Investasi Kesehatan Mata Dengan 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV (2022)

Investasi Kesehatan Mata Dengan 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV (2022)

Mata merupakan jendela dunia. Banyak bahaya mengancam kesehatan mata dan berpotensi merenggut penglihatan apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut merupakan bahaya dan beberapa tips merawat mata dari bahaya sinar UV! Cek juga rekomendasi kacamata anti UV terbaik rekomendasi dari BP-Guide.

Sinar matahari mentransmisikan beberapa radiasi elektromagnetik dalam berbagai panjang gelombang yang berbeda. Dari antara spektrum tersebut, sinar Ultraviolet (UV) berada diantara cahaya tampak dan sinar-X. Sinar UV terdiri atas UVA, UVB, dan UVC dimana sinar UVA dan UVB dinilai berbahaya untuk kesehatan mata dan kulit. Ultraviolet merupakan jenis cahaya yang tidak terlihat namun dapat berpenetrasi dengan baik ke dalam mata dan menyebabkan kerusakan.

Jangan Dianggap Sepele, Berikut Beberapa Bahaya UV Terhadap Mata!

Berbicara mengenai penyakit atau luka, kita cenderung mengabaikan kerusakan yang tidak menyakitkan padahal seringkali membahayakan diri kita sendiri. Sama halnya terjadi pada kerusakan yang disebabkan sinar UV.

Baru-baru ini pengetahuan dan kesadaran mengenai proteksi sinar UV terhadap kulit sangat berkembang, namun kesadaran ini tidak berjalan setara dengan pengetahuan mengenai proteksi mata terhadap sinar UV. Padahal, sinar UV juga bersifat destruktif pada seluruh struktur okular.

Paparan Sinar UV Menyebabkan Penuaan Daerah Sekitar Mata

Bahaya pertama sinar UV adalah terhadap kelopak mata. Dari berbagai jenis kulit yang menutupi permukaan tubuh, kulit pada kelopak mata merupakan kulit paling tipis. Dampaknya apabila tidak dilindungi dengan baik, kelopak mata akan mengalami penuaan yang diawali dengan dehidrasi kulit kemudian menyebabkan berbagai jenis kerutan.

Selain itu, kulit disekitar kelopak mata berpotensi mengendur atau kehilangan elastisitasnya. Hal yang paling ditakutkan semua orang terutama wanita adalah munculnya bintik hitam pada wajah termasuk sekitar kelopak mata akibat hiperpigmentasi. Tidak menutup kemungkinan hiperpigmentasi terjadi apabila Anda tidak melindungi area mata dengan baik.

Sinar UV Dapat Menyebabkan Katarak Hingga Kebutaan Pada Mata

Bagian terdepan permukaan mata menyerap 99% radiasi sinar UV. Paparan sinar UV secara konstan pada mata tanpa adanya perlindungan dapat menyebabkan stress oksidasi dan kerusakan kumulatif, yang lebih lanjut mengakibatkan degenerasi fungsi mata yang bersifat tidak dapat balik.

Penurunan penglihatan ini disebabkan oleh degenerasi makula atau bagian belakang retina, kerusakan kornea, bahkan katarak. Apabila dibiarkan, kerusakan ini dapat menyebabkan kebutaan.

Sinar UV Menginduksi Kanker Mata!

Tidak asing lagi untuk diketahui bahwa sinar UV berkorelasi erat dengan kanker kulit, sama halnya terjadi pada mata. Kerusakan kornea yang terutama disebabkan oleh pantulan cahaya matahari dari air dan masuk ke mata memberikan efek lanjut berupa meningkatnya pertumbuhan sel termasuk sel kanker.

Apabila tidak dilakukan pencegahan, kanker yang menyerang konjungtiva dan kornea mata ini dapat menyebabkan pengangkatan seluruh mata. Sangat berbahaya bukan? Untuk itu, sangat diperlukan proteksi lebih khususnya pada area mata sehingga terhindar dari bahaya yang telah disebutkan di atas.

Proteksi ini dapat dilakukan dengan tidak menatap langsung matahari tanpa media penghalang, hindari beraktivitas pada pukul 10 pagi hingga 4 sore yakni saat sinar matahari sedang terik. Terakhir, pastikan untuk menggunakan kacamata dengan ukuran bingkai yang lebar dan proteksi khusus terhadap sinar UV.

