Kamu Wajib Mencoba 10 Rekomendasi Kopi Garut yang Nikmat Ini (2021)

Kamu Wajib Mencoba 10 Rekomendasi Kopi Garut yang Nikmat Ini (2021)

Kopi memang menjadi minuman yang cocok untuk menemani pagi hari. Ada banyak sekali varian jenis kopi. Salah satu yang paling terkenal adalah kopi Garut. Kopi dari Garut memiliki banyak varian yang tidak kalah enak dari kopi yang dihasilkan dari daerah lain di Indonesia. Nah, intip rekomendasi kopi Garut untuk kamu!

Kopi Jadi Minuman Paling Pas untuk Menyemangati Aktivitas Pagi

Sarapan memang menjadi hal yang penting bagi kita untuk mengisi energi di pagi hari agar bisa beraktivitas seharian. Saat sarapan, banyak orang yang memilih mengonsumsi kopi, baik sebagai satu-satunya menu sarapan atau diminum seusai sarapan.

Kopi memang identik sebagai minuman pagi hari. Entah karena kebiasaan atau memang orang merasa mendapat dorongan energi yang diperlukan untuk mengawali hari. Kopi hadir dengan kandungan kafein yang bisa bikin kita tidak mudah mengantuk seharian. Selain itu, kopi juga bisa bikin kita lebih fokus. Maka jangan heran jika banyak orang memilih kopi sebagai menu sarapan atau sebagai minuman wajib usai sarapan untuk menyemangati aktivitas pagi mereka.

Mengenal Sejarah Kopi Garut

Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kopi di dunia. Beberapa kopi asal Indonesia bahkan terbilang unik dan menarik. Bahkan ada juga masyarakat luar yang menyukai produk kopi lokal karena rasanya yang enak. Salah satu dari sekian banyak kopi yang unik adalah kopi Garut. Kopi yang satu ini memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diikuti.

Tanaman kopi dibawa oleh Belanda ke Indonesia di zaman kolonial. Muncullah kopi Priangan yang sangat populer di Eropa namun kurang disukai masyarakat Indonesia. Di awal abad ke 19, Pasundan menjadi produsen kopi yang menghasilkan separuh dari total produksi kopi di dunia. Namun, karena pemerintah kolonial menerapkan sistem kerja paksa tanam kopi maka rakyat memberontak dan melawan dengan cara merusak tanaman kopi, sabotase, dan lainnya. Kebun kopi jadi rusak dan terbengkalai sehingga produksi kopi jadi menurun.

Pada era modern, tepatnya di tahun 2002, Perhutani mulai mengajak masyarakat untuk mulai bertanam tanpa merusak maupun merambah ekologi sekitarnya. Tanaman kopi dipilih untuk ditanam di dalam area hutan-hutan Perhutani. Sepanjang tahun 2002 hingga 2011, lahan kopi di Kabupaten Garut berkembang pesat. Dari 2143 hektar sudah panen 1369 hektar dengan tingkat produksi 0,30 kilogram per pohon.

Sekarang ini, industri kopi Garut makin besar dan menjanjikan. Ini bisa dilihat dari terus meningkatnya perluasan kopi Garut serta berat kopi yang dihasilkan. Selain dari para petani kopi, industri hilir juga berkembang. Ini bisa dilihat dari makin banyaknya kedai-kedai kopi di Garut.

Berbagai Jenis Kopi Garut yang Terkenal

Kopi Kuning

Kopi kuning merupakan salah satu kopi hasil dari Garut yang banyak disukai. Kopi yang satu ini dikenal sebagai Yellow Caturra. Ciri khas utama kopi ini adalah dari warnanya yang tidak biasa dari biji buah kopi pada umumnya yang berwarna merah pekat. Jenis kopi ini memiliki biji yang keras, kecil, dan aroma yang lebih pekat.

Rasa kopi kuning jauh lebih tajam dibanding kopi lainnya. Kopi kuning ini dipercaya lebih tahan penyakit sehingga biaya produksi dipercaya bisa lebih murah. Kopi kuning bisa ditemui di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Kopi kuning memiliki dua jenis yakni Yellow Bourbound dan Yellow Cattura. Produksi kopi kuning di Indonesia mencapai 40 hingga 50 ton sekali panennya. Meski terbilang angka yang kecil namun kopi kuning memiliki banyak peminat di area Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan lain sebagainya.

Biji kopi kuning Garut sukses diminati di luar Indonesia. Biji kopinya bisa menembus pasar kopi Korea dan Kolombia yang terkenal sulit masuk. Ini menunjukkan bahwa kopi kuning Garut cukup populer.

