Inilah 10 Barang Langka yang Masih Dicari Kolektor Indonesia

Inilah 10 Barang Langka yang Masih Dicari Kolektor Indonesia

Barang-barang yang biasa digunakan sekitar 50 tahun lalu kini menjadi barang langka dan antik. Kolektor pun masih mencarinya untuk dijadikan koleksi berharga. Penasaran barang apa saja yang masih dicari? Simak ulasannya berikut ini.

Kolektor Bisa Membayar Mahal Barang yang Dianggap Tak Berharga

Sumber gambar Shutterstock

Tidak semua orang memandang suatu benda dengan cara yang sama. Masing-masing memiliki prioritas dan subjektivitas mereka masing-masing. Ada yang memandang suatu benda dari aspek praktis dan kegunaan saja. Sehingga jika benda itu rusak, maka akan segera dibuang dan diganti yang baru.

Namun ada juga sebagian orang lain yang memandang benda, selain memakai aspek kegunaan, juga menimbulkan kesan sentimentil karena dianggap memiliki nilai tertentu yang keren. Untuk benda seperti ini, maka mereka bersedia mengoleksinya. Dan para kolektor ini bersedia membayar mahal untuk memiliki barang yang sebagian orang anggap tidak berharga.

Indonesia juga Punya Banyak Barang Unik

Sumber gambar Antaranews

Anda mungkin tak pernah menyangka bahwa komik Superman edisi pertama yang awalnya dijual sekitar Rp 5.000 pada 1938 bisa terjual hingga 3,2 juta dolar (sekitar Rp 45 miliar) saat dilelang pada 2014. Namun itulah kekuatan barang-barang collectible.

Semakin langka dan tidak mudah didapat, maka harganya semakin membumbung. Bukan hanya di luar negeri saja, di Indonesia juga banyak barang-barang unik langka incaran para kolektor.

Barang Langka di Indonesia yang Dicari

Wesi Kuning

Sumber gambar Tokopedia

Bagi Anda penyuka koleksi pusaka dari Jawa, maka wesi kuning (besi kuning) pasti bukan hal yang asing. Bentuknya kecil, masuk dalam satu genggaman. Konon bendanya sendiri terdiri dari dua bagian, bagian selongsong yang berbentuk macam kepompong, dan bagian inti yang berupa besi kecil mirip jarum.

Bagi yang mempercayainya, wesi kuning asli dianggap bisa menjadi perisai keselamatan. Pemakainya bisa aman dari pukulan, tendangan, atau bahkan tembakan. Bagi Anda yang ingin mengkoleksi selonsongnya, Anda bisa mendapatkan Wesi Kuning Bentuk Kepompong Sutra Emas di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Kol Buntet

Sumber gambar Bukalapak

Satu benda pusaka lain yang juga sangat dicari adalah kol buntet. Bentuk dari pusakan ini seperti keong, namun keong yang telah membatu dengan warna kehitaman. Konon hanya orang yang beruntung saja yang bisa mendapatkannya. Jika tidak, maka Anda harus menariknya secara ghaib untuk mendapatkannya.

Biasanya kol buntet digunakan sebagai mata cincin, perhiasan, atau koleksi saja. Fungsi kol buntet, bagi yang mempercayainya, adalah sebagai pagar ghaib dan juga bisa menjadi pelancar rejeki atau penglaris. Bagi Anda yang penasaran dengan bentuknya, coba saja pilih di Bukalapak, Keong Buntet Asli Alam, harganya Rp 5.000 per keping.

Warnanya kehitaman kecoklatan bernuansa hijau, dengan dim Di rata-rata sekitar 15x13x5. Kondisi prima siap untuk Anda pakai apa pun, termasuk menjadi mata cincin kesayangan.

Setrika Arang

Sumber gambar Bukalapak

Generasi milenial tidak jarang mengenal benda ini. Kalau pun tahu, mungkin sebagai hiasan di kafe model vintage yang mereka kunjungi. Padahal pada jaman dahulu setrika arang adalah andalan setiap anak sekolah, pegawai kantor, atau mereka yang mau kencan.

