Kontrol Berat Badan dengan 10 Rekomendasi Kopi Hijau Terenak Berikut! (2021)

Kontrol Berat Badan dengan 10 Rekomendasi Kopi Hijau Terenak Berikut! (2021)

Ada satu lagi alasan yang bisa kamu gunakan untuk minum kopi, menurunkan berat badan. Ya, kopi ternyata bisa juga membantu penurunan berat badan. Kopi hijau adalah kopi yang tidak melewati proses roasting sehingga memiliki kandungan yang lebih menyehatkan. Simak rekomendasi kopi hijau dari kami!

Mengenal Perbedaan Kopi Hijau dengan Kopi Pada Umumnya

Kopi merupakan minuman wajib bagi sebagian besar orang di dunia. Banyak yang mengawali harinya dengan kopi karena kandungan kafein di dalamnya bisa bikin melek dan kembali semangat beraktivitas. Aroma kopi dan rasa kopi yang pahit kombinasi manis membuat indera penciuman dan indera perasa tergugah lalu mengirim sinyal ke otak untuk lebih waspada dan fokus seharian.

Bicara soal kopi, kita tentu tahu kopi memiliki banyak varian. Ada varian arabika, robusta, dan lainnya. Ada juga varian kopi berdasarkan warnanya. Misalnya saja kopi hijau yang berbeda dibanding kopi pada umumnya. Kopi yang satu ini memiliki popularitas tersendiri di mata pecinta kopi.

Biji kopinya sendiri sama seperti biji kopi pada umumnya. Biji kopi hijau bisa berasal dari tanaman kopi robusta, arabika, dan lain sebagainya. Kendati demikian, ada perbedaan kopi hijau dibanding kopi lainnya.

Keunikan kopi hijau tentu terlihat dari warnanya. Jika biji kopi umumnya berwarna cokelat hingga kehitaman, maka kopi hijau memiliki biji warna hijau. Dalam proses pengolahannya, kopi hijau sama dipetik dan dipisahkan antara buah dengan biji kopinya layaknya kopi lainnya. Kemudian biji kopi kembali disortir untuk memisahkan yang bagus dan yang jelek.

Proses selanjutnya yang membedakan biji kopi hijau dengan lainnya. Jika biji kopi lainnya diroasting maka biji kopi hijau tidak diroasting. Biji kopi hijau langsung dikeringkan dan langsung siap dijual.

Biji kopi biasa dipanggang agar cita rasanya makin berkembang. Saat diroasting, aneka senyawa dalam biji kopi terproses dan menimbulkan aroma dan rasa yang kaya. Aroma dan rasa berbeda-beda setiap kopi bergantung dari durasi atau suhu proses roasting. Sementara itu, biji kopi hijau tidak melalui proses roasting. Hal ini membuat aromanya natural dan rasanya begitu apa adanya.

Kamu Wajib Tahu Kelebihan Kopi Hijau

Meningkatkan Mood

Sama seperti kopi pada umumnya, kopi hijau juga memiliki manfaat yang tak kalah baik dari kopi lainnya. Kopi hijau mengandung kafein juga. Kandungan kafein dalam kopi hijau mampu memperbaiki suasana hati agar lebih baik. Kafein tak hanya meningkatkan memori dan fokus. Kafein juga berperan penting dalam tubuh untuk memberi rasa tenang, aman, dan rileks. Maka dari itu, jika kamu merasa mood kamu memburuk, coba deh sesekali konsumsi kopi hijau.

Mengontrol Berat Badan

Berat badan yang terkontrol jadi impian semua orang. Sayangnya, hanya segelintir orang saja yang sadar bahwa kelebihan berat badan kurang baik jika dibiarkan secara terus menerus. Harus ada usaha dan niat yang kuat untuk menurunkan berat badan.

Nah, kalau kamu salah satu yang mau berusaha menurunkan berat badan, kamu bisa coba mengonsumsi kopi hijau. Dari penelitian BMC Complementary and Alternative Medicine, diungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen harian ekstrak biji kopi hijau terbukti bisa mengurangi lemak tubuh dan berat badan. Dari penelitian itu juga diketahui bahwa kafein dan asam klorogenat dalam kopi hijau yang berperan untuk menurunkan berat badan.

Minum kopi hijau secara rutin juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan asan chlorogenic di dalamnya bisa meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Ketika tubuh kekurnagan glukosa, maka sel lemak yang tersimpan akan terbakar untuk memenuhi kebutuhan glukosa tubuh. Ini yang membuat turun berat badan jadi lebih mudah.

Sebagai Antioksidan

Dalam biji kopi hijau terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Ini tentu bagus untuk mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh kita. Dari Journal of Agricultural and Food Chemistry yang diterbitkan July tahun 2004, antioksidan dalam biji kopi hijau bahkan mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker.

Dalam biji kopi hijau yang belum diolah, terkandung 100% asam chlorogenic murni. Zat tersebut adalah ester asam caffeic dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan tersebut akan menjaga sel kulit agar memiliki pertahanan diri yang kuat dan tidak mudah rusak.

