Yuk, Buat  Kue Ulang Tahun Anak Semakin Berkesan dengan 10 Rekomendasi Hiasan Unik ini

Yuk, Buat Kue Ulang Tahun Anak Semakin Berkesan dengan 10 Rekomendasi Hiasan Unik ini

Pesta ulang tahun si kecil akan makin berkesan jika Anda menghias sendiri kue ulang tahunnya. Jangan bingung menghiasnya ya, kami menyediakan cara untuk menghias kue beserta rekomendasi hiasannya!

Ulang Tahun Anak Lebih Istimewa dengan Kue Buatan Ibu

Sebagai orangtua tentu kita akan mengadakan pesta ulang tahun demi menyenangkan hati anak, selain untuk memperingati pergantian usianya. Jangan lupa undang juga teman-teman terdekat anak untuk ikut merayakan hari bahagia putra putri Anda ya.

Pesta ulang tahun anak akan jadi lebih meriah dengan adanya kue tart dan acara tiup lilin. Nah, khusus untuk kuenya, Anda bisa membuatnya dan menghiasnya sendiri agar terasa lebih istimewa. Anda bisa sesuaikan hiasan sesuai dengan yang diinginkan anak.

Jangan khawatir kerepotan membuat kue ulang tahun. Untuk base cake-nya Anda bisa membuat kue bolu, cheese cake atau kue coklat. Sesuaikan saja dengan selera anak. Sementara untuk menghiasnya, Anda bisa intip tips dari kami!

Ini Dia 4 Cara Menghias Kue Ulang Tahun Anak

Memakai Butter Cream

Butter cream dianggap sebagai lapisan dasar dari sebuah kue ulang tahun sebelum nantinya dihias dengan cake topper, lilin dan lain sebagainya. Butter cream bisa juga dipakai untuk menghias kue. Caranya hanya dengan menggunakan spuit untuk menghias kue. Anda bisa membeli langsung butter cream yang sudah jadi, atau Anda juga bisa membuat sendiri dengan cara di bawah ini.

    Bahan:

  • 225 gram mentega putih
  • 75 gram gula pasir
  • Pewarna makanan sesuai selera

    Cara Membuat:

  • Kocoklah mentega memakai mixer dengan kecepatan tinggi hingga warnanya menjadi pucat.
  • Masukkan gula pasir, lalu kocok lagi hingga tercampur rata.
  • Anda bisa tambahkan pewarna makanan jika tak ingin butter creamnya berwarna putih.

Memakai Fondant

Sumber gambar mamapapa.id

Berikutnya untuk menghias kue, Anda juga bisa memakai fondant. Ini bisa juga dipakai sebagai lapisan dasar kue. Menghias kue memakai fondant membuat tampilan kue lebih halus dan lebih indah. Anda bisa membuat sendiri fondant-nya dengan cara berikut ini:

    Bahan:

  • 520 gram icing sugar
  • 30 ml air
  • 250 gram marshmallow
  • 80 gram cokelat putih dicincang
  • Aneka pewarna makanan

    Cara membuat :

  • Awali dengan mengayak icing sugar lalu sisihkan
  • Ambil mangkuk tahan panas, masukkan marshmallow dan air lalu masukkan ke dalam microwave dengan panas tinggi dan panaskan selama kurang lebih 40 detik.
  • Keluarkan campuran air dan marshmallow lalu panaskan lagi dalam microwave.
  • Aduk setiap 30 menit sekali atau hingga marshmallow mencair dan menjadi campuran yang lembut.
  • Masukkan cokelat putih cincang ke dalam campuran marshmallow yang masih hangat lalu aduk merata.
  • Tambahkan pewarna makanan jika ingin.
  • Tuang adonan marshmallow pada icing sugar lalu kocok memakai mixer tangan.
  • Ambil plastik lalu semprot memakai non-stick cooking spray dan masukkan adonan fondant ke dalam plastik tersebut.
  • Bungkus fondant dan simpan hingga sedikit mengeras selama beberapa jam atau semalaman, lalu siap digunakan.

