Kamu Sedang Jatuh Cinta? 10 Rekomendasi Buku Bertema Percintaan Ini Dapat Menginspirasimu saat Mencintai Seseorang

Kamu Sedang Jatuh Cinta? 10 Rekomendasi Buku Bertema Percintaan Ini Dapat Menginspirasimu saat Mencintai Seseorang

Siapa sih yang nggak pernah jatuh cinta sampai mabuk kepayang? Ah, rasanya perasaan mendebarkan ini memang unik. Selagi kamu jatuh cinta, BP-Guide punya rekomendasi bacaan yang dapat menginspirasimu saat mencintai seseorang. Yuk, cari tahu bersama BP-Guide!

Kalau Kamu sedang Mabuk Cinta, Buku Cinta Ini Bikin Kamu Makin Mabuk Kepayang

Sumber gambar tempo.co

Kisah percintaan yang romantis memang tidak pernah lekang oleh waktu. Banyak novel-novel bertema kisah cinta romantis yang terjual laris di pasaran, baik itu novel karya pengarang lokal atau novel terjemahan. Novel romantis memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan novel-novel dengan genre yang lain. Penokohan yang sangat kuat menjadi kunci utama novel romantis.

Karakter utama dari pria dan wanita terbaca sangat jelas melalui tulisan. Romantisme yang ada di dalamnya juga selalu menarik untuk dibaca, menghadirkan konflik percintaan dengan akhir yang Indah. Novel-novel historis romantis juga sangat menarik untuk dibaca, karena sekaligus bisa menambah wawasan sejarah masa lampau yang digambarkan melalui kisah cinta.

Karakter Pasangan Cinta Legendaris Sepanjang Masa

Romeo dan Juliet

Sumber gambar bustle.com

Siapa yang tidak tahu kisah cinta tragis nan abadi Romeo dan Juliet. Saking melegendanya kisah mereka, nama Romeo dan Juliet masih tenar hingga sekarang.

Romeo Montague dan Juliet Capulet berasal dari dua keluarga bangsawan Eropa yang saling bermusuhan.
Namun mereka justru saling jatuh cinta setelah bertemu di pesta dansa yang digelar oleh keluarga Capulet. Salah satu adegan paling melegenda adalah saat Juliet menemui Romeo secara diam-diam melalui balkon kamarnya. Cinta terlarang mereka akhirnya diketahui oleh kedua keluarga dan membuat Romeo harus hidup dalam pelarian. Mereka pun menikah diam-diam.

Di sisi lain, keluarga Juliet memaksanya untuk menikah dengan Paris, pria yang dijodohkan dengan Juliet. Karena tidak ingin menikah dengan Paris, Juliet menemui temannya, Frater Lawrence untuk meminta bantuan. Frater kemudian memberi Juliet obat yang akan membuatnya “tewas” sementara waktu hingga ia tidak perlu menikah dengan Paris. Frater berjanji untuk memberitahukan rencana ini pada Romeo.

Sayangnya, Romeo tidak pernah mendengar berita ini dan mengira Juliet benar-benar mati. Tidak bisa menerima kenyataan, Romeo kemudian bunuh diri dengan meminum racun. Tidak lama kemudian Juliet terbangun dan melihat Romeo tewas di sisinya, Juliet kemudian ikut bunuh diri dengan menggunakan pisau. Kematian Romeo dan Juliet yang dapat meredakan permusuhan antara keluarga Montague dan keluarga Capulet.

Sam Pek dan Eng Tay

Sumber gambar www.satuharapan.com

Dongeng dari negeri Cina ini berkisah tentang Engtay, seorang gadis kaya raya yang berasal dari Shangyu, Shejiang. Ia kemudian menyamar menjadi laki-laki dan pergi belajar ke Hangzhou. Dalam perjalanan ia bertemu dengan Sampek dan memutuskan untuk menjadi saudara angkat.

Belajar bersama, Engtay jatuh cinta pada Sampek. Tiga tahun menuntut ilmu, ayah Engtay memintanya pulang. Sebelum pergi, Engtay menceritakan yang sebenarnya pada istri kepala sekolah dan menitipkan kalung sebagai hadiah pertunangan untuk Sampek.

Tidak ingin berpisah dari Sampek, Engtay memiliki ide untuk menikahkan Sampek dengan “adik perempuannya”. Sampek kemudian diundang datang ke rumah Engtay dan mengetahui hal yang sebenarnya. Sayangnya, Engtay dipaksa untuk menikah dengan lelaki lain. Sampek yang sakit hati akhirnya meninggal dunia.

