Makin Elegan dengan 10 Rekomendasi Atasan Batik Muslim untuk Wanita Berikut (2020)

Makin Elegan dengan 10 Rekomendasi Atasan Batik Muslim untuk Wanita Berikut (2020)

Batik adalah baju kebanggaan bangsa Indonesia. Sudah sewajarnya kita memakainya untuk menunjukkan bahwa batik adalah pakaian keren untuk digunakan dalam berbagai suasana. Para wanita muslim juga bisa memakai baju batik. Pilih yang lengan panjang dan potongan yang tidak ketat, ya. Nah, untuk pilihan batiknya, silahkan cek rekomendasi dari kami! Dijamin keren untuk koleksi dan pastinya bisa bikin kamu lebih percaya diri!

Atasan Batik Jadi Pilihan untuk Tampil Modis

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang sangat dibanggakan. Batik bahkan jadi ciri khas kita sebagai orang Indonesia. Kain batik sangat unik karena memiliki motif dan warna yang variatif. Setiap daerah memiliki ciri khas motif batik yang menarik.

Baju dengan bahan kain batik kebanyakan digunakan untuk acara formal. Namun, sekarang ini sudah banyak juga baju batik yang bisa digunakan dalam acara kasual. Nah, apapun acara yang akan didatangi, atasan batik tetap bisa bikin tampilan jadi modis.

Para muslimah juga tidak sedikit yang mengandalkan batik sebagai pilihan busananya. Batik bisa jadi gamis, atasan, bawahan, hingga outer. Untuk atasan batik, umumnya dikombinasikan dengan rok atau celana. Atasan batik untuk muslimah pun beragam, ada yang model blus, kaos, outer, bahkan tunik.

Atasan batik bisa dibeli dengan mudah di berbagai toko baju batik atau bisa juga membeli kainnya lalu dijahitkan sendiri dengan model yang bisa divariasikan sesuai selera. Atasan batik sendiri ada yang dikombinasikan dengan kain polos ada juga yang full kain batik. Atasan yang merupakan kombinasi kain polos terkesan lebih modern dan bikin tampilan lebih stylish. Namun, atasan batik yang full batik tanpa kombinasi juga tak kalah keren untuk digunakan melengkapi penampilan agar terkesan makin fashionable.

Tips Memilih Atasan Batik Muslim

Pilih Bahan yang Menyerap Keringat

Saat memilih baju atasan batik muslim, pastikan kamu mengecek dulu bahan kainnya. Atasan batik muslim bisa dibuat dari berbagai bahan kain mulai dari sutera, aneka jenis katun, rayon, mori, dan lain sebagainya. Usahakan memilih bahan kain yang berkualitas agar kamu nyaman memakainya sepanjang hari.

Pilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik, utamanya jika kamu tinggal di area yang hawanya cenderung panas. Kamu bisa pilih bahan kain katun. Ini karena bahan kain katun memiliki tekstur yang halus dan sejuk di kulit. Bahan ini bisa menyerap keringat dengan cepat dan tidak akan bikin kamu kegerahan dan gatal. Harga kain katun pun lebih terjangkau dibanding kain lainnya, sehingga kamu bisa lebih hemat.

Namun, jika ingin tampil dalam acara yang formal, kamu bisa juga pilih atasan batik dengan bahan sutera. Bahan yang satu ini selain nyaman digunakan juga sangat bagus kualitasnya dan bisa membuat tampilan jadi terkesan lebih elegan.

Pilih Model yang Sesuai

Saat memilih atasan batik muslim, tentu kamu wajib memilih modelnya. Tidak perlu bingung karena ada banyak sekali pilihan model yang bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan saja pilihan modelnya dengan acara yang akan kamu hadiri.

Kamu bisa pilih atasan batik dengan variasi di bagian lengan. Misalnya, atasan batik dengan bell sleeves. Atasan semacam ini keren untuk menonjolkan gaya feminin kamu. Kamu bisa padukan dengan rok ataupun celana sebagai bawahannya. Jangan lupa kenakan hijab warna senada dengan warna bawahan atau motif batikmu, ya.

Untuk acara formal, kamu bisa lirik atasan batik dengan model kerah tinggi. Ini bikin tampilan kamu lebih profesional. Kamu bisa gunakan jilbab model pendek atau bisa juga memakai model yang pajang seperti biasa. Atasan dengan kerah tinggi, umumnya memiliki model bukaan kancing depan sehingga kesan formalnya makin terasa.

Kamu boleh juga memakai atasan batik dengan model A line. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin menyamarkan bentuk tubuh yang besar. Kombinasikan dengan celana ataupun rok.

