10 Rekomendasi HP Xiaomi 2021 Terbaru dengan Spesifikasi yang Mumpuni dan Harga Terjangkau

10 Rekomendasi HP Xiaomi 2021 Terbaru dengan Spesifikasi yang Mumpuni dan Harga Terjangkau

Sumber gambar review.bukalapak.com

Xiaomi telah menjadi salah satu merek smartphone yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain menawarkan kualitas produk dengan harga yang terjangkau, merek ini juga selalu menghadirkan HP terbaru dengan spesifikasi mumpuni. Berikut adalah daftar HP Xiaomi terbaru di tahun 2021 disertai spesifikasi dan juga harganya.

Xiaomi Cukup Banyak Diminati di Indonesia

Xiaomi adalah produsen gadget asal China yang cukup dikenal di Indonesia. Selalu menghadirkan produk-produk terbaik dengan teknologi tercanggih membuatnya banyak diminati. Produk keluarannya tak pernah gagal memberikan sesuatu yang baru dan segar sesuai dengan selera konsumen.

Selain rangkaian produk yang sesuai kebutuhan, produk-produk Xiaomi juga dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat mumpuni di kelasnya. Menariknya, para konsumen dapat menikmati teknologi canggih dalam produk yang beragam dengan harga terjangkau. Tak heran jika banyak orang yang memilih Xiaomi sebagai gadget favoritnya.

Sub-Brand Xiaomi

Mi

Xiaomi rupanya memiliki sejumlah sub-brand yang sama-sama menawarkan produk canggih dan sesuai selera. Sub-brand yang pertama adalah Mi, yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Mi sendiri merupakan seri ponsel kelas mid-range dari Xiaomi yang dilengkapi dengan perangkat kelas atas.

Xiaomi Mi memiliki serangkaian HP yang dibanderol dengan harga cukup tinggi, sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Beragam HP yang masuk dalam kategori ini adalah Xiaomi Mi Series, antara lain adalah Mi 10, Mi 10T, dan Mi 10T Pro yang resmi masuk Indonesia. Sementara untuk Xiaomi Mi Max Series dan Xiaomi Mi Mix Series kebanyakan tidak masuk resmi ke Indonesia.

Redmi

Bila berbicara mengenai sub-brand Xiaomi, rasanya para penggemar gadget pasti sudah tidak asing dengan Redmi. Redmi sendiri adalah lini ponsel yang dibanderol dengan harga murah atau entry level. Produk-produk keluarannya sangat populer di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Promosi utama Redmi adalah fitur beragam, termasuk baterai, kamera, serta layar yang besar, namun ditunjang dengan harga yang terjangkau. Redmi sendiri awalnya menggunakan nama depan Xiaomi untuk menarik minat konsumen, sehingga disebut dengan Xiaomi Redmi. Namun, pada awal 2019 sub-brand ini menjadi entitas yang terpisah dari Xiaomi. Salah satu produk Redmi yang populer adalah Redmi Note Series.

Poco

Sub-brand Xiaomi berikutnya yang hadir di Indonesia adalah Poco. Poco sendiri merupakan rebranding dari Xiaomi yang fokus menawarkan performa dengan chipset kelas atas dengan harga terjangkau. Xiaomi Indonesia disebut lebih fokus pada ponsel Poco, sehingga Redmi K series tidak hadir di Indonesia.

Poco yang pertama muncul di tahun 2018 dikenal sebagai ponsel khusus untuk negara berkembang dengan hardware highware dan harga terjangkau. Namun, pada awal tahun 2020, Poco resmi menjadi merek smartphone khusus model high-end. Salah satu rangkaian ponselnya yang populer adalah F1 Series yang dilengkapi processor Snapdragon 845 yang dikenal dengan performa kelas atasnya.

Alasan Smartphone Xiaomi Memiliki Harga Murah Tapi Kualitas Mewah

Menekan Biaya Marketing

Para pengguna gadget pasti penasaran, bagaimana bisa smartphone Xiaomi hadir dengan kualitas mewah namun dengan harga yang murah. Salah satu strategi yang dilakukan oleh Xiaomi untuk menghadirkan produknya adalah dengan menekan biaya marketing. Berbeda dengan vendor lain yang menekankan iklan di media konvensional, sejak awal Xiaomi lebih mengejar iklan melalui media sosial.

