Liburan ini Kamu Bisa Snorkeling di 8 Spot Snorkeling Bali, Cek juga 5 Peralatan Snorkelingnya untuk Kamu (2020)

Liburan ini Kamu Bisa Snorkeling di 8 Spot Snorkeling Bali, Cek juga 5 Peralatan Snorkelingnya untuk Kamu (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Snorkeling memang sangat menyenangkan. Aktivitas ini akan lebih seru jika kamu melakukannya bersama saudara dan teman. Kamu bisa pilih Bali sebagai tujuan snorkeling-mu! Cek lokasinya yuk!

Snorkeling, Aktivitas Menyenangkan Penuh Manfaat Kesehatan

Sumber gambar www.getyourguide.com

Musim panas telah tiba dan ini saatnya kita menikmati hari-hari tanpa hujan seharian. Di musim panas, banyak orang gemar melakukan hobi yang berhubungan dengan olahraga air guna mengurangi cuaca yang terlalu panas. Aneka olahraga air seperti berenang, diving, hingga snorkeling jadi pilihan populer di musim panas.

Salah satu olahraga air paling populer adalah snorkeling. Aktivitas yang satu ini membuat kita merasa lebih segar dan juga membuat kita bisa melihat keindahan ekosistem bawah laut. Bukan hanya mereka yang bisa berenang yang menikmatinya, namun kamu yang tidak bisa berenang pun bisa tetap snorkeling dengan bantuan life jacket.

Snorkeling selain menyenangkan ternyata juga memiliki sederet manfaat kesehatan loh. Salah satunya adalah untuk menurunkan risiko diabetes. Setiap kamu snorkeling selama 60 menit, maka ada 600 kalori yang telah terbakar akibat kegiatan tersebut. Ini membuat berat badan jadi turun dan risiko terjangkit diabetes pun menurun.

Dengan snorkeling maka otot dan tulang juga ikut menguat. Kebugaran tubuh meningkat karena karena tenaga yang kita keluarkan untuk mendorong beban tubuh jauh lebih berat saat di air dibandingkan udara. Masalah pernapasan pun bisa teratasi dengan baik. Baik tidur mendengkur, asma, hingga mudah lelah bisa berkurang dengan snorkeling dengan teratur.

Aktifitas air berupa snorkeling juga bisa menjaga kinerja jantung dan bisa menurunkan risiko kanker. Ini karena sinar matahari kaya akan vitamin D yang bisa menurunkan risiko kanker. Berkat snorkeling secara teratur maka tubuh bisa mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan urin.

Kamu Butuh Peralatan Berikut untuk Snorkeling:

Sumber gambar aquazealots.com

Snorkeling bisa dilakukan di laut dangkal. Meski demikian, kamu tetap butuh sederet peralatan yang lengkap untuk mendukung aktivitas snorkelingmu. Peralatannya sederhana namun tetap harus kamu gunakan demi menunjang kenyamanan selama snorkeling.

Pertama kamu akan butuh mask sebagai peralatan utama. Ini adalah alat yang bisa membantu kamu melihat keindahan bawah laut dengan nyaman. Alat ini akan menutup sebagian wajah, khususnya daerah sekitar mata dan juga hidung. Pastikan mask memiliki kantong udara di antara mata dan hidung penyelam terhadap air. Ini untuk mencegah air masuk ke mata dan hidung, serta mampu mencegah terjadinya iritasi.

Kedua, peralatan lain yang sangat kamu butuhkan adalah snorkel. Ini adalah alat untuk membantu kamu bernafas dalam air. Bentuknya mirip pipa dengan panjang 12 hingga 14 inci. Bahannya dari silikon dan tahan lama digunakan. Dengan snorkel, kamu bisa bernapas di permukaan air tanpa harus mengangkat kepala.

Kamu juga akan butuh kaki katak alias fins. Ini dibutuhkan agar laju kamu di dalam air lebih lancar. Produk ini bisa memudahkan kamu mengeksplorasi keindahan bawah laut. Dengan alat ini maka kaki kamu jadi lebih nyaman berada di bawah air.

