8 Pilihan Aksesoris Wanita India Yang Oke di 2018

8 Pilihan Aksesoris Wanita India Yang Oke di 2018

Pakaian tradisional khas wanita India selalu menampilkan berbagai aksesoris menarik. Terutama di bagian kepala hingga lengan kerap dihiasi aksesoris yang sangat khas India. Mau tahu apa saja aksesoris wanita India yang tengah digandrungi masyarakat saat ini?

Budaya India Sekarang Menjadi Tren di Masyarakat

Globalisasi menjadikan dunia tak berbatas. Ibaratnya, jarum jatuh di Barcelona bisa terdengar hingga Korea. Satu dampak yang tak bisa dihalangi dari globalisasi adalah masuknya budaya dari negara lain ke Indonesia. Coba amati siaran televisi. Setiap hari pasti drama-drama India merajai salah satu stasiun televisi kita, ANTV.

Drama seperti Anandhi dan Geet bisa kamu temui di siang hari. Malam harinya, ANTV kerap menghadirkan variety show dan sinetron yang menampilkan aktor dan aktris India di dalamnya. Sekarang, Indosiar ikut tertular menyajikan sinetron India. Bahkan sering kali artis India datang ke Indonesia untuk berjumpa dengan para penggemar.

Rating sinetron India yang cukup tinggi menunjukkan betapa penonton Indonesia menerima budaya India dengan baik. Ini karena, budaya India dan Indonesia memiliki kemiripan. Jika dulu Indonesia dilanda “demam Korea”, kini masanya "demam India" yang menghinggapi penonton Indonesia.

Tips Memilih Aksesoris Wanita India yang Cocok

Budaya bisa ditilik dari rutinitas, ritual, makanan, perayaan, bahkan pakaian dan aksesoris. Hal ini bisa dilihat pada budaya India. Apa yang paling khas dari drama India? Yap, pakaian dan perhiasannya. Kalau kamu pernah menonton Anandhi, pasti tahu seluruh pemeran wanita mengenakan baju sari dan perhiasan hampir setiap hari! Bahkan meski di rumah, sebagian besar tak pernah absen memakai aksesoris.

Tidak perlu heran, karena Ini hal yang wajar di India. Ada yang mengenakan aksesoris tersebut agar terlihat mempesona. Tapi, ada juga yang memakai perhiasan emas karena diyakini bisa memberi kebahagiaan bagi yang memakainya. Hal ini tak lepas dari kepercayaan mereka terhadap dewa-dewa agama Hindu.

Kamu termasuk yang tergoda ingin memakai aksesoris ala India? Tak masalah. Aksesoris tersebut bisa disesuaikan dengan dandananmu. Misalnya aksesoris di kepala atau headpiece bisa dijadikan pemanis jilbab. Pakailah aksesoris ini ketika kamu datang ke acara pesta seperti pernikahan. Jika kamu tertarik memakainya sebagai aksesoris harian pun bisa, asal pakai yang model headband agar tidak seheboh headpiece.

Menjamurnya drama India menjadi ide bagi beberapa pengusaha untuk menjual aksesoris khas India. Sehingga, kamu mudah menemukannya di Indonesia. Sebelum membeli, pastikan kamu membaca tips-tips memilih aksesoris wanita India berikut ini, ya!

Sesuaikan dengan Baju yang Digunakan

Bakal terlihat aneh dan lucu kalau baju yang kamu punya tidak sesuai dengan aksesoris yang dibeli. Nah, agar klop dengan aksesoris khas India, kamu bisa memakai kain sari yaitu baju tradisional India yang dipakai oleh wanita. Sekadar info, kain sari dipakai dengan cara dililitkan ke tubuh sedemikian rupa sehingga menjadi baju. Sari dikenakan oleh semua kalangan. Kamu akan mudah menemui perempuan memakai sari di jalanan India.