Kacamata Anti UV Bukan Sekadar Kacamata Biasa!

Jika dahulu kacamata merupakan suatu pengganggu penampilan dan identik dengan gangguan penglihatan, namun saat ini kacamata dijadikan fashion icon yang melengkapi penampilan menjadi lebih kasual. Banyak orang mengenakan kacamata sebagai bagian dari fashion meskipun tidak memiliki mata minus. Terlebih kacamata saat ini didesain dengan bentuk dan lebar bingkai yang beragam sehingga semakin menarik perhatian para pecinta fashion.

Kabar baiknya, penggunaan kacamata seperti ini dapat melindungi kesehatan mata Anda dari potensi penyakit yang ditimbulkan oleh sinar UV. Namun, seiring dengan semakin tingginya intensitas radiasi UV yang menembus bumi, kacamata biasa saja tidak cukup untuk melindungi mata Anda dari potensi kerusakan mata.

Sebanyak ¼ sinar UV berpotensi merusak mata dan mata kita 10 kali lebih sensitif dibandingkan dengan kulit. Sehingga diperlukan adanya perlindungan ekstra yang mampu memblokir sinar UV ini. Kacamata anti UV merupakan kacamata khusus dengan lapisan proteksi yang mampu menghalangi sinar UVA dan UVB yang membahayakan mata.

Selain sinar UV, cahaya biru yakni cahaya yang dihasilkan dari layar benda elektronik juga diketahui sebagai salah satu sumber cahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Kacamata anti UV juga dapat menyerap cahaya biru sehingga Anda dapat mendapatkan dua perlindungan sekaligus dalam satu kacamata yang sama!

Perbedaan Kacamata Anti UV dengan Kacamata Hitam

Siapa yang tidak tahu sunglasses atau kacamata hitam? Kacamata jenis satu ini sering digunakan khususnya saat sinar matahari bersinar terik untuk melindungi paparan sinar langsung ke dalam mata. Namun, kacamata hitam ini tidak cukup untuk melindungi mata dari potensi berbahaya sinar UV, karena produk ini memiliki fungsi yang sama sekali berbeda dengan kacamata anti UV.

Meskipun memiliki tampilan lensa gelap, bukan berarti kacamata hitam melindungi Anda dari paparan sinar UV. Intensi awal lensa berwarna hitam ini adalah untuk menghalau silau matahari sehingga Anda bisa melihat dengan baik di balik sengatan matahari. Hal ini tentu saja berbeda dengan kacamata anti UV yang meskipun transparan namun mampu memblokir sinar UV.

Catat Beberapa Referensi Jenis Lensa Anti UV Berikut!

Perlu diketahui bahwa sinar UV tidak hanya hadir saat cuaca cerah. Saat berawan pun jangan turunkan perlindungan Anda karena sinar UV eksis dan dapat membahayakan kesehatan mata. Hingga saat ini terdapat beberapa jenis lensa Anti UV yang menyesuaikan kebutuhan Anda, termasuk anak atau saudara kecil Anda yang memerlukan perlindungan lebih. Hal ini disebabkan karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah.

Lensa Berwarna + Anti UV

Hobi berpetualang? Sering terekspos cahaya di siang hari? Sebagian besar aktivitas dilakukan di luar ruangan? Lensa jenis ini memang dirancang untuk Anda! Pada dasarnya, jenis lensa berwarna dan anti UV melibatkan penambahan proteksi anti UV pada lensa berwarna.

Sehingga dengan hal ini, Anda mendapatkan fungsi ganda berupa perlindungan dari sinar UV sekaligus penghalau silau matahari dan meningkatkan penglihatan di siang hari. Anda tidak perlu lagi khawatir akan kesehatan mata Anda dan tetap dapat berpenampilan menarik!

Lensa Reaktif

Lensa berwarna mungkin tidak tepat guna jika digunakan di dalam ruangan yang cenderung gelap. Sebaliknya, lensa transparan tidak akan memberikan fungsi menghalau intensitas cahaya yang diterima mata saat berada di luar ruangan. Namun, kedua jenis lensa tersebut dibutuhkan dalam dua kondisi berbeda dan akan sangat merepotkan untuk membawa kedua jenis kacamata, terutama jika pekerjaan Anda melibatkan mobilisasi antara dalam dan luar ruangan yang cukup banyak.