Untuk kamu yang belum jago berenang, maka kamu bisa memakai life vest. Ini adalah rompi yang bisa membuat kamu mengapung di atas air meski kamu tidak bisa berenang. Dengan alat ini, kamu bisa bergerak tanpa mengeluarkan tenaga berlebih.

Supaya snorkeling bisa lebih nyaman, kamu wajib memakai baju renang ya. Berenang dan snorkeling memakai baju khusus akan bisa menambah daya gerakmu di dalam air. Selain itu juga bisa mengurangi dinginnya air laut di tubuhmu.

Rekomendasi Tempat Snorkeling yang Bagus di Bali

Nusa Penida

Sumber gambar www.viator.com

Tempat snorkeling pertama di Bali yang wajib kamu kunjungi adalah Nusa Penida. Ini merupakan bagian dari pulau Bali yang memiliki banyak spot keren untuk snorkeling. Ada dua spot paling terkenal yakni Crystal Bay dan Manta Point. Kamu bisa ke Manta Point dimana kamu menemukan ikan manta alias ikan pari saat menyelam. Atau bisa juga ke Crystal Bay jika ingin bertemu ikan mola-mola. Bahkan di Crystal Bay kamu bisa melihat hampir semua biota laut yang unik.

Yang paling unik dari spot snorkeling di Nusa Penida adalah adanya lingkungan bawah laut yang bersejarah. Di dalam laut kamu bisa menemukan area yang penuh dengan patung-patung Budha. Kamu bisa berfoto atau sekadar melewatinya untuk melihat keunikan tempat ini.

Blue Lagoon

Sumber gambar www.getyourguide.com

Selanjutnya, ada Blue Lagoon yang bisa jadi tujuan kamu untuk snorkeling di Bali. Nama lain dari Bloe Lagoon adalah Pantai Padang Bai. Lokasinya ada di Bali Timur dan kurang lebih 2 jam perjalanan dari pantai Kuta.

Blue Lagoon menjadi spot snorkeling yang paling pas untuk para pemula. Ini karena kondisi perairannya tenang dan pinggiran pantainya tidak terlalu dalam. Saat snorkeling di sini, kamu bisa menemukan ikan sapi-sapi, hiu karang, murray, dan morish idol. Untuk melakukan snorkeling di sini, rata-rata biayanya Rp 800.000 per orang. Dalam paket tersebut sudah termasuk transportasi, peraatan snorkeling, makan siang, guide, dan asuransi peserta.

Tanjung Benoa

Tempat ketiga untuk snorkeling di Bali adalah Tanjung Benoa. Di sini ada wahana permainan air yang super lengkap. Di area ini jua ada pulau penyu dimaka kamu bisa mengenal bermacam biota laut.

Kamu yang baru belajar snorkeling tidak perlu takut karena perairan di Tanjung Benoa termasuk dangkal. Untuk harga kisarannya bervariasi tergantung penyedia fasilitasnya. Namun rata-rata harganya terjangkau jika kamu memesan melalui Google dan memesan online. Umumnya harganya belum termasuk antar jemput hotel. Jadi telitilah saat mencari penyedia fasilitas snorkeling ya.

Pantai Lovina

Sumber gambar bali99tour.com

Kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Lovina jika ingin menikmati snorkeling di Bali. Panti ini lokasinya ada di daerah pantai utara Singaraja. Pantai yang satu ini sudah lama dikenal akan keindahan panoramanya. Selain itu, pantai ini juga dikenal akan pemandangan lumba-lumbanya yang kerap muncul saat pagi hari.

Ketika mencari fasilitas snorkeling di sini, kamu bisa menyewa perahu dan akan diantarkan oleh guide ke berbagai spot snorkeling yang ada di Pantai Lovina. Pada spot-spot snorkeling di Pantai Lovina, kamu bisa menikmati indahnya terumbu karang dan biota laut yang cantik dan menyegarkan mata.

