Terdesak Masalah Keuangan? Jangan Panik, Inilah 10 Rekomendasi Barang yang Bisa Kamu Gadaikan di Pegadaian

Terdesak Masalah Keuangan? Jangan Panik, Inilah 10 Rekomendasi Barang yang Bisa Kamu Gadaikan di Pegadaian

Ada kalanya saat keuangan menipis, kita malah harus menghadapi situasi yang membutuhkan banyak uang. Di situasi yang mendesak seperti ini, kamu bisa menjadikan Pegadaian sebagai solusi untuk masalah keuangan yang dihadapi. Apa saja ya, barang-barang yang bisa digadaikan? Yuk simak!

Pegadaian Menjadi Alternatif Saat Membutuhkan Dana Besar Tanpa Harus Kehilangan Harta Pribadi

Sumber gambar www.moneysmart.id

Sekarang ini apa-apa serba mahal sehingga kita butuh bekerja ekstra untuk mencukupi kebutuhan. Namun ada kalanya kita membutuhkan dana besar dalam waktu mepet. Kalau sudah begini tentu kita jadi kebingungan untuk mendapat dana segar secepat mungkin.

Alternatifnya adalah meminjam uang melalui sebuah lembaga keuangan resmi. Salah satunya adalah Pegadaian yang merupakan lembaga peminjaman uang. Lewat Pegadaian, kita bisa mendapatkan dana secara cepat dengan risiko minim. Kita bisa menggadaikan barang berharga yang kita miliki sebagai jaminan. Selanjutnya kita akan mendapatkan dana yang kita butuhkan lalu kita bisa mengembalikan dana yang kita pinjam tanpa ribet juga. Bersama BP-Guide, mari kenali berbagai jenis pinjaman yang ada di Pegadaian.

Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian

KCA (Kredit Cepat Aman)

Sumber gambar sahabatpegadaian.com

Kredit Cepat Aman merupakan salah satu jenis pinjaman dari Pegadaian. Jenis ini diperuntukkan bagi semua nasabah untuk kebutuhan konsumtif ataupun produktif. Jenis pinjaman ini sangat populer karena memang prosesnya mudah, cepat, dan juga aman.

Ini merupakan kredit dengan sistem gadai yang bisa dilunasi sewaktu-waktu. Kamu hanya harus ke kantor Pegadaian dengan membawa agunan seperti perhiasan emas, laptop, handphone, atau barang elektronik berharga lainnya. Pinjaman uang yang didapat mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500 juta. Proses pencairan uang cepat, hanya dalam waktu 15 menit, maka uang sudah bisa kita terima. Untuk pelunasan, jangka waktu pinjaman maksimal empat bulan dan dapat diperpanjang dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Sumber gambar sahabatpegadaian.com

Kredit Gadai Sistem Angsuran ini adalah jenis sistem Pegadaian lain yang populer. Lewat sistem yang satu ini, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk keperluan tertentu. Melalui KRASIDA ini barang jaminannya adalah berupa emas.

Jika ingin melakukan pinjaman dana KRASIDA ini kamu cukup membawa fotokopi KTP, kartu keluarga serta agunan berupa emas. Dengan KRASIDA, kamu bisa mendapatkan pinjaman mencapai 95% dari nilai taksiran agunan. Untuk jangka waktu pelunasannya juga bisa 6, 12, 24, hingga 36 bulan. Kamu juga bisa melunasi semuanya sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

Kreasi

Sumber gambar sahabatpegadaian.com

Selanjutnya ada Kreasi yang merupakan kredit dengan angsuran bulan untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Umumnya yang dijaminkan adalah BPKB kendaraan bermotor. Pengajuannya cepat, prosesnya aman, dan dana juga cepat keluarnya.

Hadir dengan bunga murah, angsuran untuk kredit ini tetap per bulannya. Jangka waktu pelunasan juga fleksibel dengan pilihan 12, 18, 24, 36 dan 48 bulan. Kamu juga boleh melunasi sewaktu-waktu sebelum jatuh tempo. Untuk mengajukan kredit ini, tentu kamu harus memiliki usaha UMKM. Selain itu kamu juga perlu menyerahkan Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga, BPKB asli, Fotocopy STNK dan Faktur Pembelian, hingga memiliki Hak Tempat Berjualan.