Kopi Wine

Kopi Wine juga merupakan varian kopi lain yang dikenal di Garut. Kopi yang satu ini dihasilkan dari oalahan biji kopi yang difermentasikan selama 1,5 bulan. Kopi yang difermentasikan umumnya adalah jenis arabika dengan rasa asam yang khas.

Permintaan pasar cukup tinggi akan kopi yang satu ini. Kopi wine hampir ada di seluruh kedai kopi yang ada di Garut. Bahkan di Bandung hingga Jakarta, beberapa kedai kopi sudah mulai menghadirkan kopi wine ini.

Kopi ini hadir dengan cita rasa fruity yang enak. Rasanya tajam dengan aroma buah yang segar. Kopi wine bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin mencicipi kopi namun dengan rasa unik yang bikin nagih.

Kopi Galigo

Selanjutnya, ada kopi Galigo yang dikenal berasal dari Garut. Kopi yang satu ini sukses menjadi salah satu kopi yang terbaik di dunia. Harga kopinya memang cukup mahal jika dibanding kopi siap saji lainnya. Per 100 gram kopi Galigo Garut dibanderol kisaran Rp 50.000.

Kopi Galigo dikenal akan khasiatnya. Kopi yang satu ini diklaim mampu menurunkan kadar gula darah dan asam urat. Kopi yang satu ini aman bagi yang menderita maag juga karena kadar asamnya tidak terlalu tinggi.

Ini Dia Deretan Kopi Garut untuk Menemani Pagi Kamu

Kopi Robusta Garut Papandayan 200gr

Kopi Robusta Garut Papandayan 200gr begitu menarik untuk dicoba rasanya. Kopi robusta ini sangat istimewa meski dikemas dengan sederhana. Diproses dengan higienis menggunakan sistem pengeringan biji kopi yang bagus, produk ini bisa menghasilkan kopi yang super nikmat. Kopi ini dipanggang dengan pengaturan medium to dark.

Kopi robusta Garut ini bijinya dipanen dari daerah subur kaki gunung Papandayan sehingga rasanya sangat segar. Kamu bisa memakai produk ini untuk membuat sajian vietnam drip ataupun espresso based. Kopinya dikemas dalam ukuran 200 gram. Notes kopi ini adalah dark chococlate dan bitterness.

Harga Rp. 24.000-89.000

Kopi Arabika Garut Gulali 250 Gram

Kopi Arabika Garut Gulali 250 Gram bisa menemani sore kamu dan membuat acara kumpul keluarga di sore hari lebih indah. Kopi Arabika Garut Gulali hadir dengan pemilahan dobel agar lebih maksimal rasanya. Pemilihan kopi dua kali ini juga untuk mendapatkan biji kopi terbaiknya. Rasanya begitu nikmat dan bikin nagih. Dengan roasting level medium, biji kopi ini tentu cocok untuk yang ingin mengolah kopi sendiri. Biji kopi ini dipanen di Garut dengan proses pasca panen giling basah. Karakter kopinya sendiri memiliki bodi medium, balance, sweet, tingkat keasaman yang pas, dan akhir yang menyisakan rasa nougat.

Harga Rp. 50.000-95.000

KOPI FINE ROBUSTA GARUT 250GR

Kamu juga bisa melirik KOPI FINE ROBUSTA GARUT 250GR sebagai pilihan. Dengan proses pemanggangan medium dark, rasa kopinya sangat nikmat. Kamu bisa menyeduhnya menjadi kopi tubruk, kopi susu, dan lain sebagainya. Untuk pemesanannya, silakan pilih tipe biji kopi giling kasar, giling medium, atau giling halus.

Kopi ini dikemas dalam ukuran 250 gram dan diproses secara natural. Prosesnya dilakukan dengan ketelitian yang tinggi sehingga menghasilkan kopi yang bermutu.

Harga Rp. 35.000-80.000

KOPI ARABIKA PAPANDAYAN GARUT HONEY PROSES

KOPI ARABIKA PAPANDAYAN GARUT HONEY PROSES mampu membantu kamu mengurangi stres. Kopi ini akan menstimulasi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, neurotransmiter, serotonin, dan noradrenalin. Suasana hati jadi lebih baik dan kamu jadi bisa beraktivitas dengan semangat kembali.

Kopi Arabika ini hadir dengan pemilihan biji kopi dobel yakni sebelum roasting dan setelah roasting. Dengan proses tersebut, maka hampir tidak terdapat kecacatan pada fisik kopi. Ini membuat rasa kopi jadi makin enak dan bikin nagih. Ditanam di desa Cisero, Gunung Papandayan, Garut, produk ini diproses dengan madu sehingga rasanya unik.