Boleh juga kalau kamu ingin memakai batik sebagai outer. Pilih jaket batik untuk suasana kasual dan blazer batik untuk suasana yang formal. Outer batik bisa kamu padukan dengan dalaman polos agar tidak terkesan terlalu ramai. Untuk bawahannya, kenakan celana atau rok polos supaya tampilan batik kamu makin stand out.

Perhatikan Corak Batik

Saat memilih atasan batik, kamu juga perlu memilih coraknya. Ada berbagai macam corak untuk atasan batik. Dan pastinya setiap corak memiliki makna sendiri. Ini yang membuatnya bisa dibedakan mana yang cocok untuk acara formal maupun kasual. Jadi saat memilih atasan, jangan asal pilih ya, dikhawatirkan kamu memilih batik dengan corak kasual untuk acara formal.

Untuk acara yang formal, kamu bisa pilih batik yang didominasi dengan garis yang berbentuk geometris. Jenis batik ini tergolong dalam model batik parang dan udan liris. Untuk acara formal, hindari batik yang terlalu ramai. Selain itu pilih warna yang tidak terlalu mencolok agar terkesan sopan.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh

Dalam memilih pakaian, wanita muslim wajib memilih pakaian yang tidak menjeplak tubuh. Ini karena tujuan pemakaian baju adalah untuk menutupi aurat. Maka dari itu, hindari baju atasan batik yang terlalu ketat. Selain kurang enak dilihat, atasan batik ketat juga bikin kamu kurang nyaman beraktivitas. Pilih ukuran yang tidak terlalu ketat agar kamu nyaman bergerak dan tidak mudah gerah.

Ini Dia Aneka Atasan Batik Muslim yang Wajib Kamu Miliki

Bolero Monochrome Batik Monokrom 2in1 Lepasan Batik Atasan Muslim Modern Seragam Kerja Kantor Cantik

Bolero Monochrome Batik Monokrom 2in1 Lepasan Batik Atasan Muslim Modern Seragam Kerja Kantor Cantik merupakan produk yang bisa kamu lirik sebagai pilihan pertama. Atasan batik yang satu ini berupa luaran yang keren. Kamu bisa memakainya untuk acara formal maupun kasual. Untuk dalamannya kamu bisa memakai tanktop polos. Luaran ini keren untuk dipadukan dengan hijab. Bawahannya, kamu bisa gunakan celana kulot polos atau rok model A line.

Atasan batik muslim ini terbuat dari bahan katun. Ukuran atasan ini adalah all size fit to XL dengan lingkar dada 104 cm. Ada berbagai motif dan warna yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 48.000-209.000

Blus Davina Lawasan Daun

Jangan lewatkan untuk memiliki Blus Davina Lawasan Daun. Atasan batik muslim yang satu ini keren untuk jadi seragam. Baju yang satu ini terbuat dari baha katun halus. Kainnya nyaman sehingga tidak bikin gerah dan tidak bikin alergi. Bahannya juga cepat menyerap keringat. Baju ini keren dengan aplikasi resleting belakang. Ada ukuran M hingga XXL yang bisa kamu lirik. Desainnya keren dan pastinya bikin kamu lebih percaya diri saat memakainya.

Harga Rp. 47.000-134.000

Femme Ols- Blouse Atasan Katun Batik Premium 4068

Femme Ols- Blouse Atasan Katun Batik Premium 4068 tentu sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Baju yang satu ini desainnya simpel tapi tetap bikin tampilan anggun. Atasan batik muslim ini memakai batik modern. Motif batiknya etnik dan elegan. Bagian depan bajunya memiliki tali serut. Bagian belakang baju ini memiliki kancing hidup yang mudah dilepas dan dipasang. Atasan batik muslim ini terbuat dari bahan katun rayon yang nyaman dan tidak panas. Ada 2 varian warna yakni hitam dan krem yang bisa kamu pilih. Ukuran baju ini fit to XL dengan lingkar dada 104 cm dan panjang 64 cm.

Harga Rp. 59.000-89.000

Femme Ols- Kebaya Batik Veronica 4008

Femme Ols- Kebaya Batik Veronica 4008 menjadi pilihan lainnya untuk kamu. Atasan batik muslim ini terbuat dari bahan katun rayon yang berkualitas. Atasan ini adem dan tidak panas sehingga tidak bikin gerah. Baju ini memiliki corak batik yang kekinian. Ada resleting sebagai bukaan sehingga mudah digunakan dan juga dilepas. Di bagian depan ada tali sehingga bisa diikat pita. Produk ini hadir dalam 2 warna. ada ukuran M dan XL yang bisa dipilih. Ukuran M memiliki lingkar dada 90 cm dan panjang 56 cm. Sementara ukuran XL memiliki lingkar dada 104 cm dengan panjang 60 cm.