Di hari pernikahan, Engtay tidak bisa pergi ke rumah mempelai laki-laki dan terhalang oleh badai di dekat kuburan Sampek. Engtay kemudian lari ke kuburan Sampek dan memohon agar kuburan Sampek bisa terbuka. Ajaibnya, permintaan Engtay dikabulkan dan ia segera melompat untuk bersatu dengan Sampek. Konon, jiwa Engtay dan Sampek dilahirkan kembali menjadi sepasang kupu-kupu.

Rama dan Shinta

Sumber gambar tripadvisor.com

Dongeng tentang Rama dan Shinta sangat terkenal di seluruh Indonesia. Bercerita tentang sepasang suami istri, Raden Rama Wijaya dan Dewi Shinta yang harus menghadapi ujian dalam kehidupan percintaan mereka. Seorang raksasa jahat bernama Rahwana mengancam akan menculik Shinta karena ia jatuh cinta dengan wanita cantik tersebut.

Suatu hari Rama terpaksa harus meninggalkan Shinta sendirian di tengah hutan. Untuk melindunginya, Rama menciptakan sebuah lingkaran pelindung yang tidak bisa ditembus oleh Rahwana. Selama Shinta berada di dalam lingkaran tersebut, maka ia akan aman.

Tidak kehabisan akal, Rahwana menyamar sebagai orang tua yang kehausan. Shinta yang merasa iba tanpa sadar telah melangkah keluar dari lingkaran pelindungnya. Rama yang mengetahui hal ini kemudian meminta pasukan kera yang dipimpin oleh Hanoman untuk menyelamatkan Shinta. Ujian cinta mereka datang saat Shinta berhasil diselamatkan dari sang raksasa.

Terlalu lama berpisah, Rama meragukan kesucian istrinya. Shinta kemudian membuktikan bahwa dirinya masih suci dengan menceburkan diri ke dalam api. Berkat kebenaran yang dijunjung tinggi olehnya dan bantuan dari Dewa Api, tubuh Shinta tidak terbakar sama sekali dan keduanya kembali bersatu sebagai suami istri.

10 Rekomendasi Buku Cinta Terbaik yang Bikin Kamu Makin Mabuk Cinta

A Thousand Splendid Suns - Khaled Hosseini

Sumber gambar goodreads.com

Novel ini bercerita tentang Mariam, seorang gadis yang dilahirkan dari hubungan terlarang. Ayahnya adalah seorang saudagar kaya bernama Jalil sementara ibu Mariam adalah pelayan di rumahnya. Mariam dan ibunya kemudian diusir dan harus hidup dalam pengasingan. Namun Jalil tampaknya sangat menyayangi Mariam karena sering mengunjunginya dan membawakannya hadiah dari kota Herat.

Mariam pun percaya bahwa Jalil menyayanginya, sementara ibu Mariam bersikeras bahwa Jalil tidak menginginkannya. Hingga suatu hari, Mariam nekat menyusul Jalil ke Herat. Ia tetap pergi meski telah dilarang oleh ibunya. Betapa hancur hati Mariam mengetahui bahwa ibunya benar: ayahnya tidak pernah menyayangi dan menginginkannya.

Nasib Mariam semakin tragis saat menemukan ibunya tewas gantung diri ketika ia pulang dari Herat. Jalil kemudian membawa Mariam ke rumahnya dan menjodohkannya dengan seorang saudagar tua berusia 45 tahun. Umur Mariam sendiri baru 15 tahun. Setelah menikah, Mariam harus menjalani hidup seperti di neraka.

Suaminya menyiksa Mariam secara lahir dan batin. Namun kehidupan Mariam berubah setelah ia bertemu dengan seorang gadis bernama Laila.

"A Thousand Splendid Suns" karya Khaled Hosseini edisi paperback 432 halaman bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 110.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 135.000.

The Solitude of Prime Numbers - Paolo Giordano

Sumber gambar amazon.com

Kisah ini mengambil latar belakang tahun 80-an, 90-an, dan 2000-an. Bercerita tentang dua orang bernama Mattia dan Alice. Keduanya lahir pada tahun 1984. Mattia dan Alice sama-sama mengalami trauma masa kecil dan cenderung mengasingkan diri dari lingkungan sekitar. Mattia memiliki seorang saudara kembar perempuan bernama Michela yang menderita gangguan mental.

