Yuk, Bikin Ruangan Makin Aesthetic dengan 10 Rekomendasi Properti Natal Terbaik (2023)

Yuk, Bikin Ruangan Makin Aesthetic dengan 10 Rekomendasi Properti Natal Terbaik (2023)

Kuranglah lengkap rasanya jika Natal tidak disambut dengan dekorasi interior yang semarak. Dekorasi Natal dapat menambah suasana ceria dan syahdu bagi yang sedang merayakannya. Butuh ide dekorasi dengan properti Natal terbaik untuk pestamu? Simak ulasan BP-Guide sampai habis ya!

Natal Kaya Pernak Pernik

Hari Natal tinggal menghitung waktu saja, jadi saatnya untuk mendekorasi hunian dengan berbagai macam properti Natal yang khas. Pernak-pernik Natal tidak hanya dapat memperindah interior, tapi juga menghadirkan efek hangat dan suasana ceria. Terlebih dekorasi ini akan membuat siapapun tersenyum melihatnya.

Selain itu menghias ruangan sendiri juga bisa menjadi kegiatan quality time bersama keluarga ataupun pasangan kamu. Tempat yang biasa di dekorasi adalah ruang yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga, pasangan, serta orang terkasih dan salah satunya adalah ruang tamu. Tentu pesta Natal kamu akan semakin merah dengan hiasan serba merah, hijau, putih, ataupun emas.

Jangan lupa untuk membeli properti Natal terbaik yang berkualitas agar lebih awet, tahan disimpan, dan selalu tampak cantik saat digunakan. Kamu juga dapat memanfaatkan pernak-pernik yang sudah ada atau bahkan membuat kreasi unik sendiri. Tidak perlu menghias rumah dengan barang yang terlampau mahal.

Tips Dekorasi Natal Agar Tampilan Makin Unik

Mencoba Skema Warna Baru

Tak hanya warna merah dan hijau yang memang khas Natal, Kamu bisa mencoba memilih skema warna baru agar tampilan ruanganmu makin unik. Pemilihan skema warna tersebut juga perlu ditentukan agar bisa membangkitkan semangat. Pilihan beberapa warna lain selain merah dan hijau adalah emas, biru, putih, hingga perak.

Kamu bisa mencoba perpaduan warna emas dan merah agar ruangan tak hanya berkesan meriah, tapi juga mewah. Di sisi lain perpaduan antara warna klasik seperti emas dan putih bisa digunakan agar dekorasi terlihat lebih elegan.

Tak hanya itu kedua warna tersebut, warna dominasi biru pun juga dapat membuat ruangan terlihat elegan. Biru juga dapat dikombinasikan dengan perak. Di sisi lain, warna hitam juga menjadi salah satu warna yang populer beberapa tahun terakhir.

Tambah Aksesoris Lilin

Lilin menjadi salah satu properti Natal yang dapat menimbulkan suasana baru. Ada berbagai macam jenis lilin yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah lilin putih sederhana yang diletakkan di beberapa pohon cemara artifisial ukuran kecil. Kamu juga bisa menambah pernak-pernik lain seperti beads warna putih di sekitar lilin.

Gunakan beberapa lilin dengan berbagai ukuran agar terlihat lebih estetik. Selain itu kamu juga meletakkan hiasan lilin di atas meja makan agar menjadi titik fokus atau sorotan. Meskipun tergolong dekorasi sederhana, lilin dapat membuat suasana di ruang makan menjadi lebih elegan.

Di samping itu kamu dapat menggunakan lilin aromaterapi yang dapat menyegarkan dan menenangkan. Tentu lilin jenis ini akan menghangatkan suasana saat berkumpul bersama keluarga maupun sahabat.

Manfaatkan Rak untuk Hiasan Natal

Untuk kamu yang memiliki ruangan terbatas, ada baiknya memanfaatkan perabot untuk menjadi properti Natal kamu. Salah satu contohnya adalah rak dinding yang memang menjadi salah satu tempat penyimpanan favorit di dalam rumah.

Untuk sementara waktu, simpan pigura foto, buku, atau barang lain di atas rak tersebut. Sebagai gantinya kamu dapat meletakkan beberapa ornamen Natal seperti snow globes, lilin, boneka rusa dan Santa Claus atau beragam bunga artifisial khas Natal seperti poinsettia.

