Merawat Miss V dengan 10 Sabun yang Mengandung pH Asam

Merawat Miss V dengan 10 Sabun yang Mengandung pH Asam

Merawat vagina dengan baik memerlukan ketelitian agar terhindar dari banyak penyakit. Sabun yang memiliki pH asam yang pas menjadi salah satu solusi untuk menjaga vagina Anda tetap sehat. Untuk itu, simak ulasan dan rekomendasi BP-Guide berikut ini terkait sabun dan kesehatan miss V wanita.

Mengenal Apa Itu pH Asam

Kaum wanita pasti tidak asing dengan istilah pH. Meski sering disebutkan dalam produk perawatan kulit yang dipakai, ternyata tidak semua orang paham apa itu pH lho. Apakah kamu juga? Apa sih sebenarnya pH asam itu?

pH adalah satuan untuk mengukur tingkat keasaman sebuah cairan. Semakin rendah kandungan pH-nya maka semakin asam cairan tersebut. Dan sebaliknya semakin tinggi angka pH, berarti cairan tersebut semakin basa. Contoh cairan asam-asam adalah air cuka dan air jeruk, sementara cairan asam-basa adalah air sabun.

Kenapa Kadar pH Asam di Kewanitaan Sangat Penting?

Pada organ kewanitaan, kadar pH harurs berada antara 3,8 sampai 4,5. Itu berarti vagina harus berada dalam kondiri asam. Hal ini sangat penting untuk mencegah berbagai macam bakteri tumbuh di organ tersebut. Bakteri mudah berkembang biak pada kondisi yang basa, sehingga kemungkinan infeksi pada vagina menjadi lebih besar. Bakteri baik seperti Lactobacillus dan Corynebacterium yang melindungi vagina hanya bisa bertahan hidup pada kondisi pH yang rendah.

Sabun yang Mengandung pH Asam Ialah Salah Satu Solusi Menjaga Kewanitaan yang Sehat

Seperti disebutkan di atas, kondisi vagina harus tetap asam agar bakteri baik dapat terus hidup. Oleh sebab itu membersihkan vagina dengan sabun mandi sangat dilarang karena bersifat basa. Untuk membersihkan area kewanitaan, gunakan sabun khusus dengan kadar pH yang rendah. Sabun khusus kewanitaan biasanya mengandung asam laktat untuk membentu mempertahankan keseimbangan ladar pH di vagina.

10 Rekomendasi Sabun yang Mengandung pH Asam untuk Perawatan Organ Intim Wanita

Pureglow Natural Feminine Wash

Sumber gambar tokopedia.com

Pureglow Natural Feminine Wash dijual di Tokopedia dengan harga Rp 35.000. Sabun kewanitaan yang membantu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dan membuatnya tetap harum. Khasiat lain dari sabun ini adalah mencegah gatal-gatal, mengurangi keputihan, dan mengeringkan vagina setelah melahirkan. Terbuat dari bahan alami yaitu buah pinang dan sabun sirih.

Sebamed Feminine Intimate Wash Sensitive pH 3.8

Sumber gambar blibli.com

Sebamed Feminine Intimate Wash Sensitive ph 3.8 adalah sabun khusus orang intim wanita yang mengandung bahan alami lidah buaya dan bisabolol botani, berfungsi untuk menjaga kebersihan vagina, mencegah tumbuhnya bakteri, serta melembutkan kulit. Sabun ini aman digunakan sehari-hari. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 185.000 atau di Shopee dengan harga Rp 130.000.

Sumber Ayu Pembersih Kewanitaan Daun Sirih pH 3.5

Sumber gambar tokopedia.com

Sabun dengan kandungan alami ekstrak daun sirih, berfungsi sebagai anti bakteri untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan. Sabun ini sekaligus mencerahkan kulit pada organ kewanitaan dengan kandungan triple whitening extracts dan kaprat gliserida untuk melembapkan kulit. Sumber ini bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 8.600 saja.

Sebamed Feminine Intimate Wash Menopause pH 6,8

Sumber gambar blibli.com

Diklaim mampu membersihkan vagina 3 kali lipat lebih efektif dari sabun biasa, sabun ini menjaga keseimbangan pH pada wanita yang memasuki fase menopause. Perubahan hormon membuat daerah vagina menjadi kering dan sensitif. Berkhasiat untuk mengurangi bau tidak sedap dan mencegah terjadinya iritasi. Sebamed Feminine Intimate Wash Menopause ph 6,8 dijual di Blibli dengan harga Rp 127.800 dan di Tokopedia dengan harga Rp 145.000.