Meskipun Mattia adalah anak yang cerdas, ia diasingkan oleh lingkungan karena kondisi sang saudara. Hidup Mattia berubah saat ia meninggalkan Michela sendirian di taman untuk pergi ke pesta ulang tahun temannya. Michela menghilang saat Mattia kembali. Ia dicurigai tenggelam di danau taman dan jasadnya tidak pernah ditemukan. Peristiwa ini meninggalkan luka mendalam pada Mattia dan ia cenderung mengasingkan diri dan dunia sekitar dan suka menyakiti dirinya sendiri dengan benda tajam.

Sementara Alice adalah gadis yang dipaksa bermain ski oleh ayahnya. Ingin menyenangkan hati sang ayah, Alice justru mengalami kecelakaan parah yang membuatnya pincang seumur hidup dan meninggalkan bekas luka mendalam di bagian paha. Saat remaja, Alice menjadi bahan ejekan teman-temannya dan menderita anoreksia. Kedua remaja ini bertemu dan berteman karena kesamaan yang mereka miliki.

Sayangnya mereka kehilangan kontak saat Mattia harus pergi ke Jerman untuk bekerja. Delapan tahun kemudian, mereka kembali bersatu di Italia atas permintaan Alice.

"The Solitude of Prime Numbers" karya Paolo Giordano bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 109.800 di Carousell dan di Amazon dengan harga Rp 197.200.

The Black Obelisk - Erich Maria Rerque

Sumber gambar flickr.com

Menjadi veteran muda Perang Dunia Pertama, Ludwig bekerja di perusahaan monuman yang menjual marmer dan batu pada korban yang selamat dari perang untuk memperingati keluarga mereka yang meninggal.

Ludwig yang masih muda kemudian berusaha untuk mencari jati dirinya. Ia tidak suka bekerja dengan memanfaatkan kesialan orang lain. Di tengah keributan pasca perang yang menyebabkan inflasi di negaranya, Ludwig bertemu dan jatuh cinta pada Isabelle. Ludwig percaya Isabelle bisa membantunya mencari makna kehidupan yang sebenarnya.

Namun kisah cinta mereka menjadi sulit karena pilihan yang harus diambil dan ancaman sejarah yang akan berulang.

"The Black Obelisk" karya Erich Maria Rerque dijual di Amazon dengan harga Rp 166.800, di Ebook dengan harga Rp 194.500,dan di Book Depository dengan harga Rp 288.156.

Love in the Time of Cholera - Gabriel Garcia Maquez

Sumber gambar www.bookdepository.com

Florentino Ariza, seorang pria yang memiliki rasa cinta mendalam terhadap Fermina Daza. Namun Fermina menolak cintanya dan memilih menikah dengan Dr.Juvenal Urbino. Setelah lima puluh satu tahun, sembilan bulan, dan empat hari penolakan cintanya, Florentino tidak bisa berhenti mencintai Fermina. Ia bersumpah untuk setia dan menunggu saat untuk bersatu dengan Fermina.

Kesempatan emas Florentino datang saat suami Fermina meninggal ketika ia mencoba menangkap burung nuri kesayangannya yang kabur. Namun apakah Florentino dan Fermina bisa bersatu di masa senja hidup mereka?
"Love in the Time of Cholera" karya Gabriel Garcia Marquez dijual di Bukalapak dengan harga Rp 100.000 dan di Gramedia dengan harga Rp 169.000.

Delirium - Lauren Oliver

Sumber gambar amazon.com

Cerita fiksi ini mengambil tema cinta terlarang di dalamnya. Cinta telah dinyatakan sebagai penyakit berbahaya di Amerika Serikat, dan setiap warganya harus dibebaskan dari rasa cinta untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Ketika berusia 18 tahun, setiap orang wajib menjalani Cure, sebuah prosedur untuk menghilangkan rasa cinta tersebut.

Lena Haloway adalah seorang gadis yang tinggal di Portland bersama paman, bibi, dan sepupunya. Lena tidak percaya akan cinta setelah melihat bagaimana hidup ibu hancur karena cinta. Lena tidak sabar menjalani prosedur Cure agar ia bisa segera menjalani hidup normal.

