Berencana Membangun Kantor? Inilah 10 Produk untuk Isi Ruang Kerja agar Karyawan semakin Produktif (2023)

Berencana Membangun Kantor? Inilah 10 Produk untuk Isi Ruang Kerja agar Karyawan semakin Produktif (2023)

Anda yang akan mulai memperluas bisnis dengan semakin banyak karyawan, mungkin butuh beberapa produk yang wajib ada untuk mengisi ruang kerja agar karyawan semakin nyaman dan produktif saat bekerja. Yuk, cek dulu beragam inspirasi desain interior ruang kantor dan rekomendasi produk-produknya.

Baca juga

Tumbuhkan Kreativitas Karyawan dengan Isi Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja adalah tempat untuk melakukan kegiatan menghasilkan uang yang berhubungan dengan pencaharian. Biasanya isi ruang kerja dilengkapi oleh berbagai interior atau sarana kerja seperti meja, kursi, komputer, dan sebagainya untuk melakukan pekerjaan bisa lebih produktif.

Kantor sendiri menjadi lingkungan yang pastinya akan banyak kegiatan sehingga tidak luput dengan sebuah permasalahan. Biasanya masalah ini sering terjadi karena stres yang dirasakan oleh karyawan saat bekerja. Penyebabnya bisa karena kondisi lingkungan seperti ruang kerja yang tidak kondusif.

Tidak hanya itu saja, kegiatan selama bekerja di kantor juga akan terasa lebih tenang berkat desain ruang dan suasana yang nyaman. Langkah mendesain ruang kerja di kantor juga perlu dilakukan untuk membantu meningkatkan produktivitas dari sumber daya perusahaan yang paling berharga yaitu karyawannya di tempat kerja.

Perusahaan perlu menyisihkan budget untuk isi ruang kerja di kantor dengan berbagai furnitur yang menunjang aktivitas karyawannya. Langkah ini paling tepat untuk menjaga karyawan agar tetap nyaman dan produktif dalam mengerjakan tugasnya di lingkungan kantor.

Memilih desain ruang kerja kantor yang ergonomis bisa menjadi pilihan tepat, karena ruang kerja kantor akan menarik dan pastinya bisa digunakan dengan nyaman untuk berbagai kegiatan. Terlebih di zaman yang serba modern seperti sekarang ini sudah ada banyak perusahaan yang melakukan inovasi untuk membuat ruang kantor lebih menarik.

Hal ini juga sebagai identitas bagi sebuah perusahaan dan terlihat dari bagaimana work culture yang ada di sebuah perusahaan. Kini sudah banyak perusahaan mendesain bentuk isi ruang kerja di kantor dengan cara yang unik, misalnya saja beberapa perusahaan startup terkenal memiliki ruang kerja kantor yang menarik dan unik. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi kreativitas karyawan, sehingga akan berdampak pada kinerja perusahaan.

Agar tak salah menata ruang kantor, berikut ini kami rangkum bentuk tata ruang kantor yang ideal dan efektif agar pegawai makin kreatif. Selain itu, agar membuat para karyawannya bisa lebih kreatif lagi dengan penempatan isi ruang kerja yang nyaman.

Inspirasi Desain Ruang Kerja Kantor Kekinian

Desain Ruang Kerja Bersama dengan Tata Letak Co-Working Space

Desain ruang kerja di kantor yang sedang kekinian adalah ruang kerja bersama atau tim. Biasanya isi ruang kerja dalam desain ini menggunakan tata letak kantor bersama atau co-working office layout. Banyak kantor yang menggunakan desain ini karena meningkatnya biaya sewa ruang kantor, sehingga perusahaan memastikan isi ruang kerja bisa dimanfaatkan dengan baik.

Jenis ruang kerja ini bisa dipilih bila tak ingin pusing mengatur hingga mendesain ruang kantor secara besar-besaran. Menggunakan co-working space mampu mengakomodir semua kebutuhan isi ruang kerja bisnis sekaligus bentuk tata letak kantor sesuai dengan keinginan.