Lensa reaktif merupakan lensa yang menawarkan Anda dua fungsi bahkan tiga fungsi sekaligus dalam satu kacamata yang sama! Selain memberikan perlindungan terhadap sinar UV, lensa ini dapat berubah menjadi lensa berwarna jika digunakan pada kondisi banyak cahaya, dan akan berubah menjadi transparan apabila Anda berada di dalam ruangan. Sangat praktis sekaligus serbaguna bukan?

Lensa Polarisasi

Berbeda dengan dua lensa sebelumnya, seperti namanya lensa polarisasi merupakan lensa yang digunakan untuk menghalau cahaya matahari yang dipantulkan baik dari air, permukaan datar seperti kaca, spion, bahkan jalanan.

Lensa jenis ini cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan jauh dan mengharuskan Anda mengemudi sehingga selain mendapatkan perlindungan anti UV, Anda juga dapat mengemudi dengan nyaman tanpa perlu khawatir dengan silau yang dapat menyebabkan penglihatan terganggu.

Tips Memilih Kacamata Anti UV yang Sesuai Untuk Anda

Setelah memperoleh pengetahuan mengenai bahaya yang sinar UV timbulkan untuk kesehatan mata, tentu saja kesadaran Anda untuk menjaga area mata menjadi meningkat, bukan? Baik muda ataupun tua, tidak ada salahnya untuk mulai menjaga kesehatan mata Anda karena tidak pernah ada kata terlambat untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kacamata anti UV. Berikut merupakan beberapa tips yang harus Anda ingat saat memilih kacamata anti UV!

  • Pemilihan Bingkai
    Tidak dapat dipungkiri bahwa kacamata sering digunakan sebagai nilai tambah untuk mempertajam penampilan. Pemilihan bentuk bingkai yang tidak tepat dapat mengacaukan penampilan Anda. Pilihlah bentuk bingkai yang sesuai dengan bentuk wajah. Jika Anda memiliki bentuk wajah bulat, gunakan bingkai berbentuk kotak atau persegi panjang. Bingkai dengan bridge yang kuat cocok untuk bentuk wajah oval, bingkai bulat untuk bentuk wajah kotak, dan bingkai berbentuk mata kucing atau oval untuk tipe wajah berlian.
  • Pemilihan Warna Bingkai
    Warna juga mengambil peranan penting dalam memberikan kesan wajah. Sesuaikan warna bingkai dengan jenis skin tone Anda. Meskipun terdapat warna yang Anda sukai, namun apabila warna tersebut tidak sesuai dengan skin tone, Anda harus menyerah. Ketidaksesuaian warna dengan skin tone akan menyebabkan wajah Anda menjadi kusam.
  • Pemilihan Jenis Lensa
    Sesuaikan jenis lensa seperti yang telah disebutkan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan dan jenis aktivitas yang akan Anda lakukan. Pemilihan lensa yang tepat akan membuat Anda nyaman melakukan pekerjaan Anda!

Rekomendasi Kacamata Anti UV Untuk Anak Hingga Dewasa

Kacamata Berrybarton

Berrybarton merupakan rekomendasi produk kacamata pertama dengan bahan dasar frame berupa besi yang mampu menyajikan kesan mewah dan elegan. Terdiri dari tiga pilihan warna yakni black silver, black gold, dan black yang dapat dipilih menyesuaikan selera dan skin tone Anda.

Kacamata dengan model yang beragam dan mengikuti tren ini dapat digunakan untuk wanita, pria maupun anak-anak. Pilihan lensanya ada lensa minus, lensa anti blue ray, dan lensa photocromic atau lensa reaktif. Dengan merk ini, Anda bisa mendapatkan kacamata dengan harga terjangkau namun terkesan mahal.

Harga Rp. 130.000-300.000

Kacamata Hayylife

Kacamata Hayylife adalah jawaban bagi Anda penggemar kepraktisan. Produk ini menawarkan kacamata anti UV dengan material bingkai relatif empuk sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kacamata Anda akan patah karena tidak sengaja jatuh atau tertindih.

Selain itu, dengan harga yang sangat terjangkau, Anda mendapatkan inovasi terbaru dari produk kacamata yakni kacamata yang dapat dilipat! Kacamata hayylife cocok untuk Anda bawa berlibur melengkapi gaya tanpa perlu khawatir mengenai bahaya sinar UV pada kesehatan mata Anda.