Sembilan puluh lima hari sebelum ia berusia 18 tahun, Lena bertemu dengan Ales, pemuda penuh teka teki dari Wilds yang hidup bersembunyi dari pemerintah. Pertemuan keduanya membawa perubahan pada hidup Lena.
"Delirium" karya Lauren Oliver dijual di Tokopedia dengan harga Rp 30.000, di Bukalapak dengan harga Rp 40.000 dan di Book Depository dengan harga Rp 209.000 untuk versi bahasa Inggris.

Bad Romance - Equita Milianda

Sumber gambar goodreads.com

Berkisah tentang seorang cowok bandel bernama Nathaniel Adriano Wirasetya atau Nathan. Nathan suka membuat keributan di sekolah karena sering telat dan hobi tawuran. Namun statusnya sebagai cucu pemilik yayasan membuat semua orang tunduk padanya.

Katya, salah satu cewek di sekolah Nathan muak dan membuat perlawanan. Sayangnya hal tersebut berbuntut panjang. Mereka membuat perjanjian yang paling laknat di sepanjang hidup mereka.

"Bad Romance" karya Equita Milianda dijual di Gramedia dengan harga Rp 82.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 83.000.

Primadona vs Cassanova - Alicia Angelina

Sumber gambar bukukita.com

Diandra Andira dan Reynaldi Marvellius ditakdirkan untuk saling membenci. Masa lalu yang mereka tutup erat-erat harus membuat mereka menjauh satu sama lain. Campur tangan takdir membuat keduanya terjebak dalam sebuah permainan haris.

Keduanya harus berusaha saling mematahkan hati untuk menjadi pemenang. Namun hal ini ternyata menguak kisah masa lalu mereka dan merubah takdir keduanya.

"Primadona vs Cassanova" karya Alicia Angelina dijual di Tokopedia dengan harga Rp 55.000 dan di Amazon dengan harga Rp 167.000.

When Love Walked In - Ega Dyp

Sumber gambar bukalapak.com

Relin selalu mendambakan masa SMA yang seru dan menyenangkan. Sayangnya impian tersebut dihancurkan oleh Mika yang mempermalukannya di depan satu sekolah. Mika berpura-pura menembaknya dan berhasil membuat Relin kehilangan muka. Relin bersumpah akan balas dendam pada Mika.

Namun sayangnya menggoda dan menjahili Relin adalah hobi Mika. Relin khawatir ia tidak akan bisa punya pacar kalau selalu ada Mika.

"When Love Walked" In karya Ega Dyp dijual di Tokopedia dengan harga Rp 63.000 dan di Gramedia dengan harga Rp 74.000.

Memories to Forget - Mahir Pradana

Sumber gambar tokopedia.com

Mencintai seseorang terkadang tidak mudah. Seperti Satria yang harus pergi meninggalkan Lara ke Mesir. Sayangnya, Lara baru menyadari perasaanya yang sebenarnya setelah Satria pergi. Ia mencintai Satria dan tidak ingin ditinggalkan. Namun hidup harus terus berjalan betapapun pahit masa lalu itu. Kenangan masa lalu sebaiknya dilupakan saja.

"Memories to Forget" karya Mahir Pradana dijual di Tokopedia dengan harga Rp 54.000, di Bukukita dan Belbuk dengan harga Rp 56.950.

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 - Pidi Baiq

Dilan adalah anak SMA tahun 1990 di Bandung. Dilan suka berbuat onar dan sering terlibat tawuran antar geng motor. Suatu hari datanglah Milea, anak pindahan dari Jakarta ke sekolahnya. Paras Milea yang cantik membuat Dilan jatuh cinta dan mulai mengejarnya. Dimulailah serangkaian jurus-jurus romantis untuk mendapatkan hati Milea.

Milea pun luluh dan jatuh cinta pada Dilan. Sayangnya kepribadian yang berbeda memberikan tantangan tersendiri dalam hubungan mereka.

"Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990" karya Pidi Baiq dijual di jd.id dengan harga Rp 68.000, di Mizanstore, dan Tokopedia dengan harga Rp 69.000.

From our editorial team

Bagaimana, Kamu Sudah Memiliki Buku-buku Tersebut?

Ah, ternyata ada begitu banyak rekomendasi bacaan yang semakin menginspirasimu saat jatuh cinta. Tentunya, setiap karakter dalam novel-novel tersebut memiliki cara tersendiri dalam mencintai atau mengekspresikan rasa cintanya, ya. Lalu, bagaimana cara kamu mengekspesikan rasa cintamu kepada si dia?