Mencegah Penuaan Dini

Karena kaya akan antioksidan, biji kopi hijau juga bisa memberikan efek anti penuaan. Kandungan asal klorogenat akan meningkatkan fungsi kulit. Sirkulasi mikro pada kulit juga bisa lebih lancar. Ini membuat kulit jadi senantiasa terhidrasi dengan baik. pH permukaan kulit pun bisa lebih seimbang. saat pH seimbang dan kulit terhidrasi dengan baik, maka tanda-tenda penuaan seperti kerutan halus, flek hitam, dan kulit kusam pun bisa berkurang.

Ini Dia Deretan Rekomendasi Kopi Hijau yang Bagus untuk Kesehatan

NESCAFÉ Green Coffee Blend

NESCAFÉ Green Coffee Blend menghadirkan produk kopi hijau yang nikmat untuk dikonsumsi. Paduan biji kopi hijau dan biji kopi tradisional yang sudah dipanggang membuat kopi ini memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibanding kopi pada umumnya. Kamu yang masih ragu ingin mencoba kopi hijau, bisa mencoba kopi kombinasi ini dulu.

Dalam kopi Nescafe ini terdapat kandungan gula, krimer nabati, kopi hijau, kopi panggang, garam, dan pengental nabati. Paduannya pas sehingga menciptakan kopi dengan rasa yang luar biasa enak. Kopi dari PT. Nestle Indonesia ini sudah terdaftar pada BPOM dan MUI jadi aman untuk dikonsumsi. Kopi bubuk ini mudah disajikan. Cukup seduh satu sachet kopi hijau ini dengan air panas dan aduk merata. Aroma kopinya dijamin bikin kamu ingin segera menyeruputnya.

Harga Rp. 50.000-107.000

Umi Green Coffee

Umi Green Coffee terbuat dari 100% kopi hijau asli tanpa campuran. Ini membuat kualitasnya tidak perlu diragukan. Tak ada bahan kimia yang berbahan di dalamnya. Produk ini mampu membantu kamu membakar lemak. Di dalamnya terdapat chlorogenic acid yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh agar lemak bisa terbantu terbakar dengan cepat.

Minum kopi ini juga mampu menekan nafsu makan, sehingga kamu bisa mengerem keinginan makan dan ngemil. Dengan rutin mengonsumsinya, maka tekanan darah tinggi jadi lebih stabil, konsentrasi otak meningkat, dan kadar gula terkontrol. Produk ini juga bisa membantu mendetok organ hati. Cukup rebus biji kopi dengan air selama 15 menit lalu tuang ke gelas dan tunggu sampai hangat.

Harga Rp. 67.000-195.000

Green Coffee Arabica Gayo

Green Coffee Arabica Gayo ini dihadirkan oleh brand Tiara Farm. Dikemas dalam kaleng isi 150 gram, kopi ini mudah diseduhnya. Dibuat dari biji kopi berkualitas, kopinya diambil dari dataran tinggi Gayo Aceh. Selanjutnya, kopi diproses secara higienis dengan sistem dan peralatan modern sehingga bisa menghadirkan kopi yang bisa melangsingkan tubuh, menghaluskan kulit, dan juga mampu menyuburkan rambut.

Kopinya murni dengan nutrisi dan manfaat yang terjaga. Rasa kopinya unik dan pastinya memiliki kesegaran rasa di setiap tegukannya. Kopi bubuk ini cukup diseduh saja dengan air panas lalu diminum seperti biasa.

Harga Rp. 144.000-224.000

Kopi Diet Sumatra Green Coffee Instant Exotico

Kopi Diet Sumatra Green Coffee Instant Exotico wajib jadi pilihan kamu. Komposisinya terdiri dari kopi instan serbuk, fruktosa, krimer nabati, sarat larut, dan inulin. Ada juga ekstrak kopi hijau serbuk yang membuat kopi ini kaya akan antioksidan yang tinggi.

Kamu bisa meminumnya 2 kali sehari. Ini adalah jenis kopi robusta dari Sumatra. Kopi ini bisa kamu gunakan untuk membantu program penurunan berat badan karena bisa mengontrol nafsu makan. Kopi juga mampu meningkatkan sistem kerja saluran pencernaan serta meningkatkan masa otot dan daya tahan tubuh.

Kopi hijau dari Exotico ini juga bisa melancarkan sirkulasi darah, mengurangi kolesterol, dan mencegah diabetes. Kamu bisa juga meminumnya untuk detoksifikasi alami tubuh. Kopi ini sudah mendapat izin BPOM sehingga aman dikonsumsi. Kamu bisa meminumnya dengan sajian panas ataupun dingin.

Harga Rp. 30.000-157.000

My Green Coffee Powder

My Green Coffee Powder bisa juga jadi pilihan untuk membantu mengontrol berat badan. Biji kopi hijau ini dikemas dalam ukuran 200 gram. Tidak ada efek samping usai mengonsumsinya karena ini adalah produk alami.

