Snorkeling Lebih Seru dengan 10 Rekomendasi Peralatan Snorkeling Berikut (2020)

Snorkeling Lebih Seru dengan 10 Rekomendasi Peralatan Snorkeling Berikut (2020)

Snorkeling memang belakangan ini banyak dilirik jadi hobi yang seru. Kamu yang hobi snorkeling wajib banget punya peralatan snorkeling sendiri. Intip yuk, alat apa saja yang wajib kamu punya. Selain itu, cek juga tips memilihnya dari kami ya!

Pentingnya Membeli Peralatan Snorkeling Sendiri

Saat liburan di pantai, snorkeling jadi aktivitas yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bukan hanya kamu yang jago berenang saja yang bisa snorkeling. Kamu yang tidak bisa berenang pun masih bisa menikmati aktivitas yang satu ini.

Nah, untuk snorkeling tentu dibutuhkan alat tertentu. Peralatan snorkeling akan memudahkan kita menjelajah indahnya bawah laut. Peralatan untuk snorkeling sendiri ada banyak mulai dari mask, wet suits, fins, hingga snorkel-nya. Kamu bisa menyewa peralatan tersebut di toko peralatan di tempat wisata yang kamu datangi. Pilihan lainnya adalah, kamu bisa membeli sendiri alat-alat tersebut.

Jika sudah pernah mencoba snorkeling sekali tentu kamu akan ketagihan. Ada baiknya kamu membeli alat snorkeling sendiri. Ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya membeli sendiri alat snorkeling tersebut ketimbang meminjamnya dari tempat persewaan.

Pertama, peralatan snorkeling yang dibeli sendiri lebih terjamin kualitasnya. Kita memilih bahan terbaik dan produk terbaik sehingga kualitas dan mutunya lebih terjamin. Kedua, peralatan juga lebih bersih dan lebih higienis. Kita sendiri yang menyimpan dan memakainya sehingga ktia tahu kebersihannya seperti apa. Di tempat persewaan, kebersihan belum tentu terjamin.

Beberapa Peralatan Snorkeling yang Wajib Dimiliki Sendiri

Ada beberapa peralatan snorkeling yang wajib kamu miliki sendiri. Pertama adalah mask yang fungsinya untuk melindungi wajah kita dari air laut. Untuk mask sendiri, ada yang biasa dan ada juga yang dilengkapi dengan tempat kamera. Fungsinya adalah untuk merekam panorama bawah laut yang indah. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Berikutnya, kamu juga butuh fins alias kaki katak. Peralatan yang satu ini fungsinya adalah untuk mempercepat gerakan penyelam di bawah laut. Umumnya alat ini terbuat dari bahan TRP. Fins sangat dibutuhkan jika kamu ingin menyelam di kedalaman laut dalam keadaan lebih cepat.

Jangan lupa juga memakai flashlight alias senter khusus untuk di dalam air. Ini berguna jika kamu snorkeling di malam hari. Selain itu, bisa juga membantu kamu menerangi bagian dalam laut yang gelap. Senter biasanya akan dipasang pada bagian mask.

Benda penting lainnya yang wajib kamu miliki sendiri untuk snorkeling adalah wetsuits. Ini merupakan baju para penyelam. Baju ini direkomendasikan agar kamu bisa menyelam dengan lebih aman dan nyaman. Pakaian ini terbuat dari bahan khusus yang cocok dengan air, yakni polister. Baju ini tipis namun memiliki elastisitas yang baik. Bobotnya ringan sehingga memudahkan kamu bergerak di dalam air.

Tips Membeli Peralatan Snorkeling

Mask

Saat akan membeli mask untuk snorkeling, kamu wajib tahu dulu jenis-jenisnya. Ada jenis lensa tunggal dan binokular. Mask dengan lensa tunggal hadir dengan model yang tidak ada partisi di bagian tengah batang hidung. Ini membuat jarak pandang kamu jadi bisa lebih luas. Jenis yang satu ini paling pas kalau kamu gunakan untuk foto saat snorkeling. Masker lensa tunggal ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki mata seperti minus, plus, ataupun silindris karena tidak dapat dipasangi lensa korektif.

Kemudian ada lensa binokular yang wajib kamu ketahui. Jenis mask semacam ini cocok untuk kamu yang memiliki gangguan penglihatan. Mask semacam ini hadir dengan berbagai model yang stylish. Ciri mask lensa binokular adalah memiliki partisi di tengah. Hal ini membuat jarak pandang jadi lebih sempit. Nah, pilih jenis mask sesuai kebutuhan kamu ya, baik itu tunggal atau binokular.

Selain memilih jenis mask, kamu juga wajib memilih jenis lensanya. Ada lensa bahan plastik dan kaca. Lensa jenis plastik terbilang lebih aman karena ringan dan tidak mudah pecah. Sementara lensa bahan kaca lebih antigores dan bisa membuat pandangan tetap jernih saat berada di dalam air.

