Banyak Diburu, Ini 10 Rekomendasi Barang Asal Cina yang Laku di Indonesia (2019)

Banyak Diburu, Ini 10 Rekomendasi Barang Asal Cina yang Laku di Indonesia (2019)

Ada banyak merek produk elektronik yang beredar dan barang dari China juga banyak punya peminat di Indonesia. Tak hanya karena harganya yang murah, barang buatan China juga punya kualitas yang tak kalah dengan merek dari negara lain lho!

Cina yang Semakin Pesat dalam Industri Elektronik

Sumber gambar www.abc.net.au

Cina merupakan sebuah negara besar yang padat penduduk. Negeri tirai bambu tersebut dikenal akan perkembangan teknologi dan industrinya yang begitu pesat. Cina telah menunjukkan kepada dunia bahwa mereka mampu menjadi negara terkuat di dunia dalam sejumlah aspek baik teknologi maupun ekonomi.

Menjadi salah satu negara yang memberikan pengaruh paling besar bagi perekonomian dunia, industri Cina memang begitu menonjol. Dari industri otomotif, komunikasi, hingga elektronik berkembang pesat dan mampu menjadi produk yang diminati di seluruh dunia.

Berbagai merek asal Cina pun pasti tak asing di telinga kita jika bicara soal peralatan komunikasi dan peralatan rumah tangga. Salah satu yang menjadi sebab mengapa produk Cina laris manis adalah harganya yang begitu terjangkau namun kualitasnya oke punya. Penasaran kan bagaimana mungkin produk Cina murah banget di pasaran? Ikuti pembahasannya bersama BP-Guide, ya.

Kenapa Produk dari China Bisa Murah, Ya?

Bahan Baku Melimpah

Sumber gambar www.wsj.com

Fakta pertama yang membuat produk asal Cina begitu murah adalah karena mereka memiliki banyak bahan baku. Semua produk elektronik dan komunikasi memakai bahan baku dari negeri sendiri. Industri Cina jadi lebih efisien.

Hal ini membuat Cina mampu menghasilkan barang dengan tingkat kualitas yang diinginkan. Dan ini juga yang membuat harga produk buatan Cina sangat kompetitif. Maka jangan heran jika harga produknya murah, ya.

Fokus pada Penjualan Online

Sumber gambar www.bgr.in

Cina tidak mau kalah dari negara maju lainnya dalam hal pemanfaatan teknologi. Pada zaman serba instan ini, mereka memanfaatkan teknologi penjualan online untuk memasarkan produknya. Hadirnya e commerce seperti Alibaba akhirnya sukses mengubah Cina menjadi pasar e-commerce terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Dengan fokus pada sistem penjualan online, maka Cina mampu menggaet pasar yang lebih luas hingga ke luar negaranya. Hal ini juga menjadi salah satu sebab mengapa penjualan produknya jadi lebih murah.

Tenaga Kerja yang Murah

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Semua pasti tahu bahwa Cina memegang rekor sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pemerintah Cina memandang hal tersebut sebagai sebuah keuntungan. Ini bisa mempermudah menjalankan proses produksi massal yang dapat memperkecil pengeluaran saat produksi.

Kebanyakan gadget yang diproduksi di China sebenarnya malah dibuat dalam skala industri rumahan. Harga komponen lebih murah juga karena pegawai rumahan juga digaji lebih rendah. Sementara itu proses perakitan barang setengah jadi dilakukan di pabrik. Dengan murahnya tenaga kerja, maka harga barang juga lebih murah.

Biaya Marketing Murah

Sumber gambar arinex.com.au

Alasan terakhir mengapa produk Cina bisa dipasarkan dengan harga rendah adalah karena biaya marketing-nya murah. Cina memang lebih mengutamakan branding daripada keuntungan. Mereka rela tidak untung banyak asalkan barangnya laris.

Salah satu contoh konkritnya adalah produk smartphone asal Cina. Jika popularitas smartphone tersebut sudah menjulang tinggi, maka mereka baru akan menjual produk smartphone berkelas high end yang lebih mahal. Hal ini membuat produsen barang tidak perlu meningkatkan biaya marketing.

