10 Rekomendasi Mobil Mainan Menggunakan Baterai yang Seru Dimainkan (2022)

10 Rekomendasi Mobil Mainan Menggunakan Baterai yang Seru Dimainkan (2022)

Mobil mainan tentu sangat disukai oleh anak-anak. Selain menyenangkan, mobil mainan juga baik untuk tumbuh kembangnya lho! Simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Mobil Jadi Salah Satu Mainan Favorit Anak

Usia 0 sampai 5 tahun merupakan periode yang penting untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu cara untuk merangsang perkembangan anak adalah dengan melalui permainan yang membuatnya aktif, seperti bermain mobil-mobilan.

Bermain mobil-mobilan dapat membantu melatih motorik anak karena melibatkan gerakan dari sebagian tubuh mereka. Anda juga bisa mengenalkan jenis-jenis transportasi saat bermain mobil-mobilan, sehingga menambah pengetahuan anak. Semakin anak bertumbuh besar, mainan juga bisa menjadi sarana untuknya bersosialisasi dengan anak-anak lain seusia dirinya.

Manfaat Main Mobil-Mobilan

Melatih Motorik

Main mobil-mobilan dapat melatih motorik kasar dan motorik halus si kecil. Mainan ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan kecil, membuatnya lebih tangkas saat memainkannya. Beberapa jenis mobil mainan juga dapat melatih otot tangannya, seperti jenis pullback, yaitu yang harus ditarik ke belakang untuk bisa meluncur ke depan.

Media Pembelajaran Anak

Melalui mobil-mobilan anak dapat belajar tentang konsep-konsep seperti apa itu jalan, berhenti, mengerem, turun, naik, lambat, dan masih banyak lagi. Ia akan mempelajarinya dengan mudah dan menyenangkan melalui permainan. Anda juga bisa mengenalkan anak rambu-rambu lalu lintas atau tanda-tanda lain yang ada di jalan, juga mengenalkan beberapa jenis mobil.

Memperkaya Perbendaharaan Kata

Bermain mobil-mobilan tidak hanya sekedar menghibur mereka tetapi dapat meningkatkan keingintahuan anak karena mereka menemukan hal-hal yang baru. Misalnya keingintahuan terhadap bagian-bagian mobil, warna mobil, hingga kata-kata yang sering digunakan saat mengoperasikan mobil. Ini sekaligus menambah perbendaharaan kata yang mereka miliki.

Sarana Bersosialisasi

Semakin bertambah usia anak, maka lingkungan sosial mereka akan semakin luas. Salah satu hal yang bisa mendekatkan anak dengan teman seusianya adalah dengan bermain bersama. Jika ia memiliki mainan, ia bisa mengajak anak-anak lain untuk ikut bermain dengannya, sehingga menciptakan sarana bersosialisasi bagi mereka.

Melatih Kemampuan Kognitif

Mobil-mobilan juga memiliki manfaat untuk melatih kemampuan kognitif anak. Mereka jadi tahu bahwa ketika memainkan mobilnya terlalu cepat, maka lebih mudah menabrak sesuatu. Atau ketika mereka memainkan mobil keluar dari jalur maka akan membentur sisi jalan dan menyebabkan kerusakan. Melalui hal ini, anak bisa tahu tentang bahaya dan lebih berhati-hati.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mobil Mainan Untuk Anak

Usia dan Ukuran

Pada anak berusia 1-2 tahun, pilihlah mainan yang berukuran besar agar tidak dimakan. Kalau anak sudah sedikit besar dan tahu apa itu bahaya, maka boleh memberikan mainan yang lebih kecil. Selain itu, sebaiknya mainan untuk anak tidak terdiri dari bagian-bagian yang mudah terlepas, seperti roda, karena masih berisiko dimakan oleh anak.

Sumber Tenaga Penggerak

Mobil mainan yang tersedia di pasaran memiliki berbagai cara untuk memainkannya. Ada jenis mobil mainan yang perlu didorong secara manual, ada mobil mainan pullback yang dapat melaju jika ditarik mundur, ada pula mobil mainan yang digerakkan menggunakan baterai, dan lain sebagainya. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bahan Pembuat

Anda juga perlu memperhatikan material yang digunakan untuk membuat mobil mainan. Jika mainan terbuat dari bahan plastik, pastikan plastik tersebut sudah terbukti aman jika digigit oleh anak. Selain bahan plastik, mainan anak juga biasanya terbuat dari bahan kayu yang juga perlu Anda perhatikan apakah bahan kayu tersebut juga aman untuk anak.

Rekomendasi Mobil Mainan Menggunakn Baterai Untuk Anak

Mainan Mobil Remot RC Road Master

Produk mobil mainan ini terbuat dari material plastik. Ukuran produknya juga cukup besar, yaitu 21 x 10 x 6 cm dengan ukuran package 25.5 x 11 x 9 cm. Anda bisa mengendalikan mobil ini dengan remot. Di bagian depan mobil terdapat lampu LED dan lampu 3D.

Terdapat garansi produk, jadi jika mainan ini rusak, Anda bisa mengembalikannya kembali dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bukan hanya itu, dalam setiap pembelian mobil mainan ini, ada bonus Lego gratis. Menarik bukan?