Agar makin cantik, penampilan mereka dilengkapi dengan gelang-gelang yang suara gemerincingnya jadi bikin seksi. Sari memang akan membuat aksesoris India yang kamu pakai makin tampak sempurna.

Tapi, kalaupun tidak memakai sari, tak masalah. Aksesoris India akan tetap busa mendukung pesonamu walau memakai dress atau hijab simpel. Tinggal sesuaikan saja dengan aktivitasmu. Kalau kamu bekerja, maka pakai aksesoris minimalis agar tak mencolok dan mengganggu pekerjaanmu. Tapi, kalau kamu pergi ke pesta atau acara santai, pilih aksesoris yang lebih terlihat, tapi tidak terlalu ramai.

Pilih Bahan Berkualitas

Bicara tentang aksesoris India, ada bermacam-macam bahan dasar yang digunakan. Tapi, masyarakat India paling banyak memakai bahan dari emas. Karena mereka percaya bahwa emas akan membawa nasib baik atau keberuntungan.

Memakai aksesoris berwarna perak artinya kekuatan, sedangkan warna hitam adalah kekuasaan. Perhiasan warna putih sebagai cermin dari hari baru atau babak baru. Warna kuning menyimbolkan kebahagiaan, ungu berarti kemerdekaan atau kemandirian, merah adalah energi, biru mencerminkan kebijaksanaan, sedangkan hijau bermakna keberuntungan.

Apa pun warnanya, harus diingat bahwa kualitas terbaik akan memberikan kepuasan maksimal. Desain dan warna yang menarik akan kalah jika bahannya tak bemutu. Apalagi jika aksesoris menempel langsung pada kulit. Waduh, bisa iritasi kulit kamu. Maka, pastikan bahan aksesorismu aman dan nyaman.

Akan Jauh Lebih Baik Kalau Produk Impor India

Tentu lebih meyakinkan kalau beli aksesoris asli dari India. Ibaratnya, fresh from the oven. Kenapa? Karena kualitas dan modelnya bakal otentik dari langsung dari produsen yang mengerti teknik dan kualitas bahan yang digunakan. Sehingga kekhasannya terjaga.

Gelang India, misalnya. Di negara aslinya, gelang punya beragam jenis. Dengan dihiasi batu-batu permata gemerlap dan besi-besi terukir indah. Ada yang terbuat dari logam, perak, emas, atau berlian.

Artis Cantik India dengan Aksesoris Wanita India

Perempuan India adalah pecinta aksesoris. Bagi mereka, aksesoris dapat mewakili sisi kewanitaan. Kecantikan mereka pun bakal terpancar berkat aksesoris yang dipakai. Tak terkecuali bagi aktris cantik India. Mereka pun memakai aneka aksesoris pada tubuhnya. Aksesoris berupa gelang, anting, dan hiasan kepala menjadikan mereka makin menawan.

Kamu mau bisa secantik mereka? Gampang, intip saja gaya aksesoris mereka dan aplikasikan pada gayamu sendiri. Seperti apa gaya aksesoris aktris-aktris cantik India? Yuk, simak daftar berikut ini!

Aishwarya Rai

Sumber gambar www.pinterest.com

Bagi penggemar sejati film-film Bollywood, nama Aishwarya Rai harusnya tak asing lagi. Aishwarya Rai ditahbiskan sebagai wanita tercantik di India. Wanita kelahiran Mangalore, 1 November 1973 ini mulai dikenal sejak menjadi Runner-Up Miss India 1994. Nasib membawanya hingga menang di kontes Miss World 1994. Bahkan, Miss World Association menyebut Aish sebagai wanita tercantik di dunia, lho! Kariernya sebagai aktris juga melejit lewat penghargaan-penghargaan sebagai best actress.

Layaklah kiranya kamu meniru gaya Aish saat menikah. Kala itu, Aish memakai aksesoris keemasan. Ia menggelung rambut dan menyelipkan hiasan kepala. Kerudungnya pun berwarna emas. Pantaslah dia menjadi ratu sejagat.