Kamu juga bisa menambahkan ranting pohon cemara dengan banyak daun dan menempelkannya di bagian pinggir rak tersebut. Setelah itu tambahkan hiasan kecil dan rangkaian lampu tumblr untuk kesan yang lebih mewah dan hangat.

Timbulkan Kesan Pertama pada Pintu

Pintu adalah benda pertama yang dilihat tamu atau anggota keluarga yang berkunjung ke kediamanmu. Untuk itu properti Natal yang tepat akan dapat menunjukkan tentang siapa dirimu. Kamu dapat menambahkan wreath ataupun karangan bunga tradisional yang terbuat dari holly.

Tambahkan pernak-pernik yang sesuai dengan karaktermu seperti hiasan yang bersinar, bunga glamor, ataupun buah dekoratif. Kamu juga dapat menambahkan sentuhan sederhana yang efektif seperti pernak-pernik yang diikat pita yang digantung dengan panjang yang berbeda dari bagian atas pintu depan.

Rekomendasi Properti Natal Terbaik Agar Ruangan Semakin Cantik

Lampu Natal

Inspirasi properti Natal terbaik pertama dan paling dasar adalah lampu Natal. Kerlap-kerlip lampu identik dengan keceriaan dan kehangatan Natal. Beberapa lampu yang menjadi pilihan antara lain lampu rantai, lampu gantung, atau lampu meja yang bertema Natal.

Kamu bisa memilih lampu dengan kabel panjang agar dapat ditempatkan di beberapa titik seperti rak buku, kusen jendela, area tangga, hingga kabinet. Pilih lampu Natal jenis LED yang hemat energi dan juga tahan lama.

Beberapa lampu LED dapat ditenagai dengan baterai sehingga tidak perlu ditancapkan ke soket listrik. Selain itu lampu tersebut juga mudah dipasang karena hanya perlu digantung di tempat yang diinginkan.

Harga Rp. 49.500-132.000

Pohon Natal

Bukan Natal namanya jika tidak menyertakan pohon Natal dalam dekorasi rumahmu. Pohon Natal sebagai penghias utama yang selalu akan menjadi pusat perhatian para tamu dan keluarga di saat perayaan, tak peduli ukurannya, baik besar ataupun kecil.

Berbeda dengan negara di luar negeri yang kerap menggunakan pohon asli, Natal di Indonesia atau Asia sebagian besar menggunakan pohon Natal artifisial seperti plastik ataupun kayu. Pohon Natal imitasi ini akan lebih lama dan awet digunakan. Selain itu harganya pun lebih terjangkau dan daunnya tidak rontok.

Pohon Natal dipercaya dapat menjaga keluarga dari roh jahat dan penyakit.

Harga Rp. 190.000-880.000

Bintang

Salah satu properti Natal terbaik pelengkap pohon Natal adalah aksesoris bintang. Dekorasi ini biasanya diletakkan di bagian pucuk pohon Natal. Tak hanya memberikan keindahan, bintang juga adalah lambang bintang timur yang menuntun tiga orang majus untuk kembali ke Betlehem tempat Yesus dilahirkan.

Dengan kata lain dekorasi ini juga memiliki makna sebagai petunjuk untuk bertemu dengan Yesus. Atau dengan kata lain menjadi pengingat bagi orang yang merayakan Natal agar mengikuti Yesus seperti cahaya penuntun mereka sendiri.

Harga Rp. 15.000-95.000

Garland

Garland merupakan salah satu properti Natal yang dapat memeriahkan beberapa sudut rumahmu. Memiliki bentuk bulu-bulu rumbai yang menjuntai panjang, garland dapat ditempatkan di pohon Natal secara melingkar, dinding ruangan, dan di railing tangga.

Beberapa garland memiliki tampilan berwarna-warni yang terkadang juga digunakan di pesta ulang tahun. Ada juga garland dengan warna mirip salju yang dapat digunakan untuk dekorasi interior bertema musim dingin.

Kamu juga bisa menambahkan ornamen buah berry artificial untuk hiasan garland dan merangkainya menjadi bentuk bulat agar terlihat lebih estetik.

Harga Rp. 6.500-185.000

Wreath

Wreath adalah pernak-pernik Natal yang memiliki bentuk melingkar terdiri dari rangkaian bunga. Dekorasi ini kerap kali diletakkan di dinding ataupun pintu rumah sebagai simbol perayaan Natal. Agar properti Natal terbaik ini tampil matching di rumahmu, kamu bisa mencocokkan detail wreath dengan garland yang digunakan.