Kopi hijau baik untuk kesehatan karena bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, produk My Green Coffee juga bisa mengontrol nafsu makan. Untuk meminumnya, cukup seduh dengan air panas. Kamu bisa juga menambahkan jeruk, lemon, atau gula ke dalam kopi untuk meningkatkan cita rasanya.

Harga Rp. 30.000-120.000

Herbilogy Green Coffee

Herbilogy Green Coffee dikemas dalam ukuran 100 gram. Minuman yang satu ini kaya akan antioksidan alami. Kopi hijau ini bisa meningkatkan metabolisme sehingga lemak terbakar lebih banyak. Kamu tak perlu khawatir mengonsumsinya. Ini karena produknya sudah terdaftar pada BPOM dan MUI.

Kopi hijau ini praktis dikonsumsi. Kamu cukup menyeduhnya dengan air hangat. Tambahkan lemon atau madu agar rasanya lebih nikmat. Kamu boleh juga mencampurkan bubuk kopi hijau ini pada jus, smoothies, teh hangat, dan lainnya.

Harga Rp. 93.000-123.000

Green Coffee 77 Slimfit

Green Coffee 77 Slimfit merupakan kopi herbal yang bisa jadi pilihan kamu yang ingin lebih sehat. Kopi ini cocok untuk pecinta kopi. Komposisinya terdiri dari kopi hijau, fish colagen, daun dewa, ekstrak kulit manggis, dan deretan bahan herbal lainnya.

Meski tergolong minuman herbal, kopi ini memiliki cita rasa nikmat. Selain itu, manfaat kesehatan yang kamu dapat juga banyak. Kopi ini bisa memberikan efek langsing terhadap tubuh. Ini akan bisa membuat tubuh bebas racun dan kembali ramping.

Minum kopi ini setiap pagi sebelum sarapan. Dengan begini, nafsu makan bisa terkontrol dengan baik. Kopi ini aman untuk penderita maag. Selain bisa membakar lemak tubuh, kopi juga bisa mencerahkan kulit dan membuat tampak lebih awet muda. Kopi hijau ini juga bisa mendetok organ hati, mengobati sariawan, dan meningkatkan konsentrasi otak.

Harga Rp. 18.000-63.000

Healthy Noona Raw Green Coffee Bean

Healthy Noona Raw Green Coffee Bean merupakan biji kopi utuh tanpa proses apapun. Kopi ini lebih alami sehingga cocok untuk kamu yang ingin menikmati nikmatnya kopi dengan cita rasa yang alami. Biji kopi ini tidak digiling dan tidak dipanggang.

Kamu cukup merebus biji kopi hijau ini jika ingin mengonsumsinya. Minum air rebusannya secara rutin. Ini akan mampu mengusir lemak dan mengurangi nafsu makan. Dikemas dalam standing pouch premium, kemasan lengkap dengan zipper sehingga bisa ditutup rapat usai diambil isiya. Kemasannya berisi 250 gram biji kopi hijau alami.

Harga Rp. 28.000-75.000

Green Coffee Moringa

Green Coffee Moringa tentu sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Komposisinya sama dengan biji kopi pada umumnya hanya saja di dalamnya kaya akan asam klorogenat yang bisa memerangi radikal bebas. Biji kopinya tidak dipanggang sehingga rasanya lebih natural. Produk ini bisa membakar lemak dengan cepat dan efektif.

Lengkap dengan ekstrak moringa, kopi ini bisa menjaga kesehatan hati, menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme, dan bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Bubuk kopi ini cukup diseduh dengan air panas dan siap diminum. Aroma dan rasanya begitu nikmat dan pastinya bisa menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Harga Rp. 160.000-500.000

Green Coffee IPB

Green Coffee IPB adalah rekomendasi terakhir kami. Kopi ini tidak dipanggang sehingga kaya akan asam klorogenat. Kandungan asam tersebut kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Kulit jadi lebih awet muda, nafsu makan terkontrol, dan lemak jadi lebih banyak terbakar. Untuk meminumnya, cukup ambil ¼ sendok teh bubuk kopi ini lalu seduh dengan air panas sebanayk 100 ml. Minum 1 hingga 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Harga Rp. 158.000-200.000
From our editorial team

Kopi Hijau juga Punya Efek Samping

Jangan dikira segala sesuatu yang baik tidak memiliki efek samping. Kopi hijau, meski diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga ternyata memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dengan dosisnya. Maksimal dalam sehari, kamu hanya boleh mengonsumsi sebanyak 480 mg saja selama maksimal 12 minggu. Ini karena dalam kopi hijau juga tinggi akan kafein. Kandungan kafein tersebut jika terlalu banyak bisa menyebabkan gugup, sakit perut, insomnia, mual, hingga muntah. Selain itu, efek lainnya adalah meningkatnya detak jantung dan pernafasan. Maka dari itu, hindari mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan, ya.

Tag