9 Barang Langka Berikut Ini Menjadi Rebutan Banyak Kolektor

9 Barang Langka Berikut Ini Menjadi Rebutan Banyak Kolektor

Kolektor barang unik kerap kali mati-matian mencari barang langka untuk menambah koleksi mereka. Meskipun barang langka memiliki harga yang cenderung tinggi, tetapi nilai seninya juga menjadi ketertarikan tersendiri. Biasanya kolektor mengagumi barang langka karena sudah tidak diproduksi lagi, sehingga menjadi barang yang memiliki nilai lebih.

Barang Langka Menjadi Incaran Kolektor Seluruh Dunia



Sebagian orang menilai lebih baik hanya membeli barang yang diperlukan saja. Namun sebagian lain orang pasti ada saja yang rela menghamburkan uang demi memenuhi hobi untuk mengoleksi barang tertentu. Barang langka tidak hanya melulu barang kuno loh. Barang baru yang diproduksi secara terbatas juga masuk dalam kategori barang langka. Kolektor barang langka tentu saja harus menyiapkan banyak uang demi mendapatkan barang eksklusif tersebut.

Barang-barang yang biasanya dijadikan koleksi adalah tas, sepatu, uang kuno hingga barang antik. Produk seperti jam tangan hingga mainan pun bisa jadi koleksi langka yang berharga. Lalu, apa sih yang membuat sebuah barang menjadi begitu langka?

Mengapa Disebut Sebagai Barang Langka?

Tidak Diproduksi Lagi

Suatu barang disebut langka jika barang tersebut sudah tidak lagi diproduksi. Kelangkaan barang seperti ini tentu saja bikin kolektor jadi semakin giat berusaha mengumpulkannya. Para kolektor pastinya sangat menghargai produk yang sudah tak lagi diproduksi karena sulit mendapatkannya. Biasanya barang yang sudah tidak diproduksi adalah barang keluaran lama seperti produk elektronik, kendaraan jadul, dan lainnya.

Memiliki Nilai Sejarah

Sebuah benda dikatakan langka jika benda tersebut memiliki sejarah tersendiri. Misalnya berbagai benda yang merupakan peninggalan kerajaan zaman dulu termasuk dalam golongan langka yang memiliki nilai sejarah tersendiri.

Keindahan

Barang yang memiliki nilai keindahan tersendiri dan sulit didapatkan bisa dibilang sebagai barang langka, misalnya perhiasan, batuan mulia, tas mewah, atau sepatu mewah. Umumnya wanitalah yang paling banyak mengumpulkan barang-barang seperti ini.

Diproduksi Dalam Jumlah Terbatas

Kelangkaan barang terjadi karena diproduksi hanya dalam jumlah terbatas. Ada banyak sekali kolektor yang memilih mengoleksi barang semacam ini. Barang langka karena keterbatasan produksi akan makin menaikkan nilai jualnya. Si pemakai barang langka jenis ini juga pasti akan sangat bangga. Pasalnya, barang yang dikenakan akan terkesan begitu eksklusif.

Contoh dari barang langka yang diproduksi dalam jumlah terbatas adalah sepatu jenis tertentu, jam super langka, tas, hingga kacamata seri tertentu yang oleh perusahaan hanya dikeluarkan secara terbatas.

Berbagai Barang Langka yang Unik dari Seluruh Dunia

T206 Honus Wagner Baseball Card

Sumber gambar www.beckett.com

T206 Honus Wagner Baseball Card ini tergolong sebagai barang langka nan unik. Dengan gambar Honus Wagner dari tim baseball Pittsburgh Pirates, kartu yang satu ini begitu banyak diincar. Ini karena Wagner dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Dirancang dan juga diproduksi oleh American Tobacco Company, kartu ini dikeluarkan dari tahun 1909 hingga 1911. Produksi kartu ini dihentikan karena Wagner tidak ingin anak di bawah umur membeli paket rokok untuk mendapatkan kartunya. Dalam masa produksi 3 tahun tersebut, ada sekitar 50 sampai 200 kartu yang sudah didistribusikan pada masyarakat.