Pipa dan Snorkel

Saat hendak memilih pipa dan snorkel kamu juga tidak bisa asal saja. Kamu wajib teliti melihat diameter pipa dan juga lebar tempat mulut snorkelnya. Ukuran diameter snorkel bisa dipilih berdasarkan kapasitas paru-paru seseorang. Umumnya, diameter snorkel untuk orang dewasa adalah 18 mm sementara untuk anak-anak, diameternya adalah 16 mm. Untuk wanita bertubuh kecil dengan paru-paru keci maka bisa memakai menggunakan snorkel anak yang diameter pipanya ramping.

Bagian mouthpiece juga wajib dipilih yang sesuai dengan ukuran mulur. Jika ukurannya terlalu besar maka akan membuat kamu jadi cepat lelah saat memakainya dalam waktu lama. Biasanya ukuran mouthpiece adalah sekitar 50 mm. kamu juga bisa memilih ukuran mouthpiece yang lebih kecil jika ukuran 50 mm dirasa terlalu besar.

Fins

Kenali dulu jenis fins sebelum memilihnya. Ada fins jenis full foot dan ada jenis open heeled. Fins berjenis full foot bisa menutup bagian kaki sampai ke tumit sehingga terasa pas saat dipakai. Fins ini bisa menyatu dengan kaki dan membuat gerakan kamu jadi lebih cepat. Sayangnya, ukurannya tidak bisa diatur. Jadi saat membeli, pastikan kamu membeli yang ukurannya pas dan sesuai dengan kaki.

Selanjutnya ada fins jenis open heeled. Ini merupakan fins yang dilengkapi sabuk pengikat di bagian tumit. Fins jenis ini bisa diatur ukurannya sehingga lebih mudah juga untuk dilepas dan dipasang. Nah, jadi pilih fins sesuai kebutuhan kamu ya.

Wetsuit

Peralatan snorkeling selanjutnya yang wajib hati-hati sat membeli adalah wet suits. Peralatan ini wajib dimiliki sendiri karena pastinya lebih bersih, lebih higienis, dan tentu lebih nyaman digunakan ketimbang sewaan. Wetsuits tersedia dalam banyak model, ketebalan, dan merek. Biasanya ketebalan wetsuits adalah 3mm.

Kamu tinggal memiliki wetsuit dengan ukuran yang fit dengan tubuh kamu. Usahakan memilih yang cukup ketat namun tidak berlebihan. Wetsuit hadir dengan resleting di bagian punggung. Cek resletingnya untuk memastikan berfungsi dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa memilih model wetsuits yang kamu sukai. Ada banyak pilihan warna dan desain keren untuk kamu pilih supaya snorkeling jadi makin semangat.

Ini Dia Rekomendasi Peralatan Snorkeling yang Bisa Kamu Miliki

Scubapro Mask Spectra

Scubapro Mask Spectra merupakan rekomendasi pertama dari kami. Produk yang satu ini terbuat dari bahan yang nyaman. Kacanya berjenis ultra sehingga kamu bisa lebih jelas saat memandang di bawah laut. Produk ini sudah lengkap dengan dual lensa yang hadir dengan bidang pandang yang luas. Mask ini memakai kaca tempered glass untuk menjamin keamanan dan daya tahan yang tangguh.

Harga Rp. 1.027.000-1.407.000

Speedo Glide Mask and Snorkel Set

Untuk berikutnya, kamu bisa lirik Speedo Glide Mask and Snorkel Set. Peralatan snorkeling ini dijual lengkap satu set. Selain mask, ada juga snorkel dan mouthpiece. Bagian mouthpiece berukuran pas sehingga cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Mask-nya memiliki lensa dobel yang terbuat dari bahan tempered glass sehingga lebih aman dan nyaman. Bagian snorkelnya juga dilengkapi dengan penutup bagian atas sehingga air tidak mudah masuk ke dalam pipa.

Harga Rp. 325.000-650.000

Alat Snorkeling Cressi Rondinella

Ada juga Alat Snorkeling Cressi Rondinella untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dalam satu set yang isinya mask, snorkel, dan fins. Desainnya modern sehingga bikin kamu jadi lebih percaya diri. Mask pada paket yang satu ini memakai lensa tunggal sehingga kamu bisa memiliki jarak pandang yang luas. Ada warna biru dan kuning yang bisa kamu pilih. Ukurannya beragam mulai dari 33/34 hingga 43/44.

Harga Rp. 985.000-1.785.000

Cressi Palau Set

Cressi Palau Set juga tergolong produk yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Dalam paket yang satu ini, kamu akan mendapatkan mask, snorkel, dan fins. Produk ini cocok untuk dibawa liburan. Bagian fins-nya cocok untuk segala ukuran kaki karena bisa diatur besarannya. Bagian mask produk ini terbuat dari bahan tempered glass sehingga lebih aman digunakan dan lebih nyaman. Snorkel-nya memiliki penutup di bagian atas sehingga bisa membuat kamu tidak terlalu banyak kemasukan air. Dalam paket pembelian juga ada tas dengan resleting yang bisa memudahkan kamu membawa semua peralatan snorkeling milikmu.