Harga Rp. 59.000-85.000

Blus Heyna Parang Warna Batik Atasan Muslim

Blus Heyna Parang Warna Batik Atasan Muslim menjadi pilihan lain yang bisa kamu koleksi. Atasan batik muslim ini keren untuk digunakan dalam berbagai suasana. Kamu bisa kombinasikan dengan celana dan rok. Blus atasan ini keren juga untuk seragam kerja kantor. Modelnya simpel namun bikin kamu percaya diri. Ukuran baju ini adalah all size fit to XL dengan lingkar dada 102 cm. Produk ini hadir dengan kancing belakang.

Harga Rp. 44.000-195.000

Arjuna Weda Blus Batik Kembang Hati

Arjuna Weda Blus Batik Kembang Hati menjadi rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk fashion yang satu ini keren untuk digunakan para wanita muslim. Atasan batik ini hadir dalam warna oranye yang menyegarkan. Produk ini memiliki kerah model tinggi dengan V cut. Atasan unlined ini berpotongan slim fit. Ada kancing depan yang bisa memudahkan untuk pemakaian. Produk ini terbuat dari bahan dobby semi sutera tidak transparan. Bahannya ringan dan tidak stretch. Ada ukuran S hingga XXL yang tersedia. Ukuran S memiliki lingkar dada 88 cm, sementara ukuran XXL memiliki ukuran lingkar dada 106 cm.

Harga Rp. 207.680

Rianty Batik Cardigan Arsenia

Kamu bisa juga melirik Rianty Batik Cardigan Arsenia. Produk yang satu ini bisa bikin tampilan kamu makin percaya diri. Atasan batik muslim ini keren untuk kamu gunakan dalam berbagai kesempatan. Produk ini terbuat dari bahan katun yang berkualitas. Ini membuat kamu lebih nyaman memakainya dalam waktu lama. Gunakan dalam berbagai kesempatan dan bersiaplah jadi pusat perhatian. Ada ukuran S hingga XXL yang bisa kamu lirik. Ukuran S memiliki lingkar dada 88 cm sementar ukuran XXL memiliki lingkar dada 104 cm. Atasan batik ini keren untuk kamu penggemar gaya monokrom. Dengan kancing tunggal di depan, produk ini bikin tampilan kamu makin stylish.

Harga Rp. 274.000-475.000

DAYS by Danar Hadi - Dress Motif Bingkai Rintik Bunga Red

DAYS by Danar Hadi - Dress Motif Bingkai Rintik Bunga Red adalah pilihan keren lainnya untuk kamu. Produk yang satu ini nyaman digunakan. Kamu bisa mudah memadukan dengan celana atau rok. Atasan batik muslim ini terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat dan tidak bikin gerah. Produk warna merah ini bikin kamu makin semangat beraktivitas. Atasan batik ini dilengkapi resleting di bagian belakang. Ada ukuran S hingga XL yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 769.000-1.105.000

Blouse Batik Thana Parang Kaktus

Blouse Batik Thana Parang Kaktus menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan katun. Dengan lengan model cuff, blus ini nyaman digunakan. Ada resleting tersembunyi di bagian belakang. Ada kantong di bagian depan untuk menyimpan aneka keperluan. Produk atasan batik muslim ini bisa dipesan segala ukuran sehingga kamu tidak khawatir bajunya kebesaran atau kekecilan.

Harga Rp. 242.000-396.000

Blouse Batik Khanza Kawung Stripe

Blouse Batik Khanza Kawung Stripe adalah rekomendasi kami yang terakhir. Blus yang satu ini adalah blus bahan batik cap katun. Dengan motif kawung, baju ini keren dan nyaman digunakan. Batik dengan kancing depan ini memiliki 2 kantong depan. Kamu bisa memesan ukuran kecil hingga besar.

Harga Rp. 245.000-345.000
From our editorial team

Sesuaikan Corak Batik dengan Bentuk Tubuh

Saat memilih baju atasan batik, kamu bisa sesuaikan dengan bentuk tubuh juga. Kalau bentuk tubuh bagian atasmu kurus maka bisa memilih batik dengan motif ramai. Sementara, jika bentuk tubuh bagian atas sudah lebar, maka sebaiknya memilih batik yang motifnya hanya ada di bawah saja supaya kesan tubhu bagian atas tidak terlalu penuh. Jika tubuh kamu berisi, pilih corak batik yang kecil dan tidak terlalu ramai. Sebaliknya, jika kamu memiliki tubuh kurus, ada baiknya memilih corak batik yang besar dan ramai untuk membuat kesan tubuh terkesan proporsional.