Memakai Aneka Buah

Jika tidak ingin hiasan yang terlalu ribet, Anda bisa memakai aneka buah-buahan segar sebagai hiasan kue ulang tahun. Pilih buah-buahan yang disukai oleh anak seperti stroberi, ceri atau jeruk. Kreasikan aneka buah tersebut seindah mungkin menjadi bentuk love atau yang lainnya.

Keunggulan menghias kue dengan buah segar adalah rasa kuenya jadi tidak begitu eneg seperti jika kita memakai hiasan full butter cream. Ada kombinasi rasa segar kala kita memakai buah-buahan sebagai topping kue ulang tahun.

Beri Aneka Cake Topper

Cara berikutnya untuk menghias kue ulang tahun anak adalah dengan menambahkan aneka cake topper kekinian. Anda bisa memasang topper bertuliskan “Happy Birthday”, topping aneka figur mini kartun kekinian, dan lain sebagainya. Pastinya sesuaikan cake topper dengan tema kue ulang tahun anak ya. Nah untuk rekomendasi cake topper, Anda bisa cek rekomendasi kami di bawah ya!

Buat Kue Ulang Tahun Anak Lebih Indah dengan Aneka Hiasan Berikut Ini

Lilin Ulang Tahun / Lilin Ultah Thomas

Sumber gambar www.tokopedia.com

Acara ulang tahun rasanya kurang sah tanpa acara tiup lilin. Untuk ulang tahun anak, tentu saja harus ada acara tiup lilin. Jangan lupa awali acara ini dengan meminta anak memanjatkan keinginannya sebelum meniup lilin ulang tahunnya.

Lilin Ulang Tahun Karakter ini bisa Anda sematkan pada kue ulang tahun anak. Bukan sekadar lilin biasa, lilin ini memiliki bentuk karakter kartun Thomas and Friends yang menggemaskan. Dalam 1 set berisi 5 buah lilin Thomas. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 15.000.

Cokelat Batangan Pelangi Mercolade

Sumber gambar www.tokopedia.com

Si kecil suka makan cokelat? Anda bisa membuat kue blackforest sebagai kue ulang tahunnya. Untuk hiasan kuenya tentu saja Anda butuh cokelat batangan untuk diparut kemudian ditaburkan di atas kuenya. Selain warna cokelat, Anda bisa pilih aneka warna lainnya yang sesuai selera anak.

Ada Cokelat Batangan Pelangi Mercolade yang bisa jadi pilihan untuk topping kue anak. Ada 9 pilihan warna menarik dari cokelat batangan ini. Selain bisa untuk kue tart, cokelat ini cocok juga untuk topping roti bakar, pisang goreng dan lainnya. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 15.000.

Sprinkle Mutiara Silver

Sumber gambar www.tokopedia.com

Supaya kue ulang tahun anak terkesan lebih indah, Anda bisa juga menambahkan hiasan berupa Sprinkle Mutiara Silver. Sprinkle yang satu ini cocok untuk kue ulang tahun bertema princess karena terkesan begitu elegan. Sprinkle ini cocok juga dipakai sebagai putik dari hiasan bunga yang dibuat dari buttercream atau fondant. Produk ini terbuat dari gula dan bisa dimakan. Ada kemasan 25 gram hingga 100 gram yang tersedia. Untuk 25 gram, harganya Rp 12.500 di Tokopedia.

Spikel Trimit Hiasan Kue Gula Warna Warni Sprinkle

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau kurang suka dengan sprinkle yang warnanya silver, Anda bisa memilih sprinkle dengan warna warni ceria. Ada Spikle Trimit Hiasan Kue Gula Warna Warni yang bisa jadi pilihan. Produk ini dikemas dalam cup dan berisi 100 gram. Gula warna warni ini dijamin bikin tampilan kue anak jadi lebih meriah dan ceria. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 12.000.