Kareena Kapoor

Sumber gambar alchetron.com

Bintang satu ini sinarnya tak kunjung padam meski ia telah menikah dan baru saja dikaruniai anak. Kareena sungguh seksi dan cantik. Isteri Saif Ali Khan ini selalu punya gaya menawan saat tertangkap kamera.

Tak jarang ia tampak dibalut kain sari khas India, dengan corak bunga berwarna pink yang serasi dengan molek tubuhnya. Tangannya membawa tas cokelat besar. Untuk rambut, Kareena mengepangnya di bagian kanan, sisanya ia gerai di bagian kiri. Sebagai aksesoris pelengkap, Kareena mengenakan anting panjang nanti cantik serta cincin warna putih.

Busana pernikahannya dulu tak kalah mempesona. Aktris cantik yang akrab disapa Bebo ini memakai dua baju. Salah satunya dirancang oleh Manish Malhotra, desainer baju favoritnya. Tampilan yang tak kalah cantik adalah gaya Kareen dalam film 3 Idiots saat mengenakan berat Anarkali warna cokelat oranye. Sebuah gaun berhiaskan emas mutiara yang membuatnya makin memukau.

Kajol

Sumber gambar starsunfolded.com

Generasi mana yang tidak kenal Kuch Kuch Hota Hai? Fillm legendaris Bollywood ini diperankan oleh bintang-bintang legendaris pula. Salah satunya Kajol Devgan. Salah satu aktris terbaik India ini selalu tampil dalam riasan make up sederhana tapi tegas. Busananya pun simpel, tapi tidak memudarkan pesonanya.

Di hari pernikahannya dengan Ajay Devgan, Kajol tampak cantik memakai baju sari warna hijau berbenang emas. Hiasan emasnya pun sempurna. Kajol memang sering memakai sari. Pakaian tradisional ini juga ia pakai dalam beberapa acara. Misalnya sari warna pastel berhiaskan bunga yang dipakai di acara semiformal.

Shafaq Naaz

Sumber gambar id.widih.co

Nama Shafaq Naaz mulai terdengar sejak membintangi serial Rajan Sahi Bidaai. Dia juga tampil di Madventures, reality show di Pakistan. Shafaq juga dikenal sebagai penari asuhan Saroj Khan, seorang koreografer kenamaan. Aktris cantik ini sering kedapatan memakai sari dengan aksesoris pemanis yang menawan.

Ada Banyak Aksesoris Khas India, Namun Inilah yang Paling Terkenal

Setelah drama-dramanya meraih tempat di hati penonton Indonesia, yang diperhatikan bukan lagi hanya aktris dan alur ceritanya, tapi juga penampilan para pemerannya. Coba pejamkan mata dan ingat-ingat drama India yang pernah kamu tonton. Pasti kamu akan ingat, karakter perempuannya selalu dibalut berbagai hiasan. Di tangan, kepala, pergelangan kaki, hingga leher.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, “Kenapa ya, di rumah kok perhiasannya ramai sekali?" Walau hanya di rumah, perempuan India memang memakai banyak hiasan. Pasalnya, tujuan wanita-wanita India dalam berhias bukan karena ingin dandan semata. Mereka mengenakan banyak aksesoris karena merupakan ciri khas budaya yang harus dilestarikan. Sehingga, wanita India memang terlihat selalu berhias dengan cantik dalam keseharian mereka.

Lalu, apa saja aksesoris wanita khas India yang banyak diminati wanita di 2017 ini? Cek daftar berikut ini.

Bangles

Sumber gambar indian-bangles.com

Pernah dengar bangles? Aksesoris ini serupa gelang, tapi sedikit beda. Normalnya, kamu hanya memakai beberapa gelang di tangan. Tapi, wanita India memakai hingga 12 bangles atau gelang dalam satu tangan.