Bayangkan, apabila menggunakan ruang kerja terbuka Anda bisa langsung memilih furnitur kantor yang sekalian besar dan bisa banyak karyawan dalam satu meja. Sehingga, kantor terbuka juga bisa lebih menghemat sewa ruang kantor, karena perusahaan tidak perlu membutuhkan banyak ruang serta isi ruang kerja bisa diminimalisir.

Sebagai pihak ketiga, perusahaan bisa menciptakan co-working space gedung kantor yang bisa dilengkapi dengan fasilitas kantor sewa modern. Selain itu, aksesoris trendy seperti mesin kopi, printer, ruang pertemuan, dan sebagainya bisa digunakan secara bersama. Sederhananya, tata letak dari ruang kerja terbuka bisa mengurangi luas yang diperlukan juga, loh! Ruang kerja terbuka akan memberikan fleksibilitas bagi perusahaan yang masih berkembang.

Walaupun mudah untuk diaplikasikan, untuk mendesain ruang kerja terbuka penting untuk dipertimbangkan sifat pekerjaan karyawan juga saat merencanakannya. Hal itu karena tidak setiap pekerjaan yang dimiliki sebuah bisnis akan cocok dengan ruangan kerja seperti ini.

Umumnya, ruang kerja terbuka lebih cocok diperuntukan bagi karyawan yang stasioner yang ruang lingkup pekerjaannya memerlukan interaksi rutin dalam tim mereka menjadi satu ruangan. Selain itu, kantor yang menggunakan tata letak ruang kerja terbuka biasanya memiliki budaya dan gaya kerja yang fleksibel.

Desain Ruang Kerja Terbuka dengan Area Kolaboratif

Desain dari tata ruang kerja kantor terbuka menjadi salah satu tata letak yang biasa digunakan oleh perusahaan kreatif, startup teknologi dan organisasi besar yang sedang berkembang. Untuk menghadirkan desain ruang kerja terbuka, Anda bisa menyediakan beberapa area kolaboratif.

Penggunaan layout ruangan terbuka biasanya berfokus pada penyediaan ruang terbuka untuk meningkatkan komunikasi lebih intens di tempat kerja. Agar menciptakan budaya kerja kolaborasi antar tim dan departemen yang kini sedang banyak digunakan oleh beberapa kantor, membuat area kolaboratif akan membantu interaksi karyawan dalam bekerja.

Area kolaboratif juga dikenal dengan area breakout yang lebih informal dan mendorong jenis interaksi yang berbeda di dalam kantor. Tata letak ruang kerja kantor dengan area kolaboratif akan bisa memfasilitasi seluruh kolaborasi yang dibutuhkan di kantor, sehingga penting untuk disediakan. Ruang terbuka bisa diaplikasikan dengan penggunaan isi ruang kerja open-plan office, di mana tidak ada dinding pemisah yang mengganggu yang ada hanya meja kerja yang dibuat sejajar atau memanjang.

Sebenarnya, area kolaboratif yang ada di jenis ruang kantor terbuka tidak perlu terlalu terstruktur. Hal itu karena area tersebut mesti dibuat agar mudah dibentuk dari berbagai tata letak dan ukuran sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Paling penting, area kolaboratif di ruang kerja harus memungkinkan bermacam-macam area informal memungkinkan orang memilih untuk berinteraksi.

Tipe ruang kantor terbuka dengan area kolaboratif akan menciptakan suasana lebih santai dan informal agar merangsang kreativitas karyawan. Beberapa isi ruang kerja kantor terbuka dilengkapi dengan aksesori seperti whiteboard yang bisa dipindah-pindah atau papan tulis/gambar. Barang tersebut untuk menangkap pikiran dan ide selama sesi brainstorming atau diskusi sehingga perusahaan harus menyediakannya.

Interior sebagai isi ruang kerja ini juga menggunakan sofa dengan sandaran tinggi dan bahan akustik untuk memberikan lebih banyak privasi di area terbuka. Fungsinya untuk membantu dalam penyerapan suara sebagai ruangan privasi bagi karyawan.