Cara untuk Mengajukan Pinjaman ke Pegadaian

Pastikan Jumlah Uang yang Akan Kamu Pinjam

Sumber gambar ekonomi.kompas.com

Saat kita hendak meminjam uang, memang tujuannya pasti berbeda. Beberapa butuh untuk uang kuliah, kebutuhan harian, hingga gaya hidup. Sebelum meminjam uang, pastikan dulu tujuan meminjamnya. Hal ini supaya kamu tahu pasti berapa jumlah yang akan kamu pinjam.

Lewat Pegadaian kamu bisa meminjam uang dari nominal paling kecil hingga terbesar. Kendati demikian, tentu saja setiap pinjaman memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Segera tentukan berapa pastinya uang yang kamu butuhkan. Hindari melebihkan jumlah pinjaman dari kebutuhan. Sebab, hal ini akan membuat angsuran atau bunga yang harus dibayarkan akan besar pula.

Siapkan Surat-Surat yang Dibutuhkan

Sumber gambar www.berkabar.id

Sebelum ke Pegadaian, kamu wajib tahu apa saja syarat yang dibutuhkan. Salah satunya adalah menyiapkan aneka surat penting. Misalnya saja kartu identitas dan juga kartu keluarga. Terkadang ada juga syarat lain misalnya BPKB kendaraan dan lain sebagainya.

Kamu wajib melengkapi kelengkapan surat penting untuk memperlancar proses pencairan dana di Pegadaian. Ini karena setiap lembaga keuangan memerlukan identitas kita untuk jaminan kala kita tidak bisa melunasi pinjaman.

Perhatikan Nilai Barang yang Akan Dijaminkan

Sumber gambar hitsbanget.com

Saat hendak meminjam uang di Pegadaian, tentu saja kamu harus tahu nilai barang yang akan dijaminkan. Jika barangnya rusak atau tidak berfungsi, tentu saja pihak Pegadaian akan mengurangi nilai barangnya atau bahkan tidak mau menerimanya.

Sebenarnya hampir semua barang bisa digadaikan, misalnya saja seperti Tupperware. Apa saja bisa digadaikan asalkan barang tersebut disetujui oleh kantor cabang dan memiliki nilai jual minimal seharga Rp 500.000. Nantinya di tempat gadai, akan ada nilai taksir dan pinjaman yang dapat diterima. Umumnya sebesar 80 hingga 85 persen dari nilai barang tersebut.

Berbagai Jenis Barang yang Bisa Digadaikan

Rumah

Sumber gambar gadaian.com

Barang pertama yang bisa digadaikan adalah rumah. Kamu bisa memberikan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Ini merupakan salah satu barang gadai yang bernilai mahal. Apalagi jika rumah yang dijaminkan adalah rumah mewah dan besar, tentu saja makin mahal nilainya.

Hasil menggadaikan sertifikat rumah pastinya sangat besar sehingga uangnya juga bisa untuk berbagai macam kebutuhan. Untuk sekarang ini lembaga Pegadaian masih tidak melayani gadai sertifikat rumah. Maka jika ingin menggadaikan sertifikat rumah, kamu bisa memilih lembaga keuangan lain seperti, Bank.

Perhiasan

Sumber gambar se.depositphotos.com

Perhiasan adalah barang yang paling umum untuk digadaikan. Emas menjadi barang nomor satu yang paling laku dan tidak pernah ditolak di lembaga seperti Pegadaian. Kamu bisa menggadaikan aneka perhiasan atau bahkan emas batangan.

Jika ingin menggadaikan emas, maka kamu harus membawa surat perhiasan tersebut untuk memastikan keasliannya. Selain perhiasan emas, perhiasan lain seperti berlian, mutiara, intan, dan permata juga bisa digadaikan. Proses penggadaian untuk perhiasan ini sangat mudah karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Jangan lupa melampirkan fotokopi identitas supaya uang yang dipinjam akan langsung dicairkan.