Corine de Farme Body & Intimate Care Protecting

Sumber gambar blibli.com

Sabun Corine de Farme Body & Intimate Care Protecting terbuat dari 95% bahan alami yang aman untuk organ intim. Tekstur sabun sangat lembut serta mampu membersihkan dan mengurangi bau tidak sedap secara efektif. Formula protecting gel sangat aman untuk kulit sensitif dan memberikan kenyamanan pada kulit. Ekstrak bunga melati memberikan aroma yang lembut dan menenangkan. Dapatkan sabun ini dengan harga Rp 90.000 di Tokopedia atau di Blibli dengan harga Rp 108.000.

Lactacyd Feminine Hygiene pH 3-4

Sumber gambar tokopedia.com

Lactacyd Feminine Hygiene ph 3-4 aman digunakan sehari-hari serta membantu mengurangi bau tidak sedap dan menekan pertumbuhan bakteri di area intim tersebut. pH alami tetap terjaga dan area intim tetap bersih dan sehat. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 23.500 dan di Shopee dengan harga Rp 30.500.

S C I O N Feminine Wash

Sumber gambar nuskin.com

S C I O N Feminine Wash diformulasikan secara khusus untuk melindungi organ intim dari bakteri, membersihkan, sekaligus menyegarkan. Dengan tekstur yang lembut, aman untuk digunakan sehari-hari. Aromanya sangat lembut dan ringan. Sabun ini dijual di Nuskin dengan harga Rp 86.000 atau di Caca dengan harga Rp 90.000 untuk kemasan 125 ml.

The Body Culture Feminine Wash

Sumber gambar tokopedia.com

The Body Culture Feminine Wash dijual di Tokopedia denga harga Rp 40.000, di Bukalapak dengan harga Rp 85.000, atau di Lazada dengan harga Rp 65.000. Sabun ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH vagina, membersihkan, melindungi dari bakteri, serta membuatnya lebih harum. Aman untuk digunakan sehari-hari karena sudah terdaftar secara resmi di BPOM. Sabun ini juga bisa melindungi kamu dari bahaya kanker serviks.

BETADINE™ Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel

Sumber gambar tokopedia.com

BETADINE™ Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel dijual di Tokopedia dengan harga Rp 44.000 dan di Shopee dengan harga Rp 44.500 untuk kemasan 400 ml. Berfungsi untuk mengurangi bau tidak sedap dan menjaga keseimbangan pH vagina serta membuatnya tetap kesat. Mengandung formula khusus prebiotik dan hipoalergenik untuk menjaga kesehatan organ intim. Produk ini telah teruji secara ginekologis.

Good Virtues Co Lightening Feminine Hygiene Wash

Sumber gambar blibli.com

Good Virtues Co Lightening Feminine Hygiene Wash dijual dengan harga Rp 60.000 di Tokopedia dan Rp 96.000 di Blibli. Dengan kandungan alami minyak habatus sauda untuk merawat kesehatan organ intim, menjaga keseimbangan pH alaminya, serta meremajakan dan mencerahkan kulit. Produk ini aman untuk digunakan sehari-hari serta sebagian besar kandungannya berasal dari bahan-bahan yang alami.

Tips Menjaga Kewanitaan agar Tetap Sehat

Jagalah Kebersihannya Baik-baik

Agar vagina tetap sehat, rajinlah menjaga kebersihannya. Membilas vagina dengan air hangat membantu membunuh bakteri jahat yang berkembang biak. Saat sedang menstruasi, bersihkan vagina dengan air hangat sebanyak 2 kali sehari untuk menekan bakteri di sana. Selain itu, menggunakan sabun asam khusus kewanitaan juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina.

Rutin Periksa ke Ginekolog untuk Tindakan Preventif

Memeriksakan vagina tentu tidak perlu menunggu penyakit datang. Secara rutin, periksakan kesehatan vagina ke ginekolog terutama jika kamu sudah menikah. Pemeriksaan pap smear atau deteksi awal kanker leher rahim juga sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit berkembang biak di vagina.

Utamakan Celana Dalam Katun

Pemilihan celana dalam yang tepat turut berpengaruh pada kesehatan organ intim wanita. Pakailah celana dalam yang terbuat dari bahan katun. Katun sangat baik dalam menyerap keringat dan mencegah kondisi vagina menjadi lembap sehingga kulit dapat bernapas dengan baik. Tidak hanya itu, bahan katun tidak ketat dan terasa nyaman di kulit.

From our editorial team

Kesehatan Organ Kewanitaan Itu Wajib Dijaga

Kesehatan organ kewanitaan, memang menjadi satu hal yang wajib dijaga oleh kaum wanita. Tidak hanya itu, menjaga kesehatan berarti menjaga kebersihan, memilah celana dalam yang digunakan, dan tentunya memilih sabun terbaik untuk kesehatannya. OIeh sebab itu, tips dan rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya bisa Anda gunakan untuk menjadikan vagina Anda tetap sehat.