Bangles ada yang terbuat dari emas, kaca, plastik, perak, bahkan kayu. Bahan-bahan tersebut diukir cantik dan berhiaskan permata. Aksesoris ini paling wajib dipakai wanita India ketika menghadiri upacara adat atau tradisional, termasuk pernikahan. Selain itu, bangles juga dijadikan hantaran pernikahan pada adat pernikahan Hindu.

Mau coba pakai bangles? Bukalapak punya dua pilihan untukmu:

  • Satu set bangles seharga Rp 270.000 dengan berat 500 gram. Bersiaplah jadi pusat perhatian berkat suara gemerincing yang indah dari tanganmu, karena bangles ini terbuat dari material metal. Ukurannya M/2.6.
  • Satu set bangles seharga Rp 275.000 per 500 gram. Warna-warni indahnya bakal menyulapmu jadi Ratu. Tersedia dalam ukuran S, M, L, dan XL.

Nose ring

Sumber gambar www.pinterest.com

Selain gelang, tindik hidung juga khas India. Tua muda semua pakai. Aksesoris ini berbentuk cincin yang menghiasi hidung. Wanita India yang tinggal di India selatan biasanya memakai nose ring di sebelah kanan, sedangkan yang tinggal di India utara memakai di hidung kiri. Ada juga yang memakai pada kedua lubang hidung.

Wanita India memakai tindik hidung pada acara perayaan atau pernikahan. Ukurannya dari mulai kecil hingga besar, tergantung acara yang diikuti. Wanita India juga biasa memakai aksesoris anting atau berlian mini pada hidungnya.

Pemakaian tindik hidung ini lahir dari beragam persepsi. Nose ring termasuk aksesoris wanita India tradisional. Pada era Ayuwvedic dari Sushruta Samhita, cincin hidung ini dipakai oleh wanita demi meminimalkan rasa sakit ketika datang bulan dan melancarkan proses melahirkan. Meski sudah ada sejak dulu, nose ring tetap dipakai sampai era modern. Malahan kini sudah menjadi sentuhan etnik bagi busana modis era sekarang.

Mau coba pakai? Harganya masih terjangkau. Anting jepit untuk hidung (Nose Ring) dengan berat 10 gram dijual seharga Rp 50.000 di Bukalapak. Nose ring ini tidak dijual dengan tindik hidung. Cincin hidung yang terbuat dari bahan logam campuran ini tersedia dalam warna emas, perak, dan perunggu.

Bindi

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Ingatkah kamu adegan di drama India saat seorang ibu memakaikan sesuatu berwarna merah di dahi anaknya? Sesuatu itu bernama bindi. Sebuah hiasan kecil yang dipasang di dahi. Ada dua macam hiasan serupa ini di India, yaitu sindoor dan bindi.

Keduanya serupa, namun lain tempat dan sedikit berbeda warna. Sindoor merupakan hiasan warna marun atau merah, ditempelkan di belahan rambut. Mirip dengan sindoor, bindi berwarna oranye atau merah, namun diletakkan pas di dahi atau di antara kedua alis wanita. Wanita yang sudah bersuami menjadikan bindi sebagai tanda kesetiaan dan kecintaan terhadap sang suami. Sehingga, tidak semua wanita mengenakan bindi.

Tapi zaman mengubah prinsip tadi. Kini, kesetiaan wanita tidak hanya dilihat dari sindoor atau bindi, tapi juga perilakunya pada suami. Bindi digunakan untuk beberapa tujuan, antara lain simbol religiusitas Hindu atau status pernikahan. Ada juga wanita yang memakai bindi sebagai aksesoris pelengkap penampilan.

Apakah hanya wanita yang pakai? Tidak juga. Ada yang berpendapat bahwa bindi dipakai di dahi karena cakra keenam atau tanda kepintaran juga ada di dahi. Mengenakan bindi di dahi juga dipercaya sebagai upaya memperbagus dandanan dan menjauhkan diri dari setan atau nasib jelek. Karenanya, pria juga bisa memakai bindi. Wanita yang masih lajang pun boleh memakainya.