Desain Ruang Kerja Individual dengan Tata Letak Bilik Kantor

Punya impian kantor di gedung sewa untuk kantor formal? Desain ruang kerja individu bisa Anda pilih. Biasanya desain ruang kerja ini mengacu pada tata letak kubikel atau meja yang memungkinkan ruang kerja individu bagi setiap karyawan.

Jenis kantor bilik ini merupakan kantor dengan tata letak tertutup karena ruang kerja dipisahkan dengan dinding partisi yang mengeliling area kerja, sehingga membentuk persegi atau bilik. Faktanya, tata letak kubikel untuk ruangan kantor ini akan membutuhkan ruangan yang lebih luas. Jadi perlu dipertimbangkan kembali perihal sewa ruang kantornya.

Fungsi dari desain ruang kerja untuk di kantor ini sebagai ruang pribadi untuk memberi karyawan mereka privasi sendiri. Desain ruang kerja kantor ini bisa di fasilitas bagi dengan pekerjaan karyawan yang ruang lingkup pekerjaannya membutuhkan tingkat privasi tertentu. Contoh pekerjaan yang cocok untuk ruang ini adalah pekerjaan sumber daya manusia atau departemen keuangan dalam sebuah organisasi.

Tata letak isi ruang kerja dengan bilik pribadi juga menawarkan lingkungan yang tenang bagi karyawan untuk fokus pada pekerjaan mereka tanpa gangguan kebisingan. Isi ruang kerja ini biasanya dilengkapi dengan panel untuk memisahkan ruang kantor pribadi.

Manfaat dari tata letak kantor ini bisa menjaga privasi bagi karyawan di tempat kerja, lebih adil untuk setiap karyawan, karena menyisihkan jumlah ruang yang sama untuk mereka, dan menumbuhkan fokus saat bekerja karena gangguan yang lebih sedikit.

Desain Ruang Kantor Gabungan dengan Area Touch Down

Solusi untuk menghadirkan layout ruang kerja di kantor semi-terbuka, Anda bisa membuatnya dengan bentuk tata ruang kantor gabungan atau hybrid. Gaya ini akan memungkinkan Anda menggabungkan berbagai jenis tata letak ruang kantor dengan fungsi lebih serbaguna. Misalnya, Anda bisa memadupadankan beberapa bilik, ruang kerja bersama, dan ruang terbuka untuk mendesain kantor secara inovatif.

Sebuah ruangan kantor juga bisa menyediakan bentuk kerja gabungan dengan menghadirkan area touch down. Area touch down di sebuah kantor merupakan ruang kerja umum yang bisa digunakan oleh semua orang. Biasanya area ini digunakan berdasarkan "first come, first served," maksudnya adalah siapa yang duluan datang dia yang pertama bisa menempatinya. Menyediakan area ini akan bisa berhubungan dengan pilihan kantor lebih semi terbuka dengan tata letak ruang kantor gabungan yang siapa saja bisa menggunakannya.

Umumnya area touch down mempunyai dua kategori, pertama kategori yang digunakan secara touch & go. Kemudian yang lain di mana beberapa karyawan berbagi satu area kerja selama shift kerja yang berbeda. Kedua adalah kategori ruang kerja yang biasa disebut sebagai area hot desking.

Area touch down secara touch & go biasanya diperuntukkan untuk karyawan yang terus-menerus bekerja di luar kantor atau dalam perjalanan. Contohnya karyawan bagian penjualan atau konsultan lapangan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan di luar kantor, oleh karena itu mereka tidak membutuhkan ruang kerja khusus.

Sedangkan konsep hot desking umumnya digunakan di call center atau perusahaan asuransi atau agen properti, di mana jumlah total karyawan yang bekerja dalam shift yang berbeda melebihi jumlah meja yang tersedia. Mereka bisa menggunakan meja apa pun yang tersedia ketika mereka datang ke kantor.