Harga Rp. 45.000

Kopi Arabika Garut Cikuray Yellow Bourbon Natural

Kopi Arabika Garut Cikuray Yellow Bourbon Natural berasal dari Gunung Cikuray Garut, Jawa Barat. Dengan tingkat sangrai light medium, produk yang satu ini sangat natural rasanya. Penanamannya dilakukan pada ketinggian kebun 1200 sampai 1500 di atas permukaan laut.

Kopi varian yellow bourbon hadir dengan notes lime, floral, grape, low acidity, dan medium body. Dikemas dalam kemasan yang dilengkapi zipper, rasa kopi bisa tetap terjaga dengan baik. Kopi ini memakai biji buah yang sudah berwarna kuning saat ranum. Rasanya manis dengan tingkat asam jeruk limau membuatnya begitu sayang untuk dilewatkan sebagai kopi pilihan.

Harga Rp. 45.000-65.000

Kopi Arabika Garut Sukatani 200gr

Kopi Arabika Garut Sukatani 200gr bisa kamu pesan dalam bentuk biji utuh, digiling kasar, digiling medium, digiling halus, atau digiling ekstra halus. Kopi arabika spesial ini dipanen dari kebun kopi di gunung Papandayan, Garut dan ditanam di ketinggian 1400 mdpl. Rasa dan kualitasnya pasti oke karena diproses secara khusus.

Harga Rp. 55.000

Kopi Galigo Arabika Garut 100gr

Kopi Galigo Arabika Garut 100 gr tentu sayang untuk kamu lewatkan. Kopinya sangat menyehatkan karena kaya akan aneka nutrisi. Kopi ini diklaim bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menekan risiko terjadinya penyakit jantung. Ini karena di dalam kopinya ada asam klorogenat yang bisa mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan jumlah antioksidan alami tubuh.

Kandungan dalam kopi bisa membuat ginjal mengeluarkan racun sehingga glukosa bisa diubah menjadi glikogen. Produk ini juga bisa mendukung kinerja otak lebih prima. Dengan minum kopi Galigo, maka imunitas tubuh juga bisa meningkat karena kopinya mengandung mannosa yang bisa memperkuat ketahanan tubuh.

Kopi Galigo hanya dibuat dari buah yang sudah matang saja. Produksinya teliti dan hati-hati karena memakai biji kopi yang tidak terpapar jamur. Teknologi penyimpanan bahan bakunya aman dari serangan kelembapan sehingga mampu menghasilkan cita rasa kopi yang enak.

Harga Rp. 44.000-94.000

Kopi Fine Robusta Garut Selatan 200 gr

Kopi Fine Robusta Garut Selatan 200 gr merupakan kopi yang berasal dari Garut Selatan. Dikemas dalam ukuran berat bersih 200 gram, produknya disangrai dalam tipe dark. Kopi ini dibudidayakan oleh petani lokal di Garut. Rasanya dijamin enak dan pastinya memiliki keunikan tersendiri.

Harga Rp. 40.000

Kopi Luwak Premium Garut

Kopi Luwak Premium Garut dibuat dari buah biji kopi pilihan. Kopi ini diproses secara khusus untuk membuat rasanya jadi enak. Biji kopi Luwak sangat diminati tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Produk yang satu ini cocok untuk jadi konsumsi keseharian kamu. Prosesnya yang melalui pencernaan luwak sudah diproses kembali sehingga biji kopinya higienis, jadi tidak perlu khawatir mengonsumsinya.

Harga Rp. 175.000-292.500

KOPI ARABIKA WINE PROSES CIKURAY GARUT

Kopi Arabika Wine Proses Cikuray Garut adalah rekomendasi terakhir dari kami. Kamu bisa lebih rileks usai meminum kopi ini sepulang kerja. Biji kopinya dipanen dari desa Cisero, Gunung Cikuray, Garut dan dipanggang dengan level medium. Dengan tipe wine process, kopi ini terasa unik karena memiliki rasa wine yang segar. Pastinya bikin kamu jadi ketagihan.

Harga Rp. 49.500
From our editorial team

Kenali Karakteristik Kopi untuk Tahu Favoritmu

Setiap kopi jelas memiliki karakteristiknya sendiri. Kamu bisa memilih kopi mana yang jadi favoritmu dengan mengetahui jenis karakteristik kopinya. Mungkin kamu lebih suka yang cita rasanya kuat dengan tingkat keasaman tinggi atau mungkin lebih suka kopi dengan citarasa yang tidak terlalu kuat namun dengan tingkat keasaman tinggi. Kenali karakteristik kopi yang menurut kamu enak, maka selanjutnya kamu tidak usah bingung lagi dalam menentukan kopi terbaik untukmu.

Tag