Harga Rp. 50.000-100.000

MAINAN MOBIL AMBULANCE BUNYI DAN NYALA

Mobil mainan yang satu ini merupakan mobil jenis ambulans yang ukurannya cukup besar. Mobil ini menggunakan 3 baterai AA yang dijual terpisah. Seperti halnya ambulans, mobil ini juga dilengkapi dengan lampu warna-warni dan suara sirine yang mirip dengan suara ambulans yang sebenarnya.

Mobil ambulans ini dapat maju mundur sendiri jika ada halangan di depannya. Pintunya tidak bisa dibuka, tapi tak mengurangi keseruan dalam memainkannya. Mainan berbahan plastik aman dimainkan karena telah bersertifikasi SNI.

Harga Rp. 35.000-50.000

Mainan Mobil Sport Sedan Transfomers Bumblebee

Mobil mainan berukuran 22 x 11 x 7 cm ini memiliki beberapa fitur yang menarik, seperti musik dan lampu. Selain itu, mobil-mobilan ini juga dapat berjalan. Tidak hanya itu, produsen produk ini juga memberikan garansi 30 hari pada setiap pembelian mainan ini.

Harga Rp. 10.000-55.000

Mainan Mobil Polisi Jungkir Balik Tipping Car

Anak Anda terobsesi dengan polisi? Anda bisa memberikan mainan mobil ini kepadanya. Mainan mobil-mobilan ini didukung oleh baterai yang dijual terpisah. Mobil ini bisa berjalan dan terbalik lalu bangun sendiri. Ukurannya 10 x 6 x 5,5 cm dengan ukuran kemasan 10 x 7,5 x 8 cm.

Harga Rp. 15.000-35.000

MAINAN TRUCK POLISI BUMP AND GO

Jika Anda sedang mencari kado ulang tahun untuk anak yang berusia 3 tahun ke atas, Anda bisa membelikan mobil mainan tahanan polisi ini. Mobil mainan yang satu ini memiliki ukuran 26,5 x 8,5 x 12 cm, dan bisa berjalan sendiri menggunakan baterai AA 3 pcs yang dijual terpisah.

Mobil mainan ini menggunakan sistem bump go (berjalan sendiri dan berputar jika menabrak benda). Mainan ini juga dilengkapi dengan lampu mobil dan suara sirine yang membuatnya semakin mirip dengan mobil tahanan polisi sungguhan. Dibuat dari bahan plastik berkualitas dan sudah SNI sehingga sangat aman bagi anak Anda.

Harga Rp. 55.000-75.000

Mobil Polisi Ban Nyala Musik Lampu

Mobil mainan berbentuk mobil polisi ini juga dilengkapi dengan musik dan lampu sehingga semakin mirip dengan mobil polisi sungguhan. Warnanya juga merah dan biru. Mobil ini menggunakan baterai AA 3 pcs untuk memainkannya, dengan baterai yang dijual terpisah. Ukuran kemasannya 20 x 8 x 7 cm.

Harga Rp. 20.000-40.000

Mainan Anak Mobil Pemadam Kebakaran Damkar Semprot Air

Mobil pemadam kebakaran (Fire Squad) berdimensi 27 x 6 x 8 cm ini memiliki beberapa fitur yang menarik. Ada tangki air, dimana selangnya bisa mengeluarkan air. Ada tangga yang bisa dinaikkan dan diputar.

Mobil ini juga bisa mengeluarkan bunyi, dan memiliki lampu sirine yang bisa menyala. Untuk menggunakannya, mobil mainan ini disokong oleh baterai AA 3 pcs yang sudah termasuk dalam pembelian mobil mainan ini.

Harga Rp. 90.000-150.000

Mainan Remote Controle Mobil Alphard

Hadiahkan mobil remote control ini untuk membantu mengembangkan pola pikir anak Anda agar makin kreatif. Mobil mainan yang satu ini dapat Anda gerakkan maju, mundur, dan belok kanan-kiri. Pintu tengah mobil bisa dibuka tutup menggunakan remot atau manual, serta lampunya bisa menyala.

Mobil mainan ini menggunakan 3 pc baterai casan untuk mobil yang sudah termasuk dalam pemberian, dan 2 pc baterai untuk remote yang dijual terpisah. Jangkauan remot bisa hingga kurang lebih 15 meter.

Harga Rp. 100.000-150.000

Mainan Mobil RC Jeep OffRoad King Driver

Mainan mobil remote control Rc jeep off road king driver ini dibuat dengan skala 1:18 jika dibandingkan dengan ukuran aslinya. Power mobil menggunakan Batre AA 3pcs dan power remote menggunakan batre AA 2pcs yang bisa langsung Anda dapatkan saat membeli produk ini sebagai bonus. Asyik ya?

Harga Rp. 85.000-150.000
From our editorial team

Dampingi Anak Saat Bermain Mobil Untuk Bonding Time

Mempererat hubungan atau bonding dengan si kecil bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya dengan main mobil bersama. Pilih mainan kesukaan anak dari rekomendasi BP-Guide di atas, lalu bermainlah bersamanya agar makin seru!