Harga Rp. 1.135.000-1.778.000

Set Alat Snorkeling Whale

Jangan lewatkan juga Set Alat Snorkeling Whale. Produk yang satu ini dijual satu set terdiri dari mask dan snorkel. Bagian mask memiliki kacamata berbahan tempered glass. Kacamatanya lentur dan lembut sehingga tidak menyakiti wajah dan nyaman dipakai. Bagian snorkel-nya juga dilengkapi valve sehingga air yang masuk dari atas snorkel bisa langsung terbuang. Produk ini tersedia dalam warna biru, hitam, dan kuning. Dengan desain floating ball, maka otomatis bisa menutup saat menyelam dan membuka kembali saat muncul ke permukaan.

Harga Rp. 400.000-735.000

Snorkeling set X-ONE MARES

Snorkeling set X-ONE MARES ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini nyaman digunakan. Satu set terdiri dari fins, mask, dan snorkel. Ada ukuran S hingga L yang bisa dipilih dari alat ini. Kamu bisa memilih warna putih, biru, kuning, dan merah. Bagian mask dilengkapi dengan lensa binocular dengan sudut pandang yang luas. Ini membuat kamu jadi lebih bebas melihat ke sekeliling. Lalu pada bagian fins ada lubang yang bisa mencegah parachute effect.

Harga Rp. 960.000-1.875.000

3MM Neoprene Surf Wetsuit Full Body Spearfishing Wetsuits Scuba Diving Wet Suit

3MM Neoprene Surf Wetsuit Full Body Spearfishing Wetsuits Scuba Diving Wet SuitBrand ini tentu wajib jadi milik kamu. Baju snorkeling yang satu ini terbuat dari bahan kombinasi nilon dan neoprene. Produk ini cocok untuk wanita dan pria. Ada ukuran S hingga XXL yang bisa kamu miliki. Modelnya one piece sehingga lebih mudah digunakan. Fungsinya adalah untuk menghindari ubur-ubur, menjaga tubuh tetap hangat, dan bisa melindungi dari sinar UV. Ketebalan produk ini adalah 3mm dan membuatnya ringan saat digunakan.

Harga Rp. 1.224.000-1.770.000

5MM Neoprene Hood Wetsuits For Men Scuba Dive Equipment

Jangan lewatkan juga untuk memilih 5MM Neoprene Hood Wetsuits For Men Scuba Dive Equipment. Ini merupakan baju snorkeling khusus pria. Produk ini terbuat dari bahan neoprene yang cepat kering. Jahitannya kuat dan nyaman digunakan. Produk ini tahan lama digunakan. Dengan ketebalan 5mm tentunya bisa lebih maksimal melindungi kamu.

Harga Rp. 1.600.000-2.679.000

TUSA Sport Adult Splendive Dry Travel Set

Ada juga TUSA Sport Adult Splendive Dry Travel Set yang bisa digunakan. Produk ini dikemas dalam tas sehingga lebih praktis untuk dibawa. Dijual satu set, produk ini terdiri dari mask, snorkel, dan fins. Masknya memiliki lensa dengan sudut pandang yang luas sehingga memberikan kejelasan penglihatan, warna, dan transmisi cahaya. Produk yang satu ini juga dilengkapi snorkel dengan teknologi terkini dengan katup yang memudahkan untuk dibuka dan ditutup. Bagian mouthpiece-nya nyaman digunakan. Bagian fins-nya didesain sangat nyaman digunakan di kaki. Kamu bisa berenang dengan lebih cepat memakai fins yang satu ini.

Harga Rp. 1.200.000-1.700.000

Set Snorkeling Tris Easy

Set Snorkeling Tris Easy tentunya bisa jadi rekomendasi berikutnya. Produk yang satu ini cocok untuk anak-anak dan wanita bertubuh kecil. Mouthpiece-nya berukuran kecil sehingga nyaman digunakan dan tidak membuat lelah saat memakainya. Fins pada paket ini juga terbuat dari bahan yang bagus dan ringan sehingga memudahkan untuk digunakan. Ada ukuran 36 hingga 45 yang tersedia.

Harga Rp. 775.000-1.020.000
From our editorial team

Snorkeling Bisa jadi Hobi Penghilang Stres

Untuk meredakan stres akibat pekerjaan dan lainnya, kamu wajib refreshing. Sesekali kamu bisa mencoba melakukan snorkeling. Ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk meredakan stres. Dengan melihat keindahan bawah laut maka pikiran jadi lebih tenang dan rileks. Dinginnya air juga akan membuat otot kita jadi lebih tenang.