Tidak seperti setrika listrik umumnya, Anda memerlukan bara arang untuk memanaskannya. Masukkan arang ke dalam bodinya, kasih sedikit minyak, nyalakan. Kemudian kipasi hingga menjadi bara. Maka Anda pun siap untuk menyetrika. Umumnya setrika terbuat dari kuningan dan lumayan berat.

Saat ini, jika Anda ingin mengkoleksinya, dapatkan di Bukalapak. Sebuah Setrika Arang Antik Kuningan Berat 1549 Gram (Kode # 3C) harganya Rp 300.000. Setrika antik ini dibuat dari bahan kuningan. Kondisinya masih terawat dan mulus, dengan ukuran 17,3 x 11,8 x 15 cm.

Pring Petuk

Sumber gambar Tokopedia

Barang pusaka yang juga sangat diburu adalah pring petuk. Pring adalah bambu dalam bahasa Jawa. Petuk artinya ketemu. Di sini yang yang dimaksud pring pethuk adalah seruang bambu yang memiliki buku-buku saling berhadapan.

Bagi yang mempercayainya, pring petuk bisa membikin kaya. Karena diyakini dalam pring petuk ini tersimpan energi ghaib yang luar biasa. Hanya orang yang berkemampuan batin tinggi dan beruntung saja yang konon bisa memiliki pring petuk asli. Asli? Ya, seperti berbagai pusaka buruan lainnya, pring petuk pun juga memiliki KW-nya.

Jika Anda penasaran dengan pring petuk, cari saja di Tokopedia. Anda akan mendapatkan Pring pethuk+akar. Harganya Rp 1.999.900.

Kamera Daguerreotype

Sumber gambar Bukalapak

Kamera Daguerreotype merupakan kamera pertama yang bisa dianggap sukses di pasaran. Penemu kamera ini adalah Louis Jacques Mandé Daguerre. Kamera Daguerreotype mengalami masa kejayaan dari 1839-1860.

Pada masanya, potret Daguerreotype hanya untuk orang kaya saja, karena proses cetaknya sangat mahal. Daguerreotype tidak dicetak melalui film, namun dengan lempengan tembaga yang dilapisi perak. Hasilnya tentu saja hitam putih.

Jika Anda penasaran ingin mengoleksinya, coba pilih di Bukalapak. Anda bisa mendapatkan Daguerreotype Achromat 64mm F2.9. Harganya Rp 11.000.000. Kondisi bodinya nyaris baru, 99%, begitu pula dengan kondisi lensanya. Untuk bagian lensa, ada mounting Nikkor AiS. Dalam pembelian sudah lengkap dengan boks dan bonus, plus garansi internasional selama 2 tahun.

Vespa Jadul

Sumber gambar Bukalapak

Satu lagi motor lama yang bangun kembali adalah Vespa. Bentuknya yang khas dan klasik, membuat Vespa selalu diburu bagi penyukanya. Vespa merupakan brand dari pabriknya, Piaggio. Vespa muncul pertama kali pada 1946 dengan Vespa 98. Jika Anda memilikinya, maka Vespa tipe ini adalah harta karun.

Di Indonesia sendiri ada satu legenda Vespa, Vespa Kongo yang dipasarkan pada awal 1960-an. Anda yang masih ingin menambah koleksi Vespa, coba saja dapatkan Vespa Px Exclusive 2 tahun 1983 di Bukalapak. Harganya Rp 8.000.000, surat komplit minus pajak mati.

Kondisi mesinnya dan kelistrikannya prima, siap untuk Anda ajak turing. Jika kebetulan Anda berdomisili di Jakarta, pembayaran bisa dilakukan di tempat (COD).

Batu Merah Delima

Sumber gambar Bukalapak

Batu merah delima bisa dikatakan sebagai satu buruan utama kolektor batu bertuah. Ada yang mengatakan bahwa batu ini berasal dari biji delima yang membatu. Ada pula yang menyebut bahwa batu merah delima merupakan satu pusaka Nabi Sulaiman yang diberikan kepada ratu Bilqis.