Pulau Menjangan

Sumber gambar www.befreetour.com

Spot snorkeling berikutnya di Bali adalah di Pulau Menjangan. Lokasinya ada di Bali Barat dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Snorkeling di sini maka kamu bisa melihat terumbu karang yang dijaga dan dilindungi. Aneka biota laut yang indah pun akan membuat pikiran jadi lebih fresh.

Kamu yang masih pemula bisa memilih Pulau Menjangan sebagai spot snorkeling. Perairannya tenang dan arus lautnya juga tidak terlalu kuat. Ini membuat kamu jadi nyaman snorkeling tanpa was-was terbawa arus. Untuk kisaran harganya, biasanya Rp 800.000 per orang. Biaya sudah termasuk perahu menuju spot snorkeling, tiket masuk, dan peralatan snorkeling.

Tulamben

Sumber gambar bali99tour.com

Jangan lewatkan juga untuk snorkeling di Tulamben saat di Bali. Lokasinya ada di derah Karangasem Bali. Pantai Tulamben terkenal akan keindahan panoramanya. Selain itu, keindahan bawah lautnya juga sangat memukau. Yang unik adalah, pantai ini menjadi lokasi ditemukannya bangkai kapal Usat Liberty yang karam sejak tahun 1942.


Untuk snorkeling di sini, kisaran biayanya adalah Rp 500.000 per orang. Biaya tersebut untuk 1 kali latihan menyelam di dalam kolam, dilanjutkan menyelam di Coral Garden Tulamben. Selanjutnya, kamu bisa menyelam di lokasi bangkai kapal USAT Liberty. Biaya tersebut juga akan termasuk sertifikat, peralatan menyelam, tbaung udara, pemberat, dan lainnya.

Pantai Amed

Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Amed untuk menikmati snorkeling. Lokasinya ada di Bali Timur yakni di kabupaten karangasem. Pantai yang satu ini dikenal memiliki pemandangan terumbu karang yang sangat indah. Di dalam lautnya juga kaya biota laut yang unik. Di sini juga ada kapal karam tua sehingga membuat snorkeling jadi lebih menarik.

Beberapa spot snorkeling yang paling populer di Pantai Amed adalah di Kembali Beach Bungalows Amed dan di Pantai Jemeluk atau teluk Jemeluk. Jika ingin snorkeling di pantai Amed maka kamu wajib sudah berpengalaman snorkeling dan sudah jagi berenang ya.

Untuk kisaran harganya, kamu bisa snorkeling di sini dengan harga Rp 1.050.000 per orangnya. Harga tersebut termasuk peralatan snorkeling, guide snorkeling, makan siang, dan asuransi.

Pemuteran

Pemuteran adalah lokasi snorkeling berikutnya yang ada di Bali. Lokasi tepatnya ada di wilayah Buleleng, Bali Utara. Pantai ini bisa dijangkau dengan 4 jam perjalanan dari Denpasar. Pemuteran sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya.

Snorkeling di sini kamu bisa bertemu dengan table corals, lion fish, dan lobster. Kamu yang masih pemula dalam snorkeling aman untuk berenang di sini. Ini karena perairannya tenang dan dangkal. Harga kisarannya adalah Rp 50.000 untuk sewa peralatan snorkelingnya.

Ini Dia Rekomendasi Peralatan Snorkeling yang Bisa Kamu Gunakan

Bestway 24014 Aero Form Dive Mask and Snorkel set

Bestway 24014 Aero Form Dive Mask and Snorkel set ini wajib kamu miliki. Produk ini akan sangat berguna untuk menemani kamu snorkeling di Bali. Produk yang satu ini hadir dengan desain lensa lebar dan nyaman digunakan. Bagian luar lensanya berlapis ganda sehingga bisa mencegah air yang masuk dan berpotensi mengganggu mata melihat.

