompet
  • Bahan katun polkadot untuk lapisan dalam dompet
  • Viselin untuk lapisan bahan
  • Resleting

  • Langkah langkah:

  • Pertama, gunting bahan polkadot untuk lapisan dalam dompet dengan ukuran 25 cm x 20 cm sebanyak 2 lembar. Setelah itu, gunting bahan jeans untuk bagian luar dompet dengan ukuran 25 cm x 20 cm sebanyak 2 lembar.
  • Gunting viselin selebar potongan bahan jeans, kemudian setrika hingga menempel dengan sempurna pada bahan jeans.
  • Gunting bahan polkadot selebar potongaan bahan jeans, kemudian setrika hingga menempel pada bahan jeans. Kalau Anda ingin bahan menjadi lebih tebal dan kaku, maka bisa memakai lapisan kain keras.
  • Gunting bentuk persegi dengan ukuran 5x5 cm pada bagian bawah bahan jeans dan bagian bawah bahan polkadot.
  • Ambil bahan polkadot, lalu letakkan resleting pada bagian bahan yang bagus. Kemudian, ambil bahan jeans, letakkan dengan bagian yang bagus dalam posisi saling menumpuk.
  • Setelah itu, jahit dengan kampuh 1 cm.
  • Kerjakan hal yang sama untuk sisi resleting yang lainnya.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka retsleting. Hal ini tidak boleh terlewatkan, karena kalau tidak dilakukan, nantinya dompet tidak bisa di balik.
  • Tumpuk bahan jeans dengan bahan jeans, dan bahan polkadot dengan bahan polkadot.
  • Kemudian jahit hanya pada bagian bahan jeans saja dengan kampuh 1 cm, kecuali bagian sudutnya. Pada saat menjahit, resleting jangan sampai terlindas. Jadi, jahitan hanya sampai di dekat resleting saja.
  • Lalu kerjakan hal yang sama untuk bagian bahan polkadot, tetapi sisakan ruang sebesar 10 cm agar tidak di jahit di bagian sisi dompet. Hal ini gunanya untuk membalik dompet.
  • Perhatikan bagian sudut dompet, lalul temukan bagian kampuh. Kemudian semat dengan jarum pentul.
  • Setelah itu jahit dengan kampuh 1 cm.
  • Sekarang, perhatikan bagian yang tidak di jahit. Nah, melalui lubang yang tidak di jahit, baliklah dompet, lalu perhatikan masih ada bagian yang tidak di jahit. Lubang ini bisa Anda jahit dengan mesin jahit atau di jahit dengan cara di some. Kemudian masukkan bahan polkadot ke dalam dompet.
  • Dompet kosmetik Anda pun sudah selesai. Untuk mempercantiknya, Anda bisa menambahkan bros atau aplikasi lain.
  • Untuk lebih jelasnya, klik tautan pada gambar di atas.

Rekomendasi Dompet Handmade yang Bisa Dipilih

Handycraft Handmade Finishing Polish Dompet

Sumber gambar Blibli

Bila lebih suka membeli dompet yang sudah jadi, maka bisa membeli dompet unik dan spesial, salah satunya adalah Handycraft Handmade Finishing Polish Dompet. Dompet handmade ini terbuat dari kulit pari.

Cocok sekali untuk Anda yang menyukai sesuatu unik dan elegan. Ada dua slot untuk menyimpan kartu di dalamnya. Silakan membeli Handycraft Handmade Finishing Polish Dompet dengan harga Rp 217.000 di Blibli.

Valore Zipper Kulit Asli Handmade Lokal Dompet Wanita - Cokelat

Sumber gambar Blibli

Dompet kulit lainnya yang bisa dimiliki adalah Valore Zipper Kulit Asli Handmade Lokal Dompet Wanita. Terbuat dari bahan kulit sapi asli yang kuat, dompet berukuran 12 x 9,5 cm ini memiliki kompartemen dengan resleting, slot kartu, dan slot di bagian dalam. Anda bisa mendapatkan dompet kulit berwarna cokelat ini di blibli dengan harga Rp 279.300 saja.

