10 Rekomendasi Termos Nasi yang Menjaga Makanan Tetap Hangat dan Lezat (2022)

10 Rekomendasi Termos Nasi yang Menjaga Makanan Tetap Hangat dan Lezat (2022)

Sumber gambar walmart.com

Anda ingin menghemat listrik tapi tidak suka nasi cepat dingin? Termos nasi solusinya! Temukan rekomendasi termos nasi terbaik untuk menjaga nasi tetap hangat dan menggugah selera dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Nasi Tetap Hangat Dengan Termos Nasi

Sumber gambar pinterest.com

Termos nasi merupakan peralatan dapur yang memiliki fungsi utama untuk menjaga suhu nasi agar tetap hangat tanpa menggunakan listrik. Umumnya termos nasi lebih sering digunakan oleh usaha catering, warung makan, atau restoran tertentu. Di rumah, termos nasi dapat digunakan pada saat acara makan bersama yang mengundang banyak tamu.

Termos nasi juga tersedia dalam berbagai ukuran, dari ukuran yang pas untuk acara bersama keluarga besar, hingga yang lebih kecil untuk digunakan saat piknik. Oleh karena banyaknya peminat termos nasi ini, banyak produsen yang berlomba-lomba menghadirkan termos nasi dengan fitur-fitur yang inovatif dan keunggulan tersendiri.

Bahan-Bahan yang Dapat Digunakan Untuk Hilangkan Bau Termos Nasi

Garam

Dalam menghilangkan bau termos, Anda hanya perlu menaburkan satu sendok makan garam dapur, atau soda kue ke dalam termos nasi berukuran kecil yang sudah dikeringkan. Untuk termos yang besar, tentu Anda harus menyesuaikan takarannya. Setelah itu, tutuplah termos dan biarkan semalaman.

Daun Pandan

Bersihkan terlebih dahulu daun pandan, lalu potonglah dengan ukuran kecil-kecil, dan masukkan ke dalam termos nasi. Setelah itu, tutuplah termos dan biarkan semalaman. Penggunaan daun pandan ini tidak hanya dapat menghilangkan bau tidak sedap, tetapi juga memberikan aroma pandan pada termos.

Cuka

Untuk menghilangkan bau termos dengan menggunakan cuka, Anda hanya perlu menuangkan lima sendok makan cuka cair ke dalam termos kecil. Untuk ukuran termos besar, tentu Anda harus menyesuaikan takarannya. Lalu tutup rapat termos, tunggu sekitar lima menit, dan cucilah termos hingga bersih kembali.

Koran Bekas

Anda dapat menggunakan koran bekas untuk menghilangkan bau termos. Caranya cukup dengan membuat gumpalan dari kertas koran, lalu masukkan ke dalam teros yang sudah dikeringkan. Lalu tutup rapat, dan biarkan beberapa lama. Setelah itu, cuci termos sebelum digunakan kembali.

Tips Menjaga Kebersihan Termos Nasi

Cuci Dengan Sabun dan Spons

Sama seperti peralatan makan lainnya, Anda dapat membersihkan termos nasi dengan menggunakan sabun cuci piring dan spons. Sebaiknya pilihlah sabun cuci piring yang cair, bukan sabun krim, karena sabun krim biasanya akan meninggalkan bau sabun pada bahan plastik.

Ada baiknya juga Anda menggunakan spons berbeda dengan yang dipakai untuk mencuci peralatan dapur, untuk menjaga termos agar tidak berbau logam sebagaimana peralatan makan biasanya. Bersihkan bagian luar dan dalam, pastikan tidak ada nasi yang masih menempel pada termos, dan bilas hingga bersih.

Gunakan Air Hangat

Anda tidak harus menggunakan air hangat saat membersihkan termos. Namun penggunaan air hangat akan mempermudah dan mempercepat pengangkatan kotoran dan sisa nasi yang menempel pada termos.

Segera Bersihkan Setelah Dipakai

Sumber gambar walmart.ca

Selain bau plastik, termos ini juga mudah tertular bau makanan, terlebih setelah Anda menggunakannya untuk menyimpan makanan selain nasi. Oleh karena itu, perlu untuk membersihkannya segera setelah dipakai.