Salah satu inspirasi dekorasi wreath adalah bergaya klasik yang terbuat dari dedaunan hijau dihiasi dengan warna merah beri yang membuatnya makin estetik dan memberi kesan hangat dan semarak untuk perayaan Natal kamu. Wreath juga merupakan simbol dari kehangatan, persatuan, dan kesempurnaan Natal.

Harga Rp. 50.000-498.000

Lilin

Lilin dengan beragam bentuk dan warna dapat menjadi pilihan sempurna untuk menimbulkan suasana damai dan ketenangan hati. Hal ini mungkin dikarenakan lilin adalah simbol harapan sekaligus mampu menghadirkan suasana relaksasi jika kamu menggunakan lilin aromaterapi. Selain lilin tradisional kamu juga bisa menggunakan lilin elektronik.

Harga Rp. 8.000-135.000

Boneka Natal

Rekomendasi properti Natal terbaik selanjutnya adalah boneka Natal yang memiliki beragam jenis. Beberapa boneka atau figur Natal yang sering kita temui antara lain adalah Santa Claus, boneka snowman, rusa kutub, boneka beruang yang memakai topi Natal, boneka berbentuk anak kecil, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menempatkannya di bawah pohon Natal sebagai dekorasi tambahan.

Harga Rp. 33.000-585.000

Lonceng

Tak hanya dekorasi bintang, lonceng juga merupakan rekomendasi pernak-pernik Natal yang khas. Lonceng merupakan simbol keceriaan dan juga kebahagiaan. Sejarah awalnya lonceng dibunyikan untuk memperingati perayaan lahirnya Yesus. Hal ini sebagai pertanda adanya kabar gembira dan mengajak orang bersukacita.

Di dalam perkembangannya, lonceng dibunyikan di gereja ketika memperingati dimulainya misa atau perayaan ekaristi. Untuk itu tak ada salahnya memasang lonceng sebagai dekorasi interior hunian kamu baik di pintu depan rumah atau digantung di pohon Natal. Tentu untuk menambah suasana keceriaan dan kegembiraan.

Harga Rp. 4.500-68.500

Kaos Kaki Natal

Dekorasi kaos kaki Natal seringkali kita lihat saat Natal. Budaya ini bermula dari kisah Santa Claus yang selalu turun melalui cerobong asap untuk meletakkan kado Natal ke dalam kaus kaki.

Dalam perkembangannya, pernak-pernik kaos kaki tidak hanya ditempatkan di perapian tapi juga beberapa tempat lain seperti sudut rumah, mulai dari pohon Natal, railing tangga, dan hiasan dinding. Menjadi properti Natal yang khas, kaos kaki muncul dengan berbagai macam bentuk kreasi yang imut, cantik, dan menggemaskan.

Harga Rp. 16.500-98.500

Ornamen Natal Lain

Rekomendasi properti Natal terbaik terakhir adalah ornamen Natal lain seperti pita natal, bola natal, lilin natal, dan masih banyak lainnya. Untuk kamu yang memiliki rumah dua lantai, kamu dapat menambahkan pita natal dengan cara dililitkan di tiang pegangan tangga.

Sedangkan ornamen lainnya bisa kamu gantung di railing tangga. Lalu di bagian bawahnya kamu dapat menempatkan beberapa kado natal agar terlihat lebih meriah. Ornamen Natal ini juga dapat digunakan untuk menghias pohon Natal.

Menghias pohon adalah saat yang paling ditunggu dan tidak boleh dilewatkan. Kamu dapat menggantung ornamen bola warna-warni, ornamen berbentuk rumah, hati, dan bentuk-bentuk cantik lainnya. Kamu juga bisa melengkapi pohon dengan hiasan lampu rantai dan bintang di bagian atas.

Harga Rp. 4.500-70.000
From our editorial team

Bersihkan Rumah Sebelum Memulai Dekorasi

Saat perayaan Natal akan ada banyak keluarga atau teman yang berkunjung. Untuk itu wajib hukumnya untuk membersihkan kotoran dan debu di seluruh rumah sebelum memulai menghias pernak-pernik Natal. Termasuk di dalamnya membersihkan sarang laba-laba, langit-langit rumah, dan sudut dinding. Kamu juga bisa mengecat beberapa bagian dinding atau kusen pintu jendela agar suasana tampak baru dan fresh.