Figure Boboiboy 1 set isi 6 pcs / Topper Kue Cake Boboiboy

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tambahkan hiasan berupa miniatur kartun favorit pada kue ulang tahun anak. Untuk anak lelaki, Anda bisa pilihkan karakter Boboiboy yang sedang populer. Ada Figure Boboiboy 1 set isi 6 pcs yang bisa jadi pilihan Anda. Setiap karakter memiliki tinggi 13 cm. Produk ini terbuat dari bahan karet semi plastik. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 149.900.

Princess Chibi Figure Set 8 Mainan Pajangan Miniatur Cake Topper FG365

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk anak perempuan, tentu saja kuenya harus cantik. Anda bisa hias kue si kecil dengan figur miniatur princess Disney. Ada Princess Chibi Figure Set 8 Mainan Pajangan Miniatur Cake Topper FG365 yang bisa Anda gunakan pada kue anak.

Hiasan yang satu ini dalam satu setnya berisi miniatur Princess Belle, Cinderella, Snow White, Jasmine, Tiana, Aurora, Rapunzel dan Ariel The Mermaid. Ukuran tiap karakter adalah 8 cm dan terbuat dari bahan PVC. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

Hiasan Kue / Topper Cake Unicorn Glitter

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi si kecil yang senang dengan karakter unicorn, jangan lewatkan untuk memberikan cake topper bentuk unicorn lucu pada kue tart-nya. Anda bisa lirik Topper Cake Unicorn Glitter untuk hiasan. Produk yang satu ini bisa menyempurnakan pesta ulang tahun si kecil.

Terbuat dari kertas tebal, cake topper ini mudah diaplikasikan. Dalam 1 paket berisi tanduk unicorn glitter, kertas tulisan Happy Birthday, telinga kertas glitter, dua mata kertas, tiang penyangga tulisan, dan bunga kertas. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 23.000.

Cake Topper Happy Birthday / Tusukan Kue Happy Birthday Acrylic

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kue ulang tahun kurang meriah tanpa adanya hiasan tulisan Happy Birthday. Anda bisa sematkan Cake Topper Happy Birthday / Tusukan Kue Happy Birthday Acrylic pada kue si kecil. Produk ini terbuat dari bahan akrilik yang tahan lama. Bisa digunakan lebih dari satu kali. Hiasan ini memiliki ukuran 13 x 12,5 cm. Ada 4 pilihan warna yang tersedia. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 10.000.

Frozen Strawberry

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi Anda yang ingin menghias kue ulang tahun si kecil dengan buah, bisa pilih buah stroberi segar sebagai hiasan. Ada Frozen Strawberry yang bisa Anda pilih untuk hiasan. Produk ini berkualitas premium. Dikemas dalam ukuran 1 kg, produk ini rasanya manis dan segar. Selain stroberi, Anda bisa juga memesan blackberry atau blueberry. Sesuaikan saja dengan selera. Untuk 1 kg harganya adalah Rp 39.900 di Tokopedia.

Buah Ceri Merah Maraschino Tangkai Cherry Hiasan Kue 40 pcs 500g

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ceri Merah Maraschino adalah hiasan yang tepat untuk kue ulang tahun anak. Buah ini cocok untuk aneka jenis kue. Dalam satu paket kurang lebih 500 gram. Ceri ini merupakan produk impor berkualitas tinggi dengan sertifikasi Halal dari American Halal Foundation. Dalam satu paket berisi kurang lebih 40 buah. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 52.000.

From our editorial team

Membuat Sendiri Kue Ulang Tahun Anak akan Lebih Berkesan

Daripada membuang uang untuk membeli kue ulang tahun yang mahal, Anda bisa berhemat dengan membuatnya sendiri. Porsinya bisa Anda sesuaikan dengan banyaknya teman anak yang diundang sehingga kuenya tidak akan tersisa banyak dan mubazir.

Selain bisa menyesuaikan ukuran, membuat kue sendiri membuat Anda leluasa menghias sesuai kesukaan anak. Pesta ulang tahun anak akan lebih berkesan karena Anda telah bekerja keras membuat sendiri kuenya. Untuk aneka hiasan kue, Anda bisa cek di atas ya!