Rekomendasi Termos Nasi Terbaik Buat Anda

Global Eagle Rice Bucket RIBR6

Bagi Anda yang sedang termos ukuran sedang, Global Eagle Rice Bucket RIBR6 bisa menjadi pilihan tepat. Ukuran termos ini adalah 21 cm untuk tingginya dan 19 cm untuk diameter termos. Pas untuk Anda bawa pergi tamasya bersama.

Termos ini terbuat dari bahan plastik berkualitas food grade dengan dinding dua lapis yang diisolasi dengan polyurethane foam yang dapat membuat suhu terjaga.

Dalam pembelian termos ini juga sudah dilengkapi dengan saringan dan centong nasi, sehingga memudahkan saat penyajian makanan. Pilihan warna yang bisa dipilih adalah biru, hijau, dan merah.

Harga Rp. 65.000-75.000

Star Rice Bucket 26 liter

Termos nasi yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki usaha catering. Agar nasi yang disajikan bisa tetap hangat, Anda bisa mengandalkan termos nasi dari Star Rice Bucket 26 ini.

Termos nasi yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang berkualitas baik, dan diklaim dapat menjaga kehangatan nasi selama 6 hingga 8 jam. Hal ini berkat lapisan polyurethane pada bagian dinding sekitar termos.

Termos ini juga dilengkapi dengan tirisan dan centong nasi. Tersedia beberapa varian warna yang bisa dipilih sesuai dengan warna kesukaan Anda, seperti biru, hijau, dan pink keunguan.

Harga Rp. 100.000-250.000

Lion Star Termos Nasi 10 liter

Termos nasi dari Lion Star ini berukuran 10 liter dan cocok untuk digunakan saat piknik, agar dapat menjaga kehangat nasi sebagai bekal makan bersama.

Termos ini terbuat dari bahan plastik yang berkualitas agar dapat menjaga makanan tetap hangat dengan baik selama sepanjang hari.

Termos ini juga telah dilengkapi dengan centong nasi dan saringan, dan tersedia berbagai pilihan warna seperti hijau, biru, dan merah dengan motif garis kotak-kotak.

Harga Rp. 65.000-120.000

Gracia Termos Tempat Nasi

Termos nasi dari Gracia ini tersedia dalam ukuran 15,8 x 14,9 x 18 cm, yang dapat menampung dengan kapasitas 1,5 liter air, dengan berat 500 gram.

Bahannya tebal dan berkualitas, dan bebas bahan kimia BPA, serta aman digunakan untuk makanan karena bahannya food grade. Aman juga jika dimasukkan ke dalam microwave (hingga suhu 100 derajat Celcius) dan aman pula di tempat dingin (hingga -40 derajat Celcius).

Anda akan mendapatkan box-nya saat membeli produk ini. Termos ini pun tersedia dalam beragam pilihan warna seperti merah, biru, dan hijau, serta coraknya yang berbentuk garis atau bunga.

Harga Rp. 30.000-50.000

Green Leaf 1222 Rice Ice Bucket

Termos nasi dari Green Leaf tipe 1222 ini berukuran kecil dengan kapasitas 1,5 liter dan dimensi 18 x 16 x 22 cm, pas untuk dibawa saat piknik atau jalan-jalan.

Termos nasi ini juga diklaim tidak berbau, higienis, dan pastinya food grade sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Dengan tutup dan pegangan yang kuat, Anda dapat dengan mudah membawanya ke mana saja tanpa takut tumpah. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam varian pink, biru dan hijau.

Harga Rp. 30.000-50.000

Termos Green Leaf GL1235

Termos nasi dari Green Leaf tipe GL 1235 ini juga memiliki kapasitas 1,5 liter. Cocok untuk Anda gunakan saat pergi piknik atau jalan-jalan bersama keluarga maupun teman.