Tahukah kamu? Dulu sekali, bahan yang dipakai sebagai bindi adalah darah. Lalu, diganti menjadi bahan tanaman. Sekarang, bindi bahkan dikreasikan dalam bentuk stiker sehingga lebih mudah dipakai. Bindi versi kekinian makin banyak muncul dan membuat penampilan wanita India makin cantik.

Beberapa jenis bindi yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

  • Bindi (Hiasan Dahi Wanita India) seharga Rp 40.000. Aksesoris seberat 100 gram ini bisa dipakai menjadi anting di hidung atau hiasan mata.
  • Bindi (Hiasan Dahi Khas Wanita India) seberat 10 gram, tersedia dalam berbagai model. Direkomendasikan kamu pakai untuk acara spesial, dan bisa dipakai berulang kali. Bindi ini dijual seharga Rp 20.000.

Sindoor

Sumber gambar www.mediatulis.com

Seperti sudah dibahas sebelumnya, sindoor atau tanda merah di dahi ini melambangkan kekuatan wanita serta status pernikahannya. Saat menikah, sang wanita memakaikan sindoor pada dahi suaminya. Sedangkan pada wanita, tanda ini diletakkan pada belahan rambut.

Setelah memakai sindoor, mereka dianggap telah saling mengikatkan diri dalam pernikahan. Inilah tekad setia wanita selama hidupnya kepada sang suami. Bagaimana jika mereka berpisah karena satu atau lain hal? Ini berarti wanita itu tidak boleh memakai sindoor lagi. Sindoor pada kepalanya harus dihapus oleh ibu mertua atau kakak ipar laki-laki.

Sekadar info, di era sekarang wanita lajang juga bisa memakai sindoor. Termasuk kamu!

Tertarik pakai? Aksesoris wanita India ini bisa kamu dapatkan di Bukalapak, di antaranya:

  • Sindoor seberat 50 gram asli impor dari India. Dijual Rp 70.000.
  • Sindoor seharga Rp 55.000 dengan berat 50 gram. Kamu bisa memilih beli sindoor versi bubuk, pensil, atau cair. Ada warna merah dan marun.

Dupatta

Sumber gambar www.snapdeal.com

Kamu yang pernah nonton film India pasti sudah pernah lihat Dupatta. Hanya mungkin tak tahu namanya, tapi tahu bentuknya saja. Dupatta merupakan sejenis selendang bermotif yang berfungsi untuk menutupi dada atau kepala wanita yang dipakai untuk beragam aktivitas. Biasa dikenakan oleh perempuan yang sudah beranjak dewasa. Biasanya, wanita Muslim India menggunakan dupatta sebagai penutup kepala. Aksesoris wanita India satu ini beratnya ringan dan berukuran panjang.

Dupatta sering dipakai bersama Salwar, bentuknya mirip celana longgar. Salwar dan dupatta dikenal sebagai sepasang aksesoris pelengkap pakaian dengan motif serupa. Salwar dan Dupatta juga kerap dijadikan seragam sekolah bagi anak perempuan.

Berikut beberapa pilihan Dupatta yang kami rekomendasikan:

  • Kerudung Pengantin Heavy Bridal Dupatta Red List Green
  • Diimpor langsung dari India. Kerudung ini dijual seharga Rp 888.000 di Bukalapak.
  • Kerudung Pengantin Heavy Bridal Dupatta Red Bintik
  • Dupatta seberat 200 gram ini juga diimpor langsung dari India. Dijual di BukaLapak seharga Rp 1.350.000.