Melakukan pendekatan pemasaran yang bisa dibilang kekinian, tak heran jika gadget keluaran Xiaomi populer di dunia maya. Xiaomi juga menggandeng e-commerce besar di seluruh dunia untuk mempromosikan produk-produknya. Strategi ini rupanya berhasil membuat banyak smartphone melalui toko-toko online dibandingkan toko offline.

Kerja Sama Strategis dengan Qualcomm

Sumber gambar https://gamebrott.com

Xiaomi juga bermitra dengan vendor pembuat SoC atau processor asal California, Qualcomm. Kerja sama ini membuat Xiaomi secara otomatis bisa mendapatkan harga SoC yang lebih murah, sehingga memangkas pengeluaran dalam pembuatan smartphone-nya. Memiliki tiga sub-brand dengan spesifikasi yang mirip juga membuat Xiaomi tidak memerlukan biaya yang besar untuk riset dan pengembangan.

Hubungan antara Xiaomi dan Qualcomm yang kuat juga sangat menguntungkan. Bahkan, ketika Qualcomm merilis Snapdragon 888, Xiaomi menjadi partner eksklusif yang merilis smartphone pertama dengan chipset tersebut melalui Mi 11. Xiaomi juga menggunakan Snapdragon 860 pada Poco X3 Pro di saat vendor lain belum menggunakannya.

Jumlah Produk yang Terbatas

Strategi berikutnya yang dilakukan oleh Xiaomi adalah menjual produk dalam jumlah terbatas. Xiaomi dinilai mampu memangkas biaya operasional lain, terutama untuk gudang dengan memanfaatkan flash sale dengan jumlah terbatas pada waktu tertentu. Tentu strategi ini tidak lepas dari kerja sama online dengan sejumlah e-commerce.

Xiaomi juga selalu menjual produk-produknya pada tanggal-tanggal tertentu untuk rangkaian ponsel termutakhir yang dirilis. Salah satu contohnya adalah Xiaomi Mi3 yang hanya tersedia sebanyak 100.000 unit saja, namun langsung terjual habis dalam waktu kurang dari 2 menit. Strategi ini secara tidak langsung membuat para konsumen berpikir bahwa produk keluaran Xiaomi adalah produk premium. Langkah ini juga berhasil membuat Xiaomi memangkas biaya penjualan lebih besar.

Menetapkan Batas Keuntungan

Xiaomi juga dikenal dengan pemikirannya mengenai jumlah keuntungan. Vendor ini memilih untuk mengambil keuntungan sedikit, namun dengan penjualan unit yang tinggi. Bisa dibilang dibandingkan vendor lain, Xiaomi adalah salah satu vendor yang mematok profit rendah dengan besaran sekitar 5% saja, termasuk purna jual, update software, dan juga risiko barang rusak.

Pemahaman mengenai batas keuntungan yang dianut oleh Xiaomi memungkinkan produk-produknya dibanderol dengan harga murah. Meski dengan keuntungan sedikit, hal ini tidak menjadi masalah, sebab Xiaomi memiliki target penjualan unit yang besar. Sehingga, Xiaomi dapat meraup keuntungan total dalam jumlah yang tinggi pula.

Memanfaatkan Strategi Flash Sale

Strategi Xiaomi berikutnya yang sudah sangat dikenal oleh para pengguna gadget adalah memanfaatkan flash sale. Metode flash sale alias hungry marketing yang diterapkan oleh vendor ini mampu membuatnya mencatat penjualan item yang terbilang tinggi. Tak bisa dipungkiri bahwa metode ini adalah langkah tepat yang diambil Xiaomi, sebab mereka selalu berhasil menjual habis produk barunya pada momen flash sale.

Hungry marketing yang dilakukan oleh Xiaomi membuat pasar selalu merasa penasaran terhadap produk keluarannya. Dengan demikian, biaya promosi dapat ditekan. Xiaomi bahkan tak segan untuk memberlakukan harga perkenalan saat penjualan produk baru perdananya yang membuat para pengguna gadget semakin tertarik.

Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2021

POCO X3 Pro

POCO X3 Pro adalah smartphone pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis POCO dengan dilengkapi teknologi memori UFS 3.1 yang ditingkatkan. Smartphone dengan ukuran layar 6,67 inci ini hadir dengan kapasitas baterai 5160mAh.

Cocok bagi para penggemar fotografi dan videografi, POCO X3 Pro disertai dengan kamera utama 48MP, kamera ultra-wide angle 8MP, sensor depth 2MP, dan kamera makro 2MP. Casing-nya yang dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6 membuatnya tahan jatuh hinga ketinggian 1,6 meter. Smartphone ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti sensor fingerprint, kompas, akselerometer, gyro, dan proximity.

Harga Rp. 3.421.000-3.598.999

Redmi Note 10s

Bagi yang menginginkan ponsel dengan bodi tipis dan ramping, Redmi Note 10s bisa menjadi pilihan. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MediaTek Helio G95. Sementara itu layarnya hadir dengan ukuran 6,43 inci yang membuat penggunanya leluasa dalam bermain.

Redmi Note 10s juga cocok untuk para pencinta fotografi, sebab ponsel ini dilengkapi dengan 64MP kamera utama, 8MP kamera ultra wide, 2MP kamera makro, dan 2MP sensor depth. Memiliki kapasitas baterai mencapai 5000mAh, ponsel ini dapat digunakan sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan baterai. Pengisian dayanya pun tergolong cepat dengan waktu 30 menit saja.

Harga Rp. 2.792.000-2.799.000

Mi 11

Rekomendasi HP Xiaomi berikutnya adalah Mi 11. Produk dari sub-brand Mi ini menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 888 yang mumpuni. Sementara untuk sistem operasinya, produk ini menggunakan Android 11, MIUI 12.

Hadir dengan layar 6,81 inci, ponsel ini menggunakan E4 AMOLED yang menawarkan tingkat kecerahan tinggi yang dapat menyesuaikan warna layar dengan suhu sekitar. Kemudian untuk kameranya, Mi 11 dilengkapi dengan kamera depan 20MP dan tiga kamera belakang, masing-masing 108MP, 13MP, dan 5MP. Ponsel ini ditenagai oleh baterai lithium polimer dengan kapasitas 4600mAh.

Harga Rp. 9.994.000-10.299.900

POCO F3

POCO F3 adalah HP Xiaomi berikutnya yang direkomendasikan pada tahun 2021 ini. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 untuk POCO dengan processor Snapdragon 870 yang kinerjanya telah ditingkatkan secara massif. Menggunakan teknologi LiquidCool 1.0 plus, prosesor ini akan segera didinginkan saat melakukan tugas berat sehingga tidak terjadi overheat.

Smartphone dari sub-brand POCO ini menggunakan AI triple kamera, yaitu kamera utama 48MP, kamera depan 20MP, dan FOV 119° kamera ultra-wide. Baterainya hadir dengan kapasitas 4520mAh yang tahan lama dan membuat penggunanya tak perlu khawatir kehabisan baterai. Smartphone dengan ukuran layar 6,67 inci ini tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Night Black, Arctic White, dan Deep Ocean Blue.

Harga Rp. 5.499.000-5.558.000

Redmi 9T

Redmi 9T adalah smartphone keluaran Xiaomi yang patut dipilih bagi para penggemar gadget yang menginginkan pengalaman terbaik menonton lewat smartphone dengan resolusi tinggi. Redmi 9T hadir dengan layar 6,53 inci beresolusi FHD+ yang membuat gambarnya lebih tajam dan nyaman untuk mata.

Ponsel ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11 dengan processor Snapdragon 662 octa-core yang menawarkan kinerja tinggi. Produk ini dilengkapi dengan 48MP kamera utama, 13MP ultra wide-angle camera, 2MP depth sensor, dan 2MP macro camera. Kapasitas baterai yang mencapai 6000mAh juga membuatnya dapat beroperasi lebih lama.

Harga Rp. 2.279.000-2.299.000

Poco M3

Rekomendasi smartphone Xiaomi berikutnya adalah Poco M3. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 untuk POCO berbasis Android 10 dengan processor Qualcomm Snapdragon 662 octa-core. Ponsel ini cocok untuk para pengguna gadget yang gemar menonton video atau mendengarkan musik melalui HP, karena dibekali baterai berkapasitas 6000mAh yang tahan lama.

