10 Rekomendasi Senar Gitar Elektrik yang Bagus (2020)

10 Rekomendasi Senar Gitar Elektrik yang Bagus (2020)

Gitar elektrik kamu juga perlu perawatan yang tepat, loh. Salah satunya adalah dengan cara mengganti senarnya yang sudah rusak. Jangan sampai salah pilih senar yang tepat untuk gitar elektrik kamu, ya!

Gunakan Senar Terbaik untuk Gitar Elektrikmu agar Suaranya Bagus

Gitar elektrik merupakan salah satu alat musik yang populer. Cara memainkannya membutuhkan bantuan dari listrik. Gitar elektrik paling cocok untuk digunakan tampil langsung di panggung.

Kualitas suara gitar elektrik juga dipengaruhi dari pemilihan senarnya. Setiap merek senar memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, setiap merek senar juga bisa berpengaruh dengan kualitas suara yang dihasilkan.

Nah, supaya gitarmu bisa menghasilkan suara yang indah maka kamu wajib tahu dulu nih tips yang benar saat memilih senar gitar elektrik.

Tips Memilih Senar Gitar Elektrik

Pilih Ukuran yang Tepat

Sumber gambar pixabay.com

Hal pertama yang wajib kamu pikirkan saat memilih senar gitar elektrik adalah memilih ukuran yang tepat. Kamu yang ingin memainkan bending atau ingin senar yang ringan bisa gunakan senar yang ukurannya kecil. Sementara untuk kamu yang ingin tuning rendah bisa gunakan ukuran yang besar.

Ukuran senar juga bisa mempengaruhi tension dan kesulitan memainkannya. Dari semua ukuran yang ada, ukuran 10-46 adalah yang paling sering digunakan. Jika kamu merasa ukuran ini terlalu keras, maka kamu bisa gunakan ukuran 09-42.

Pilih Bahan Senarnya

Sumber gambar pixabay.com

Jangan lupa juga untuk mengecek bahan senarnya saat membeli senar gitar elektrik. Kamu bisa memilih bahan stainless steel atau bahan nikel. Senar berbahan stainless steel menghasilkan suara gitar yang kaya treble dan lebih keras dibanding senar bahan nikel. Senar yang satu ini lebih awet karena bahannya antikarat. Kendati demikian, harganya lebih mahal dibanding senar bahan nikel.

Di sisi lain senar berbahan nikel hadir dengan suara yang seimbang dan tidak terlalu bright seperti stainless steel. Senar nikel lebih banyak digunakan oleh mereka yang gemar memainkan lagu pop, rock, alternatif, dan lainnya.

Sesuaikan Senar dengan Jenis Musik

Sumber gambar pixabay.com

Sesuaikan senar yang kamu pilih dengan jenis musik yang akan dimainkan. Sebab, pemilihan senar juga bisa membentuk karakteristik suara tersendiri. Makin tebal senarnya, maka makin tebal suara yang dihasilkan. Jadi semisal kamu memainkan genre metal maka kamu bisa memakai senar yang tebal.

Perhatikan Kawat yang Digunakan

Sumber gambar pixabay.com

Kawat pada senar juga wajib diperhatikan. Senar memiliki kawat yang dililit dengan kawat lainnya. Secara umum ada dua jenis bentuk kawat yang digunakan, roundwound dan flatwound.

Lilitan model roundwound paling sering digunakan dan paling banyak tersedia. Suara yang dihasilkan adalah suara standar yang sudah akrab di telinga kita. Di sisi lain ada lilitan model flatwound. Ini bisa menghasilkan suara lebih kalem dengan treble yang jauh lebih sedikit. Lilitan ini jarang ditemukan dan biasanya hanya digunakan untuk genre jazz yang membutuhkan suara yang warm.

10 Rekomendasi Senar Gitar Elektrik

Elixir Electric ANTI RUST Nanoweb Super Light 009 - 042 (Senar Gitar Elektrik Elixir)

Elixir Electric ANTI RUST Nanoweb Super Light 009 ini bisa jadi pilihan utama. Produk yang satu ini dijual dalam satu set berisi 6 buah senar. Dengan tone penuh dan bright, kamu bisa menghasilkan musik yang indah.