Matha Patti

India punya banyak aksesoris wanita untuk bagian kepala. Salah satunya adalah Matha Patti. Dengan memakai Matha Patti, bagian perbatasan antara kening dan rambutmu bakal tertutup. Kamu pasti bakal makin cantik memakai Matha Patti, karena motif dan bentuknya begitu memukau. Hijaber juga bisa pakai ini, lho. Rasakan kesan mewah saat memakainya!

Ini dia rekomendasi Matha Patti untukmu:

  • Matha Patti (hiasan kepala India) dengan 3 tingkat batu hias. Terdiri dari batu hias merah berukuran besar yang dikelilingi batu hias putih. Aksesoris wanita India ini dijual seharga Rp 220.000 di Bukalapak.
  • Matha Patti asli India, tersedia dalam 2 motif cantik. Kamu bisa pilih yang 2 atau 5 tingkat, tapi harganya berbeda. Seperti aksesoris sebelumnya, Matha Patti ini terdiri dari batu hias warna putih ukuran besar di bagian tengah. Untuk 2 tingkat dijual seharga Rp 210.000, sedangkan 5 tingkat seharga Rp 275.000. Dijual di Tokopedia.

Maang Tikka

Sumber gambar www.creative-museum.com

Selain Matha Patti, ada lagi aksesoris wanita India bernama Maang Tikka. Bagian rantainya menjuntai di tengah belahan rambut, lalu turun hingga ke pusat dahi, bagian ujung Maang Tikka di dahi terlihat seperti permata kalung nan menawan. Biasanya tergantung di pusat kening. Di bawahnya, ada titik bindi ala wanita Hindu. Karena desainnya yang cantik dan menarik hati, para wanita di dunia banyak yang terpikat untuk memakainya.

Maang Tikka dipakai dengan menjepitkannya ke tengah rambut. Wanita suka memakainya sebagai hiasan saat hadir dalam pesta atau perayaan keagamaan. Biasanya, Maang Tikka dibuat dari kombinasi emas, perak, mutiara, rubi, atau kristal swarovski.

Ini rekomendasi Maang Tikka yang bisa kamu coba:

  • Maang Tikka Zircons berwarna putih dengan ukuran 7 sampai 10 cm. Hiasan ini bisa kamu dapatkan di indiaaksesoris.com seharga Rp 65.000.
  • Maang Tikka dengan model bulat bermahkota. Hiasan dahi warna kuning ini dijual di pernakpernikindia.com seharga Rp 60.000.

Jhumar

Sumber gambar indian-bangles.com

Aksesoris wanita India terakhir ini bernama Jhumar. Sebuah hiasan kepala dengan bentuk menyerupai layang-layang. Aksesoris ini biasa diletakkan di sisi kiri rambut wanita. Jhumar dipakai oleh wanita muslimah India, biasanya untuk acara tertentu kecuali upacara kematian. Wanita India bisa memakainya walau dengan rambut tersanggul atau terurai.


  • Jhumar 3 bandul berwarna hijau tua dan merah tua. Makin indah dengan kilau manik-manik di bagian ujung Jhumar. Aksesoris berukuran 15 cm ini diual di Tokopedia seharga Rp 175.000.
  • Jhumar dengan panjang 10 cm. Terdiri dari batu hias dengan perpaduan warna putih dan emas. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia seharga Rp 185.000.

Itu dia pilihan aksesoris wanita India khusus untukmu. Lengkap bukan? Sekarang kamu siap tampil menawan dengan aksesoris khas wanita India. Jadikan semua perhatian tertuju padamu!

From our editorial team

Berhiaslah Tanpa Berlebihan

Sudah kodrat seorang wanita yang berhias diri. Seperti para wanita India yang ingin tampil cantik dalam segala aktivitasnya. Namun pastikan hiasan yang kamu pakai tidak berlebihan. Sesuaikan dengan pakaian, kondisi, dan acara yang didatangi. Kadang kala sebuah hiasan yang simpel malah lebih terlihat cantik dibanding yang berlebihan.