Harga Rp. 44.000-50.000

Kacamata Grey Jack

Material besi dengan formula yang tidak mudah luntur, kacamata Grey Jack merupakan salah satu kacamata yang dinilai kokoh dan memberikan kesan klasik serta elegan dengan harga yang pas di kantong.

Berbagai pilihan bentuk bingkai dapat Anda pilih sesuai dengan selera dengan lima jenis pilihan lensa termasuk anti radiasi, anti blue ray, dan lensa reaktif serta mewadahi kebutuhan resep lensa atau mata minus Anda.

Harga Rp. 90.000-360.000

Kacamata DENNOS

Kacamata Dennos menawarkan Anda kacamata fashion dengan harga yang sangat terjangkau. Berbagai macam gaya bingkai mulai klasik hingga eksentrik dapat Anda pilih menyesuaikan selera berpakaian Anda. Terlebih, produk ini menawarkan Anda kacamata dengan berbagai jenis lensa anti UV, bahkan lensa polarisasi untuk menemani Anda saat sedang mengemudi!

Harga Rp. 24.000-70.000

Kacamata Luseen

Kacamata Luseen merupakan kacamata yang menawarkan fungsi anti UV serta menghilangkan kelelahan mata akibat menatap layar komputer terlalu lama. Bagi pengguna kacamata, terkadang benda satu ini tidak nyaman digunakan terlalu lama karena menimbulkan rasa lelah pada bagian pangkal hidung. Namun, dengan material logam yang ringan, Anda akan merasakan seperti tidak menggunakan kacamata karena ringannya produk ini.

Harga Rp. 60.000-100.000

Kacamata Viendo

Rekomendasi kacamata anti radiasi lainnya adalah kacamata Viendo yang juga menyediakan lensa jenis photochromic. Melalui harganya yang terjangkau yakni dibawah Rp 200.000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan kacamata modis yang sudah diresepkan. Terdapat juga berbagai pilihan warna yang cenderung lebih bervariasi serta kekinian.

Harga Rp. 60.000-200.000

Kacamata ZHFU

ZHFU merupakan kacamata fashion yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang dibanderol dibawah Rp 70.000. Kacamata ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki mata minus namun membutuhkan perlindungan radiasi. Terutama untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak budget untuk kacamata, dan ingin menunjukkan penampilan yang sederhana.

Harga Rp. 10.000-60.000

Kacamata Bitzen

Kacamata Bitzen cocok bagi Anda yang ingin terlihat stylish sekaligus ingin melindungi kesehatan mata Anda. Produk ini menyediakan kacamata fashion dengan berbagai macam bingkai modern juga warna lensa yang beragam mulai dari biru hingga kuning, bahkan gradasi warna yang cukup terang. Jika Anda hobi bepergian dan mengabadikannya lewat foto, maka produk ini akan melengkapi penampilan Anda!

Harga Rp. 25.000-60.000

Kacamata RDE Robins de eyewear

RDE robins de eyewear merupakan kacamata trendy selanjutnya bagi Anda penggemar fashion namun memiliki mata minus. Terdapat beberapa pilihan lensa anti radiasi yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran minus Anda. Bahan dasar bingkai berupa titanium yang tersedia dalam empat jenis warna yakni hitam, ungu, red gold, dan silver blue yang dijamin memanjakan mata Anda!

Harga Rp. 90.000-370.000

Kacamata Helen Keller

Helen Keller adalah kacamata terjangkau lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berbagai jenis warna lensa menarik serta modis. Cocok untuk dipadupadankan dengan pakaian melengkapi penampilan agar menarik untuk dipandang. Terdapat berbagai jenis bingkai mulai dari tebal dan tipis yang dapat Anda pilih menyesuaikan bentuk wajah Anda!

Harga Rp. 65.000-600.000
From our editorial team

Perawatan Kacamata Anti UV yang Baik dan Benar

Kacamata juga perlu dibersihkan, terutama untuk bagian lensa. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat membersihkan kacamata agar lensanya tidak tergores dan penggunaan kacamata juga bisa lebih tahan lama. Pastikan Anda juga menyimpan kacamata di tempat yang tepat setelah dibersihkan.

Tag