Senar gitar elektrik ini memiliki daya tahan kuat dengan timbre yang dalam. Produk dikemas secara terpisah sehingga awet dari karat dan tahan lama.

Harga Rp. 249.000-309.000

D'addario NYXL 010 - 046 (Senar Gitar Elektrik)

D'addario NYXL 010 merupakan senar gitar elektrik lainnya yang bisa jadi pilihan. Suara yang dihasilkan senar ini sangat kuat. Senarnya sendiri terbuat dari nikel dan tahan korosi. Dibuat dengan teknologi high carbon steel core di New York, senarnya tahan lama dan bermutu tinggi.

Harga Rp. 212.000-175.000

Senar Gitar Listrik Elektrik Neon Multi Warna Dr Strings Nmce 10

Senar Gitar Listrik Elektrik Neon Multi Warna Dr Strings Nmce 10 adalah pilihan menarik berikutnya untuk kamu. Senar yang satu ini terbuat dari baja dan bisa menghasilkan suara yang indah.

Harga Rp. 227.000-296.000

Fender 3150R Original Bullets Pure Nikel Regular Electric Guitar Sl

Sumber gambar www.bukalapak.com

Fender 3150R Original Bullets Pure Nikel Regular Electric Guitar Sl ini tentu tak bisa kamu lewatkan. Produk yang satu ini sudah banyak digunakan para musisi sejak tahun 1946 lalu. Senar gitar elektrik ini menghasilkan suara yang hangat dan tebal. Kamu bisa memakainya untuk memainkan genre jazz dan rock klasik. Jika tertarik, kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 180.000.

Senar Gitar Elektrik Pyramid

Senar Gitar Elektrik Pyramid merupakan produk selanjutnya yang bermutu tinggi. Senar gitar elektrik ini tahan lama digunakan dan pastinya menghasilkan suara yang tidak fals.

Harga Rp. 37.500-75.000

Senar Gitar Elektrik Ernie Ball Super Slinky 09

Selanjutnya, kamu bisa juga memakai Senar Gitar Elektrik Ernie Ball Super Slinky 09. Senar gitar elektrik yang satu ini terbuat dari bahan nikel. Dengan ukuran 09, senar ini empuk dan nyaman di jarimu. Dalam satu paket berisi 6 buah senar.

Harga Rp. 79.000-105.000

Senar Anti Karat Elixir Nanoweb Gitar Elektrik (10-46)

Senar Anti Karat Elixir Nanoweb Gitar Elektrik (10-46) ini tentu saja bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini dibuat di Amerika Serikat dan bisa menghasilkan suara yang bright.

Harga Rp. 195.000

Ernie Ball Regular Slinky 2221 Original - Senar Gitar Elektrik Ukuran 10

Untuk kamu yang sedang mencari senar gitar elektrik bermutu bisa lirik Ernie Ball Regular Slinky 2221 Original. Ini merupakan senar gitar elektrik dengan ukuran 10. Produk ini tidak akan merusak fret dan fretboard.

Harga Rp. 100.000-129.000

Senar Gitar Elektrik Gibson 010-46

Senar Gitar Elektrik Gibson 010-46 bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat di Amerika. Senar gitar elektrik ini berkualitas premium.

Bahannya dari nikel dan dilapis anti karat. Produk ini bisa kamu gunakan pada gitar elektrik kesayanganmu untuk menghasilkan aneka suara yang indah dan merdu.

Harga Rp. 45.000-101.000

Senar Gitar Elektrik 010 String Guitar Medium Light Orphee

Senar Gitar Elektrik 010 String Guitar Medium Light Orphee ini tidak bisa ketinggalan untuk kamu miliki. Senar gitar elektrik ini memiliki tipe SE3X.

Terbuat dari bahan nikel, senar ini memiliki ukuran 010 sampai 046 inci. Dalam satu set berisi 6 senar dan memiliki tone bright dan timbre yang kuat.

Harga Rp. 69.000-104.000
From our editorial team

Senar Gitar Elektrik Perlu Dipilih Secara Teliti

Untuk kamu yang sedang ingin mengganti senar gitar elektrik, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang sudah diuraikan dalam artikel ini. Jangan sampai karena tidak teliti memilih senar, permainan gitarmu jadi berantakan. Intip rekomendasi senar gitar elektrik dari kami di atas, ya!