Salah satu kartunya terdaftar dengan nilai harga USD 50 atau sekitar Rp 700.000 saat itu di The American Card Catalogue karya Jefferson Burdick. Saat itu menjadi sebuah kartu bisbol termahal di dunia.

Komik Amazing Spider-Man #1

Sumber gambar bukalapak.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan tokoh Spiderman? Kartun buatan Marvel ini awalnya hadir dalam bentuk buku komik. Saat serial komiknya mulai banyak digemari, Spiderman pun mulai dihadirkan dalam bentuk animasi hingga diangkat menjadi film layar lebar.

Komik Amazing Spiderman sendiri mulai hadir tahun 1963 sebagai komik bulanan dan diterbitkan terus-menerus. Sempat terhenti pada 1995, komik ini kembali dirilis dengan urutan penomoran baru pada tahun 1999. Kabarnya, the Amazing Spider-Man diluncurkan kembali dengan volume baru edisi #1 setelah acara Secret Wars 2015. Seri yang satu ini mulai langka didapatkan.

Kamu bisa membeli The Amazing Spider-Man Vol.1 #129 terbit tahun 1974 secara online. Komik impor ini berbahasa Inggris dan berwarna. Kertasnya sudah menguning namun tidak ada halaman yang hilang. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 10 juta.

Batu Taaffeite

Sumber gambar www.multicolour.com

Taaffeite merupakan sebuah batuan alam yang ditemukan oleh pria berkebangsaan Austria bernama Richard Taaffe. Batuan yang ditemukan tahun 1945 ini bisa diolah menjadi batuan yang berharga dan dijual dengan nilai yang tinggi. Batuan ini masuk dalam daftar benda paling mahal di dunia.

Memiliki tampilan yang indah dan menawan, batu ini memiliki ciri warna ungu sedikit kemerahan. Batuan ini biasanya terbentuk oleh alam dengan bentuk persegi, segi enam, dan banyak lagi yang lainnya. Harga batu ini segramnya adalah sekitar Rp 220-an juta.

Natural Taaffeite ini bisa jadi milik kamu yang gemar menjadi kolektor batuan mulia. Batu Taaffeite hadir dengan warna ungu paduan kemerahan. Masuk dalam kelompok kristal heksagonal, batuan ini bisa dibeli di Multicolor dengan harga Rp 297.233.868.

Amabito No Moshio (Ancient Sea Salt)

Sumber gambar toirokitchen.com

Amabito No Moshio ini juga termasuk sebagai barang langka loh. Garam ini dibuat dengan cara mengolah dan memurnikan air laut dari Laut Pedalaman Seto bersama dengan rumput laut bernama Sargassum fulvellum.

Garam jepang ini memiliki rasa yang kurang asin dibandingkan garam biasa. Rasanya unik cenderung lembut di langit-langit mulut, tetapi tetap diakui para koki sebagai garam dengan cita rasa yang lezat. Warnanya juga unik sehingga cocok untuk bumbu sempurna aneka masakan.

Amabito no Moshio Seaweed Salt MT20099 ini bisa dibeli secara online. Kamu bisa membeli dalam kemasan dengan berat bersih 250 gram. Produk bisa dibeli di Toiro Kitchen dengan harga sekitar Rp 168.174.

Double Fantasy John Lennon Album

Sumber gambar bukalapak.com

Double Fantasy merupakan sebuah album yang dikeluarkan tahun 1980-an. Album yang dirilis oleh John Lennon dan Yoko Ono ini menjadi album studio ketujuh dan terakhir yang dirilis oleh Lennon. Meski awalnya tidak begitu diterima oleh masyarakat, namun kasus pembunuhan Lennon yang terjadi 3 minggu usai perilisan album tersebut membuat albumnya jadi laris di seluruh dunia.

Album ini bahkan sukses memenangkan penghargaan Album of the Year 1981 di Grammy Awards ke-24. Lagu dalam album tersebut menduduki puncak tangga lagu di Inggris selama dua minggu sejak 7 Februari 1981. Sementara di Amerika Serikat, album ini menjadi yang terlaris selama delapan minggu dari 27 Desember.