Termos ini terbuat dari bahan tebal berkualitas dan aman digunakan karena BPA Free. Termos ini pun aman buat microwave (hingga suhu 100 derajat Celcius) dan aman pula di tempat dingin (hingga -40 derajat Celcius).

Saat pembelian pun sudah dilengkapi dengan box. Termos ini memiliki motif bunga dan Anda pun dapat memilih warna yang Anda sukai.

Harga Rp. 30.000-50.000

Green Leaf 1238 Thermos Nasi

Bagi Anda yang membutuhkan termos nasi personal dengan ukuran kecil, Green Leaf 1238 adalah solusinya. Termos nasi plastik ini memiliki kapasitas 1,2 liter yang cocok untuk dibawa piknik ataupun jalan-jalan.

Termos nasi ini juga diklaim tidak berbau, higienis, dan pastinya food grade sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Dengan tutup dan pegangan yang kuat, Anda dapat dengan mudah membawa termos ini ke mana saja, tanpa khawatir mudah tumpah. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam varian pink, biru dan hijau. Termos nasi ini juga didesain dengan gambar yang cantik, seperti contohnya gambar sebuah kompleks perumahan yang begitu hangat.

Harga Rp. 70.000-150.000

Lion Star Hanami 12.5 liter

Termos nasi Lion Star Hanami ini memiliki kapasitas yang besar yaitu 12.5 liter, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang memulai usaha kuliner. Sebagai brand perabotan plastik yang sudah dikenal, kualitas termos nasi Lion Star tidak perlu diragukan lagi. Termos nasi ini dibuat dari plastik berkualitas food grade yang juga BPA Free alias bebas dari senyawa kimia sintetis.

Tidak hanya kualitas bahan yang food grade, bahan yang digunakan untuk termos ini juga diklaim kuat, dan awet, sehingga mampu menjaga kualitas nasi di dalamnya tetap baik. Bagian dinding termos nasi ini terpasang polyurethane foam untuk mempertahankan panas.

Dari segi desain juga pastinya tampil elegan dengan beberapa pilihan warna cantik, tidak bermotif alias polos, namun bagian badan dan tutupnya didesain dengan warna yang berbeda sehingga tampil tidak monoton.

Harga Rp. 250.000-300.000

Maspion BI021

Maspion adalah salah satu merk peralatan rumah tangga yang sudah dikenal dengan kualitas terbaiknya. Brand lokal yang satu ini juga memproduksi termos nasi Maspion BI021 yang bisa Anda andalkan untuk usaha kuliner dengan kapasitasnya yang besar yaitu 30 liter.

Termos nasi yang satu ini didesain super elegan yang mampu menjaga suhu nasi agar tetap hangat hingga 12 jam. Tersedia dalam pilihan warna merah, biru, dan hijau, dengan motif garis vertikal yang menambah kesan cantik pada termos nasi ini.

Harga Rp. 200.000-300.000

Greenleaf Elvira Rice Bucket

Produk termos nasi Greenleaf Elvira Rice Bucket (5818) juga dapat Anda jadikan pilihan saat mencari termos nasi untuk usaha kuliner. Termos nasi ini memiliki kapasitas besar yaitu 8 liter.

Sebagai informasi, Greenleaf merupakan sebuah brand yang bergerak di kebutuhan sehari-hari dan mendukung gerakan go-green. Oleh karena itu, semua produknya dibuat dari bahan yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga aman untuk digunakan. Merk ini juga lebih awet dan mudah ketika akan dibersihkan.

Termos nasi dari Greenleaf ini tersedia dalam 3 varian warna, yaitu orange, hijau tosca, dan pink. Terdapat pula gambar kincir angin dan sebuah kutipan tulisan yang mempercantik tampilan termos nasi ini.

Harga Rp. 80.000-150.000
From our editorial team

Cocok Nih Buat Anda yang Berjualan Makanan

Termos nasi sangat bermanfaat buat aktivitas Anda sehari-hari, terlebih jika Anda berjualan makanan. Anda bisa memilih termos nasi dengan kapasitas yang besar supaya bisa menyimpan banyak nasi. Pilih produk terbaiknya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!