Kendaraan Bermotor

Sumber gambar www.tipstrik.id

Masyarakat kita sebagian besar memiliki kendaraan pribadi. Mobil hingga motor banyak menjadi aset kita yang berharga. Nah, kamu bisa juga mengajukan pinjaman pada Pegadaian dengan jaminan berupa kendaraan bermotor.

Tentu ada syarat mengenai barang yang dijaminkan. Salah satunya adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir. Motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok. Sementara untuk mobil, kamu bisa menggadaikan mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir. Saat menggadaikan kamu perlu membawa surat kendaraan yang lengkap meliputi faktur pembelian, BPKB dan STNK.

Barang Elektronik

Berbagai alat elektronik juga bisa digadaikan untuk mendapatkan pinjaman uang. Kamu bisa menggadaikan alat-alat elektronik, seperti televisi, kulkas, radio, bahkan gadget pribadi. Namun untuk menggadaikan barang elektronik juga ada syarat tersendiri.

Sekarang ini syarat untuk menggadaikan barang elektronik makin ketat. Ini seiring dengan perubahan pada teknologi masa sekarang. Umumnya barang elektronik yang bisa digadaikan harus memiliki masa produksi tidak lebih dari satu tahun agar proses pencairan pinjaman lebih mudah dan cepat. Artinya adalah, barang yang akan digadaikan merupakan tipe terbaru karena umumnya lebih cepat laku di pasaran.

Tanah

Sumber gambar dutaperbankan.com

Selanjutnya tanah bisa menjadi barang yang kamu gadaikan. Harga tanah setiap tahunnya naik, namun nilai jualnya tidak lebih mahal dari nilai jual rumah. Nantinya nilai gadai tanah yang diperoleh tergantung dari taksiran PBB tanah tersebut. Sehingga, makin luas tanahnya dan makin strategis tempatnya, maka makin tinggi nilai jualnya.

Kalau kamu hendak menggadaikan AJB tanah di pegadaian, maka AJBnya harus di atas SHM. Hal ini karena Pegadaian tidak akan mengambil resiko untuk menerima AJB tanah tanpa sertifikat hak milik.

Barang-Barang Branded

Sumber gambar lifestyle.kompas.com

Beralih ke barang selanjutnya yang bisa digadaikan, ada berbagai barang branded yang bisa kamu jaminkan untuk mendapat uang. Misalnya saja seperti laptop, tas, sepatu, hingga handphone. Kamu bisa ke kantor pegadaian yang dekat dengan lingkungan mahasiswa, sebab prosesnya akan lebih cepat dan mudah.

Jika barangnya elektronik, seperti jam, handphone atau laptop, maka akan diperiksa dulu masih berfungsi atau tidaknya. Kamu juga harus membawa kuintansi pembelian asli dan kelengkapan barang elektronik tersebut. Sama halnya dengan tas, jam tangan atau sepatu branded. Jangan lupa membawa surat atau sertifikatnya ya.

Peralatan Rumah Tangga

Sumber gambar www.joandidion.info

Peralatan rumah tangga menjadi barang selanjutnya yang bisa digadaikan. Ada syarat khusus untuk peralatan rumah tangga yang bisa digadaikan. Salah satunya adalah peralatan tersebut harus tipe terkini dengan maksimal masa produksi setahun terakhir dan kondisi baik.

Kamu bisa menggadaikan TV, LCD, ataupun kulkas. Selain itu barang seperti lemari, kitchen set, hingga sofa juga bisa digadaikan. Tentu saja barang yang diterima hanyalah barang bernilai tinggi yang kondisinya masih bagus.

From our editorial team

Dengan Adanya Pegadaian, Tidak Perlu Lagi Repot Mencari Pinjaman Lain

Dengan adanya Pegadaian, kamu bisa lebih lega saat membutuhkan uang untuk keperluan yang mendesak. Tidak perlu repot untuk meminjam uang kesana kemari, langsung saja bawa barang-barang berharga kamu ke Pegadaian beserta surat-surat kelengkapannya. Dalam waktu singkat dana yang kamu butuhkan akan segera dicairkan.