Berbagai Barang Elektronik Merek Cina yang Laris Manis di Indonesia

Xiaomi

Sumber gambar gadgets.ndtv.com

Xiaomi menjadi salah satu merek asal Cina yang begitu diminati di negara kita. Perusahaan mobile internet ini mulai berdiri tahun 2010 lalu. Merek ini menghadirkan smartphone, MIUI ROM, MiTalk dan MiBox. Produk yang paling laris tentu saja smartphone yang bukan hanya keren dari segi desain namun sangat garang di bagian fitur.

Redmi Note 6 Pro merupakan produk yang wajib kamu lirik dari Xiaomi. Keunggulannya terletak pada 4 kamera yang didukung teknologi AI. Selain itu kualitas foto selfie yang sempurna bisa kamu dapatkan dengan pengaturan dual kameranya. Di bagian depan ada kamera 20MP dan 2 MP sementara di belakang ada kamera 12MP dan 5MP yang siap membidik setiap momen penting.

Untuk dapur pacunya, ada prosesor Qualcomm Snapdragon Octa Core pada smartphone ini. Produk dengan layar 6,26 inci ini memiliki desain ramping dan sangat pas di tangan. Dengan baterai berkapasitas 4000mAh, kinerja kamu dijamin lancar dalam waktu yang lama karena kamu tidak perlu mengisi daya berkali-kali. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 3.274.000.

Huawei

Sumber gambar www.digit.in

Huawei juga menjadi merek Cina yang laris nih di Tanah Air. Brand ini mempersembahkan aneka alat elektronik seperti smartphone, PC, tablet, perangkat wearable, perangkat mobile broadband, dan banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa melirik produk yang satu ini.

Huawei Honor 8X Smartphone bisa menjadi pilihan kamu. Keren dengan layar Full HD 6,5 inci yang mulus, smartphone ini sudah memiliki teknologi Chip on Film yang membuatnya makin canggih. Smartphone ini hadir dengan RAM 6GB dan ROM 64GB. Produk ini memakai prosesor Octa Core yang dibantu sistem operasi Android Oreo. Untuk kameranya, ada kamera belakang 20MP dan kamera depan 16MP. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 3.650.000.

Changhong

Sumber gambar www.tokopedia.com

Changhong dikenal sebagai perusahaan pembuat alat elektronik konsumen yang berkantor pusat di Mianyang, Cina. Merek ini juga dikenal sebagai produsen televisi terbesar kedua di Cina. Produknya banyak diminati di Indonesia seperti yang berikut ini.

Changhong 32E6000i Hitam TV LED 32 inci ini bisa menjadi pilihan. Produk televisi ini menghadirkan kualitas gambar yang tajam, jernih, dan kaya warna. Dengan resolusi 1366 x 768 UC-pro Engine, televisi ini memiliki port untuk USB dan HDMI. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 1.799.000.

Lenovo

Sumber gambar saranakomputer.id

Lenovo dikenal menjadi produsen PC terbesar di Cina dan terbesar kedelapan di dunia. Didirikan pada tahun 2004, Lenovo sukses menjual komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Merek Lenovo ini tergolong laris manis di pasaran Indonesia loh.

Lenovo Thinkpad E480-55ID Core i7 ini adalah contoh produk yang laris di negara kita. Desainnya mulus dan elegan, sehingga bikin kita tidak bisa berpaling. Hadir dengan konektivitas yang terstandarisasi, bikin kerjaan jadi lancar semua. Memiliki Windows 10 Pro, produk ini juga menghadirkan kompatibilitas perangkat keras berbagai port USB.

Produk ini hadir dengan RAM 4GB dan dibekali memori internal 1TB. Untuk kapasitas baterainya bisa bertahan hingga 13 jam lamanya. Bergaransi 1 tahun, kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 15.899.000.

Cross

Sumber gambar butikdukomsel.com

Cross juga menjadi salah satu merek yang banyak diminati di negara kita. Perusahaan yang yang memiliki unit perakitan di Cina ini menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau.

Evercoss B74 ini bisa banget jadi pilihan kamu. Hadir dengan warna hitam yang elegan, fitur smartphone ini menarik dan juga canggih loh. Dengan RAM 1GB, smartphone ini juga dibekali ROM 8GB. Memakai prosesor Quad core, kinerjanya dibantu Android Lollipop.

Smartphone dengan layar IPS FWVGA 4 inci ini memiliki resolusi 400 x 800 pixel. Ada kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP yang bisa kamu manfaatkan. Smartphone dual SIM ini memiliki baterai berkapasitas 1500mAh. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 495.000.