Dengan layar berukuran 6,53 inci dan resolusi FHD+, Poco M3 menawarkan kualitas gambar yang tajam dan pengalaman visual yang menyenangkan. Smartphone dari sub-brand POCO ini juga dibekali dengan 48MP AI triple kamera, 48MP kamera utama, 2MP kamera makro, dan 2MP sensor depth. Ponsel dengan desain ramping dan ringan ini telah mengantongi Sertifikasi TÜV Rheinland® Low Blue Light.

Harga Rp. 1.799.000

Mi 10T Pro

Mi 10T Pro adalah HP Xiaomi berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11 dengan processor Qualcomm Snapdragon 865. Produk ini juga menggunakan chipset 5G terbaik tahun 2020, sehingga memberikan performa yang mumpuni.

Smartphone Mi 10T Pro ini hadir dengan layar berukuran 6,67 inci yang beresolusi FHD+, sehingga memberikan pengalaman visual yang nyaman di mata. Kameranya hadir dengan spesifikasi 108MP, 13MP, dan 5MP. Sementara itu, baterainya memiliki kapasitas 5000mAh yang lebih stabil dan efisien.

Harga Rp. 6.099.000-6.499.000

Mi 11 Lite

Mi 10T Pro adalah HP Xiaomi berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Smartphone ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11 dengan processor Qualcomm Snapdragon 865. Produk ini juga menggunakan chipset 5G terbaik tahun 2020, sehingga memberikan performa yang mumpuni.

Smartphone Mi 10T Pro ini hadir dengan layar berukuran 6,67 inci yang beresolusi FHD+, sehingga memberikan pengalaman visual yang nyaman di mata. Kameranya hadir dengan spesifikasi 108MP, 13MP, dan 5MP. Sementara itu, baterainya memiliki kapasitas 5000mAh yang lebih stabil dan efisien.

Harga Rp. 3.829.000-3.999.000

Poco X3 NFC

Poco X3 NFC adalah produk Xiaomi berikutnya yang direkomendasikan. Smartphone ini menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 732G yang mumpuni. Produk ini juga dilegkapi dengan speaker stereo ganda dengan sertifikasi Hi-Res Audio yang menawarkan audion presisi bagi para penggunanya.

Smartphone dari sub-brand Poco ini ditenagai baterai dengan kapasitas 5160mAh yang juga didukung dengan pengisian daya cepat. Untuk kameranya, produk ini dibekali dengan kamera belakang 64MP AI quad camera dan kamera depan 20MP AI selfie camera. Dengan layar 6,67 inci, produk ini memberikan pengalaman visual yang leluasa.

Harga Rp. 2.899.000-3.299.000

Redmi Note 10

Rekomendasi HP Xiaomi 2021 yang terakhir adalah Redmi Note 10. Ponsel ini adalah salah satu produk keluaran Redmi yang paling populer. Layarnya yang berukuran 6,43 inci telah dilengkapi dengan resolusi FHD+ baru yang menawarkan tampilan lebih detail dan jelas.

Redmi Note 10 ini menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11 dengan processor Qualcomm Snapdragon 678 yang tak perlu diragukan lagi keandalannya. Produk ini dibekali dengan Quad Camera System dengan 48MP kamera utama, 8MP kamera ultra wide, 2MP depth sensor, dan 2MP macro camera. Kapasitas baterainya sebesar 5000mAh dengan dilengkapi pengisian daya cepat.

Harga Rp. 2.399.000-2.399.900
From our editorial team

Xiaomi juga Menghadirkan Produk Canggih Lain Selain Smartphone

Apakah Anda penggemar smartphone Xiaomi? Ponsel keluaran merek asal Cina tersebut memang tak pernah mengecewakan baik dari segi spesifikasi maupun harganya. Menariknya, Xiaomi tak hanya berfokus pada smartphone saja. Merek ini juga menghadirkan aneka produk canggih, seperti action camera, CCTV, smart TV, gelang, dan beragam item lainnya. Produk-produk tersebut juga hadir dengan spesifikasi mumpuni dan harga yang ramah di kantong.