Isi Ruang Kerja Kantor dengan Interior Terbaik

Perangkat Komputer Lengkap

Setiap kantor pastinya membutuhkan perangkat komputer. Perabotan ini menjadi salah satu yang wajib ada pada isi ruang kerja kantor.

Perangkat komputer menjadi sangat penting untuk disiapkan oleh Anda, karena sekarang ini tidak ada pekerjaan yang tidak membutuhkan komputer.

Perangkat komputer yang ada di ruang kerja kantor biasanya terdiri dari monitor, CPU, perangkat mouse, keyboard, atau perangkat output. Semua perangkat tersebut sama-sama akan membantu pekerjaan utama dalam sebuah perusahaan.

Selain perangkat komputer, beberapa perusahaan juga lebih memilih laptop sebagai alat kantor yang ada di isi ruang kerja karena bisa dibawa kemana saja.

Hal itu tergantung kebutuhan kantor saja sebenarnya. Tetapi akan lebih baik menggunakan perangkat komputer dengan standar lebih tinggi.

Fungsi peralatan teknologi tersebut biasanya digunakan untuk membuat laporan, menginput transaksi, penjadwalan dan pencatatan apapun, hingga untuk editing gambar atau video.

Perkembangan perangkat kantor di perusahaan selalu mengalami perubahan. Apabila dahulu layar komputer menggunakan jenis tabung boros tempat, kini bentuk layar komputer menggunakan LCD yang cenderung lebih tipis.

Penyediaan perangkat komputer atau laptop ini tidak perlu banyak-banyak karena umumnya sekarang setiap karyawan yang bekerja sudah memilikinya.

Harga Rp. 2.450.000-16.499.000

Meja dan Kursi Kerja

Meja dan kursi merupakan isi ruang kerja yang selalu ditemukan di kantor. Perabotan kantor ini wajib untuk dimiliki perusahaan untuk kenyaman para karyawan Anda.

Berbagai desain meja dan jenis kursi bagi kantor bermunculan, maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan kantor Anda misalnya memperhitungkan jenis karyawan yang bekerja di kantor.

Furnitur isi ruang kerja di kantor ini menjadi tempat karyawan mengerjakan pekerjaannya. Selain itu, juga bisa meletakkan file-file dan perangkat komputer di meja kantor.

Bukan hanya memberikan kenyamanan untuk karyawan menyelesaikan tugas kerjanya sehari-hari, tetapi juga pemilihan meja dan kursi sebagai isi ruang kerja untuk menambah nilai estetika kantor Anda.

Biasanya untuk meja dan kursi karyawan biasa, desainnya akan lebih simple dibanding milik manager, direktur, maupun jajaran petinggi lainnya. Tetapi bagi beberapa kantor ada yang meratakan semuanya tergantung budaya dari kantor dan hierarki jabatan dari kantor Anda sendiri.

Harga Rp. 949.000-4.500.000

Filling Cabinet

Filling cabinet juga menjadi isi ruang kerja yang banyak ditemukan di kantor. Perabotan kantor ini berfungsi sebagai laci penyimpanan arsip dokumen fisik seperti berkas atau dokumen. Biasanya kantor menggunakan filling cabinet agar arsip mereka terorganisir dan rapi.

Bentuk filling cabinet seperti layaknya lemari dengan otak besar yang tersusun vertikal. Lemari tersebut dilengkapi juga dengan laci-laci berukuran besar. Laci-laci ini berguna untuk memudahkan pengelompokkan dokumen dan juga barang milik perusahaan. Jumlahnya juga biasanya terdiri dari 3-8 laci, namun itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Material filling cabinet biasanya terbuat dari besi sehingga aman digunakan untuk penyimpanan. Bahan tersebut juga bisa tahan lama dan anti rayap. Tak hanya itu, material besi pada lemari penyimpanan ini juga kokoh serta perawatannya juga mudah, loh!

Harga Rp. 775.000-3.500.000

Printer Scanner

Printer sekaligus scanner merupakan peralatan kantor yang biasa ditemukan dalam isi ruang kerja. Secara khusus biasanya perabotan kantor ini berada di ruang yang memang sering membutuhkannya. Fungsi alat ini adalah sebagai pencetak dokumen yang praktis.