Whiteblue Kulit Ikan Pari Handmade Dompet - Hitam

Sumber gambar Blibli

Selain daya tahannya yang lebih lama, produk berbahan kulit asli memiliki aroma alami. Apalagi jika kulit asli tersebut disamak menggunakan ekstrak pepohonan (vegetable tanned leather), akan tercium aroma unik yang hanya muncul dari kulit nabati ini saja.

Anda dapat membeli Whiteblue Kulit Ikan Pari Handmade Dompet berwarna hitam yang dijual di Blibli dengan harga Rp 210.000. Dompet ini berbahan kulit asli ikan pari. Dompet ini memiliki kompartemen utama uang tunai dan 6 slot kartu.

ARJDECOU Clutch Decoupage Dompet

Sumber gambar Blibli

Jika Anda termasuk penggemar barang-barang etnik dan unik, maka tak ada salahnya bila melirik ARJDECOU Clutch Decoupage Dompet, sebuah tas berbahan anyaman pandan.

Segera dapatkan sekarang juga di bbibli dengan harga Rp 106.250. Anda harus buru-buru membelinya, karena stok kerajinan ini amat terbatas.

Humblebrag Assymmetric Clutch Dompet

Sumber gambar Blibli

Bingung mencari hadiah dompet pria untuk pasangan? Humblebrag Assymmetric Clutch ini bisa menjadi pilihan. Hanya dengan harga Rp 899.000 saja, dompet ini bisa Anda dapatkan di Blibli.

Dompet ini berbentuk asimetris dan menggunakan bahan kulit jenis full grain. Ukuran dompet sebesar 30 cm x 49 cm saat terbuka dan 30 cm x 25 cm saat tertutup.

Reptisco Python Dompet Medium Wallet

Sumber gambar Blibli

Kulit ular merupakan salah satu jenis bahan dompet yang cukup populer. Salah satu contoh produk yang menggunakan kulit ular adalah Reptisco Python Dompet Medium Wallet.

Ini adalah dompet pria yang terbuat dari kulit phyton reticulatus grade A. Dompet ini terdiri dari 8 slot kartu dan 1 slot uang. Anda bisa mendapatkan dompet istimewa ini seharga Rp 650.000 di Blibli.

KnR Collection Tas Dompet Semanggi Suroboyo - Merah

Sumber gambar Blibli

Salah satu produk kerajinan dompet berbahan jeans adalah KnR Collection Tas Dompet Semanggi Suroboyo. Tas ini dihiasi dengan bordir bunga semanggi. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 89.000 saja.

Etnus Tenun Sasambo Tradisional Agra Dompet Etnik

Sumber gambar Blibli

Bagi Anda yang menyukai karya kerajinan bernuansa etnik, ada produk spesial yang bisa dipilih, yaitu Etnus Tenun Sasambo Tradisional Agra Dompet Etnik.

Ini adalah dompet etnik yang terbuat dari tenun tradisional sasombo. Dompet ini terdiri dari kompartemen utama dengan resleting, 7 slot kartu, 1 slot foto, dan inner flap pocket. Anda dapat membeli dompet ini hanya dengan harga Rp 360.000 di Blibli.

Schors Majau Block Dompet Kayu

Sumber gambar Blibli

Schors Majau Block Dompet Kayu terbuat dari kulit kayu ek gabus. Produk ini memiliki ukuran 11 x 9 cm. Di dalamnya terdapat kompartemen untuk uang kertas, tempat foto, dan 9 buah slot kartu. Schors Majau Block Dompet Kayu bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 97.300.

MelCrafting Etnic Clutch Decoupage - Golden

Sumber gambar Blibli

Ada satu produk kerajinan yang cantik sekali dari MelCrafting, yaitu MelCrafting Etnic Clutch Decoupage. Ini adalah clutch decoupage berbahan anyaman pandan. Anda bisa mendapatkan clutch berwarna kuning ini di Blibli dengan harga Rp 220.000 saja.

From our editorial team

Dompet Handmade

Menggunakan dompet handmade akan terasa lebih spesial dan eksklusif. Selain itu, dompet handmade pun menggunakan material sekitar yang alami, seperti kain tenun, kulit kayu, dan sebagainya. Sudahkah Anda menggunakan dompet handmade?