Bagian karet kepalanya mudah disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing. Desain snorkelnya juga simpel sehingga kamu bisa memakainya dengan mudah untuk menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut lebih lama. Ada pilihan warna hitam dan bir. Produk ini cocok untuk usia 14 tahun ke atas.

Harga Rp. 135.000-245.000

Mares Set X-One Marea

Mares Set X-One Mare adalah peralatan snorkeling berikutnya yang kamu butuhkan. Produk ini dijual satu set lengkap. Ada mask yang dilengkapi dengan lensa binokular dan hadir dengan wide viewing angle untuk memudahkan kamu memandang keindahan bawah laut dengan lebih leluasa.

Bagian fin dilengkapi lubang untuk mencegah parachute effect. Ini membuat kaki tidak berat dan tidak akan memperlambat kamu untuk berenang. Dalam paket ini juga lengkap dengan snorkel, tempered glass, drain valve, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 960.000-1.743.000

Tiento Wetsuit Hoodie Black Swimwer Baju Celana Pakaian Renang Diving Surfing Original

Tiento Wetsuit Hoodie Black Swimwer Baju Celana Pakaian Renang Diving Surfing Original ini tidak bisa ketinggalan untuk kamu miliki. Ini merupakan baju renang yangnyaman digunakan. Produk ini tersedia untuk pria dan wanita. Untuk pria bisa memakai size L sementara wanita bisa memakai size M.

Baju ini bahannya elastis dan nyaman. Dalam paket ini ada baju, celana, dan hoodie yang menyatu. Baju ini memakai bukaan zipper di bagian depan. Bahan bajunya tahan air garam dan tahan kaporit. Selain itu, produk ini memakai spandek impor yang elastis untuk mendukung aneka gerakan aktif di dalam air. Jahitan bajunya kuat dan rapi jadi tahan lama digunakan. Produk tersedia dalam ukuran S hingga XXL.

Harga Rp. 399.000-789.000

Easybreath Snorkling Tribord Original Full Face Snorkling

Easybreath Snorkling Tribord Original Full Face Snorkling merupakan produk untuk kamu selanjutnya. Ini adalah mask yang nyaman dipakai untuk snorkeling. Desainnya inovatif sehingga bisa mencegah air laut masuk. Produk ini nyaman dan higienis sehingga kamu bisa bernafas normal menggungakan hidung. Saat memakainya kamu juga akan bebas embun yang menghalangi pandanganmu. Produk tersedia dalam ukuran S hingga L.

Harga Rp. 453.000-775.000

Seaview 180° Full Face Snorkel Mask Scuba Diving Snorkeling Set For GoPro Dry

Seaview 180° Full Face Snorkel Mask Scuba Diving Snorkeling Set For GoPro menjadi rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini hadir lengkap dari mask, snorkel, dan fin. Rangkaian peralatan snorkeling ini mudah digunakan dan nyaman dipakai berlama-lama untuk menikmati keindahan bawah laut.

Snorkelnya lebih panjang sehingga kamu bisa menyelam lebih dalam ke laut. Bagian talinya bisa disesuaikan. Maskernya model full sehingga kamu bisa bernafas bebas tanpa takut berembun. Dalam paket juga ada user manual, earplug, storing bag, dan camera mounting nut.

Harga Rp. 186.000-213.000
From our editorial team

Persiapkan Bujet Jauh Hari

Jika tertarik mencoba snorkeling, tentu kamu wajib mempersiapkan berbagai hal, mulai dari latihan berenang, bernafas dalam air, hingga persiapan biaya. Kamu akan butuh banyak biaya untuk membeli peralatan snorkeling, menyewa guide, hingga untuk menuju tempat snorkelingnya. Apalagi jika kamu berencana snorkeling di Bali, kamu wajib siapkan bujet lebih karena pastinya, kamu juga ingin belanja ini itu usai snorkeling ya. Jadi persiapkan bujet jauh-jauh hari supaya waktu liburan, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Tag