Kamu bisa membeli Piringan Hitam John Lennon album Double Fantasy secara online di Bukalapak dengan harga Rp 200.000. Produk ini dalam kondisi bekas.

Treskilling Yellow Stamp

Sumber gambar wikimedia.org

Treskilling Yellow 1855 merupakan sebuah perangko yang tergolong sebagai barang langka. Berasal dari Swedia, perangko ini juga menjadi perangko paling berharga di dunia. Awalnya perangko ini merupakan produk yang salah dalam pembuatannya. Seharusnya perangko berwarna hijau, namun perangko ini malah berwarna kuning dan merusak perangko lainnya sehingga ada 8 perangko dengan warna kuning yang sama.

Georg Wilhelm Backman pun mengoleksi perangko Tresklilling Yellow ini usai ia menemukan perangko ini di loteng rumah neneknya. Perangko ini begitu langka dan sukses menembus angka yang tinggi di setiap event lelang. Misalnya saja pada November 1996, di mana ada pembeli membeli Treskilling Yellow dengan harga 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 32.259.225.000 saat ini.

Falcon Supernova Pink Diamond iPhone 6

Sumber gambar www.xyzarena.com

iPhone adalah sebuah produk yang banyak dicari masyarakat. Meski produk dari Apple ini terkesan mahal, namun kualitas yang dihadirkan memang sepadan sehingga masyarakat selalu mengandalkan produk dari Apple. Melihat antusiasme masyarakat akan produknya, Apple pun mengeluarkan produk super langka yang hanya dijual beberapa buah.

Falcon Supernova Pink Diamond iPhone 6 adalah produk smartphone paling langka. Hadir dengan desain berbalut emas 24 karat, iPhone ini memiliki hiasan berupa berlian cantik. Spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan iPhone 6 biasa, hanya saja desain bodinya yang membuat harganya jadi melambung tinggi. iPhone ini dijual dengan harga 45,5 juta dolar AS atau kisaran Rp 630 miliar.

Double Eagle coin

Sumber gambar www.bullionbypost.co.uk

Double Eagle Coin juga merupakan barang langka yang sulit ditemukan lagi. Produk koin emas asal Amerika Serikat ini memiliki kandungan emas 30,0926 gram. Koin ini dicetak antara tahun 1849-1933. Pertama dicetak pada tahun 1849 tepat saat California Gold Rush.

Lalu tahun 1904 Presiden Theodore Roosevelt berusaha untuk memperindah mata uang Amerika ini. Sang presiden memerintahkan seorang seniman bernama Saint-Gaudens untuk memperindah koin tersebut. Gaudens membuat desain burung elang pada satu sisi koin dan Lady Liberty pada sisi keping lainnya.

Produk koin ini bisa dibeli secara online sebagai koleksi. Dengan ukuran 34 mm x 2 mm dan bahannya emas murni. Kamu bisa membelinya di bullionbypost.co.uk dengan harga £1,029 atau sekitar Rp 18 juta.

Tanda Tangan William Shakespeare

Sumber gambar boombastis.com

William Shakespeare merupakan seorang sastrawan terbesar Inggris. Semasa hidupnya, ia telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi hingga sejarah. Shakespeare juga telah menulis 154 sonata, 2 puisi naratif, dan banyak lagi yang lainnya. Berbagai karyanya sudah ditulis dan diterbitkan dari tahun 1585 sampai 1613 dalam hampir semua bahasa dunia.

Uniknya, dari semua karya yang diterbitkan itu, hanya terdapat enam tanda tangan asli milik William Shakespeare. Buku dengan tanda tangan ini diyakini bernilai sekitar USD 5 juta atau Rp 69.700.000.000. Ini merupakan sebuah tanda tangan paling mahal yang pernah ada.

From our editorial team

Dapatkan Nilai Seni yang Tinggi dengan Barang Langka

Barang langka yang terkesan kuno sejatinya memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini kerap kali menjaring kolektor sehingga rela mengeluarkan uang demi mendapatkan barang tersebut. Memiliki koleksi barang yang susah ditemukan lagi selalu menjadi kebanggaan bagi mereka.

Tag