Ada model printer dengan fungsi scanner. Namun, ada juga beberapa kantor yang menyediakan dua alat ini dalam bagian berbeda. Namun, memilih printer scanner untuk isi ruang kerja untuk di kantor akan lebih membuat pekerjaan lebih efisien.

Alat kantor printer berfungsi untuk mencetak dokumen dalam bentuk hardcopy, sedangkan scanner merupakan alat untuk mengkonversi file berbentuk hardcopy ke softcopy berbentuk file pada komputer. Keduanya bisa saling terhubung, dan dalam skala besar biasanya keduanya digunakan dalam alat terpisah.

Kedua jenis model perabotan isi ruang kerja tersebut biasanya dijual secara terpisah dari printer. Kini beberapa merek menawarkan printer scanner sebagai fungsi ganda untuk mengurusi dokumen Anda di kantor.

Harga Rp. 355.000-4.500.000

Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi biasa diletakkan sebagai isi ruang kerja kantor untuk membantu karyawan menduplikasi dokumen dan file laporan lainnya di kertas atau dalam bentuk hardcopy.

Dengan adanya mesin ini di ruang kerja kantor bisa menghemat waktu kerja karyawan menjadi lebih efektif tanpa perlu keluar untuk mencari tukang fotokopi.

Fungsi mesin ini sangat penting bagi sebuah kantor, sehingga perlu dipertimbangkan untuk menjadi isi ruang kerja di kantor. Anda dapat membeli mesin fotokopi dengan fungsi lainnya seperti print dan scan agar bisa lebih multifungsi.

Harga Rp. 3.000.000-33.000.000

Whiteboard

Suka menuangkan ide kreatif dalam pekerjaan? Whiteboard bisa menjadi perabotan yang bisa menuangkan ide kalian. Perabotan ini juga harus ada di isi ruang kerja di kantor Anda untuk mencoret-coret ide saat diskusi, sebagai papan pengumuman, dan mendukung kebutuhan rapat. Sehingga isi ruang kerja ini sangat penting untuk menunjang pekerjaan karyawan di kantor.

Whiteboard sendiri adalah papan tulis putih sebagai sarana informasi dengan bentuk papan yang bisa ditulis dengan spidol marker atau non permanen maupun menggunakan kapur sesuai dengan jenis dan bahan material papan. Papan tulis whiteboard ini biasanya digunakan untuk keperluan kantor sebagai media untuk menyampaikan ide dan juga gagasan.

Harga Rp. 35.000-1.025.000

Paper Shredder

Isi ruang kerja yang biasa ditemukan selanjutnya adalah paper shredder. Alat ini befungsi sebagai mesin penghancur kertas untuk menjadi potongan kecil.

Dengan bantuan alat ini, kertas dokumen kantor yang sudah tidak terpakai tidak berceceran begitu saja, limbah sampah dari kertas juga bisa dengan mudah dibersihkan.

Meskipun terdengar sederhana yang cuma digunakan untuk menghancurkan kertas, alat ini ternyata punya manfaat yang lebih untuk sebuah kantor.

Dokumen perusahaan yang sudah tidak terpakai lagi, bisa dihancurkan kecil-kecil dengan tujuan mengurangi risiko kebocoran informasi rahasia yang tertulis di dokumen.

Harga Rp. 490.000-3.180.000

Stop Kontak

Isi ruang kerja kantor yang tidak boleh ketinggalan adalah stop kontak. Alat tersebut sangat dibutuhkan untuk mengisi daya listrik segala perangkat elektronik yang ada di ruang kantor. Setiap aktivitas kerja sekarang membutuhkan listrik, misalnya untuk charge komputer, laptop, dan juga handphone pada karyawan Anda.