Asatron

Sumber gambar duniaaudio.com

Asatron adalah salah satu merek Cina yang memenangkan penghargaan Top Brand Award untuk produk jenis audio tape. Merek yang satu ini dipasarkan di Indonesia melalui PT Asatorindo Agung di Bandung. Salah satu produk yang bisa kamu lirik adalah di bawah ini.

Speaker Portable 12 Inch Asatron Ht 8871 ini keren loh. Speaker ini bisa diisi ulang dengan kekuatan suara 30 Watt RMS. Bisa memeriahkan aneka cara di dalam dan juga luar ruangan. Ada FM Radio stereo dan juga remote. Memiliki lED light, produk juga dibekali 5 band equalizer.

Speaker ini memiliki 2 buah Mic Wireless dan slot In untuk gitar listrik. Kamu bisa membelinya di Blanja dengan harga Rp 1.425.000.

Haier

Sumber gambar oketekno.com

Haier merupakan perusahaan asal Cina yang sudah ada sejak tahun 1984 lalu. Mempersembahkan aneka perlatan rumah multinasional, produk dari Haier begitu banyak diminati di Indonesia dan juga negara lainnya.

Haier Leisure L7 lite Smartphone ini adalah produk yang populer dari Haier. Memiliki layar IPS LCD 5,5 inci, smartphone ini hadir dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Dengan Chipset Snapdragon 430 mendukung performa multitasking lebih baik.

Ada kamera 13 MP dan kamera depan 5 MP yang siap mengabadikan momen. Hadir dengan DTS sound sehingga mampu mengeluarkan audio yang berkualitas. Produk yang memakai sistem operasi Android 7 ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 1.200.000.

ZTE

Sumber gambar www.blanja.com

ZTE menjadi sebuah perusahaan pemasok global bagi perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi. Produk ZTE juga banyak dipasarkan di Indonesia dan sangat laris.

ZTE Nubia Z5S Mini Putih Smartphone cocok menjadi pilihan kamu. Smartphone ini hadir dengan layar 4,7 inci yang beresolusi 720 x 1280 piksel. Dengan prosesor Quad-core 1.7 GHz Krait 300, sistem kerjanya dibantu Android Jelly Bean.

Untuk kamera ada kamera belakang hingga 13 MP, serta kamera depan hingga 5 MP. Didukung RAM 2GB, produk ini memiliki memori internal 16GB. Berkapasitas baterai 2000mAh, kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 750.000.

Hisense

Sumber gambar uae.souq.com

Hisense sudah berdiri sejak 1969 lalu dan menjadi merek peralatan rumah tangga terbesar di dunia. Produknya menawarkan teknologi terkini sehingga begitu dinikmati oleh konsumennya di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.

Hisense Kingkong II C20 merupakan smartphone yang bisa menjadi andalan kamu. Produk dengan layar 5 inci ini memiliki resolusi 720 x 1280 piksel. Memiliki lapisan gorilla glass sehingga layarnya anti gores. Smartphone ini didukung oleh prosesor Snapdragon 415. Dengan sistem Android Lollipop, ada GPU Adreno 405 yang bikin main game bisa lebih nyaman. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 1.400.000.

Oneplus

Sumber gambar www.pricedekho.com

OnePlus adalah salah satu produsen smartphone di Cina yang ternama. Kini OnePlus sukses melayani 34 negara dan wilayah di seluruh dunia dengan produknya. Indonesia menjadi salah satu pasar OnePlus yang paling besar.

OnePlus One 64 GB Sandstone Black Smartphone sangat tepat untuk menjadi pilihan. Smartphone Android Kitkat ini hadir dengan prosesor Quad Core. Memiliki RAM 3 GB, produk ini dibekali memori internal 64GB.

Hadir dengan layar 5,5 inci, produk ini memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel. Terdapat kamera 13 MP dan juga 5 MP di bagian depan. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 2.650.000.

From our editorial team

Hindari Barang Palsu atau Kw dari China, Ya!

Sebenarnya tak hanya barang elektronik asal Cina saja yang banyak digemari, berbagai jenis barang seperti pakaian, kosmetik, dan lainnya juga banyak diburu di Indonesia. Jika berminat membeli barang asal Cina pastikan barang yang akan dibeli adalah bukan barang tiruan karena kualitasnya tentu akan berbeda dengan barang yang asli. Jadi, teliti dulu sebelum membeli ya!