10 Rekomendasi Gantungan Kayu Unik yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh dan Suvenir (2020)

10 Rekomendasi Gantungan Kayu Unik yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh dan Suvenir (2020)

Sumber gambar www.elo7.com.br

Kayu masih menjadi komoditas utama di Indonesia. Pemanfaatan kayu untuk berbagai kerajinan salah satunya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci dari kayu yang memiliki model unik bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh dan suvenir untuk orang terdekat lho. Yuk, simak langsung!

Kayu merupakan Salah Satu Primadona dalam Pembuatan Kerajinan Tangan

Kayu merupakan salah satu komoditas unggulan dari Indonesia. Memiliki tekstur yang keras, kayu biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan untuk meningkatkan nilainya. Untuk menghasilkan kerajinan dari kayu, tentunya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Maka, tak heran jika kerajinan berbahan dasar kayu banyak diminati di pasaran.

Kerajinan dari kayu lazimnya merupakan produk handmade. Dibuat langsung oleh tangan pengrajin, produk-produk kerajinan dari kayu memiliki nilai estetikanya sendiri. Tak hanya sekadar nilai estetika, kerajinan dari kayu biasanya juga dibuat berdasarkan fungsi yang diinginkan.

Pemilihan bahan kayu tentu juga memiliki berbagai keunggulan. Selain nilai estetika, kayu juga banyak digunakan karena mudah dicari. Selain itu, bahan kayu juga lebih ramah lingkungan. Kerajinan dari kayu juga mudah diterima di pasaran.

Berbagai Olahan Kerajinan Kayu yang Unik

Perhiasan

Kerajinan berbahan dasar kayu yang pertama adalah perhiasan. Ada berbagai jenis perhiasan yang bisa dibuat dari bahan dasar kayu, seperti gelang, kalung, anting, bros, dan aksesori lainnya.

Gelang adalah perhiasan pertama yang dibuat dengan bahan kayu. Biasanya gelang kayu dibuat dari bulatan-bulatan kayu yang telah dipotong, kemudian diamplas dan dibor tengahnya hingga menjadi manik-manik. Rangkaian manik-manik inilah yang nantinya dijadikan gelang.

Tak kalah dari perhiasan berbahan logam atau batuan alam, perhiasan dari kayu juga mampu memberikan kesan elegan. Cocok dikoleksi sebagai aksesori harian, perhiasan dari kayu akan memberikan kesan etnik dan gaya untuk penampilanmu.

Lampu

Kayu rupanya bisa digunakan untuk membuat kerajinan lampu, lho. Selain sebagai penerang ruangan, lampu hias yang terbuat dari kayu juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan. Jika biasanya banyak lampu hias berbahan dasar plastik di pasaran, maka saatnya Anda beralih ke lampu hias kayu yang lebih ramah lingkungan.

Lampu kayu dapat memberikan kesan mewah pada rumah. Anda bisa membuat sendiri lampu hias dari kayu sesuai keinginan. Bahannya sederhana, cukup siapkan kayu, triplek, lampu dan tempat lampu. Untuk peralatan yang dibutuhkan, ada gergaji, lem, bor, paku, cutter, palu, dan cat. Dengan alat dan bahan ini, Anda bisa membuat lampu hias kayu sederhana.

Casing

Sumber gambar https://www.amazon.com/

Bosan dengan casing handphone yang itu-itu saja. Kini Anda bisa beralih menggunakan casing berbahan dasar kayu. Casing dari bahan kayu memiliki nilai estetika yang tinggi, sehingga menarik ketika digunakan.

Tak hanya membuat handphone Anda semakin gaya, casing kayu juga membuat handphone Anda semakin aman. Kuat dan tahan lama, casing kayu mampu menjaga handphone Anda dari goresan dan benturan.

Jam Tangan

Sumber gambar https://cerpin.com

Jam tangan adalah salah satu aksesori penunjuk waktu yang tak pernah termakan zaman. Meski kini dapat melihat waktu melalui handphone, nyatanya jam tangan masih menjadi aksesori pilihan untuk menunjang penampilan.

Kalau biasanya jam tangan terbuat dari bahan stainless, Anda juga dapat memilih jam tangan berbahan kayu. Jam tangan kayu dijamin tak kalah estetik. Tren jam tangan kayu menjadi peluan bisnis yang menjanjikan bagi para pengrajin.

Memiliki keunikan tersendiri, warna khas kayu menjadi daya tarik istimewa bagi konsumen. Bahan ini juga membuat Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap logam tak perlu ragu lagi memakai jam tangan.

Gantungan Kunci

Kerajinan yang satu ini pasti sudah banyak yang memiliki. Ya, gantungan kunci adalah salah satu kerajinan berbahan dasar kayu yang paling banyak ditemukan di pasaran. Memiliki ukuran yang mungil, gantungan kunci biasanya terbuat dari limbah industri furnitur.

Selain kayu, gantungan kunci juga kerap dibuat dari batok kelapa. Selain mudah dan murah, bahan ini juga mampu dikreasikan menjadi bentuk yang diinginkan. Bahkan, Anda bisa membuat gantungan kunci sesuai dengan keinginan.

Berikut adalah tata cara membuat gantungan kunci ala Anda sendiri:

  • Mengumpulkan kayu yang hendak digunakan
  • Membentuk kayu sesuai yang diinginkan
  • Kayu dicat dan ditunggu hingga kering
  • Lakukan finishing dengan dengan menggunakan pernis kayu
  • Setelah kering, kaitkan kayu yang telah dipernis dengan pengait dan gantungan kunci siap digunakan

10 Gantungan Kunci dari Bahan Kayu yang Unik

Susi Craft Kotak Gantungan Kunci

Sumber gambar https://www.blibli.com

Hendak mencari gantungan kunci dengan desain etnik? Anda bisa mencoba melihat koleksi Susi Craft yang menyediakan gantungan kunci berbahan kayu. Salah satu produk unggulannya adalah Susi Craft Kotak Gantungan Kunci.

Dengan bahan kayu asli, ada berbagai model menarik yang cocok untuk dijadikan suvenir hingga hadiah bagi orang terdekat. Gantungan kunci dikerjakan oleh tangan-tangan terampil. Anda bisa menggunakan gantungan kunci kayu ini sebagai hiasan agar kunci Anda tampak lebih indah.

Produk keluaran Susi Craft yang satu ini dapat Anda beli melalui Blibli dengan harga Rp 25.000. Produk ini memiliki berbagai pilihan desain, Anda juga bisa memilih gantungan kunci dari bahan hardwood maupun softwood.

Gantungan Kunci Unik Rumah Toraja / Tongkonan dari Kayu Uru

Sumber gambar https://www.lazada.co.id

Produk yang direkomendasikan selanjutnya adalah Gantungan Kunci Unik Rumah Toraja / Tongkonan dari Kayu Uru. Bentuknya menyerupai rumah Tongkonan Toraja. Gantungan kunci dengan dimensi 6.6 x 3 x 0.5 cm ini terbuat dari kayu uru.

Bagi Anda yang ingin memiliki gantungan kunci unik yang satu ini, Anda bisa membelinya seharga Rp 6.000 di Lazada. Produk ini juga dijual di Tokopedia dan Bukalapak seharga Rp 5.000.

Asri Galleri Gantungan Kunci

Sumber gambar https://www.blibli.com

Bukan rahasia lagi bahwa gantungan kunci kerap dibuat dengan bahan limbah kayu. Tak sembarangan, limbah kayu yang dipilih adalah yang berkualitas. Ada pula gantungan kunci yang terbuat dari medium density fibreboard dengan tekstur yang halus dan rata. Tertarik membeli gantungan dari kayu dengan kualitas bagus, Anda bisa melihat koleksi Asri Galleri.

Produk unggulan Asri Galleri Gantungan Kunci biasanya terbuat dari limbah kayu jati kualitas premium. Dioles dengan menggunakan beeswax, maka tak heran jika warna serat kayu dari gantungan kunci tampak menawan. Produk ini dikerjakan secara manual ketika proses membatik kayu.

Gantungan kunci dengan dimensi 7 x 4 x 1 cm ini memiliki detail yang bagus. Cocok sebagai hadiah maupun suvenir, Anda bisa mendapatkan produk Asri Galleri Gantungan Kunci di Blibli seharga Rp 17.500.

Gantungan Kunci Kayu Huruf Kanji Souvenir Oleh-oleh dari Jepang Unik

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Salah satu gantungan kunci unik yang bisa Anda miliki adalah Gantungan Kunci Kayu Huruf Kanji Souvenir oleh-oleh dari Jepang unik. Produk ini merupakan produk original yang dibawa langsung dari Jepang.

Desain uniknya dan cocok dijadikan suvenir. Gantungan kunci berbahan kayu ini bisa Anda dapatkan melalui Shopee seharga Rp 25.000. Anda juga bisa mendapatkannya di Lazada seharga Rp 75.500.

Kerajinan Jogja Mobil Balap Kayu Souvenir Gantungan Kunci

Sumber gambar https://www.blibli.com

Gantungan kunci dengan desain unik selalu saja menjadi buruan, terutama sebagai suvenir atau oleh-oleh. Bukan rahasia lagi bahwa Jogja menjadi salah satu sentra kerajinan kayu, termasuk gantungan kunci. Salah satu produk yang patut Anda cari adalah Kerajinan Jogja Mobil Balap Kayu Souvenir Gantungan Kunci.

Produk gantungan kunci ini terbuat dari bahan kayu mahoni dan sono yang memiliki dimensi 7 x 3 x 4 cm. Keunikan produk ini terletak pada desainnya yang membentuk berbagai miniatur kendaraan, seperti sepeda, mobil, becak, helikopter, kapal, motor, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan suvenir yang satu ini, Anda bisa membelinya di Blibli seharga Rp 45.000 untuk 10 pcs gantungan kunci. Selain itu Anda juga bisa membelinya di Shopee dengan harga tiap buahnya Rp 3.600.

Gantungan Kunci Model Gitar dari Bali Bahan Kayu Jati

Selain kendaraan, desain gantungan kunci yang menarik untuk dicari adalah model alat musik. Bagi Anda yang suka dengan alat musik gitar, Anda bisa membeli Gantungan Kunci Model Gitar dari Bali Bahan Kayu Jati.

Tak perlu jauh-jauh ke Bali, Anda bisa membeli gantungan kunci dari bahan kayu jati ini melalui Tokopedia dan Bukalapak seharga Rp 5.000.

Belanja Oleh-oleh Bali Kayu Kemeja Gantungan Kunci

Sumber gambar https://www.blibli.com

Masih berbicara tentang oleh-oleh dari Bali, Anda bisa berburu gantungan kunci berdesain lain di sana. Misalnya saja Belanja OlehOleh Bali Kayu Kemeja Gantungan Kunci. Gantungan kunci dengan bahan kayulsi ini cukup iconic di Bali.

Memiliki ukuran 3 x 10 cm, gantungan kunci ini ideal digunakan sebagai souvenir. Anda bisa membelinya seharga Rp 20.000 di Blibli dengan isi 5 pcs/kemasan tidak termasuk gantungannya. Didesain sederhana, gantungan kunci ini cocok untuk digunakan pada kunci Anda agar tidak mudah hilang,

Gantungan Kunci Love dari Kayu

Sumber gambar https://shopee.co.id

Kerap dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh, tak heran jika kini banyak sekali pilihan desain gantungan kunci di pasaran. Salah satu gantungan kunci yang mudah untuk ditemukan adalah gantungan kunci love dari kayu.

Membentuk tulisan love huruf, gantungan kunci ini terbuat dari kayu pinus berkualitas. Dibuat secara halus, motif huruf love pada gantungan kunci membuat produk ini sesuai digunakan sebagai suvenir pernikahan.

Produk ini bisa Anda beli melalui Bukalapak seharga Rp 1200. Bagi Anda yang hendak membeli dengan jumlah banyak, Anda bisa membelinya melalui Shopee seharga Rp 665-855 untuk minimal order 50 pcs.

Gantungan Kunci Unik/ Lukis Bakar dari Kayu

Kerap dijadikan kerajinan untuk dekorasi, maka tak heran jika limbah kayu juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan lain, misalnya gantungan kunci. Produk gantungan kunci yang direkomendasikan kali ini adalah gantungan kunci unik/lukis bakar dari kayu.

Gantungan kunci unik ini terbuat dari kayu jati Belanda dan besi stainless steel. Dibuat dengan teknik pyrography atau lukis bakar manual, produk ini sangat halus lantaran diamplas dulu lalu dicat clear glossy.

Cocok untuk penanda di kunci pribadi Anda, dapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 10.000. Anda juga bisa request agar gantungan kunci yang Anda pesan dapat memuat nama serta kontak Anda, agar mudah ditemukan jika suatu saat hilang.

Gantungan Kunci dari Kayu dengan Grafir

Sumber gambar https://laserkayu.com/

Rekomendasi gantungan kunci yang terakhir adalah Gantungan kunci dari kayu dengan grafir. Produk ini sangat cocok digunakan sebagai gantungan kunci sekolah atau kantor. Anda juga bisa menggunakan gantungan kunci ini sebagai identitas komunitas.

Gantungan kunci yang satu ini tidak terbuat dari plywood/MDF, tetapi terbuat dari kayu jati berkualitas premium. Kayu jati menjadi bahan yang paling difavoritkan karena kekuatan dan seratnya yang bagus. Dengan ukuran 6.5 x 4 x 0.4-0.6 cm, gantungan kunci ini cukup ringan.

Cocok digunakan sebagai souvenir perkawinan, promosi perusahaan, atau identitas komunitas, Anda bisa menambahkan teks maupun gambar yang akan diaplikasikan langsung menggunakan teknik laser/engraving/ grafir. Dapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 5.000.

From our editorial team

Pilih yang Gantungan Kayu yang Paling Menarik

Gantungan kayu memiliki banyak pilihan model yang menarik sehingga bisa Anda pilih sebagai hadiah atau suvenir untuk orang-orang terdekat Anda. Selain memiliki ciri khas yang unik, saat ini Anda pun dapat meminta pengrajin untuk menggambarkan sketsa wajah lho. Bukankah semakin spesial? Yuk, segera pilih mana gantungan kunci favorit kamu.