Keberadaan stop kontak di ruang kerja menjadi sangat penting. Dengan alat ini Anda bisa mendapatkan daya listrik bagi AC, TV, PS5 yang juga tersedia dalam fasilitas kantor. Tentunya semua alat elektornik di kantor menggunakan energi listrik, dengan alat ini bisa membuat mereka menyala, berfungsi, dan digunakan dengan lancar.

Stop kontak kabel berfungsi yang ada di kantor digunakan agar orang-orang bisa mencolokkan lebih banyak steker dari masing-masing peralatan elektroniknya. Dengan bantuan alat ini bisa meningkatkan kemampuan sistem kelistrikan di rumah.

Akan tetapi, mungkin ada beberapa aturan yang telah kamu langgar terkait penggunaan bilah daya seperti stop kontak kabel. Cara kerja utama dari alat ini adalah perantara arus negatif, positif, dan grounding dalam instalasi listrik.

Bahkan stop kontak juga bisa memutuskan arus listrik saat terjadi kontak antara tubuh manusia dengan listrik. Jadi sebenarnya dengan adanya stop kontak di ruang kerja akan memberikan rasa aman bagi para penggunanya.

Stop kontak biasanya terbuat dari plastik agar bisa aman dari listrik. Alat ini menjadi terminal penghubung antara arus listrik dengan perangkat elektronik Anda di ruang kerja lainnya.

Mengetahui fungsi stop kontak juga membantu Anda bagaimana cara menghemat listrik, sehingga memilih model stop kontak juga perlu dipertimbangkan sebagai isi ruang kerja di kantor Anda. Jenis stop kontak yang tersedia di pasaran kini ada banyak ragamnya.

Harga Rp. 80.000-269.000

Lampu Kantor

Pencahayaan menjadi penting dalam ruang kerja di kantor. Dengan adanya pencahayaan yang maksimal di ruang kerja kantor bisa membuat karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif.

Bahkan, banyak karyawan yang merasa bangga dengan estetika ruangan kerja mereka dari adanya pencahayaan yang baik di ruang kerja mereka.

Baik buruknya penerangan di kantor sebenarnya bisa berdampak besar pada konsentrasi dan produktivitas kerja Anda dan juga karyawan lainnya di kantor.

Pencahayaan lampu sebagai isi ruang kerja yang baik telah dipertimbangkan agar mengurangi depresi dan memperbaiki suasana hati, energi, dan kewaspadaan karyawan.

Pencahayaan yang baik akan mempengaruhi para pekerja di kantor memberikan manfaat bagi produktivitas bisnis Anda. Melihat pentingnya pencahayaan di ruang kerja, kini lampu kantor banyak sekali jenis dan bentuknya.

Harga Rp. 200.000-1.125.000

Pajangan Dinding Kayu Custom

Isi ruang kerja di kantor dengan berbagai pajangan motivasi. Dekorasi kantor ini bisa Anda pasang dengan pajangan kayu custom dengan kata motivasi. Dengan adanya dekorasi ini akan membuat ruang kerja di kantor Anda tampak lebih menarik.

Selain untuk dekorasi, pajangan kayu motivasi juga bisa menjadi penyemangan bagi karyawan kantor Anda. Dalam menjalani hari di kantor tidak semuanya akan baik-baik saja, dengan dekorasi ini bisa membantu karyawan kantor Anda bisa lebih termotivasi dalam pekerrjannya.

Pajangan kayu motivasi bisa Anda beli dengan menuliskan visi dan misi kantor, kata-kata mutiara dari penulis tertentu, serta kata-kata motivasi dari seorang tokoh tertentu. Diharapkan dengan meletakan ini pada isi ruang kerja bisa membantu karyawan mengingat kembali apa tujuan awal mereka dalam bekerja.

Harga Rp. 125.000-250.000
From our editorial team

Agar Karyawan Produktif, Pastikan Memilih Produk Terbaik

Karyawan yang bahagia dan nyaman selama bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka. Itulah mengapa Anda perlu memilih produk-produk untuk mengisi ruang kerja dengan sangat maksimal. Efek sampingnya, bisnis Anda akan lebih lancar. Yuk, cari produk terbaik untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda!