10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik yang Menyehatkan (2022)

10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik yang Menyehatkan (2022)

Siapa sih yang tidak suka memelihara hamster lucu? Jangan lupa untuk menjaga kesehatan si hamster kesayangan ya! Pastikan mereka makan makanan yang bernutrisi setiap hari. Nah, buat Anda pecinta hamster, BP-Guide akan memberikan rekomendasi makanan hamster terbaik dalam artikel ini.

Makanan Hamster Kemasan Sama Baiknya Dengan Makanan Alami

Hamster merupakan salah satu hewan mungil yang banyak dipelihara karena sifatnya yang lucu dan menggemaskan. Hamster yang hidup di alam liar biasanya memakan biji-bijian, rumput, dan serangga.

Apakah hamster yang dipelihara juga harus diberi makan makanan alami? Jika Anda memelihara hamster, Anda bisa memberinya sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga boleh memberikan makanan hamster kemasan.

Makanan Alami yang Sehat Untuk Hamster

Bji Bunga Matahari

“Tuk ku tuk Hamtaro berlari. Apa yang paling dia senangi? Biji bunga matahari!” Begitulah penggalan lirik lagu dalam anime Hamtaro, yaitu anime yang mengisahkan kehidupan hamster-hamster lucu. Benar. Hamster memang memakan biji bunga matahari.

Meski disukai para hamster, namun kandungan lemak dalam biji bunga matahari atau kuaci ini cukup tinggi. Oleh sebab itu, berikanlah dalam porsi yang ideal untuk hamster Anda.

Kacang Hijau

Selain biji bunga matahari, hamster juga menyukai makanan biji kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan lemak, protein, vitamin, serta karbohidrat yang baik untuk metabolisme tubuh hamster.

Karena kacang hijau ini memiliki ukuran yang kecil, jadi hamster pun lebih mudah memakannya. Anda pun tidak perlu mengolah kacang hijau terlebih dahulu sebelum memberikannya pada hamster.

Apel

Hamster peliharaan juga bisa diberikan makanan berupa buah-buahan, salah satunya adalah buah apel. Buah apel termasuk buah yang gampang ditemukan di pasar.

Potonglah apel menjadi bagian yang kecil agar hamster Anda lebih mudah memakannya. Jangan lupa buang biji apel, karena cukup jika dimakan. Sebab, biji apel mengandung senyawa amygdalin yang bersifat racun.

Wortel

Hamster juga mengonsumsi sayur seperti wortel. Sayuran berwarna oranye ini sangat kaya akan kandungan vitamin A yang bagus untuk penglihatan sang hamster. Sama seperti saat memberikan apel.Sebaiknya potong-potonglah wortel terlebih dahulu menjadi bagian yang kecil, agar hamster Anda lebih mudah memegang dan melahapnya.

Jagung

Hamster juga dapat diberi makan jagung. Jagung mengandung karbohidrat yang cukup tinggi bahkan mencapai angka 80 persen, sehingga hamster Anda pun jadi lebih berenergi. Oleh karena itu, pemberian jagung sangat disarankan bagi hamster yang sedang bunting. Selain memberikan energi pada induk, juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada calon anaknya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Makanan Hamster

Usia dan Kebutuhan

Tiap produk makanan hamster dibuat dengan peruntukkan berbeda, tergantung usia dan kebutuhan si hamster. Ini dikarenakan kebutuhan gizi dan nutrisi mereka yang tidak sama.

Anak hamster memerlukan makanan dengan protein yang tinggi untuk mendukung pertumbuhannya. Sementara hamster dewasa tidak membutuhkan banyak protein karena dapat mengganggu kesehatan mereka. Sebaiknya beri mereka makanan yang lebih kaya serat dengan protein cukup.

Oh iya, jangan lupa juga untuk menyediakan minuman yang cukup untuk hamster Anda, karena hamster cenderung rentan dehidrasi. Kebutuhan air tiap usia bisa berbeda. Tergantung dari jenis makanan dan tingkat keaktifannya.

Kandungan Nutrisi

Selama masa pertumbuhannya. Setidaknya ada tiga komponen penting yang baik untuk kesehatan para hamster, yaitu protein, serat, serta lemak.

Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada bulu hamster. Hamster yang kekurangan protein bisa mengalami kerontokan bulu hingga penurunan berat badan. Tapi hamster yang kelebihan protein juga dapat mengalami gangguan kesehatan.

Hamster juga memerlukan serat untuk menjaga kesehatan dari organ pencernaanya. Serat ini biasa didapat dari sayur dan buah. Anda bisa memberikan buah dan sayur alami atau makanan kemasan yang mengandung buah dan sayur.

Masa Kadaluwarsa

Seperti produk makanan manusia, makanan hamster juga memiliki penanggalan kapan konsumsi terbaik atau kapan masa kadaluarsanya. Makanan hamster yang telah melewati masa kadaluarsa biasanya akan mengalami penurunan kualitas dan gizi. Makanan kadaluarsa juga cenderung mudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus.

Beberapa produsen kadang tidak menyematkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya. Jika seperti itu, Anda bisa menanyakan langsung pada pihak toko yang menjual, atau melihat makanan tersebut apakah mengalami perubahan bentuk.

Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik yang Kaya Nutrisi

Hamsfood Hamster & Gerbil Staple Food

Hamsfood Hamster & Gerbil Stapple Food merupakan makanan bergizi untuk hamster dan gerbil. Hamsfood terdiri dari berbagai jenis makanan seperti pelet, jagung, kuaci dan biji-bijian lainnya.

Makanan ini juga diformulasikan secara khusus agar tidak mudah membuat hamster Anda menjadi gemuk. Kandungan protein, vitamin, dan mineral di dalamnya baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh hamster agar tidak mudah terkena penyakit.

Harga Rp. 20.000-50.000

Best In Show Morning Sun Hamster Food 3 Mix

Best In Show Morning Sun Hamster Food 3 Mix adalah makanan hamster kering yang isinya terdiri dari biji-bijian pilihan yang berkualitas tinggi, sehingga aman dikonsumsi oleh hamster.

Makanan hamster dari Best In Show Morning Sun ini memiliki kualitas premium, dan kaya akan vitamin, omega 6, juga beta karoten yang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hamster kesayangan Anda.

Harga Rp. 15.000-75.000

HAGEN Hamster & Gerbil Original Plus

Hagen Hamster & Gerbil Original Plus mengandung pilihan sereal dan biji-bijian terbaik, serta pelet lezat yang diperkaya dengan vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamster dan gerbil.

Bahan makanan hamster ini juga dapat menarik kebutuhan naluriah hamster dan gerbil peliharaan Anda untuk mencari makan. Nafsu makannya jadi meningkat.

Harga Rp. 80.000-160.000

Versele-Laga Complete Hamster & Gerbil

Hamster kesayangan Anda suka pilih-pilih makanan? Mungkin produk yang satu ini layak untuk Anda perttimbangkan. Makanan hamster berbentuk pelet ini bisa meminimalisir kebiasaan memilih makanan pada hamster karena bentuk dan ukurannya sama.

Produk makanan hamster yang satu ini dibuat dari daging ayam, serealia, minyak salmon, dan minyak biji rami. Anda pun tidak perlu khawatir hamster Anda akan kekurangan nutrisi karena setiap butir peletnya sudah mengandung protein, lemak, dan serat. Sangat direkomendasikan untuk hamster berumur di atas 1 bulan.

Harga Rp. 60.000-100.000

Vitakraft Menu Vital Hamster Food

Gigi hamster akan terus tumbuh. Oleh sebab itu, hamster harus mengunyah makanan terus menerus agar giginya terkikis dan tidak tumbuh berlebihan atau sangat panjang. Namun, hamster yang terus menerus diberi makan lebih berisiko mengalami kegemukan.

Nah, makanan hamster yang satu ini diformulasikan agar hamster Anda membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan makanannya. Jadi, pertumbuhan giginya bisa dikontrol, begitu juga dengan berat badannya. Produk ini direkomendasikan untuk semua jenjang usia hamster.

Harga Rp. 35.000-150.000

Hartz Bonanza Hamster & Gerbil Diet

Makanan yang tidak seimbang bisa membuat hamster mengalami kegemukan. Cegah hal tersebut dengan memberikan hamster Anda makanan yang sehat yang diformulasikan secara khusus.

Produk makanan hamster yang satu ini dibuat dari buah, sayur, kacang-kacangan, serta biji-bijian yang bisa memenuhi nutrisi hamster kesayangan Anda tanpa membuatnya gemuk. Bahan-bahan tersebut juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan hamster lho!

Harga Rp. 200.000-400.000

OXBOW Essential Hamster & Gerbil Food

Berikan hamster dan gerbil peliharaan Anda makanan yang ia suka, seperti campuran timothy hay, oat, dan barley yang terdapat dalam Healthy Handfuls ini.

Produk ini mengandung nutrisi yang tinggi untuk memelihara berat badan, fungsi pencernaan, kesehatan gigi dan kualitas hidup untuk hewan peliharaan yang aktif. Namun, sebaiknya Anda tidak memberikannya pada hamster yang bunting dan menyusui.

Harga Rp. 100.000-150.000

Jolly Fullvit Formula for Hamsters

Bakteri jahat bisa menyerang saluran pencernaan hamster. Akibatnya, hamster pun mengalami masalah pencernaan, seperti ekor basah. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada hamster kesayangan Anda, bukan?

Permasalahan tersebut bisa dihindari dengan cara memberikan makanan yang tepat, seperti Jolly Fullvit Formula for Hamsters yang mengandung probiotik, sehingga dapat menambah jumlah bakteri baik dan melawan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan hamster. Hamster pun jadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan ini.

Harga Rp. 100.000-150.000

Pet Republic ALICE AE88 Yumpop Balance Nutri Formula

ALICE YUMPOP AE88 merupakan makanan hamster yang terdiri dari pelet yang bernutrisi. Pelet tersebut terbuat dari bahan berkualitas, yang kaya akan multivitamin, protein, serat tinggi, mineral, serta kalsium.

Kandungan nutrisi yang tinggi di dalam produk ini dapat menjaga kesehatan hamster kesayangan Anda agar ia tumbuh dengan baik. Jadi, pastikan hamster Anda memiliki diet yang seimbang dengan makanan ini ya!

Harga Rp. 70.000-125.000

Vitakraft LIFE Power for Hamster

Makanan hamster yang satu ini mengandung beta-glucan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hamster. Beta-glucan juga bisa menurunkan leptospira, yaitu bakteri penyebab penyakit leptospirosis yang ada di dalam tubuh hamster.

Produk ini makin unggul karena dibuat dengan resep bebas gula, bebas pewarna, dan bebas pengawet. Hamster kesayangan Anda pun menjadi lebih sehat. Anda bisa memberikannya pada hamster yang berusia lebih dari 1 bulan.

Harga Rp. 75.000-150.000
From our editorial team

Cari Tahu Kebutuhan Makanan Hamster, Jangan Sampai Berlebihan Apalagi Kurang!

Hamster punya kebutuhan makan yang berbeda-beda lho! Beda usia, beda pula jumlah makanan yang harus Anda berikan. Setelah Anda membeli makanan hamster terbaik sesuai rekomendasi BP-Guide di atas, cari tahu dulu informasi tentang kebutuhan makanan hamster Anda ya!