Sementara itu ada pula yang menyebut bahwa batu merah delima merupakan batu yang ditambang di kawasan Birma/Myanmar. Kebenarannya tergantung pada masing-masing. Namun untuk khasiat, semuanya setuju bahwa batu merah delima memiliki daya magis yang kuat yang membuat orang sakti dan berwibawa.

Jika Anda ingin mendapatkannya, coba pilih di Bukalapak. Anda akan mendapatkan Mustika Merah Delima Langka dengan mahar Rp100.000.000.

Uang Kuno

Sumber gambar Bukalapak

Uang antik juga memiliki ceruk penggemar tersendiri. Semakin lawas dan semakin langka sebuah uang, baik koin atau pun kertas, maka harganya pun semakin mahal. Apalagi jika kondisinya masih mint atau istimewa. Tentu saja itu menjadi nilai plus yang membuat harganya semakin melambung.

Sebagai contoh, selembar uang nominal 1000 gulden tahun 1948 bisa bernilai Rp 100 juta. Nah, jika Anda penyuka uang kuno dan ingin menambah koleksi, coba pilih Uang Antik Uang Kuno di Bukalapak. Ada dua lembar, masing-masing 1 lembar uang 1000 tahun 1964 dan uang koin 100 rupiah tahun 1977. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 30.000.000.

Game Konsol Lawas

Sumber gambar Bukalapak

Game juga bisa menimbulkan memori. Bagi yang dulu suka bermain Space Invander, jika ketemu konsolnya, pasti akan terbawa pada perasaan asyik pada masa lalu. Begitu pula bagi mereka yang pernah besar dengan membawa GameBoy di tas mereka masing-masing.

Bermain Sega juga merupakan pengalaman hebat yangs selalu ingin diulang. Untuk melepas dahaga nostalgia itu, Sony bahkan juga merilis ulang konsol NES. Bagi Anda yang ingin mengulang masa lampau dengan konsol lawas, coba pilih Spesial Retro Mini Game Console Handheld PSP P1 CP2 NeoGeo GBA FC SFC di Bukalapak. Harganya Rp 1.960.000.

Dengan konsol ini Anda bisa terbang kembali ke masa lalu untuk memainkan berbagai game konsol top dahulu macam GameBoy Advance atau game-game CapCom.

Semar Mesem

Sumber gambar Bukalapak

Kalau ingat Semar Mesem, mungkin Anda penyuka mistik akan teringat dengan ilmu pengasihan. Barang siapa, konon, yang terkena ajian Semar Mesem, maka dia akan tergila-gila pada yang memberikan, walau sebelumnya tidak memiliki rasa apa-apa atau bahkan membencinya.

Semar Mesem (Semar yang tersenyum) adalah semacam keris kecil dengan bentuk tokoh wayang Semar. Bahannya tembaga, kuningan atau besi. Keris Semar Mesem asli, selain pengasihan agar enteng jodoh, juga bisa digunakan untuk kekayaan dan lain sebagainya.

Jika penasaran, Anda bisa mendapatkan Semar Mesem di Bukalapak. Harganya Rp 50.000, lengkap dengan minyak Zafaron.

Perangko Lama

Sumber gambar Tokopedia

Saat ini perangko adalah barang langka. Anak zaman sekarang mungkin juga bingung ditanya kegunaan dari sebuah perangko. Namun begitu, perangko tetap menjadi bahan koleksi yang tidak pernah habis untuk diperbincangkan. Bahkan hobi mengumpulkan perangko ini memiliki istilah tersendiri, filateli.

Di Indonesia, kelompok filateli pertama bahkan telah berdiri sejak 1922. Bagi yang paham harganya, sebuah perangko atau seri perangko tertentu bisa berharga mahal. Jika Anda ingin menambah koleksi perangko, coba mendapatkannya di Tokopedia, ada Perangko Soekarno Series Jadoel New! Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 21.000.000 per series 15 prangko baru belum terpakai.

From our editorial team

Barang Langka di Indonesia

Barang langka memang memiliki ceruknya tersendiri. Seperti setrika arang, perangko Soekarno, bahkan sampai keris pun menjadi barang yang dicari. Namun, pastikan barang langka itu memang asli dan sesuai yang diinginkan, ya.